Review Nyala OCBC NISP : Pengalaman Buka Tabungan Online Lewat Aplikasi ONe Mobile

Tiap tujuan dan peruntukkan uang haruslah cermat. Dalam ilmu investasi pun mengatakan untuk tidak meletakkan semua uang dalam satu keranjang.

Saya pun membiasakan membedakan pengeluaran harian dengan tabungan lewat rekening tabungan lebih dari satu. Ibaratnya ada tabungan khusus untuk kebutuhan harian, ada untuk membeli aplikasi online, ada pula untuk investasi.

tabungan-investasi-ocbc

Apalagi saya juga memiliki pekerjaan lebih dari satu, misalnya untuk mengurus penjualan makanan dan jasa fotografi. Memisahkan pembukuan kedua sumber pemasukan tersebut menjadi hal wajib.

Tujuannya agar pembukuan lebih dan mudah dalam mengatur uang tersebut.

Tahu Niat Awal Menabung

Menabung bagi saya merupakan sebuah perencanaan biaya agar tidak terjadi hal-hal yang membebankan seperti ini:

  • Pinjam bank atau rentenir dengan bunga besar
  • Menjual investasi dan aset
  • Pahitnya lagi sampai saya harus jatuh miskin.

Akhirnya saya membagikan ke dalam rekening baru di bank secara online agar bisa memisahkan dana.

Barangkali saat ini membuka rekening menjadi hobi baru saya untuk mencoba fitur dan fasilitas yang ditawarkan.

Pilihan saya kali ini mencoba NYALA layanan perbankan digital dari OCBC  NISP via aplikasi ONe Mobile.

Membuka Rekening Tabungan Online

Nyala by OCBC NISP

Kenapa saya mau daftar dan buka tabungan di OCBC NISP? 

Salah satunya adanya fasilitas bebas biaya administrasi, biaya transfer dan biaya tarik tunai di ATM bank mana saja.

Bebas biaya administrasi menjadi tawaran menarik karena bisa membantu dalam tiap rencana tabungan. Bebas biaya administrasi ini berlaku dengan syarat apabila tabungan kita minimal di atas 1 juta rupiah.

Selebihnya, dengan menggunakan Nyala dari OCBC NISP memudahkan kita untuk optimalkan seperti penempatan deposito, pinjaman, reksadana hingga tabungan berjangka. Kamu juga bisa punya tabungan dalam 12 mata uang dunia dalam satu rekening. Menarik ya!

Kenalan dengan OCBC NISP dan ONe Mobile

Dulu payroll gaji bulanan sewaktu saya masih bekerja menggunakan Bank NISP (sekarang menjadi OCBC NISP) dari perusahaan. Selama menjadi nasabah OCBC NISP saya tidak ada pengalaman yang jelek.

Bank OCBC NISP ini termasuk bank tertua keempat di Indonesia yang berada di Bandung. Saat itu perbankan kita belum masuk era digital, sehingga untuk bertransaksi pun pilihannya masih terbatas.

Syukurlah hadirnya kanal seperti mobile dan internet banking membuat kita jadi lebih murah sudah bertransaksi. Hadirnya Nyala dari OCBC NISP lewat aplikasi mobile banking ONe Mobile menjadi langkah nasabah untuk masuk ke gerbang digitalisasi.

Aplikasi ONe Mobile ini merupakan aplikasi mobile banking yang bisa kalian unduh di PlayStore maupun App Store.

Kita bisa menemukan semua produk OCBC NISP dalam satu aplikasi. Berikut beberapa fitur dan layanan dari ONe Mobile :

  1. Pembukaan Rekening Online. Kita bisa menggunakan Tanda 360 Plus Digital sebagai tabungan default kita untuk menyimpan dana.
  2. Pengajuan Kartu Kredit, KTA (ON Cash Loan), KPR & KPM. Cukup menarik karena kita bisa mengajukan fasilitas kredit (KPR/KPM), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan Kartu Kredit hanya lewat aplikasi ONe Mobile dari mana saja, tanpa harus datang ke cabang bank.
  3. Jual Beli Mata Uang Asing IDR, SGD, EUR, AUD, JPY, GBP, HKD, CAD, CHF, NZD, USD, dan CNH.
  4. Produk Investasi dan Bancassurance Online. Nasabah dapat menambah portofolio investasi dengan membeli reksa dana dan obligasi SUN langsung dari aplikasi.
  5. Kartu Debit Online. Kita bisa mengajukan kartu debit online sehingga tidak memerlukan fisik untuk transaksi. Dengan kartu debit online ini memudahkan nasabah untuk mengatur limit dan pemblokiran sendiri.
  6. TOP Up Uang Digital seperti OVO, GoPay dan ONe Wallet.

Nasabah juga bisa melakukan pengiriman uang ke banyak rekening dalam satu transaksi (bulk transfer) dan memiliki software token untuk mengotorisasi transaksi di luar ONe Mobile.

Saya melihat bank OCBC NISP sedang melakukan pendekatan untuk memusatkan semua dalam satu aplikasi. Sehingga sebagai nasabah bisa lebih leluasa menentukan apa saja fitur yang bermanfaat untuk mereka gunakan.

Layanan Nyala, Merdeka Finansial Butuh Aksi Nyata

Nyala OCBC NISP merupakan nama paket layanan yang masing-masing punya kombinasi produk berbeda. Di dalamnya juga ada rekening tabungan.

Seperti tagline dari Nyala, merdeka finansial butuh aksi nyata.

Bagi kita yang melakukan pendaftaran Nyala maka bisa mendapatkan rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital. Jenis tabungan seperti umumnya yang bisa kita gunakan untuk bertransaksi seperti biasa.

Selain menggunakan rekening tabungan Tanda 360 Plus Digital ini, sebagai nasabah kita bisa menggunakan layanan lain seperti Wealth Management. Layanan yang memungkinkan nasabah untuk berinvestasi di reksadana, obligasi dan bancassurance. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan nasabah.

Fitur dan Layanan yang Lengkap

Seperti layanan perbankan pada umumnya, Nyala juga menawarkan tiga jenis kartu debit yang terdiri dari kartu debit Mastercard, kartu debit fisik GPN, dan kartu debit digital Mastercard.

Kartu debit fisik dan kartu kredit ini nantinya dikirim ke rumah masing-masing nasabah atau bisa diambil langsung di cabang Bank OCBC NISP.

Saya memutuskan untuk tidak menggunakan kartu debit fisik Mastercard walau disediakan. Balik lagi tujuan saya menabung di Nyala OCBC NISP ini adalah untuk dana tabungan yang tidak boleh diganggu. Kalau ditambah dengan kartu khawatir akan tergoda untuk menarik uangnya.

Cara Membuka Rekening Online OCBC NISP

Era digital dituntut praktis dan efektif. Bank OCBC NISP menangkap peluang untuk masuk perbankan digital.

Pendaftaran awal untuk membuka tabungan baru Nyala OCBC NISP ini bisa dilakukan secara online lewat aplikasi ONe Mobile.

Aplikasi bisa didapat setelah menginstal aplikasi lewat PlayStore maupun App Store.

Selain itu kita juga bisa mendaftar lewat website onestore.ocbcnisp.com tanpa harus menginstal aplikasi. Cara terakhir, kita bisa datang ke bank OCBC NISP.

Pendaftaran lewat aplikasi ONe Mobile sebenarnya mudah. Kita tinggal mengisi kelengkapan data sesuai kolom. Pastikan setiap kolom isian tidak ada yang terlewat.

Kemudian, kamu sudah menyiapkan kelengkapan seperti :

  • EKTP,
  • NPWP, kalau sumber dana dari orang lain bisa mempersiapkan dokumen yang bersangkutan,
  • Kartu keluarga.

Selanjutnya ada tiga tahap aktivasi akun setelah melakukan submit data nasabah.

Proses verifikasi lewat video call

Pertama, verifikasi data akan dilakukan menggunakan video call dengan petugas customer service.

Kedua, kalian bisa mengisi saldo minimal Rp 200.000 untuk di awal.

Ketiga, bisa aktivasi penggunaan kartu.

Kendala Saat Proses Pembukaan Rekening

Sayangnya verifikasi video call yang saya lakukan ternyata gagal. Kalau verifikasi video call gagal, kita tidak bisa lagi melanjutkan aktivasi rekening karena sistem akan menutup akses kita. Solusinya kita diharuskan datang ke cabang bank terdekat.

Saya tidak punya pilihan lain karena setelah melakukan dua kali verifikasi lewat video call ternyata masih gagal juga.

Hal yang saya sayangkan yaitu ketika melakukan verifikasi pertama kali, customer service tidak memberitahu alasan kenapa verifikasi saya gagal. Sehingga saya menjadi bingung tanpa mendapat jawaban.

Berhubung saya sedang sibuk dengan aktivitas di rumah, saya baru bisa keluar mengunjungi cabang bank OCBC NISP yang lokasinya masih dekat dengan rumah.

Saya menuju ke bagian customer service bahwa saya ingin verifikasi proses buka tabungan Nyala. Oleh customer service saya diminta untuk menunjukkan kartu keluarga dan KTP sebagai bukti verifikasi.

Ternyata, kendala yang membuat verifikasi lewat video call yang gagal itu disebabkan alamat KTP saya yang tidak sesuai sehingga menyebabkan akun rekening saya dibekukan sementara sehingga perlu dibuka ke cabang bank OCBC NISP.

Tidak beberapa lama, proses aktivasi akun rekening tabungan saya pun selesai. Mungkin ini bisa jadi masukkan untuk kesiapan customer service bank OCBC NISP apabila melakukan verifikasi online bisa dijelaskan permasalahannya seperti apa. Coba bayangkan kalau saya datang ke bank tidak membawa kartu keluarga, akan membuat waktu saya untuk bolak-balik kembali.

Untungnya saya memiliki salinan kartu keluarga dalam bentuk digital, sehingga bisa ditunjukkan ke petugas bank.

Oleh petugas bank, saya diarahkan untuk mengisi saldo rekening agar memudahkan ketika ingin melakukan transaksi.

Keamanan

Baiklah, berhubung layanan perbankan digital NYALA milik saya sudah berhasil diaktifkan. Saya akan menceritakan apa saja yang menarik dari aplikasi ONe Mobile ini.

Aplikasi milik bank OCBC NISP ini punya penampilan yang ringkas sekaligus ringan. Pengoperasian tidak membutuhkan waktu lama saat berpindah-pindah halaman.

Aplikasi untuk membayar semua kebutuhan.

Ketika melakukan transaksi perbankan, perlu otorisasi enam digit OTP yang dikirimkan melalui SMS. Saya rasa hal ini sudah membuat saya jauh lebih aman karena uang di tabungan saya terjaga.

Selain itu, kita juga bisa memantau setiap transaksi yang keluar-masuk. Informasi transaksi ini memudahkan kita untuk mengetahui segala macam pengeluaran.

Dan, pengguna (nasabah) dapat mengelola aplikasi apabila diinstal di jenis smartphone berbeda. Pengguna bisa melepas akses akun ONe Mobile dari ponsel satunya apabila smartphone kita hilang.

Penutup

Saya ingin memiliki kondisi keuangan yang lebih sehat. Manfaat ini sebenarnya sudah saya rasakan saat pandemi. Ketika saya arus kas saya sedang tidak lancar, saya masih bisa menggunakan dana darurat yang saya simpan di rekening terpisah.

Dulu orang harus pergi ke bank, menghadapi jalanan macet, antri di bank, sehingga waktu tersita. Dengan adanya layanan ONe Mobile di smartphone, maka ada banyak waktu yang dihemat.

Dengan membuka tabungan online bank OCBC NISP, saya tidak perlu repot lagi ketika ada penawaran SBR atau ORI bisa segera investasi. Apalagi tersedia opsi buy back dari Bank OCBC NISP agar kita bisa mendapatkan dana segar lebih cepat.

promo ocbc nisp
Promo cashback OCBC NISP

Selain itu, jaminan nama besar Bank OCBC NISP membuat saya sebagai nasabah merasa aman untuk mempercayakan aset saya untuk dikelola oleh bank ini.

Seperti Nyala, mimpi saja nggak cukup. Kita juga harus wujudkan bukan?

Kamu bisa gunakan kode referral saya untuk mendapatkan saldo bonus Rp 100.000 dengan kode ONBLOGDED ketika mendaftar Nyala OCBC di awal. Masa berlaku promo hanya sampai 31 Desember 2021 ya. Info detailnya bisa cek di sini.

Setelah pendaftaran, isi rekening minimal Rp 1.000.000 dalam 7 hari sejak pembukaan rekening. Jaga saldo tersebut minimum 30 hari, lakukan transaksi minimum satu kali. Maka bonus saldo akan masuk ke rekening kamu.

Ayo mulai dari sekarang untuk instal aplikasi ONe Mobile di smartphone kalian.

***

Artikel ini akan diupdate apabila di kemudian hari ternyata ada perubahan informasi.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1739

20 tanggapan pada “Review Nyala OCBC NISP : Pengalaman Buka Tabungan Online Lewat Aplikasi ONe Mobile

  1. Halo Ko Deddy, saya follower di Twitter nih hehe.

    Udah rencana sih dari bulan lalu mau buat tabungan digital. Awalnya pake 1 bank besar swasta yang urusan apa-apa kudu ke kantor dan ga ada server nasional terpusat. Sejak pandemi makin ketauan bank lamaku cocoknya jadi bank boomers. Eh pas banget, tadi siang tutup akun ke kantornya, malem nemu review ini.
    Thank you. Ini lengkap sih dan jelas apa aja benefit yang ditawarin.

  2. Koh Deddy, mau tanya. Kalo buka rekening reksadana lewat aplikasi itu aman, ya?
    Komunikasi ke pihak bank terkait harus datang ke tempat atau ada marketingnya yg datang ya koh?
    Mksh

  3. Perbedaan alamat dengan di KTP bisa menyebabkan verifikasi gagal. Berarti pas pengisian data, harus pakai alamat sesuai KTP ya, walau alamat domisili berbeda.

    Menarik nih di Aplikasi One Mobile, ada fitur buat mengajukan KPR secara online, jadi nggak perlu ribet bolak balik ke bank untuk mengurus dan melengkapi persyaratan

  4. Lewat aplikasi Nyala ini bikin simple pengguna, karena memang lewat digitalisasi bisa terpantau lebih cepat apalagi urusan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: