Siap nggak?

Globalisasi?

Kenapa kita lebih suka produk luar negeri (impor) daripada produk hasil buatan sendiri? Prediksi tahun 2020, kita mau tidak mau harus siap dengan pasar bebas. Siap dan tidak siap para pekerja dari luar negeri akan ‘hijrah’ ke sini karena Indonesia terkenal dengan ‘ladang uang’. Bayangkan kurang lebih 12 tahun dari sekarang, apakah kita mampu dan bisa?

Cina sekarang jadi sorotan para pebisnis. Hal ini dikarenakan mereka mampu memproduksi suatu produk dengan harga yang ‘bersaing’, tapi kualitasnya? Mana yang kalian pilih… harga murah tapi kualitas cukup atau harga mahal dengan kualitas cenderung oke? Untuk ukuran orang berkocek minim akan pilih pilihan yang pertama. Mau aspal yang penting gengsi khan? Dan tidak heran barang produksi Cina mampu menembus pasar Indonesia.

Tanda tanya besar, kenapa orang Indonesia belum tertarik berbuat hal serupa? Padahal banyak orang cerdas di Indonesia, tapi mereka yang cerdas itu lebih milih hengkang dari Indonesia dan kerja sama orang luar. Pilihan mereka tentu tidak salah, mungkin, karena fee yang didapat lebih besar.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1725

3 tanggapan pada “Siap nggak?

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: