BerandaCulinary9 Makanan Enak Khas Palembang

9 Makanan Enak Khas Palembang

Author

Date

Category

image

Mengulas kota Palembang sebagai kota kelahiran saya rasanya belum lengkap kalau saya tidak mengulas tentang kuluner yang menjadi ciri khas kota Palembang.

Seperti tulisan di gambar “Makanan Palembang katek yang dak lemak” (red: makanan Palembang tidak ada yang tidak enak). Silahkan buktikan sendiri 9 jenis makanan enak ciri khas kota Palembang.

Pempek

image

Makanan ini berbahan dasar olahan ikan yang dibentuk dengan beberapa jenis pempek seperti pempek keriting, telor, pistel/potongan pepaya, lenjer dan lainnya. Kurang nendang kalau makan belum belum hirup cuko. Cuko sejenis saos yang dibuat untuk menambah cita rasa enaknya menyantap pempek.

Adaaan

image

Masih dari keluarganya pempek. Pempek jenis adaan ini jenis pempek bentuknya bulat. Diberi nama adaan karena dibuatnya seadanya saja dengan bentuk bulat. Tapi jangan salah, rasa dari pempek adaan ini bikin ketagihan karena gurih dan ada potongan bawang merah untuk aroma wangi.

Lenggang

image

Terbuat dari olahan ikan yang dicampur dengan kocokan telor. Selanjutnya diletakkan di dalam wadah dari daun pisang. Dimasak dengan cara dipanggang menggunakan arang hitam sehingga aroma dari daun pisang dan dipanggang makin mengugah selera.

Es Kacang Merah

image

Kurang lengkap pas menyantap pempek tidak dilengkapin sama semangkok es kacang merah khas Palembang. Banyak pedagang yang juga menyediakan es kacang merah dengan rasa yang variatif. Seperti tekstur kacang yang lembut, sedang atau sedikit keras. Juga dicampur dengan santan dan gula jawa. Rasanya pokoke enak.

Model

image

Makanan ini bentuknya seperti pempek kapal selam. Namun tekstur dari olahan ikan ini lembut. Di dalamnya juga ada tahu. Enak sekali disajikan saat kuahnya masih panas.

Burgo

image

Makanan ini berkuah santan kuning. Dimana burgo sendiri dari beras yang diolah lagi. Biasanya burgo bisa dijumpai di pedagang kaki lima pas pagi hari untuk sarapan pagi.

Laksan
Laksan juga seperti burgo, disajikan dengan kuah santan. Olahan makanan ini tetap menggunakan ikan.

Tekwan

image

Porsi tekwan seperti Model. Hanya kalau tekwan bentuknya dari pelintiran kecil dari olahan ikan yang direbus.

Gado-Gado

image

Belum pas kalau kamu yang berkunjung ke Palembang tidak mencicipin gado-gado. Rasa gado-gado konon dinilai dari ulekan saos kacangnya.

Jadi, pastikan kamu yang mau berkunjung ke Palembang setidaknya mencicipin 9 makanan khas di Palembang.

Posted from Neng Mira

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

9 KOMENTAR

  1. Yap, belum lengkap rasanya klo kita ke kota “Wong KIto Galo” gak nyobain Pempek 🙂
    BIasanya saya beli buat oleh” di bawah Flyoper di depan Polda Sumsel

  2. bikin ngiler nih menu menunya.Jadi pengen banget ke palembang,sikat habis pempek n es kacang merahnya. 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru