BerandaReview Gravatar

[Tutorial] Gravatar

Author

Date

Category

avatar

04

Pernah dengar Avatar? (bukan film Avatar The Legend ya).

Avatar sejenis simbol yang melambangkan kepemilikkan/ciri khas seseorang. Untuk simbolnya bisa dimasukkan sama foto kamu atau tokoh yang kamu ciptakan sendiri. Menarik ya? Avatar sendiri udah sering dipakai waktu chatting lewat YaMee, GTalk, MSN. Ada kelemahan dari penggunaan avatar, kalau misalnya kita banyak gabung dengan forum-forum atau blog, kita perlu unggah avatar di setiap kita kunjungin.

Solusinya, Gravatar ini berfungsi menjadi pusat untuk menampung avatar-avatar kita yang nantinya bisa kita panggil kalau udah bosen sama avatar yang dipakai. Sistem kerja gravatar ini akan aktif kalau kamu meninggalkan komentar di blog yang punya fungsi gravatar, maka secara otomatis avatar kamu akan tampil. Dengan catatan, email yang kamu masukin di website/blog itu sama dengan email pada saat kamu registrasi. Benang merahnya, gambar (avatar) akan terbaca dari sistem sesuai alamat email yang kamu daftar, jadi bukan id atau nama kamu.

Untuk wordpress sendiri, pengaturan gravatarnya nggak terlalu sulit. Itu terletak di profil kamu. Kalau kesulitan cari profil kamu, itu bisa klik di pojok kanan atas dashboard.

03

01

Selanjutnya tinggal klik Ubah Gravatar Anda, maka akan diarahkan ke kotak dialog tempat kita akan menggungah foto. Kemudian pilih Upload a new image from your computer.

02

Selesai kita unggah gambar, akan tampil menu rating yang tujuannya untuk menjelaskan kalau tipe avatar yang kita unggah. Untuk umum dan aman, pilih “G” soalnya pilihan ini cocok untuk tampilan di website/blog apapun, sisanya untuk keperluan yang berbau kekerasan dan seksual.

05

Viollaaaa ~.~ selesaiiii

p.s : Tutorial ini untuk menjawab pertanyaan dari wi3nd. Semoga membantu. Dan foto yang dipakai adalah request dari FVJ sesuai komentarnya disini.

Deddy Huanghttps://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Artikulli paraprak[Tutorial] Unggah Gambar ke Tulisan
Artikulli tjetër[Tutorial] Favicon

39 KOMENTAR

  1. bung Huang… salam kenal,
    wah, kayaknya bisa cari banyak tips di sini neh…
    boleh kan sering-sering ke sini?

    *skalian minta ijin bikin link yach*

    • hahaa… apa sih yang nggak buat kamu far? 😈

      hah? yang bener lebih ganteng?? hebat duong aku bisa bikin elu makin ganteng (ganteng = ganjalan genteng?) 😈

      hei bocah ingusan! 😈

  2. bro, dulu kalo nggak salah, jika kita tidak login wp, terus kasih komeng ke blog lain dengan mengisikan nama dan url kita, avatar tidak bakal tertampil.
    tapi kalo sekarang kok selalu tampil meskipun tidak login.
    ada setingannya, nggak?
    soale bisa saja orang lain komeng atas nama kita.
    salam…

    • mmm… ya mungkin ini juga jadi celah buat orang yang mengatasnamakan kita buat keperluan tertentu.

      tapi logikanya gini: kalo misalnya mas udah pake gravatar, maka secara otomatis avatar akan ditampilkan sesuai dengan alamat email yang kita daftar, tapi kalo misalnya alamat yang dikasih beda maka gravatar yang ditampilkan itu sesuai pengaturan gravatar blog (bentuk gambarnya kayak gambar paling atas).

      solusinya yaa… untuk alamat email kita bisa kosongin, atau cukup diisiin dengan http://

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru