Gadget Review

ASUS VivoBook Pro F570: Satu Laptop untuk Kebutuhan Editing dan Gaming

asus vivobook pro f570

Dari seorang pekerja kantoran dia banting setir menjadi fotografer lepas. Saya mengenal dia sebagai kakak tingkat saya di kampus. Pekerjaan dia sama seperti saya yang sebenarnya sangat relevan untuk saat ini di industri kreatif. Bekerja di industri kreatif seolah menuntut kita untuk terus belajar dan kemauan tinggi karena setiap harinya selalu ada orang baru yang siap menggeser posisi.

“Pengen beli laptop ASUS Ryzen 5. Bagus nggak prosesor AMD?” bunyi pesan singkatnya.

Ayam geprek yang sedang saya kunyah berhenti sejenak. Saya membaca lagi maksud pertanyaan dari Bastian, teman saya. Sebagai seorang fotografer tentunya dia membutuhkan sebuah perangkat laptop yang handal untuk membantu dia mengedit foto dan video. Apalagi saat ini dia sedang merintis jasa fotografi untuk orang meninggal. Jasa yang unik dan jarang dipikirkan orang, padahal kita dekat sekali dengan kematian.

“Kira-kira bisa dipakai buat editing nggak? Soalnya prosesor AMD.” tanya dia kembali.

Sebagai seorang teman tentunya saya senang ketika ada yang bertanya pendapat sebelum dia memutuskan membeli. Sehingga saya memberikan dia beberapa masukan walau saya belum pernah mencoba. Nah lho, tenang kawan jangan langsung sensi dulu. Informasi yang saya beri tahu dijamin tidak menyesatkan.

PENGALAMAN PAKAI AMD

amd ryzen
AMD Ryzen

Pertanyaan ini sebenarnya wajar karena banyak orang yang sempat memandang AMD sebelah mata. Tapi, itu dulu. Saat ini, prosesor AMD justru sukses memikat hati para penggila teknologi, setelah AMD memamerkan terobosan baru lewat dirilisnya AMD Ryzen beberapa waktu lalu.

Laptop pertama saya 13 tahun lalu adalah AMD seri lama dan sampai sekarang masih bisa digunakan untuk keperluan mengetik. Hanya minus daya tahan baterai, ini wajar. Selama saya menggunakan laptop belum ada keluhan seperti cepat panas atau terhambat saat mengedit foto.

Kini, prosesor AMD semakin menunjukkan eksistensinya di dunia teknologi. Salah satu keistimewaan yang ditawarkan oleh salah satu prosesor paling kuat di dunia ini adalah sudah dilengkapi kartu grafis terintegrasi andal Radeon Vega Series ke dalam bodi laptop. Dengan spesifikasi tersebut, tak aneh bila laptop AMD Ryzen banyak menyasar ke segmen laptop kelas atas. Hal ini pun menjadi kabar baik bagi para penikmat multimedia dan gaming karena memiliki banyak pilihan perangkat.

spesifikasi vivobook pro f570

Main Spec. ASUS VivoBook Pro F570ZD
CPU AMD Ryzen™ 5 2500U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.6GHz)
AMD Ryzen™ 7 2700U Mobile Processor (4C/8T, 6MB cache, up to 3.8GHz)
Operating System Windows 10 Home 64-bit
Memory 8GB DDR4 2400MHz SDRAM (onboard)
with SO-DIMM socket up to 16GB
Storage SATA 1TB 5400RPM 2.5′ HDD
SATA 1TB 5400RPM 2.5′ HDD + SATA3 256G M.2 SSD
Display 15.6” Full HD 1920x1080p 16:9, Anti-glare,
ultra slim 200nits with 45% NTSC
Graphics Integrated AMD Radeon Vega 8 / AMD Radeon RX Vega 10 Graphics
Nvidia GeForce GTX 1050 with 4GB GDDR5 VRAM
Input/Output 1x Type-C USB3.1 port, 1x USB 3.1, 2x USB 2.0,
1x audio combo jack, 1x HDMI,
1x MicroSD Card Reader, 1x RJ-45 LAN
Camera HD Web Camera
Connectivity Dual-band 802.11ac Wi-Fi, Bluetooth 4.2
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound,
Battery 3 – Cell 48 Wh Battery
Dimension 37.4 x 25.6 x 2.19 cm (WxDxH)
Weight 1.96 kg with battery
Colors Reaper Black with Lightening Blue edges
Price Start from Rp11.799.000

Kali ini, AMD dan ASUS memperkenalkan Vivobook Pro F570, laptop yang disiapkan buat konsumen generasi Y dan Z, ideal bagi kalangan pelajar hingga pekerja. Selain performa, setidaknya ada dua aspek lagi yang menjadi andalan VivoBook Pro F570, yaitu desain tipis stylish serta terjangkaunya harga.

EYE CATCHING LOOK

VivoBook Pro F570 termasuk dalam notebook mainstream yang memungkinkan pengguna seperti konten kreator dan gamer bisa melakukan semua dalam satu perangkat. Konten kreator yang biasa mengedit foto dan video tentunya butuh laptop bertenaga baik dari performa maupun visual. Sedangkan, gamer pastinya akan makin betah bermain game terbaru dan laptop mudah dibawa kemanapun.

amd ryzen
Mengabungkan dua teknologi baru untuk kebutuhan gaming dan editing

Apapun pilihan tipe AMD Ryzen 5 atau Ryzen 7, ASUS VivoBook Pro F570 mempunyai penampilan yang identik. Ia adalah laptop berlayar IPS 15.6” resolusi Full HD 1080p. Dimensi VivoBook Pro F570 adalah 21,9 mm dengan berat 1,9 kg. Struktur  laptop terbuat dari kombinasi logam dan plastik. Walaupun begitu, struktur body yang didominasi oleh material plastik juga tidak bisa berbohong. Laptop ini terasa kurang premium saat ditenteng di tangan, tetapi sebagai laptop ekonomis hal tersebut tentu bisa ditoleransi.

Bagi kamu yang menyukai streaming video atau menonton film, ASUS juga sudah melengkapi layar VivoBook Pro F570 dengan fitur ASUS Tru2Life Video. Hanya dengan sekali klik, sudah bisa meningkatkan kualitas warna dan ketajaman video hingga 150%. Untuk sektor audio VivoBook Pro F570 juga sudah dibekali Asus SonicMaster yang akan memanjakan telinga dengan kualitas premium.

vivobook pro f570
Keyboard yang nyaman serta didukung finger print

Warna Reaper Black dan akses Lightning Blue di bagian tepi mendominasi permukaan VivoBook Pro F570. Kalau kamu lihat bagian tepi, ASUS membuat sudut siku yang membuat penampilan lebih elegan.

ASUS VivoBook Pro F570 sudah mengadopsi chiclet keyboard yang memiliki jarak lebih besar diantara tuts-nya. Ditambah ASUS menyertakan numerical pad. Ukuran tuts yang cukup lapang membuat pengalaman mengetik terasa menyenangkan dan memiliki sensasi tactile, kejadian typo mungkin bisa berkurang.

AMAZING PERFORMANCE

amd ryzen
AMD SenseMi

Berbicara tentang dapur performa, VivoBook Pro F570 menggunakan prosesor AMD Ryzen yang menghadirkan performa terkencang saat ini untuk laptop ultrathin di kelasnya. Tetap efisien berkat dukungan fitur hemat daya pintar AMD SenseMI. Fitur ini bekerja menyesuaikan konsumsi daya dengan kegiatan pengguna, alhasil daya tahan baterai akan menjadi lama.

Tersedia dalam dua varian yakni menggunakan prosesor Ryzen™ 5 2500U dan prosesor AMD Ryzen™ 7 2700U. Kedua varian sama-sama dilengkapi dengan kartu grafis diskrit NVIDIA Geforce GTX 1050 dengan VRAM sebesar 4GB GDDR5.

Penjelasan sederhananya seperti ini.

Prosesor Ryzen dan kartu grafis Radeon Vega memungkinkan pengguna seperti saya dan kamu untuk menikmati gaming mulus tanpa lag termasuk urusan multimedia berkualitas tinggi hanya dengan sebuah laptop! Kemampuan juga mendukung display eksternal hingga resolusi 4K @60hz, memungkinkan untuk menyambungkan perangkat ke televisi layar besar untuk menikmati pengalaman gaming dan multimedia lebih memukau. Kalau untuk urusan gaming saja bisa, apalagi bagi kamu pekerja konten yang berkutat dengan software aplikasi edit video maupun foto juga sanggup dilibas.

VivoBook Pro F570 dilengkapi memori RAM 8GB DDR4 2400MHz dan hardisk penyimpanan 1TB. Dua performa ini bisa menjalankan aplikasi lebih lancar dan penyimpanan lebih banyak.

Berikut hasil uji performa yang saya ambil dari website AMD. Hasil pengujian ini menggunakan laptop VivoBook Pro 570 Ryzen 5 2500U dengan mode High Performance.

Bisa diakui kalau VivoBook Pro F570 memiliki performa tangguh dan handal untuk aktivitas harian terutama untuk gaming dan editing. Jenis game yang berat terkini bisa termakan sama VivoBook Pro F570.

BATERAI AWET DAN KONEKTIVITAS

Bagi kamu yang sering bekerja di luar ruangan, ASUS VivoBook Pro F570 punya teknologi ASUS Fast Charging dimana hanya dengan 49 menit saja baterai sudah terisi 60%. Apalagi prosesor AMD Ryzen lebih efisien, sehingga tidak perlu khawatir kehabisan daya dengan cepat. Menariknya pengguna tidak hanya akan mendapatkan performa gaming yang tinggi saja, namun juga daya tahan baterai yang lama.

keunggulan vivobook pro f570
ASUS Fast Charging, cocok untuk pekerja dengan mobilitas tinggi

ASUS mengatakan soal ketahanan baterai sanggup 9 jam dalam pemakaian normal. Hal ini berkat dukungan teknologi GPU switching yang akan memanfaatkan grafis integrasi saat mode baterai yang efisien dan mengalihkan ke kartu grafis diskrit.

Seperti biasa, ASUS memudahkan kita untuk konektivitas lebih mudah. Sudah tersedia slot diantaranya microSD, USB 3.1 Type-C, HDMI, USB 3.0, RJ45 LAN, USB 2.0 dan juga Microphone-in/Headphone-out jack. Serta mendukung konektivitas wi-fi 802.11ac dan Bluetooth 4.2 terkini menjadikan laptop ini cepat untuk digunakan streaming video dan aktivitas browsing internet.

Semua laptop terbaru ASUS hadir dengan sistem operasi Microsoft, termasuk ASUS VivoBook Pro F570 yang sudah menjalankan Windows 10 Home untuk keperluan fungsional sehari-hari. Serta, sensor sidik jari yang mendukung Windows Hello memudahkan login ke Windows hanya satu sentuhan jari saja. Letaknya juga mudah dijangkau yaitu touchpad.

SAATNYA MENCOBA AMD RYZEN

Nilai tambah yang ditawarkan oleh VivoBook Pro F570 adalah menggunakan AMD Ryzen yang membuat desain laptop ramping dan harga terjangkau dibandingkan kompetitor. Hal ini tentu menguntungkan kamu karena dalam satu laptop kamu sudah memiliki prosesor mumpuni dengan GPU terintegrasi yang powerful. Apalagi, saat ini, harga kartu grafis diskrit atau terpisah sangatlah mahal, sehingga menyulitkan para gamers atau profesional yang menginginkan laptop idamannya.

Tidak hanya dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni saja, laptop ini tampil dengan desain lebih modern, tipis (21,9 mm) serta memiliki bobot yang ringan (1.9 Kg), layaknya perangkat laptop kekinian. Cocok bagi buat para gamers, content creator, hingga pekerja profesional yang membutuhkan laptop ciamik untuk dibawa berpergian.

VivoBook Pro F570 menjadi pilihan tepat untuk yang mendambakan laptop kencang dengan anggaran terbatas, seperti teman saya, Bastian. Kebutuhan sehari-hari dia sebagai fotografer dan juga senang bermain game akan membuat dia lebih bebas bergerak. Yang paling menarik, desain prosesor AMD terbaru ini pas sekali dimiliki untuk mendukung mobilitas tinggi.

Kesimpulannya, bisa dibilang VivoBook Pro F570 cocok bagi kamu yang suka gaming atau bikin video. Alasannya, laptop ini hadir mengandalkan dua varian prosesor AMD Ryzen, yaitu Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U. Laptop ini juga turut memadukan penggunaan RAM 8GB DDR4 untuk bisa menjalankan performa menakjubkan. Sementara untuk media penyimpanan yang ditawarkan adalah 1TB.

Menjawab pertanyaan teman saya 😀

Selain pas bagi gamer, AMD Ryzen juga ideal untuk para content creator. Editing video atau memutar video 4K bukan lagi suatu masalah bagi prosesor ini. Bahkan, bagi kamu yang suka melakukan multitasking, VivoBook Pro F570 sanggup menjalankan berbagai pekerjaan secara bersamaan dengan baik! Dengan begini, semua pekerjaanmu bisa selesai tepat waktu.

ALASAN UNTUK MEMBELI ASUS VIVOBOOK PRO F570:

  1. Tampilan yang modern, tipis dan ringan dengan berat hanya 1.9 kg serta hemat daya berkat teknologi AMD SenseMI dan dilengkapi fitur premium ASUS Fast Charging, membuat laptop ini nyaman untuk dibawa beraktivitas di luar ruangan.
  2. Laptop ini bertenaga untuk aktivitas gaming, pembuatan konten dan multimedia berkat dukungan prosesor AMD Ryzen dan grafis diskrit Geforce GTX 1050 VRAM 4GB terkini.
  3. Laptop ini dibekali dengan fitur multimedia ASUS Tru2Life Video dan ASUS SonicMaster yang manjakan aktivitas streaming video atau menonton film dengan pengalaman audio dan video premium.

Harga ASUS VivoBook Pro F570

  • ASUS VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 5 2500U: Rp 11.799.000
  • ASUS VivoBook Pro F570 versi AMD Ryzen 7 2700U: Rp 13.999.000

20 comments on “ASUS VivoBook Pro F570: Satu Laptop untuk Kebutuhan Editing dan Gaming

  1. Mantul sekali ini laptop!
    aku pengen juga sih sekali-kali punya yang ryzen..

    wih makin seger tampilan blognya

  2. joecandra18

    Ambo jugo pengguna AMD koh, dari zaman kuliah sudah pke itu. Mantab nian klo buat pekerja kreatif yah koh 🙂

  3. Sebagai ‘fanboy’ Asus, saya sdh buktiin sendiri memang performa laptop Asus sangat yahud. Sekarang pakai series gaming malah buat kerjaan. Yang bikin unik dari spec f570 itu perkawinan processor AMD tapi pakai nVidia buat dapur pacu grafisnya. Penasaran juga pengen ngerasain langsung laptopnya hehe..

  4. Benar-benar fokus pada tema yang ditentukan tentang AMD dan Nvdia dalam satu laptop. Saya malah ngalor ngidul menulisnya dalam sudut pandang ibu rumah tangga yang awam tentang komputer tetapi ngebet pengen punya laptop baguis kayak ASUS, he he.
    Salam kenal, Kang. Sukses, ya.

  5. Laptopnya kerenn. Idaman banget nih buat editing video. Mantap koh, suka sama info grafisnya 😊

  6. NVIDIA vs AMD dalam 1 laptop, pasti bakal powerfull banget performanya, sip deh ASUS

  7. wah keren ini ya laptop hahaha
    sayangnya saya baru saja beli laptop baru dari merek berbeda.

    kalau nggak, mungkin saya sudah mempertimbangkan laptop ini. lebih ringan dan tipis tapi kemampuannya mumpuni

  8. Simpel, mengalir, singkat, padat, mantap Bro! Semoga bisa sama-sama juara.

  9. Mantap, dibawa kerja kemana-mana asyik soalnya ga berat 🙂

  10. kangmasroer

    Keren nih laptop, Koh. Prosesornya AMD, pasti gahar ya? Desainnya juga stylish. Mantap lah!
    Pan-kapan semoga bisa upgrade laptop asus lamaku ke laptop ini.
    Betewe, theme blognya baru juga ya?

    • Halo kang masroer. Laptop ibarat paket lengkap yang perlu di update hehe… iya nih tampilan blog baru, sama kayak punyamu.

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: