Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Aktivitas Dengan Energen


Terkadang untuk mengejar momen saat sedang traveling saya harus bangun lebih pagi, seperti mendapatkan foto sunrise atau menghindari keramaian orang di suatu tempat wisata. Momen seperti itu baru ada di waktu pagi dan harus dipersiapkan pada malam harinya. Jika tidak, berarti saya kehilangan momen saat traveling. Lantas, bagaimana cara saya menyiasati agar tidak kehilangan momen dan bisa beraktivitas sepanjang hari?

Saya termasuk kelompok orang yang melakukan sarapan sebelum jam 9 pagi. Tubuh sejatinya membutuhkan asupan energi yang banyak untuk beraktivitas sepanjang hari. Apalagi bagi saya yang traveling menelusuri kota sepanjang hari, tentu akan menguras energi yang banyak. Sebaliknya kalau saya sedang tidak dalam tugas atau traveling, saya akan menyibukkan diri dengan aktivitas lain yaitu menulis cerita perjalanan.

Tidak dipungkiri sarapan pagi penting bagi kesehatan kita, aktivitas satu ini yang memberikan energi untuk menyelesaikan tugas-tugas kita sepanjang hari. Sebagian orang sarapan pagi harus makanan berat, seperti nasi dan aneka lauk. Sedangkan kalau saya lebih memilih jenis makanan lain yang tentunya dan mengandung cukup nutrisi. Jelas saya tidak mungkin makan makanan berat di saat harus mengejar sunrise, bukan?

Ada yang berkata, makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Sarapan pagi sangat penting untuk memberikan energi dan semangat dalam beraktivitas. Sesibuk apapun saya tetap meluangkan waktu sarapan. Idealnya waktu sarapan pagi dimulai dari jam 6-9. Namun, disayangkan masih ada orang yang menganggap remeh sarapan.

Kenapa harus sarapan pagi sebelum jam 9? Setelah bangun tidur asupan energi kurang sedangkan kita sudah dituntut dengan beragam aktivitas dalam satu hari. Maka dari itu perlu segera mendapatkan asupan nutrisi sarapan. Tidak hanya mengisi perut saja, tapi sarapan pagi amatlah penting dan bermanfaat agar kita dapat melakukan aktifitas dengan lancar dan optimal.

manfaat sarapan pagi energen

Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Jam 9

Berikut ini alasan dibalik mengapa perlu sarapan pagi sebelum jam 9 pagi.

1. Sumber Energi Diawal Hari

Ketika tidur kita tidak melakukan aktifitas apa-apa namun pada saat tidur tubuh menyerap asupan nutrisi dan memperbaiki sel-sel yang rusak melalui makanan yang kita konsumsi. Dengan sarapan otomatis energi kita akan terisi kembali dan menjadi sumber tenaga untuk beraktivitas.

2. Mencegah Makan Berlebihan

Saat kondisi perut sedang lapar karena belum sarapan, akan membuat otak stimulasi untuk menyantap semua makanan yang dilihat. Hal ini dapat membuat kondisi perut jadi tidak optimal bekerja. Banyak yang beranggapan ketika perut sudah terisi dengan menu sarapan berat, maka rasa ingin nyemil ikut berkurang. Sehingga manfaat yang bisa dirasakan dari sarapan pagi agar terhindar dari berat badan yang bertambah.

3. Terhindar dari Penyakit Maag dan lainnya

Saya pernah mengalami saat dituntut pekerjaan harus segera diselesaikan dan cepat sampai di kantor sehingga mengabaikan sarapan pagi. Akibatnya perut kosong dan dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan lambung bekerja lebih keras. Kondisi ini membuat asam lambung tinggi dan menimbulkan penyakit maag. Ternyata sarapan memang solusi untuk menghindarkan dari sakit maag yang sulit disembuhkan atau penyakit lainnya.

4. Membantu Menjaga Mood

Saya pernah mengalami bertemu orang yang tiba-tiba moodnya jelek dan menjadi sasaran dia marah. Ternyata setelah diselidiki dia belum sempat sarapan sedangkan aktivitas padat sudah menanti. Andai nutrisi sarapan kita tercukupi maka mood bisa tetap baik. Penelitian menunjukan bahwa mereka yang telah sarapan pagi lebih baik dalam urusan menjaga mood ketimbang mereka yang tidak sarapan.

5. Meningkatkan Daya Pikir dan Fokus

Saya pernah mengalami kurang fokus dan konsentrasi saat sedang meeting di hadapan klien. Rasa mengantuk dan badan lemas menjadi faktor yang bisa saya rasakan. Ternyata otak dan energi saya sedang melemah karena melewatkan sarapan pagi untuk persiapkan bahan presentasi. Sejak saat itu saya pasti akan menyempatkan diri untuk sarapan pagi sebelum jam 9.

Setiap orang mempunyai menu sarapan sendiri dan setiap daerah juga berbeda-beda. Ada banyak makanan sehat yang cocok untuk disajikan saat sarapan pagi. Sarapan pagi tidak harus selalu nasi, konsumsi nasi dapat digantikan dengan karbohidrat lainnya seperti jagung, sereal dan roti. Bahan makanan dari gandum memiliki kandungan karbohidrat yang tidak terlalu tinggi namun baik untuk tubuh kita.

Menurut informasi dari dokter keluarga, sarapan pagi memiliki empat ketentuan yaitu tepat waktu, tepat jenis, tepat komposisi dan kebersihannya. Sarapan tepat waktu adalah sebelum jam 9, komposisi yang tepat adalah menu sarapan harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral yang bisa memenuhi 1/4 gizi harian.

Saya sadar aktivitas saya sehari-hari ditambah traveling lumayan menguras energi dan pikiran, tapi sebagai manusia yang peduli terhadap kesehatan tentunya saya tidak ingin pada saat sedang traveling sekaligus kerja saya sakit atau kurang fokus. Lalu, apa solusi saya untuk bisa memenuhi komposisi sarapan pagi yang pas? Biasanya saya menyiapkan Energen saat saya sedang traveling atau di rumah.

energen sereal

Sarapan pagi sebelum jam 9 bersama Energen

Cakupan energi bisa kita dapatkan dengan konsumsi makanan serta minuman yang mengandung gizi lengkap dan seimbang. Energen adalah minuman susu dan sereal yang cocok untuk melengkapi sarapan pagi kita sebelum jam 9. Minuman ini mengandung karbohidrat, paduan vitamin, mineral, malt dan protein yang dibutuhkan tubuh dalam komposisi yang tepat.

Hal yang saya suka, Energen merupakan susu dan sereal yang diperkaya Sigmavit, yaitu paduan vitamin, mineral dan protein dalam jumlah dan komposisi yang tepat yang dibutuhkan tubuh dalam fase pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan kesehatan. Sehingga Energen memiliki kandungan lengkap nutrisi 4 sehat 5 sempurna yang praktis dan enak.

Kandungan Sigmavit pada Energen merupakan inovasi yang berfungsi untuk menambah asupan gizi. Mulai dari Vitamin A untuk membantu menjaga kesehatan mata dan kulit. Vitamin B12 berperan penting dalam memproduksi sel darah merah dan meningkatkan metabolisme energi dalam tubuh. Vitamin D untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Vitamin E untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Terakhir, kalsium membantu pembentukan tulang dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.

Dengan beragam pilihan rasa Energen, yakni cokelat, kacang hijau, vanilla, jahe dan jagung. Kita bebas memilih tergantung selera saja. Biasanya saya akan menyeduh Energen dua bungkus di pagi hari sebagai penambah rasa lapar sebelum aktivitas. Kalau kita sedang lagi buru-buru, minum Energen membantu menjaga kondisi badan agar perut tetap terisi biar tidak masuk angin.

Bagi kita yang tinggal di perkotaan dengan rutinitas tinggi, kendala yang dialami adalah kesulitan menyiapkan sarapan pagi bergizi. Termasuk anak-anak yang harus mengejar waktu berangkat ke sekolah. Kendala waktu menjadi alasan sehingga kita sering melewatkan sarapan. Makanya saya selalu membawa Energen rasa Vanilla di dalam tas agar tiap timbul rasa lapar, saya tinggal menyeduhnya saja. Enaknya Energen rasa Vanilla karena aroma sereal wangi dan ada malt.

Tinggal Seduh

cara penyajian energen

Sobek, tuang dan tinggal seduh dengan air hangat

Sereal Energen merupakan sarapan pagi paling praktis. Bagaimana tidak, minuman ini menjadi pertolongan pertama saat saya traveling karena mengenyangkan, memberi energi, dan bisa disiapkan dalam waktu kurang dari 5 menit. Cara penyajian dari Energen cukup praktis, yaitu dengan cara menuangkan Energen ke dalam gelas, lalu dituangkan 150 ml air hangat, terakhir aduk hingga merata.

Biasanya saya menggunakan dua sachet Energen yang mengandung energi total sejumlah 130 kkal dan energi dari lemak sejumlah 30 kkal. Dua sachet Energen sangat cukup untuk membakar semangat, dan bekal konsentrasi otak, serta sebagai daya tahan tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Teman Makan Kue

energen sereal

Energen jadi teman makan kue

Hal lain yang saya suka dari Energen yaitu terbuat dari oats alami yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, sumber energi, serta membantu pencernaan. Selain itu kita juga tidak perlu menambahkan gula dan susu, sebab di dalam sachet Energen sudah tercampur gula dan susu. Lengkap bukan?

Saya suka menyiapkan Energen sebagai teman makan kue yang dilengkapi dengan tambahan lainnya. Kandungan gizi yang pas dan mengenyangkan perut ini mampu menjaga perut saya tetap kenyang hingga siang hari. Cara penyajiannya juga tidak butuh waktu lama.

Banana Cookies Energen

energen cookies

Banana Cookies Energen

Energi yang kita dapatkan dari sarapan paling tidak minimal bertahan hingga jam makan siang tiba. Hal ini karena kebanyakan kita tak akan sempat makan kudapan diantara kesibukan atau diantara waktu makan sarapan dan makan siang.

Saya mulai mengatur waktu agar tidak menganggu aktivitas saya dengan sarapan pagi. Menyiapkan sarapan butuh proses agar persiapan sarapan tidak banyak menyita waktu, maka menu sarapan bisa dipersiapkan pada malam hari atau hari sebelumnya. Contohnya saya memanfaatkan Energen rasa Vanilla untuk dijadikan cookies rasa pisang. Pemilihan cookies Energen ini saya rasa paling praktis dibuat sebab tidak memakan waktu lama.

bahan membuat cookies energen

Bahan-bahan untuk membuat Banana Cookies Energen

resep cookies enak

Semua bahan dicampur kemudian diaduk hingga rata.

Bahan-bahan untuk membuat Banana Cookies Energen juga mudah didapat, seperti terigu, telur, garam, margarin, pisang, gula serta Energen rasa Vanilla.

Cara pembuatan cookies ini dimulai dengan membuat bahan adonan dari terigu dan margarin. Keduanya saya aduk hingga dapat menjadi sebuah adonan. Selanjutnya, saya campurkan pisang yang sudah di haluskan menggunakan sendok dan 5 sachet Energen rasa Vanilla. Selesai membuat adonan cookies, saya tinggal menyiapkan alat panggang.

panggang kue tanpa oven

Cara memanggang kue tanpa oven

cemilan sehat sarapan pagi

Cemilan sehat untuk sarapan pagi

Memanggang kue tanpa oven? Ini tantangan bagi saya, sebab di rumah saya tidak memiliki oven panggang. Akhirnya saya menemukan cara memanggang kue tanpa oven yaitu menggunakan teflon dikasih alas alumunium foil food container sebagai alat panggang. Hasilnya? Banana Cookies Energen berhasil dipanggang sempurna setelah 30 menit dengan api kecil. Cookies Energen yang berhasil dibuat siap dijadikan cemilan selingan di waktu sarapan pagi atau dibawa pergi kantor. Mau?

Sarapan pagi merupakan kebiasaan yang harusnya selalu diterapkan di setiap keluarga, termasuk diri kita. Dengan membiasakan diri untuk sarapan, maka tubuh akan memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang harinya saat waktunya makan siang.

Energen sereal dari PT MAYORA Indah, minuman tinggi nutrisi dan bergizi dilengkapi pula dengan sereal yang lebih sehat dan gandum, diperkaya dengan nutrisi lengkap, sangat praktis dan lezat. Dapat menjadi asupan praktis tanpa meninggalkan nilai gizi.

Fakta membuktikan bahwa 7 dari 10 anak yang sarapannya kurang nutrisi tidak bersemangat saat mengikuti pelajaran di sekolah. Survey di Indonesia, sarapan masih menjadi satu permasalahan pada anak-anak di Indonesia. Masih banyak keluarga yang kurang memperhatikan masalah kebutuhan gizi anak melalui sarapan sehat rutin setiap hari.

Sama halnya dengan anak-anak, orang dewasa saat ini bekerja tanpa sarapan pagi membuat daya tubuh menjadi lemas dan kurang semangat bekerja. Menyadari hal tersebut, saya sekarang tidak pernah melewatkan sarapan pagi meskipun sarapan sederhana hanya dengan minum Energen hangat dan sepotong roti. Energen menjadi sahabat perjalanan dikala saya mengejar sunrise dan beraktivitas.

Bagaimana dengan kalian, apakah kalian juga rutin sarapan pagi?

Iklan

73 pemikiran pada “Pentingnya Sarapan Pagi Sebelum Aktivitas Dengan Energen

  1. Apa kenyang dengan cuma minum energen, kalo aku sih kurang kenyang (mungkin hanya sugesti) dan jam 8 harus sudah makan (tentu saja ada nasinya).

  2. iya betul sekali sarapan itu penting sekali bisa di bilang hukumnya wajib , bahaya menganacam jika tidak sarapan pagi aktifitas padat bisa magh melanda , buat yang sibuk ga sempet bisa sarapan di tempat kerja dengan membawa energen , itu saya lakukan jika saya tidak sempat sarapan

  3. Dulu waktu masih sekolah sih iya sarapan setiap pagi, jam 6 udah sarapan. Sekarang entah mengapa kebiasaan itu agak memudar huhhuhuuu. Nyoba lagi ah disiplin sarapan sebelum jam 9. Btw saya juga suka energen tapi minumnya suka malem-malem kalau lagi kelaperan hahahaaa…

  4. Kooooh, angkat aku jadi muridmu. Boleh diajarin motret yang kece,boleh diajari bkin infografis keren. Boleh diajarin bikin cookies kayak gitu. Disuruh nyicipin cookies satu stoples juga aku mau mau. Halah. Nyicipin kok satu stoples.:D

    Btw, waktu masih ngantor di Jakarta dan jadi kos, aku suka bekel energen ke kantor buat sarapan. Di kos-kosan nggak ada air panas. Di kantor ada 😀

  5. Aku orangnya harus sarapan pagi Ko, klo nggak nanti jadi lemas. Hehe. Kreatif banget itu energennya dibuat banana cookies. Aku juga suka minum energen, emang pas buat sarapan sebelum ngejar sunrise nih. Kebayang sarapan berat senelum sunrise nanti malah kebelet pas berburu foto :p

  6. Energen memang cocok untuk sarapan. Praktis dan enak. Banyak pilihan rasanya lg. Coklat dan kacang hijau pun enak.

    Tapi yg dibuat cookis itu istimewa banget. Apalagi tanpa oven. Bolehlah kapan2 dicontek 😁

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.