Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman

Saya sedang duduk di pojok kedai kopi favorit dan memesan kopi kesukaan menggunakan m-Card Jenius BTPN. Dari jauh, saya mengamati anak-anak milenial yang sedang merayakan hari spesial. Ada yang merayakan ulang tahun, namun meja sebelahnya merayakan bridal shower. Ini sudah menjadi trend kekinian bukan. Harus diakui, pemandangan tersebut membuat saya terdistraksi di saat sedang mencari informasi untuk liburan Natal ke Singapura.

piccolo coffee - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Duduk menyesap kopi sambil menyusun itenary perjalanan

Secangkir Piccolo menemani saya mencari informasi tentang Singapura, walau teman saya bilang tidak ada hal baru dari Singapura. Namun, selalu ada hal baru yang menarik. Dan, bagi saya akan lebih tenang kalau sudah mengumpulkan sejumlah informasi agar perjalanan saya lebih aman dan nyaman.

Singapura Termasuk Negara yang Aman

Teratur dan jelas. Secara pribadi, dua hal ini yang muncul dalam benak kalau ditanya kembali ke Singapura untuk liburan. Apalagi sekarang, setibanya di Bandara Changi Airport sudah ada ikon baru, yaitu Rain Vortex setinggi 40 meter yang berada di tengah-tengah Jewel dan dikelilingi oleh taman dan hutan buatan. Menarik bukan?

Akses transportasi yang nyaman dan petunjuk yang jelas menjadi pilihan untuk saya kalau solo backpacker. Saya tidak membayangkan kalau seperti Trinity, guru Traveller yang sudah melalang buana sejak sebelum ada Google Maps, informasi di internet yang mudah didapat hingga kemudahan dalam mencari ATM supaya tidak repot membawa banyak uang.

Buat saya yang punya kekurangan dalam hal membaca peta tentunya merasa insecure kalau berjalan sendirian, makanya saya butuh mengantongi banyak informasi-informasi seperti di mana letak KBRI Indonesia di negara tersebut, tempat makan yang menjadi rekomendasi orang, sampai dengan informasi-informasi lainnya yang diperlukan.

Perjalanan Terasa Aman karena Aplikasi Safe Travel

Sekarang ada begitu banyak hal dalam kehidupan sehari-hari yang dipermudah dengan aplikasi di dalam smartphone. Berbagai aktivitas mulai dari mencari makan dan minum, belanja, hingga hal spesifik juga dipermudah oleh aplikasi. Maka sebagai penikmat jalan-jalan, saya juga terbiasa dengan berbagai macam aplikasi perjalanan mulai dari mencari info tiket murah hingga informasi tempat wisata. Salah satunya adalah aplikasi Safe Travel dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia yang bisa kamu unduh lewat Android dan iOS.

apa itu safe travel - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Aplikasi Safe Travel bisa diunduh di Android dan iOS

Persiapan melancong ke luar negeri memang perlu perhatian khusus, termasuk soal keamanan. Karena berada di luar negeri berbagai ancaman bisa saja datang tanpa disadari. Mulai dari adanya perbedaan aturan di setiap negara menjadi masalah tersendiri bagi kita, oleh karena itu sangat diperlukan riset sebelum bepergian.

Namun tidak perlu lagi khawatir, aplikasi Safe Travel bisa meminimalkan kekhawatiran yang akan mengancam kita pada saat travelling di luar negeri. Aplikasi ini adalah upaya yang dilakukan oleh KBRI untuk memberikan kenyamanan dan meningkatkan keamanan bagi warga negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di luar negeri saat ini.

Banyak Fitur Safe Travel yang Menarik

safe travel - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Sudah unduh aplikasi Safe Travel buat perjalanan kamu kan?

Saya sudah mengunduh aplikasi Safe Travel ke dalam smartphone. Berbagai informasi yang disajikan dalam aplikasi lumayan membantu. Dalam aplikasi Safe Travel, kita dapat mengakses untuk mengetahui informasi dari negara yang akan kita kunjungi, mulai dari keamanan, perbedaan waktu, syarat keimigrasian hingga tentang hukum di negara itu sendiri. Serta untuk mengetahui sarana tempat ibadah, pelayanan kesehatan dan lokasi untuk wisata kuliner pun disajikan dalam aplikasi ini. Sangat bermanfaat sekali untuk kita ketika berada di luar negeri.

Saya bengong karena kagum dengan aplikasi Safe Travel, tim UI/UX/ bisa terpikir untuk membuat informasi himbauan mengenai situasi terkait negara tujuan, tips perjalanan, hingga lokasi KBRI di luar negeri. Hal kecil ini terlihat sepele namun bermanfaat buat kita yang minim informasi situasi.

pilihan negara - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Informasi negara yang lengkap tersedia di Safe Travel
informasi safe travel - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Informasi yang diberikan lengkap mulai dari situasi negara, tempat makan, tempat ibadah, dan atraksi lain.

Apabila selama perjalanan terjadi hal yang nggak diinginkan, ada tombol SOS pada aplikasi yang akan mengirim sinyal ke KBRI di negara tersebut. Tombol SOS ini berfungsi apabila menghadapi situasi darurat seperti terjebak aksi demonstrasi atau hal-hal berbahaya lainnya. Di sisi lain, ternyata tak banyak kantor perwakilan RI yang memiliki staf melayani 24 jam.

Rencana perjalanan kita pun bisa dicatat agar bisa terhubung dengan KBRI. Saya menemukan hal yang bikin wow, yaitu terdapat fitur berkirim pesan dengan sesama pengguna terdekat. Secara tidak langsung kita bisa menemukan teman baru di perjalanan. Ada lebih dari 200 negara yang status keamanannya tercantum dalam Safe Travel. Warna merah pada status negara mengindikasikan wilayah tersebut berbahaya, oranye untuk status awas, kuning adalah negara yang perlu diwaspadai, dan hijau masuk ke dalam wilayah wajar atau aman dikunjungi.

Hal yang paling ditakutkan ketika traveling ke luar negeri adalah kehilangan dokumen penting seperti paspor atau tertahan di imigrasi. Saya pasti akan langsung panik dan butuh pertolongan dari kantor perwakilan RI. Sisi lain, tak banyak staf KBRI yang melayani hingga 24 jam. Karena itu, ada tombol SOS pada aplikasi yang akan mengirim sinyal ke KBRI di negara tersebut. Dengan cara menelepon KBRI dan pihak kedutaan atau mengirimkan lokasi keberadaan pengguna serta melaporkan kejadian apa yang sedang dialami.

Tak Hanya Aman, Traveling ke Luar Negeri juga Harus Nyaman

jenius digital banking - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Kartu debit Jenius memudahkan perjalanan kamu jadi nyaman

Persiapan lain yang saya lakukan adalah menyiapkan mata uang negara yang dikunjungi. Jujur saya sudah lama sekali tidak melakukan traveling ke luar negeri. Makanya kemarin saya merencanakan perjalanan ke luar negeri dan Singapura pilihannya. Tidak perlu jauh-jauh karena perjalanan bukan seberapa jauh kamu pergi.

Dulu, saya ingat banget waktu ke Singapura harus ke toko langganan untuk menukar mata uang asing. Apalagi banyak orang Palembang juga sering bepergian ke Singapura, sehingga banyak permintaan untuk penukaran mata uang dolar Singapura. Cuma sekarang saya merasa perkembangan waktu permudah transaksi dan tarik tunai di luar negeri dengan pilihan saldo mata uang asing lewat Jenius.

Sebagai pengguna aktif Jenius, saya terbantu sekali dengan Jenius sebagai digital banking. Simpel. Semua transaksi keuangan saya bisa dikontrol lewat aplikasi Jenius serta ada Kartu Debit Jenius.

Fitur-Fitur Jenius BTPN ini bisa Sangat Membantu

fitur dream saver - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Fitur Dream Saver untuk memudahkan kamu mengatur keuangan

Buat kita yang sedang merencanakan perjalanan ke luar negeri, seperti yang saya lakukan, ada fitur-fitur Jenius yang bagi saya adalah ide genius. Mulai dari fitur Dream Saver, tabungan setor otomatis dengan bunga 4% per tahun. Tabungan ini terpisah dari saldo utama jadi kita bisa memisahkan dana-dana sesuai kebutuhan. Bisa untuk membeli tiket pesawat, sewa akomodasi, dan keperluan lainnya dengan lebih mudah. Pastinya perlu disiplin dalam menabung, apalagi fitur Dream Saver ini bisa dibuat untuk 10 perencanaan keuangan dalam satu waktu.

saldo mata uang asing jenius - Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman
Konversikan ke saldo mata uang asing sebelum berangkat

Hal lain yang tentu berguna adalah kemudahan transaksi dan tarik tunai di luar negeri dengan pilihan saldo mata uang asing Jenius. Dalam aplikasi Jenius, sekarang sudah bisa membeli mata uang SGD (Dolar Singapura), JPY (Yen Jepang), USD (Dolar Amerika), dan GBP (Pound Sterling Inggris). Selain nominal setoran yang terjangkau, kita juga bisa menghubungkan saldo mata uang yang dipunya ke m-Card atau kartu debit utama Jenius.

Buat kalian yang di Jakarta ingin mendapatkan informasi detail tentang Safe Travel dan Jenius bisa datang di acara Travel Safe Fest 2019 karena banyak pembicara dan travel influencers di bidang traveling agar aman dan nyaman.

Catat waktu dan tempatnya :

Jenius x Safe Travel Fest 2019 di Food Society, Kota Kasablanka tanggal 27 November – 1 Desember 2019.

Beberapa talkshow dan workshop menarik seputar traveling yang bisa kamu ikuti:

1. Tips Jalan-Jalan Aman dan Nyaman ke Negara Tujuan yang Belum Popular

Pembicara: Alexander Thian, content creator
Jumat, 29 November 2019, 19.00 – 20.00 WIB

2. Financial Workshop for Traveler

Pembicara: Aakar Abyasa, founder Jouska dan Andrea Gunawan, Content Creator
Sabtu, 30 November 2019, 13.30 – 15.00 WIB

3. Tips Jalan-Jalan Aman dan Nyaman ke Luar Negeri Bagi Perempuan

Pembicara: Kadek Arini, travel blogger dan Windy Ariestanty, travel writer
Sabtu, 30 November 2019, 19.30 – 20.00 WIB

4. Content Creation dalam Traveling

Pembicara: Adis, CEO Whatravel dan Febrian, content creator
Minggu, 1 Desember 2019, 13.15 – 15.00 WIB

Jujur saja saya belum pernah mencoba fitur Jenius ini di luar negeri. Namun dari pengalaman beberapa #temanjenius lainnya membuat saya juga penasaran untuk mencoba nanti pada saat traveling ke Singapura dan akan berbagi ke kalian lagi. Saya sudah kadung nyaman bertransaksi dengan fitur-fitur Jenius, apalagi nanti bisa dipakai di luar negeri ya.

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Advertisements
BACA JUGA :  Inspirasi Rumah Art Deco Idaman Bersama Informa
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

One thought on “Traveller Jenius juga Perlu Rasa Aman dan Nyaman

  1. kalo pengalaman pake jenius ke luar negeri masih sebatas ambil uang pake ATM yang oren itu pas waktu umroh alhamdulillah keluar rial langsung, mantab hehehe kalo pake fitur yang lain belum pernah,,, pengen coba yang nabung mata uang asing langsung tapi masih maju mundur.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.