Global Handwashing Day


Konotasi ‘cuci tangan’ bisa diartikan menjadi negatif. Cuci tangan bagi para koruptor atau orang yang sudah melakukan suatu tindakan yang merugikan orang lain kemudian melimpahkannya sama orang lain. Cuma cuci tangan kali ini berkaitan sama hari cuci tangan sedunia yang jatuh hari ini (15 Oktober 2009).

Ada apa dibalik hari cuci tangan yang jatuh pada 15 Oktober ini?

GHDlogo
Gerakan hari cuci tangan sedunia ini sudah berlangsung dari tahun kemarin (2008) yang dilakukan waktu Pertemuan Tahunan Air Sedunia. Kampanye ini sendiri bertujuan agar orang-orang lebih perhatian terhadap masalah kesehatan. Kesehatan itu mahal nilainya. Coba dihitung saja kalau sakit untuk dua hari, tentu pekerjaan kita akan tertunda. Belum lagi harus mengeluarkan dana untuk berobat.

Cuci tangan sebagai salah satu langkah kecil untuk antisipasi pencegahan datangnya penyakit. Setidaknya interaksi tangan ini bisa menyebabkan awalnya penyakit. Dulu sewaktu kecil habis main pasir atau tanah liat, mama sering mengomel agar aku selalu mencuci tangan dan kaki pakai sabun. Mama cerita kalau kuman itu bisa masuk ke dalam tubuh lalu diproses yang bisa menyebabkan diare atau gejala lainnya misalnya jadi cacingan.

IMHO, khasananya cuci tangan itu perlu dilakukan setiap kali kita melakukan aktivitas. Bukan berarti peringatan 15 Oktober ini menyarankan kita untuk mencuci tangan sekali dalam setahun. Tapi agar kita lebih respek sama kesehatan kita ke depan.

p.s : Sudahkah hari ini kamu cuci tangan? Saya sudah! 😀

Iklan