Dua bulan belakangan ini saya pakai ZenBook Flip UM462 untuk kegiatan blogging mulai dari browsing dan menulis. Kali ini, saya mau berbagi pengalaman setelah menggunakan laptop tersebut. Semoga pengalaman saya ini menambah referensi kalian.

Sudah nggak dipungkiri kalau tren remote working makin digemari. Laptop adalah teman kerja yang selalu ada dibawa. Entah hanya buat nongkrong di kedai kopi sambil streaming film atau mengerjakan tugas. Kriteria seperti ini tentu membutuhkan sebuah laptop yang ringan dan powerful untuk aktivitas.

zenbook flip um462 - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Spesifikasi ZenBook Flip UM462

Berhubung sejak dulu saya suka dengan laptop jenis convertible atau laptop 2in1. Maka sewaktu mencoba ZenBook Flip UM462 saya langsung kepincut dengan bentuknya.

Sebagai informasi, laptop convertible merupakan jenis laptop yang bisa ditekuk sehingga layar bisa menjadi mode normal, mode tablet dan mode presentasi. Bikin kita terlihat keren aja pas lagi dipakai. Hehehe..

Beberapa hal ini yang saya suka setelah pakai ZenBook Flip UM462. Sebagai catatan, saya bukan pengguna kelas berat dalam laptop. Sehingga masih batas wajar sesuai dengan pengalaman saya.

1. Tipis dan Ringkas Enak Dibawa

Kalau kamu memang aktif bekerja di luar seperti bekerja di kedai kopi, perpustakaan atau sambil traveling bisa langsung mengerjakan konten. Ukuran laptop menjadi hal yang perlu dipertimbangkan, tidak terlalu besar dan beratnya juga masih bisa diterima.

layar lipat zenbook flip - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Desain laptop ringkas. Bazel pun tipis.

Ukuran ZenBook Flip UM462 ini sangat pas bagi saya. Kelebihan laptop ini punya bezel yang tipis dengan mengadopsi NanoEdge display. Bezel tipis punya banyak manfaat misalnya membuat tampilan layar jadi terlihat lebih tipis. Selain itu membuat desain laptop lebih kekinian.

Ukuran yang tipis dan ringkas, ZenBook Flip UM462 ini sangat nyaman untuk menemani aktivitas kerja. Hanya saja kalau saya agak kurang nyaman dengan bobot laptop ini sekitar 1.6kg. Apalagi kalau saya keluar tidak hanya membawa laptop saja, tapi juga ada kamera dan lensa.

2. Layar Sentuh Responsif

zenbook flip um462 presentasi - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Pakai ZenBook Flip UM462 untuk presentasi kuliah umum beberapa waktu lalu.

Tampilan layar laptop dikombinasikan dengan Touch Screen NanoEdge Display yang sudah pasti ZenBook ini cocok untuk para fotografer, desainer atau kamu untuk menonton film kualitas layar lebar.

Saya sekarang menjadi latah ketika menyentuh layar laptop pribadi saya ketika sudah selesai pakai ZenBook Flip.

3. Tersedia Tiga Mode Kerja

Laptop ringkas ini bisa mengakomodasi kegiatan saya untuk mengetik artikel menggunakan mode normal atau mode standar dengan keyboard di hadapan layar. Ketika mengetik juga terasa nyaman dengan keyboard yang empuk dan nyaman. Bedanya bodi ZenBook Flip UM462 memiliki desain ErgoLift Hinge. Artinya ketika dibuka ada celah rongga yang dapat membuat sirkulasi udara lebih lancar.

zenbook flip mode presentasi - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
ZenBook Flip UM462 dilipat jadi mode presentasi.

Saya senang pakai laptop ZenBook Flip untuk mengetik di atas ranjang, adanya ErgoLift Hinge setidaknya aliran udara lebih adem untuk dipakai lama ketika dipangku.

Selebihnya, ketika ingin presentasi bisa memutar layar laptop dan ditegakkan. Tinggal colokkan ke kabel HDMI dan proyektor maka siap untuk presentasi. Terakhir, kalau saya ingin browsing layaknya tablet maka tinggal dilipat dua layar dengan keyboard. Saya sudah bisa mendapatkan tablet dengan ukuran layar besar. Sempurna.

ergolift hinge zenbook flip - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
ErgoLift Hinge lumayan membantu dan meningkatkan kenyamanan saat mengetik.

Tiga mode kerja ini sering saya pakai. Semuanya sesuai dengan situasi dan kondisi. Hal yang menarik lain adalah ZenBook Flip UM462 ini juga punya stylus pen sehingga kalau lagi mau browsing atau presentasi kita bisa langsung pakai.

Bagi kamu yang gemar menggambar juga akan sangat membantu. Buat saya yang tidak mahir dalam gambar, stylus pen terasa ada jeda ketika sedang digunakan.

Performa Masih Stabil

Lebih disibukkan sama kegiatan menulis untuk blog ini. Tentunya saya bukan pengguna berat untuk bermain game atau editing kelas berat. Selama pemakaian ZenBook Flip UM462 saya merasa puas dengan performa yang bisa memenuhi melengkapi aktivitas saya.

edit video pakai filmorago - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Dipakai untuk edit video

Mulai dari mengetik langsung lewat virtual document, edit video standar sekaligus streaming video. Untuk edit video, saya menggunakan Filmorago versi gratis untuk Windows.

ZenBook Flip UM462 ini menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 dengan RAM 8GB dan SSD 512GB. Spesifikasi yang sudah sangat cukup di tahun 2020 untuk kamu yang mobilitas banyak di luar ruangan.

Selain itu daya tahan baterai selama saya menggunakan ZenBook Flip UM462 cukup untuk digunakan kurang lebih lima jam dengan catatan penggunaan saya standar seperti mendengarkan Spotify saat mengetik, streaming Youtube dan browsing. Meski bukan cukup baik untuk daya tahan baterai.

Keamanan dan Dukungan Lain

Laptop menjadi benda privasi karena berisi data pekerjaan kita. Oleh sebab itu keamanan data juga yang harus diamankan bukan. Keamanan data yang disediakan di laptop mulai dari password standar sampai fingerprint.

Sayangnya ZenBook Flip UM462 tidak memiliki sensor fingerprint untuk keamanan laptop. Cuma jangan khawatir soalnya laptop ZenBook Flip ini punya sensor pemindai wajah. Sistem keamanan ini akan langsung terintegrasi dengan Windows 10.

windows 10 zenbook flip - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
ZenBook Flip UM462 sudah diinstal Windows 10.
konektivitas laptop asus - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Beberapa port konektivitas hub yang bisa dipakai.

Faktor lain yang dibutuhkan dari laptop adalah kelengkapan konektivitas. Bagi saya banyaknya port yang tersedia di laptop akan sangat membantu saya memindahkan data. ZenBook Flip UM462 ini sudah punya port USB, type C, micro SD, HDMI dan jack audio 3.5mm. Sayang perangkat ini tidak menyediakan port SDHC sehingga saya ada kesulitan untuk memindahkan foto langsung dari kamera ke ZenBook Flip UM462.

number pad - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Number Pad yang memudahkan kita untuk menggunakan kalkulator digital

Selain itu, laptop convertible ini pun dilengkapi NumberPad yang bisa meningkatkan produktivitas pengguna. NumberPad sendiri merupakan fitur khusus yang memungkinkan touchpad dialihfungsikan sebagai numpad digital. Cara mengeluarkannya cukup menahan 1 detik di papan trackpad.

Dilengkapi Standar Military Grade

Sejauh ini dari semua vendor laptop, baru ASUS yang punya standar militer MIL-STD 810G. Fungsinya untuk menjaga daya tahan laptop dari lingkungan yang keras termasuk ketinggian, suhu dan kelembaban. Laptop ini juga telah lulus tes internal laptop ASUS yang melebihi standar yang ditetapkan oleh industri.

Sertifikasi ini sudah lolos berbagai pengujian ekstrem mulai dari uji jatuh (drop test), uji getaran (vibration test), hingga uji penggunaan pada tempat tinggi (altitude test).

Dulu, saya pernah mencoba untuk menginjak laptop ZenBook yang punya standar military. Ya, walaupun begitu juga tidak disarankan untuk kalian lakukan. Ini hanya untuk menggambarkan kalau laptop ASUS dengan military grade seperti perangkat yang siap tempur.

Kesimpulan

zenbook flip usb port - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Tampil kece pakai ZenBook Flip UM462 pas presentasi

Laptop ringkas dengan performa yang bisa mendukung aktivitas saya adalah seperti ZenBook Flip UM462 sudah sangat mumpuni. Oleh karena laptop ini bukan jenis laptop gaming seperti ROG atau TUF, maka penggunaan saya masih batas wajar. Terutama kalian yang kegiatannya lebih ke pengelolaan data, membuat artikel dan edit video dokumentasi.

gambar sketsa - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Sketsa yang dibikin pakai ZenBook Flip UM462

Selain laptop ini diperkuat dengan prosesor AMD Ryzen terbaru yakni Ryzen 5 dan Ryzen 7. Ditambah dukungan besar RAM 8GB yang sudah mencukup untuk menangani berbagai aktivitas penggunanya dan penyimpanan berbasis SSD 512GB.

Suhu laptop saat penggunaan masih normal, hanya saja terasa baterai kurang maksimal.

Enaknya lagi saat sedang saya pakai untuk presentasi atau mencatat, bisa langsung menggunakan pen stylus dan mencoretnya di atas layar.

asus window ink - Pakai ZenBook Flip UM462 Layar Bisa Diputar 360 Derajat
Tampilan Window Ink

ZenBook Flip UM462 ini tersedia dalam warna light grey, dijual Rp11.299.000 untuk varian dasar dengan AMD Ryzen 5. Serta, Rp13.299.000 dengan prosesor AMD Ryzen 7. Dalam paket penjualannya sudah disematkan ASUS Pen, stylus khusus multifungsi untuk mendukung beragam kegiatan.

Kelebihan

  • Laptop bisa diputar 360 derajat untuk penggunaan sebagai tablet atau mode presentasi.
  • Dilengkapi stylus pen.
  • Bezel tipis
  • Sertifikasi military grade sehingga laptop lebih aman dari benturan.
  • ErgoLift Hinge yang menunjang kenyamanan saat pengetikan dan suhu udara.
  • Dibekali fitur Windows Ink sehingga bisa berfungsi layaknya papan gambar digital.

Kekurangan

  • Hanya ada slot microSD card reader (bukan SD card).
  • Kualitas suara audio masih standar.
  • Tidak ada sensor sidik jari

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Disclosure: This is just my personal experience. Thanks as always for your support!

18 comments

  1. Sepertinya harus nabung lagi nih, setelah tabungan yang lalu buat beli Leptop Asus yang spesifikasinya lupa, dan leptopnya sudah almarhum. Tau gini mending buat beli zenbook flip ini ya bro?

    Eh, salam kenal dulu dari Anak Desa…

  2. yang paling saya suka dari ASUS adalah keheningannya, tanpa berisik dengung kipas, sehingga kerja jadi lebih nyaman. kalau melihat ZenBook Flip UM462 sepertinya sangat menarik, selain layarnya yang bisa 360 derajat, juga Standar Military Grade nya. jadi sangat cocok untuk berbagai situasi lapangan…

  3. Standar military grade-nya menarik nih, Mas. Jadi nggak perlu khawatir lagi pas dibawa ke tempat-tempat bersuhu dingin, atau pas harus melintasi daerah dengan perbedaan suhu yang ekstrem. Laptop saya pernah mati suri abis dibawa ke tempat dingin banget terus lanjut ke tempat bersuhu tropis hahahaha…

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: