Kelakuan Si Siswa


Kemarin sore selesai cari kado untuk nikahannya R, perut mulai kerasa lapar. Belum lagi alergiku kambuh karena udara di Pasar 16 Ilir yang nggak kondusif. Mampirlah kita untuk makan baso dan pempek panggang di tempat yang aku rekomendasikan.

Masih menunggu pempek selesai dipanggang…

Teman 1 (T1) : Eh ada ya siswa mbak V yang kelakuannya minus. Padahal cewek loh.

Teman 2 (T2) : Minus gimana?

Teman 3 (T3), Teman 4 (T4), dan Huang (H) serius menyimak T1 bercerita.

T1 : Iya si mbak V kan udah selesai input nilai dan ada 1 mahasiswinya komplain lewat sms sama mbak V.

H : Isi komplainnya mbak?

T1 : “Mbak kok tega sih kasih aku nilai C? Aku kan sering masuk, mbak pernah kan jadi mahasiswa? Harusnya mbak tahulah”.

T3 : Terus mbak V bales apa?

T1 : “Memang kamu bisa jawab pas ujian kemarin?”

H : Dijawab?

T1 : “Bisa mbak diisi, ya semuanya diisi dan kalaupun ada yang salah tapi kan ada isiannya juga”.

T4 : Oh.. upah nulis gitu.

T1 : Padahal nilai siswa ini seharusnya dapat D. Tapi mbak V dongkrak nilainya jadi C. Nggak tahu diri banget itu mahasiswa.

H : Hahaha… bangets.

Akhirnya, besoknya si mahasiswa itu datang menemuin mbak V. Oleh mbak V, dia melakukan ujian untuk melihat kemampuan si mahasiswa itu tepat di depan dosen-dosen lainnya. Ternyata nilai yang didapat malahan jauh lebih kecil dari yang pertama. Dengan tegas, mbak V langsung merubah nilai yang tadinya C menjadi D di depan semua dosen-dosen lainnya.

Kemudian, mahasiswa tersebut mengirim sms ke mbak V.

“Mbak ndak apa-apalah nilai C yang tadi daripada nilai D. Tolong banget mbak. Aku minta maaf banget soal yang tadi. Bisa bunuh diri aku kalau bapak aku tahu nilaiku dapat C”.

Kejadian yang sama aku juga alami pagi ini. Ada siswa cowok datang untuk meminta software grafis. Agak sedikit memaksa juga dan aku sudah sarankan dia untuk membeli software yang ber-label “BJK”. Bukannya aku nggak mau bagiin dia software grafis yang dia inginkan. Ini lantaran (1) aku nggak mengajar materi grafis tersebut, (2) aku nggak mau dianggap penyebar software ber-label “BJK” selama jam kerja. Di luar jam kerja aku masih dapat toleril.

Siswa (S) : Aduh pak, aku sudah minta sama orang malahan aku dilempar-lempar gitu. Nanti bilangnya minta sama bagian inilah, sama bapak ini.

Huang (H) : Oh.. terus kenapa cari aku?

S : Kemarin pak minta sama bapak T, kata bapak T mintanya sama bapak karena bapak punya software-nya.

H : Ah yang bener?

S : Iya pak. Okelah ikut aku ke Teknisi, nanti aku coba pintain software-nya.

Namun aku masih ragu karena rasanya nggak mungkin bapak T tersebut nggak punya software grafis itu karena dia yang pegang materi grafisnya. Aku coba tanyakan sekali lagi sama siswa bersangkutan.

H : Yakin bapak T yang bilang begitu?

Dia nggak bisa berkelit lagi dan akhirnya jujur bilang kalau temannya yang bilang coba minta sama aku.

H : Maaf, aku nggak bisa membantu kamu. Kalau begitu caranya kamu sudah coba meng-adu dombakan aku sama bapak T.

Cerita lainnya. Namaku juga pernah disalahgunakan oleh siswaku sendiri agar dapat membohongi kakaknya untuk mendapatkan uang. Ceritanya aku mendapat telepon yang mengaku sebagai kakaknya siswaku. Dari keterangan kakaknya, dia minta konfirmasi apa benar aku menyuruh semua siswa untuk membeli flashdisk dan lalu dikumpulkan (tidak dikembalikan)? Aduh rasanya pengen kasih siswa tersebut pelajaran. Tega banget ya.

p.s : Lapar. Mari makan siang.

Iklan

3 pemikiran pada “Kelakuan Si Siswa

  1. Padahal nilai siswa ini seharusnya dapat D. Tapi mbak V dongkrak nilainya jadi C. Nggak tahu diri banget itu mahasiswa.

    😆 😆 😆 😆 😆

    Huang : Iyee begitu.. =_______=

  2. jiahaahahah..ngegosip mulu deh yeiyy :p
    yah gitulah huang, siswa2 dengan segala macam karakternya. kita cuma bisa bilang hmmm..mau kesel ya gimana juga, sbg tenaga pengajar kamu tau lah gimana cara terbaik ngadepin siswa2 macam itu 🙂

    Huang : Gosip yukkk :p

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s