Koper : Uneg


Seberapa eksklusif kamu dalam suatu komunitas?

Apa sih tujuan kamu pribadi gabung dalam suatu komunitas?

Sering kali aku dengar cerita tentang ketidaknyamanan setelah balik dari kopdar (kopi darat) komunitas tertentu. Begitu kutanya apa yang bikin mereka nggak nyaman, Ternyata juga persis apa yang aku rasakan juga. Intinya makna kopdar sendiri nggak diperoleh seutuhnya. Seharusnya makna kopdar itu ajang temu, saling mengenal, kalau mungkin bisa berdiskusi mengenai kesamaan hobi. Bukannya sibuk dengan netbook sendiri, blackberry, atau hanya asik ngobrol sama orang yang sudah dikenal.

Cobalah renungkan sejenak,

Sudahkah kamu mengenal anggota dalam komunitas kamu?

Menurutku, janganlah terlalu mengharapkan kontribusi dari anggota komunitas. Ada komunitas yang lebih melihat kontribusi dari anggotanya barulah mereka mendekati. Tapi ada juga komunitas yang memang tujuannya ingin membuka jaringan persahabatan tanpa mengenal suku dan agama.

Dan mungkin yang menjadi kopdar basi atau istilahnya 4L (Lu Lagi Lu Lagi) adalah keengganan seseorang untuk hadir lagi karena sudah mendapat kesan yang kurang enak dari pertama kali.

p.s : Kamu?

Iklan

5 pemikiran pada “Koper : Uneg

  1. tujuan saya untuk berkomunitas ya melakukan hal yang disukai bersama komunitas.

    Contohnya, saya bisa main musik. Ngga enak main musik sendirian. Jadi saya cari teman bermusik, datang ke rumahnya, dan main musik bersama. Lebih enak

    Ya pada intinya kalo cuma berkomunitas untuk sekedar ngobrol dan kopdar saja ya apa asiknya? Lakukan aktifitas bersama dong.

    Huang : Oke lah kalo begitu πŸ˜€

  2. tujuan gabung di komunitas yang pasti bisa nambah teman dan saudara… toh sebaik – baik manusia adalah yang banyak manfaatnya bagi orang lain, dan jangan pernah tanyakan apa yang negaramu berikan untukmu tapi tanyakan apa yang kau berikan untuk negaramu… jadi ya tanyakan aja ama diri kita sendiri apa kontribusi yang telah kita berikan untuk komunitas ini… chayoo… πŸ˜€

    Huang : Apa kabar mbak suzan?

  3. belum pernah 9abun9 den9an komunitas manapun neeh huan didunia maya..

    opiniku seeh,jan9an berharap banyak,klu mu 9abun9 yah 9abun9 ajah,kontribusikan ba9aimana kitanya didalam komunitas tsbt,tapi eman9 palin9 males klu kesan pertama ajah da nda enak πŸ™‚

    btw 9anti tempalte yah?

    Huang : Seperti begitu wi3nd. Iya neh aku balik ke template yang lama. Sepertinya lebih enak aja kelihatannya.

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s