#GueBrani : Mendobrak Kekuatan Bersama (Day 2)


Kenyamanan dan suasana tempat kerja salah satu hal yang mempengaruhi kualitas pekerjaan dan kebahagiaan. Ketika kita merasa nyaman dan senang saat berada di tempat kerja, maka otomatis kita bisa bekerja dengan maksimal dan mencapai visi bersama. Secara langsung juga akan mempengaruhi kualitas kehidupan, kita bisa merasa bahagia dan tidak terbebani.

Akan tetapi, kenyataannya menemukan sebuah tempat kerja yang menyenangkan bukanlah sebuah hal yang mudah untuk dilakukan. Tidak semua orang beruntung bisa mendapatkan tempat kerja sesuai kriteria, sehingga tidak sedikit orang bekerja dalam lingkungan kurang menyenangkan bagi mereka dan tidak membuat nyaman.

Saya ingat di dalam bekerja, self talk sangatlah penting saat kita sedang tidak dalam kondisi prima atau pun kondisi yang membuat kita ragu dengan pilihan kita. Saat itu juga saya akan self talk kalau saat ini saya adalah orang terbaik di perusahaan, saya bekerja di perusahaan terbaik dan profesi saya saat ini adalah yang terbaik. Sederhananya seperti itu.

Permainan Menemukan Hacker

Hari kedua #GueBrani

Hari kedua #GueBrani berlangsung di Warung, lantai 20 Pacific Century Place, gedung perkantoran yang punya toilet gokil. Semua kelompok sudah berkumpul mengenakan kostum terbaik dan yel-yel yang telah dipersiapkan. Kelompok saya mungkin yang paling koplak di antara kelompok lain. Ide dari Kiki, TE Bandung yang membuatkan kami kostum drakula akhirnya membuat kami terpilih sebagai Best Costume dan mendapat tambahan uang dari modal yang telah diberikan untuk kami hari ini menyelesaikan permainan Escape Plan.

Permainan yang membuat kita harus menemukan tempat-tempat yang menyimpan kode rahasia. Kemudian harus kami pecahkan bersama setelah semua kode terkumpul. Tempat yang didatangi adalah perusahaan startup yang sedang berkembang. Mulai dari digital company, kuliner hingga startup di bidang data. Masing-masing perusahaan startup ini memiliki pola tersendiri yang bisa dipelajari, apalagi untuk saya pribadi yang memang senang di startup.

Berkunjung ke kantor podcast, Inspigo

Kopi arabika, strong, berkarakter, dan dikemas dalam bentuk easy to carry

Big Data, ancaman atau peluang?

Di pos terakhir, kode-kode yang didapat harus digabungkan dari masing-masing kelompok agar dapat membuka kotak-kotak yang berisi kata sandi terakhir dan menemukan siapa hacker yang menyebabkan data perusahaan bocor dan situasi menjadi getir.

Permainan escape plan ini menarik karena tanpa kita sadari kita belajar mengenai WE dan US. Bagaimana kita akan bekerja bersama untuk mencapai nilai-nilai perusahaan yang sudah ada yaitu we dare to be different, we perform with passion, we do the right thing dan we succeed together. Nilai-nilai perusahaan yang membuat kita merasa adalah bagian dari perusahaan. Ketika orang-orang di luar melihat kita, mereka akan melihat kita sebagai representatif perusahaan, yaitu merubah cara pandang orang tentang asuransi.

Setiap Kita Dapat Menjadi Inspirasi

Sharing session bersama Angkie

Hadiah telah berhasil memecahkan kode rahasia bersama-sama. Di sela waktu makan siang, selanjutnya ada sesi sharing bersama Angkie Yudistia yang merupakan salah satu wanita Indonesia menginspirasi berani melangkah dalam “ketidakmampuannya” sebagai seorang tunarungu.

Senyumnya terlihat hangat sambil berkata kalau dua minggu lagi akan masuk hari persiapan lahiran. Saya semakin penasaran mendengar kisah dirinya meraih mimpi serta harapannya. Saat ini Angkie menjabat sebagai CEO Thisable Enterprise yang fokus terhadap gerakan misi sosial khusus membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik.

Barangkali tidak pernah terbayangkan, saat Angkie berumur 10 tahun dia mengalami panas tinggi yang mengakibatkan sistem tubuhnya mengalah dan pendengarannya mengalami gangguan. Dunia seperti mengerikan dan tidak berpihak pada Angkie.

“Kenapa harus aku sih yang mengalami ini? Kenapa bukan orang lain? Aku dulu selalu bertanya-tanya aku salah apa, orang tuaku pun sedih tapi mereka nggak pernah nangis di depan aku, jadi aku mulai kebentuk nggak nangis di depan orang atau dikasihani, itu yang buat aku lebih kuat,” ucap wanita yang pernah menjadi Finalis None Jakarta Barat 2008 itu.

Foto bersama Angkie

Desakan hati yang dirasakan Angkie bagi sebagian orang kerap menjadi halangan untuk mewujudkan mimpi. Ada rasa minder dan diskriminasi orang sekitar saat tahu dirinya berbeda. Angkie akhirnya mengambil langkah yang mengubah hidupnya sepenuhnya. Hobinya dalam menulis berbuah karya “Perempuan Tunarungu Menembus Batas”. Tidak bisa mendengar membuatnya sulit berkomunikasi sehingga cara paling tepat adalah dengan menulis. Ternyata tulisannya mampu menembus hati para pembaca yang membuatnya jadi bersinar.

Di akhir sesi sharing, Angkie membagikan buku keduanya bersama L’Oreal. Buku itu berisi tentang 10 kisah serta profil para peneliti wanita yang menginspirasi wanita lainnya. Saya ikut kebagian bukunya yang dibubuhkan pesan manis, “Tough people will win!” Siapapun bisa asal niat.

Program yang saya ikuti ini menarik, pembelajaran yang dinamis sebab kita tidak harus berada di satu ruangan kelas konvensional. Namun lewat aktivitas sederhana, kita dapat menemukan esensi pesan yang ingin disampaikan. Jarang saya menemukan perusahaan yang dapat mempertemukan antara bekerja, hobi dan passion jadi satu.

Iklan

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.