[Tutorial] Gravatar


avatar

04

Pernah dengar Avatar? (bukan film Avatar The Legend ya).

Avatar sejenis simbol yang melambangkan kepemilikkan/ciri khas seseorang. Untuk simbolnya bisa dimasukkan sama foto kamu atau tokoh yang kamu ciptakan sendiri. Menarik ya? Avatar sendiri udah sering dipakai waktu chatting lewat YaMee, GTalk, MSN. Ada kelemahan dari penggunaan avatar, kalau misalnya kita banyak gabung dengan forum-forum atau blog, kita perlu unggah avatar di setiap kita kunjungin.

Solusinya, Gravatar ini berfungsi menjadi pusat untuk menampung avatar-avatar kita yang nantinya bisa kita panggil kalau udah bosen sama avatar yang dipakai. Sistem kerja gravatar ini akan aktif kalau kamu meninggalkan komentar di blog yang punya fungsi gravatar, maka secara otomatis avatar kamu akan tampil. Dengan catatan, email yang kamu masukin di website/blog itu sama dengan email pada saat kamu registrasi. Benang merahnya, gambar (avatar) akan terbaca dari sistem sesuai alamat email yang kamu daftar, jadi bukan id atau nama kamu.

Untuk wordpress sendiri, pengaturan gravatarnya nggak terlalu sulit. Itu terletak di profil kamu. Kalau kesulitan cari profil kamu, itu bisa klik di pojok kanan atas dashboard.

03

01

Selanjutnya tinggal klik Ubah Gravatar Anda, maka akan diarahkan ke kotak dialog tempat kita akan menggungah foto. Kemudian pilih Upload a new image from your computer.

02

Selesai kita unggah gambar, akan tampil menu rating yang tujuannya untuk menjelaskan kalau tipe avatar yang kita unggah. Untuk umum dan aman, pilih “G” soalnya pilihan ini cocok untuk tampilan di website/blog apapun, sisanya untuk keperluan yang berbau kekerasan dan seksual.

05

Viollaaaa ~.~ selesaiiii

p.s : Tutorial ini untuk menjawab pertanyaan dari wi3nd. Semoga membantu. Dan foto yang dipakai adalah request dari FVJ sesuai komentarnya disini.

Iklan

38 pemikiran pada “[Tutorial] Gravatar

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s