Pengalaman Bermalam di The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua Bali


Beberapa bulan lalu saya mendapat tawaran dari salah satu resort yang ada di kawasan Nusa Dua, Bali. Wow… siapa sih yang nggak tahu kawasan Nusa Dua kalau di Bali. Kawasan Nusa Dua termasuk salah satu kawasan elit dan beberapa hotel mewah bertebaran di daerah ini. Tentunya senang sekali kalau dapat menginap di salah satu hotel di Nusa Dua bukan?

Ekspektasi saya ketika kemewahan dari sebuah hotel tentu saja selalu mengundang rasa penasaran saya untuk mencoba. Salah satunya seperti fasilitas yang akan diterima oleh pengunjung. Saya merasa beruntung bisa menginap di hotel berbintang ini yang telah mengakomodasi perjalanan saya selama di Bali.

the crystal luxury bay nusa dua bali

The Crystal Luxury Bay Resort – Nusa Dua, Bali

Baiklah saya akan berbagi pengalaman staycation saya selama 3 hari 2 malam di The Crystal Luxury Bay Resort. Hotel ini memiliki view ke arah teluk dan mangrove.

Proses Check In Cepat

the crystal luxury bay nusa dua bali

Crystal Lounge

Saya tiba di hotel saat matahari sudah mulai agak turun, sekitar pukul 5 sore dari Karangasem. Perjalanan dari Karangasem menuju hotel kurang lebih 3 jam perjalanan. Kendaraan saya juga harus berputar arah tidak masuk ke tol sebab saya tidak membawa kartu e-money. Padahal lokasi The Crystal Luxury Bay Resort cukup dekat kalau kita masuk ke dalam tol.

Tiba di lobby hotel The Crystal Luxury Bay Resort saya cukup lama mengamati bangunan karena sepintas terlihat kecil dan langsung bertemu dengan lobby hotel. Namun, ketika sudah masuk ke dalam lobby sekejap kesan bangunan kecil berubah karena The Crystal Luxury Bay Resort punya pemandangan yang luas dari dalam. Kita bisa langsung melihat kolam renang di lantai dua serta teluk yang mengarah ke mangrove.

Waktu saya melangkah kaki ke arah resepsionis untuk check in, saya dilayani oleh staf hotel dengan gesit. Tidak ada masalah saat proses check in semua berjalan lancar. Ada satu hal yang belum pernah saya dapatkan di hotel lain yaitu staf hotel meminta waktu saya untuk menjelaskan do and don’t selama di hotel. Sambil menunggu, saya didekati salah satu staf hotel memberikan minuman segar. Lumayan untuk melepas lelah.

Kamar Luas Dengan Berbagai View

Bentuk bangunan The Crystal Luxury Bay Resort ini seperti bangunan benteng yang luas. Langit-langit yang tinggi harusnya membuat udara lebih segar, namun sepertinya cuaca Bali sedang panas dan gerah. Saya bergegas menuju kamar setelah menerima kunci kamar dari staf hotel.

Selintas saya berpikir, bagaimana staf resepsionis ini melayani ratusan orang dari grup tour yang kebanyakan China mainland ya? Sebab waktu saya sedang mau check in ada sejumlah grup tur yang mayoritas dari China mainland yang cukup membuat “gaduh” saya pikir ah biasalah namanya turis kan. Tandanya Bali memang menjadi indah di mata para turis mancanegara.

the crystal luxury bay nusa dua bali

Bangunan hotel terbuka luas dengan pemandangan kolam renang

Staf resepsionis memberikan saya kamar di lantai 7 dari 8 lantai yang ada. Tiap sisi bangunan merupakan area kamar yang memiliki pemandangan ke kolam renang maupun hutan mangrove yang berada di belakang hotel. Selain itu juga ada kamar yang dilengkapi dengan jacuzzi. Menarik bukan?

Saya diberikan kamar tipe Deluxe King Room with pool view untuk pengalaman bermalam. Namanya resort, sudah pasti kamar lebih luas dengan fasilitas menarik di dalamnya. Apalagi kalau kita sendirian, sudah pasti kamar itu akan terasa sangat luas untuk kita seorang diri. Perkiraan saya kamar ini memiliki luas sekitar 38sq.m dengan kasur tidur yang empuk dan bersih.

the crystal nusa dua bali

Deluxe King Room

the crystal nusa dua bali

Pemandangan langsung menghadap ke kolam renang

Nuansa kamar yang ada di dalam berdesain minimalis. Kamar juga dilengkapi dengan mini bar yang bisa saya gunakan untuk membuat kopi atau teh, tv kabel agar ruang kamar tidak sepi, serta meja untuk saya bekerja menyelesaikan deadline tulisan. Sempurna!

Selain tipe Deluxe King Room, The Crystal Luxury Bay Resort ini memiliki tipe kamar lain. Saya diajak untuk keliling melihat tipe kamar lainnya yaitu Honeymoon Suite, Family Loft, dan Penthouse. Tiga jenis kamar ini termasuk kamar laris yang ada di The Crystal Luxury Bay Resort. Tipe kamar yang memiliki jacuzzi di bagian depan cocok bagi kalian yang ingin bersantai dengan pasangan dengan ditutupi kelambu putih. Menarik bukan?

the crystal nusa dua bali

Family Loft, ada kamar tambahan di atas.

the crystal nusa dua bali

Honeymoon Suite. Ada jacuzzi di bagian luar balkon.

the crystal nusa dua bali

Penthouse 3. Ada 3 ruang kamar dengan nuansa minimalis putih.

the crystal nusa dua bali

Penthouse 2. Nuansa serba cokelat, lengkap dengan pantry.

Sedangkan untuk kamar tipe Family Loft memang cocok kalau kalian datang bersama keluarga karena dapur yang bisa digunakan untuk memasak, serta kasur tambahan di lantai atas. Namun, kalau kalian ingin lebih private lagi juga bisa mengambil kamar Penthouse yang memiliki 2 kamar dan 3 kamar. Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan kamar mandi di dalamnya.

Ruang Mandi Menggunakan Bathtub

the crystal luxury bay nusa dua bali

Kamar mandi tipe Deluxe King Room

Kemewahan lain yang saya rasakan dari The Crystal Luxury Bay Resort adalah ruang mandi yang memiliki bathtub. Sepertinya The Crystal Luxury Bay Resort ingin memberikan pengalaman mandi lebih lama untuk tiap pengunjung dengan memberikan bathtub di tiap kamar. Namun kalau kita tidak ingin berendam lama di dalamnya bisa langsung mandi menggunakan shower yang melekat di pinggir bathtub.

Ini hanya preferensi saja, suka dan tidak suka. Suasana ruang kamar mandi ini akan lebih menyenangkan apabila menggunakan dinding kaca transparan dan ditutup menggunakan tirai. Hal ini akan membuat sensasi tersendiri.

Tiap Kamar Punya Balkon

the crystal luxury bay nusa dua bali

Bersantai di balkon kamar

Salah satu kenyamanan bermalam di The Crystal Luxury Bay Resort ini karena memiliki balkon di dalam kamarnya. Balkon inilah yang memiliki pemandangan ke arah dalam hotel atau mangrove. Di balkon sudah disediakan kursi dan meja untuk bersantai, selain itu juga ada gantungan yang bisa kita gunakan untuk mengeringkan pakaian basah. Saya paling suka bersantai di waktu pagi untuk menikmati sunrise dan malam hari menikmati warna-warni lampu di tiap kamar.

Sarapan, Makan Siang atau Makan Malam Terjamin

the crystal luxury bay nusa dua bali

Mangroves Restaurant

Ada dua tempat makan yang fancy untuk kita sarapan, makan siang ataupun makan malam. Pertama, kalian bisa pergi ke Mangroves Restaurant yang terletak di lantai 2 dekat dengan kolam renang dan gym.

Berada satu kawasan dengan kolam renang, di tengah kolam ada sebuah mini bar yang panggung live music. Kita bisa menikmati musik di malam hari sembari menikmati cocktail, alkohol, bir, termasuk seloyang pizza.

the crystal luxury bay nusa dua bali

Sarapan di Mangroves Restaurant

the crystal luxury bay nusa dua bali

Bakau Rooftop & Restaurant

the crystal luxury bay nusa dua bali

View rooftop kece abis

the crystal luxury bay nusa dua bali

Menu sarapan pagi di The Crystal Luxury Bay

Menu makanan di Mangroves mulai dari western seperti roti, daging dan egg station kitchen. Selain itu ada nusantara dan asia yang masih cocok di lidah saya. Hanya saja restoran di lantai 2 ini lebih difungsikan untuk tamu-tamu grup karena biasanya mereka berkelompok sehingga daripada mengganggu kenyamanan tamu lain, maka kita bisa memilih sarapan pagi di Bakau rooftop lantai 8.

Waktu naik ke lantai 8 hotel ini, saya langsung terpekik dalam hati melihat pemandangan rooftop yang bernuansa lebih cerah beratapkan langit. Saya lebih suka bilangnya ini mirip lounge karena ada gazebo untuk bersantai. Di lantai 8 ini juga disediakan infinity pool untuk tamu yang ingin bersantai. Cuma ada syarat yang berlaku yaitu pengunjung bisa memesan makanan dengan total Rp 150.000 untuk mencoba fasilitas ini.

the crystal luxury bay nusa dua bali

View mangrove dari atas rooftop

the crystal luxury bay nusa dua bali

Bersantai di infinity pool

Bakau Rooftop memiliki konsep yang menarik dan termasuk fancy dinikmati sewaktu sore menjelang malam. Kita bisa menikmati angin segar sambil menikmati hidangan makanan atau minuman. The Crystal Luxury Bay menyediakan alkohol untuk pengunjung yang ingin menghangatkan tubuh. Di lantai yang sama juga terdapat chapel yang berkapasitas menampung orang-orang apabila ada acara khusus.

Mangroves dan Bakau menurut saya dua tempat yang fancy, kalau saya lebih suka datang ke Mangroves saat sarapan pagi sedangkan Bakau saat sore agar bisa menikmati matahari terbenam.

Mencicipi Menu Makanan Seafood di Bali Crab Factory

bali crab factory

Hidangan utama di Bali Crab Factory

Malam terakhir menginap di The Crystal Luxury Bay Resort, saya mendapat ajakan untuk mencoba menu hidangan serba seafood di Bali Crab Factory. Lokasi tempat makan ini dekat dari hotel. Hanya belok ke kanan sekitar 50 m dari hotel. Informasi yang saya dapat kalau Bali Crab Factory ini baru dibuka, maka jadi bertambah daftar kuliner Bali yang bisa kalian coba. Apalagi untuk kalian yang menyukai seafood.

Mendengar nama crab, saya sudah membayangkan sensasi membuka cangkang kepiting dan aneka makanan seafood lainnya. Sambil menunggu menu makan malam kami tersaji, saya banyak ngobrol bersama GM The Crystal Luxury Bay Resort, Pak Roy Siagian. Suatu sambutan baik dari seorang GM dan saya berkesempatan makan malam bersama orang penting di hotel tersebut.

bali crab factory

Interior ruangan. Foto dari @eurosian2k

the crystal luxury bay nusa dua bali

Mari makan~~

Bali Crab Factory ini mengusung tempat makan fancy dengan suasana nyaman yang cocok untuk kalian makan sendirian atau bersama keluarga. Sedangkan menu makanan yang ditawarkan cocok untuk makan tengah alias makan bersama dengan porsi yang banyak.

Saya mulai disuguhkan aneka makanan seafood mulai dari ayam, cumi, udang dan pastinya kepiting. Semua sajian ini saya cicip sebab pantang sekali kalau tidak dihabiskan bukan? Tadinya saya pikir kalau harga makanan di restoran ini mahal melihat tempatnya sudah mewah. Ternyata harga menu makanan masih terjangkau berkisar 30 ribu hingga 70 ribu rupiah saja.

Apa yang saya suka dari The Crystal Luxury Bay Resort?

Hotel ini memiliki nuansa coklat gelap seperti nuansa hutan mangrove yang berada persis di belakang hotel. Bangunan hotel ini luas, walau bentuknya seperti benteng tetap saja membuat saya sempat bingung mencari lokasi kamar saya karena seperti dikelilingi oleh tembok tinggi. Wajar saja karena The Crystal Luxury Bay Resort ini punya sekitar 212 kamar dengan ruang yang besar. Kita bisa meminta kamar yang menghadap ke city view, pool view atau bay view.

the crystal luxury bay nusa dua bali

Suasana malemnya lebih asik buat nongkrong di balkon.

Hanya sekitar 15 menit saja saya bisa langsung menuju Bandara Ngurah Rai lewat jalan tol. Bagi kalian yang mengejar waktu tidak perlu khawatir akan ketinggalan pesawat. Apalagi kawasan Nusa Dua juga memiliki beberapa objek wisata yang bisa dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi online.

Terima kasih The Crystal Luxury Bay Resort untuk complimentary stay 3 day 2 nights.

The Crystal Luxury Bay Resort
Jalan By Pass Ngurah Rai No. 88, Benoa, Kuta Selatan
Kabupaten Badung, Bali 80361
Telepon +62 361 335 0588

Iklan

3 pemikiran pada “Pengalaman Bermalam di The Crystal Luxury Bay Resort Nusa Dua Bali

  1. Kapan2 nak cubo nginep di sini ah. Paling seneng dengan hotel yang punya teras/balkon. Selain akomodatif untuk para ahli hisap, kita bisa punya pilihan 2 udara (berAC atau menikmati udara bebas). Keren tulisannyo Ded.

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.