Global Handwashing Day


Konotasi ‘cuci tangan’ bisa diartikan menjadi negatif. Cuci tangan bagi para koruptor atau orang yang sudah melakukan suatu tindakan yang merugikan orang lain kemudian melimpahkannya sama orang lain. Cuma cuci tangan kali ini berkaitan sama hari cuci tangan sedunia yang jatuh hari ini (15 Oktober 2009).

Ada apa dibalik hari cuci tangan yang jatuh pada 15 Oktober ini?

GHDlogo
Gerakan hari cuci tangan sedunia ini sudah berlangsung dari tahun kemarin (2008) yang dilakukan waktu Pertemuan Tahunan Air Sedunia. Kampanye ini sendiri bertujuan agar orang-orang lebih perhatian terhadap masalah kesehatan. Kesehatan itu mahal nilainya. Coba dihitung saja kalau sakit untuk dua hari, tentu pekerjaan kita akan tertunda. Belum lagi harus mengeluarkan dana untuk berobat.

Cuci tangan sebagai salah satu langkah kecil untuk antisipasi pencegahan datangnya penyakit. Setidaknya interaksi tangan ini bisa menyebabkan awalnya penyakit. Dulu sewaktu kecil habis main pasir atau tanah liat, mama sering mengomel agar aku selalu mencuci tangan dan kaki pakai sabun. Mama cerita kalau kuman itu bisa masuk ke dalam tubuh lalu diproses yang bisa menyebabkan diare atau gejala lainnya misalnya jadi cacingan.

IMHO, khasananya cuci tangan itu perlu dilakukan setiap kali kita melakukan aktivitas. Bukan berarti peringatan 15 Oktober ini menyarankan kita untuk mencuci tangan sekali dalam setahun. Tapi agar kita lebih respek sama kesehatan kita ke depan.

p.s : Sudahkah hari ini kamu cuci tangan? Saya sudah! 😀

21 pemikiran pada “Global Handwashing Day

  1. Walopun agak telat niy ngomentarin yg ini tapi Soal cuci tangan ini, udh dari kecil dulu dibiasain dalam keluarga.
    Hingga skr malah selalu bawa2 han sanitizer kemana2 in case gak bisa nemu wastafel buat cuci tangan.

    Udh rajin cuci tangan aja mash sering sakit perut apalagi kalo jorok.
    Hadoooh…

    Huang : Itu karena pola makanan yang gag bersih kali mbak :p

  2. sulit sekali memang meyuruh mencuci tangan pada anak kita sehabis mereka main. kadang memnag harus di kasih contoh. kita hrus memberikan contoh selalu cuci tangan pada anak2 kita. kalau mereka habis main tanah liat, suruh mandi aja…he..

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s