Selfie Bareng Kanguru di Caversham Wildlife Park, Perth


Jika kalian punya rencana melancong ke Perth, Western Australia mulai bulan Agustus – September berarti ada yang perlu dipersiapkan dengan matang. Salah satunya menghadapi cuaca musim dingin. Perkiraan forecast sebelum kami berangkat, suhu bisa mencapai 10 – 15 derajat. Maklum saya pun juga jarang bepergian di waktu musim dingin. Namun, selama di Perth ternyata suhu sejuk, jadi saya paling menggunakan jaket wool dari Uniqlo saja.

caversham wildlife park

Perth with love

Pertama kali berkunjung ke Australia, tentunya ada cita-cita sewaktu kecil yang ingin diwujudkan. Apalagi kalau bukan melihat Kanguru dan Koala yang menjadi maskot negara multikultural ini. Apalagi kanguru hanya terdapat di Australia dan tercantum pada lambang negara.

Mbak Fina dari Kompas TV bilang kalau kita akan ada agenda berkunjung ke kawasan kebun binatang yang ada di Australia Barat. Bagi saya, hewan-hewan Australia ini unik dan punya daya tarik tersendiri.

caversham wildlife park

Mbak Fina on action 😀

“Oke besok kita nyetir sekitar 30 menitan deh kalau dari hotel ke Caversham Wildlife Park,” seru mbak Fina waktu kami sedang makan malam.

“Tiket berapaan mbak?” tanya saya. Maklum saya dapat hadiah gratis tiket pesawat, saya tetap harus bayar tiket masuk ke dalam.

“Sekitar 30 dolar gitu kayaknya. Tapi kita bentar aja cuma buat ambil konten sama kanguru soalnya waktu kita mepet banget buat ke tempat lain.” Otak saya mulai pikir, ya sudahlah demi melihat kanguru dan koala. Keberangkatan kami salah satunya adalah karena kerjasama Western Australia Tourism kerjasama Kompas TV untuk membuat semacam TVC.

Cara Membuat SIM Internasional

Berkendara di luar negeri memang menyenangkan, selain teratur juga bebas dari macet. Barangkali ini hanya di Perth yang saya temui. Bagi kita pemegang SIM Indonesia sebenarnya bisa mengajukan untuk mendapatkan SIM Internasional. Kalau informasi dari mbak Fina cara membuat SIM internasional itu mudah. Syarat yang diperlukan untuk membuat SIM Internasional, kita hanya perlu membawa : paspor, SIM Indonesia yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), tiga lembar foto ukuran 4X6 dengan latar belakang berwarna biru, dan materai Rp 6.000. Selain itu siapkan juga foto copy paspor, SIM, dan KTP. Biaya pembuatan SIM internasional sebesar Rp 250.000.

caversham wildlife park

SIM Internasional untuk Indonesia

Selanjutnya, jika semua berkas sudah siap, maka kita harus datang ke lokasi pembuatan SIM. Sayangnya, untuk membuat SIM internasional ini tidak dapat diwakilkan. Kita harus datang sendiri ke Jakarta di Korps Lalu Lintas Polri Bid Redigent Subbid Pengemudi bagian pelayanan SIM Internasional. Lokasinya beralamat di Jl. Letjen MT Haryono Kav 37-38, Jakarta.

Kalau SIM internasional sudah jadi, kita bisa puas untuk keliling Perth dengan mobil.

Berkeliling Caversham Wildlife Park

caversham wildlife park

Tempat parkir di Caversham Wildlife Park, mobil sewa kami ini buat nampung semua peralatan cari konten :p

Saya membuka GPS dari ponsel untuk melihat jalur darat yang akan kami lewati. Ternyata lokasi Caversham Wildlife Park ini kalau dari Perth CBD sekitar 25 menit. Keunikan dari taman ini adalah memiliki beragam hewan asli unik Australia, termasuk koala, kanguru, walabi, wombat, dan tasmanian devil. Sebelum berangkat, saya sendiri juga tidak ada persiapan riset, sebab semua jadwal sudah diatur sama mbak Fina.

Sejauh perjalanan, saya melihat banyak perumahan klasik dan modern. Udara juga sejuk, untungnya mobil yang kami sewa memiliki heater jadi tidak terlalu membuat mati membeku.

caversham wildlife park

Antri beli tiket masuk

Setelah memarkirkan mobil, kami mulai antri untuk membeli tiket masuk. Ada banyak pengunjung yang sudah mengantri. Saya dikelilingi sama bule-bule dengan postur tubuh di atas saya. Setelah mendapat tiket, tanpa menyiakan waktu kami segera mencari lokasi tempat koala dan kanguru melalui petunjuk arah jalan. Lalu ada bagian lucu banget, di jalan setapak kita mau masuk ada simbol kanguru yang bisa membuat saya halu sendiri. Ini beneran saya ada di Australia?

Kita boleh mengambil peta jalur lokasi. Di dalam peta sudah tersedia informasi mengenai tempat-tempat satwa mulai dari bagian timur laut, barat selatan, utara, dan tenggara. Masing-masing kawasan ini lumayan luas untuk berkeliling sehingga memang kalian perlu mengatur strategi prioritas mana yang ingin dilihat terlebih dahulu.

Misalnya di bagian timur laut, kita dapat melihat hewan tropis termasuk Quoll Tail berbintik, Common Brushtail Possum dan Emu. Bagian utara, ada hewan seperti dingo, buaya air tawar, dan Kookaburra bersayap Biru. Serta ada juga Molly’s Farm yang berisi kandang domba dan sapi. Terakhir, wilayah tenggara lumayan populer karena kita dapat bertemu koala.

Jreng.. Jreng..

caversham wildlife park

Koala ❤

caversham wildlife park

Kanguru aja bisa santai, kamu?

caversham wildlife park

Wombat sedang lari karena dikejar Tazmanian Devil

Dari jauh saya sudah melihat ada beberapa Koala yang sedang hibernasi pelukan sama pohon. Mereka super duper cute sekali! Mau foto bareng? Duh saya harus pikir dua kali dulu karena antrian untuk bisa foto bersama koala cukup panjang. Selain itu, kita juga tidak boleh sembarangan menggendong karena akan dijelaskan terlebih dahulu oleh petugas. Biar begitu, saya sudah cukup puas bisa melihat koala langsung.

Selepas dari melihat koala, saya melihat wombat dan tazmanian devil yang berada tidak jauh dari kandang koala. Wombat sendiri termasuk hewan herbivora berkaki empat dan pendek. Kita bisa melihat langsung dari luar kandang kaca mereka lari dan sembunyi di balik batu. Warna kulitnya bervariasi ada yang coklat, abu-abu sampai hitam.

“Yuk kita ke kanguru,” seru mas Rustan. Ternyata tanpa saya ketahui, dia diam-diam mengambil footage video saya.

caversham wildlife park

Bucketlist done : Kasih makan kanguru

Kandang kanguru sendiri merupakan kawasan taman terbuka bebas dan kita juga bisa duduk di samping kanguru untuk berinteraksi dengan dekat. Ada banyak anak-anak kecil di dekat kanguru sambil memberikan makanan ke kanguru. Namun, tak sedikit kanguru bermalas-malasan dengan berbagai mimik sedang tidur. Lantaran saya senang sekali bisa berjumpa langsung dengan kanguru, saya lupa mengatur lensa kamera saya waktu mengajak selfie. Ternyata lensa kamera saya masih dalam posisi zoom! Haduh.. Untung masih ada beberapa foto yang bagus.

Semoga saja satu hari saya bisa balik ke Perth yang eksplore lebih banyak yaa… terima kasih Western Australia Tourism.

caversham wildlife park

Semoga satu hari bisa ke Australia lagi..

HOW TO GET THERE

Ada dua alternatif yang bisa kalian pilih untuk menempuh ke Caversham Wildlife Park.

Dengan mobil:

Cara termudah untuk sampai ke Caversham Wildlife Park adalah dengan mobil. Seba Caversham Wildlife Park berada di Whiteman Park, tepat di sebelah timur Perth dan mudah diakses dengan mobil. Dengan perjalanan dari pusat kota Perth hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Setelah kalian memasuki kawasan Whiteman Park, cukup ikuti tanda-tanda ke Caversham Wildlife Park. Kalian bisa parkir mobil adalah tempat parkir mobil terdekat ke pintu masuk.

Dengan transportasi umum:

Alternatif transportasi lain bisa naik kaik kereta dari Stasiun Kereta Perth ke Stasiun Bass (sepanjang Jalur Kereta Midland) dan kemudian naik bus nomor 955 atau 956 ke Whiteman Park. Kunjungi situs web Transperth untuk informasi dan jadwal lebih lanjut.

Menurut saya, cara termudah memang kita bisa rental mobil sebelum datang ke Perth. Ada banyak pilihan jasa rental mobil, salah satunya Kayak. Agar kita bisa melihat aneka satwa Australia yang menarik selain itu berkeliling kota Perth. Percayalah kalau kalian pasti akan mendapat pengalaman yang baru dan segar ketika sudah berjumpa langsung dengan kanguru!

caversham wildlife park

Panorama Perth CBD

OPENING HOURS

Caversham Wildlife Park buka jam 9.00 pagi sampai 17.30 setiap hari sepanjang tahun kecuali hari Natal (25 Desember). Namun saran saya kalian tidak datang sebelum pukul 3 sore untuk melihat dan berkeliling di dalam Caversham. Sebab selain kita berkeliling di sekitar, ada atraksi yang mereka pertunjukan untuk pengunjung. Sehingga untuk memanfaatkan kunjungan kalian dengan maksimal dan bisa menikmati semua atraksi, bisa datang lebih pagi.

TICKET

Untuk dapat merasakan pengalaman interaktif, berfoto bersama koleksi satwa khas Australia serta bersantai menghabiskan waktu liburan. Ada harga tiket masuk yang bisa kalian catat sebelum datang.

  • Dewasa $29,00
  • Anak $13,00 (3 tahun hingga 14 tahun)
  • Pelajar $22,00 (dibuktikan dengan kartu mahasiswa Australia Barat)
  • Pensiun Berusia $22,00 (dibuktikan dengan kartu penerima pensiun berusia Australia Barat)

Informasi mengenai Caversham Wildlife Park ini bisa kalian cek langsung di situs https://www.cavershamwildlife.com.au

Kalian juga bisa membaca referensi wisata Perth lainnya di sini.

Iklan

15 pemikiran pada “Selfie Bareng Kanguru di Caversham Wildlife Park, Perth

  1. mantep bener nih punya driving licence di aussy..
    btw lagi musim dingin ya ohm disana..
    jaketan terus…itu misal tiket masuknya bisa nunjukin kartu mahasiswa indonesia asik ya…hemat dikit..

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.