Advertisements

Calon klien saya baru membuka bisnis kuliner. Saya pitching menawarkan proposal untuk membantu bisnis kulinernya. Dia bilang ke saya, sebagai orang awam, dia sulit memahami mengapa dia butuh digital marketing?

Memang tidak mudah untuk mengenalkan apalagi meyakinkan mereka bahwa sekarang adalah dunia digital marketing. Serba terhubung dengan internet.

Pemasaran Era Digital 4.0

Pemasaran secara tradisional memang masih dibutuhkan. Kita sudah masuk di era digital 4.0, eranya semuanya lewat genggaman. Orang-orang bisa mengakses sesuatu hanya browsing sebelum memutuskan datang dan membeli produk/jasa.

proposal digital marketing - Setiap Bisnis Perlu Digital Marketing
Proposal penawaran digital marketing untuk calon klien

Digital marketing ibaratkan rumah yang punya ruang dan isi. Di dalam rumah terdiri dari orang-orang yang bertanggung jawab di dalamnya. Apabila dalam bisnis, tentu ada orang-orang yang mengambil peran dalam tugasnya. Misalnya sebagai yang bertugas mencatat pesanan serta mengambil bekas makanan tentu harus siap agar saat pergantian konsumen baru sudah tinggal duduk. Bagian dapur yang bertugas memasak makanan juga perlu mengawasi citarasa masakan.

Sedangkan supervisor juga harus memikirkan apa yang harus dilakukan ketika ada komplain yang datang.

Lalu, apakah pemasaran digital bisa menerawang sampai hal-hal detil? Bisa.

Budget Digital Marketing

Memang memulai sebuah bisnis restoran punya tantangannya tersendiri. Cuma, gila man. Saya terkejut kalau lagi ngobrol sama pemilik bisnis yang mana mereka sanggup investasi untuk bisnis kuliner atau membeli franchise dengan angka ratusan juta. Bahkan orang dari luar Palembang pun bisa jadi investor. Benar-benar membuat saya kaget.

Namun, ketika saya tanya apa mereka sudah punya budget untuk digital marketing? Mereka langsung bingung dan bertanya memang perlu ya?

Nyatanya tidak semua pemilik bisnis kuliner sudah punya biaya digital marketing di awal. Bisa jadi karena memang modal mereka pas-pasan, atau mereka belum tahu. Itu yang bisa saya simpulkan ketika berjumpa dengan beberapa pemilik kuliner ketika saya datang ke restoran mereka.

Salah Kaprah Digital Marketing

Di saat sudah sadar pentingnya digital maka berbondong-bondong pemilik bisnis mengundang endorser agar tempatnya ramai. Pebisnis hanya memberikan produk/jasa gratis untuk endorser ulas dan bagikan di media sosial mereka. Padahal endorser adalah bagian kecil dari digital marketing. Fungsi endorser sebagai pemberi lead untuk bisnis kamu. Mereka adalah lebah-lebah yang mendengungkan agar bisnis kamu lebih menancap di hati.

Para endorser adalah orang yang memberikan pengaruh dari sisi ulasan, foto dan video. Walau kadang ulasan dari endorser bisa tidak sesuai dengan fakta yang terjadi. Namun, sekarang netizen sudah cerdas dalam memilih mana endorser yang cocok mereka ikuti dan mana yang tidak.

Salah kaprah yang lain kalau digital marketing tidak perlu budget. Hal ini sudah jelas memerlukan biaya yang dialokasikan ke bagian-bagian promosi.

Digital Marketing untuk Bisnis

Ada 4 kesulitan terbesar saat membangun bisnis kuliner yaitu sepi pengunjung, ulasan buruk, makanan tidak enak dan dilupakan oleh konsumen.

Salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis restoran adalah konsumen yang merasa senang dan ingin kembali lagi. Untuk memastikan kesuksesan bisnis restoran kamu, maka seluruh tim mulai dari manajemen hingga staf harus didedikasikan untuk kesejahteraan konsumen.

Menjaga ekspektasi setiap konsumen di dunia food and beverage adalah sulit bahkan hampir sulit. Hanya sedikit contoh yang saya jumpai tempat makan yang bisa menjaga ekspektasi konsumennya. Sisanya, berakhir pada komplain dan konsumen tidak kembali lagi. Itu terjadi pada saya beberapa minggu lalu, tiga kali mendapat kekecewaan pelayanan dari sebuah tempat makan yang sudah menjadi tempat saya bekerja membuat saya masih membekas untuk kembali lagi.

Agar kekecewaan konsumen tidak terjadi, maka peran digital marketing ini nantinya menjadi corong untuk menyampaikan hal-hal apa saja yang terjadi di luar sana. Berita positif dan negatif menjadi bahan masukkan untuk diolah. Jika terjadi komplain di bagian makanan berarti corong bisa diarahkan ke bagian dapur. Kalau komplain dari kesigapan pelayan restoran berarti manajemen trainingnya masih keliru.

Peran Digital Marketing

Peran digital sudah termasuk produk atau jasa. Luas sekali hal-hal yang dapat digerakkan dengan digital. Bahkan bisa termasuk branding untuk diri sendiri.

Digital Marketing merupakan perencanaan yang digunakan untuk memetakan pemasaran konten melalui media digital. Penerapan digital marketing untuk bisnis untuk membantu dalam meraih tujuan dan mengembangkan bisnis, dibanding cara promosi Anda sebelumnya.

Beberapa pemetaan serta manfaat digital marketing dalam bisnis.

Meningkatkan brand awareness

Ini adalah poin utama dan mendasar. Kita tidak akan berbicara brand awareness ketika produk atau jasa tersebut sudah tidak memerlukan promosi. Namun, rasanya sulit bukan?

Brand awareness yang tercapai ketika top of mind dari konsumen sudah langsung tertuju pada produk atau jasa kalian. Misalnya, ketika ada orang yang bertanya ke saya dimana kafe kekinian yang nyaman. Saya biasanya akan memberikan beberapa opsi karena itu yang sudah melekat pada saya.

Menarik pengunjung

Memanfaatkan digital marketing, kita bisa tahu target audiens yang dituju sampai pembagian market yang sesuai. Tujuannya tentu agar kita bisa memberikan perlakuan ke target agar menarik pengunjung.

Media promo online

Sudah pasti digital marketing nantinya akan menentukan channel mana saja untuk menjangkau produk dan jasa. Banyak platform seperti Facebook, Instagram, Twitter atau Youtube.

Social Media Management

Membangun serta mengelola media sosial dengan baik, tentu menjadi peluang untuk bisnis yang dijalankan. Konten-konten yang dibuat secara mandiri agar dapat menarik perhatian pengunjung.

Kesimpulan

Digital marketing bukan hanya sebuah tren, tapi sebuah revolusi dalam dunia bisnis dan pemasaran. Kalau saat ini belum beralih ke digital mungkin dalam lima tahun ke depan akan sangat tertinggal.

Kuncinya untuk bisa menangkap data calon customer dan menganalisis perilaku calon konsumen maka manfaatkan digital. Dari sana, bisa dijadikan dasar untuk strategi marketing berikutnya. Lebih cepat dan efisien dari cara konvensional.

Para pelaku usaha harus dapat menangkap peluang untuk mengkomunikasikan produknya. Bisa ditempuh melalui media sosial, content marketing, endorser, atau search engine optimization. Walaupun tidak semua pebisnis memahami bagaimana cara menggunakan digital marketing. Alasannya, tidak paham teknologi atau tidak memiliki modal besar. Kalau begitu pakailah jasa orang yang bisa membantu mendigitalkan bisnismu.

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Disclosure: This is just my personal experience. Thanks as always for your support!

Advertisements

Written by Deddy Huang

I passionate about digital marketing, traveling, culinary, and photographs. Let's collaborate in digital strategic. Drop your email deddy.huang@yahoo.com

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: