Peduli Sesama?

Suara kasir swalayan tadi membuyarkan konsentrasi aku saat asik sms.

Kasir : Maaf mas Rp 100 nya mau disumbangkan untuk PMI?
Huang : Sumbang? Ya udah silahkan.

Uang Rp 100 tadi berasal dari akumulasi total belanjaku di Hypermart. Harusnya kasir mengembalikan uangku utuh tapi dia menawarkan ‘sesuatu’ yang membuat posisi kita dilema. Dilema karena dihadapkan oleh pilihan beramal atau ini hanya akal-akalan toko karena nggak punya uang kembalian recehan.

Sisi lain kita akan merasa gengsi kalau mengatakan tidak untuk menyumbangkannya. Apalah arti uang recehan daripada gengsi karena dianggap nggak beramal?

Andai yang dilakukan pihak toko benar ya udah rasanya nggak perlu diperdebatkan. Setidaknya biarlah mereka yang mengurusnya.

BACA JUGA :  Teori vs Praktek

p.s : Kalau dalam sehari ada 500 pengunjung swalayan dengan total uang sumbangan yang bervariasi. Berapa sehari yang disumbangkan ya?

~Coffee Oriental~
It’s mobile blogging
dsc06623 - Peduli Sesama?

Advertisements
Deddy Huang

A passionate about digital marketing, traveling, culinary, and photographs. I own my blog on www.deddyhuang.com

3 thoughts on “Peduli Sesama?

  1. setuju dengan Cahya, ini cara yang bagus untuk mengatasi masalah kembalian uang receh, terutama yang dibawah 500 rupiah, tetapi semoga saja benar2 disumbangkan.

    Huang : Iya juga sih, daripada dikasih kembalian permen.

  2. Gayung bersambut, pihak toko bingung bagaimana cara memberikan kembalian receh, sementara pihak peminta sumbangan mungkin juga segan memalak pengunjung langsung, jadi cara ini lah yang ditempuh. Kalo semua mini market melakukan ini, wah bisa signifikan juga tuh jumlahnya. 😀

    Huang : Nah itulah yang saya maksud 😀

  3. Saya sih tidak keberatan, mungkin ide ini lebih baik daripada kembalian kita ditukarkan dengan permen.

    Uang receh termasuk langka di beberapa daerah, saya harus akui ide ini seperti ini sangat bagus – hanya saja penerapannya mesti bener 🙂

    Huang : Yup-yup betul.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.