Gadget Review

ASUS ROG Phone 3, Selamatkan Jomblo Kesepian Seperti Saya

Asus ROG Phone 3 memiliki prosesor Snapdragon 865+ tercanggih hingga saat ini.


Faktanya dalam keseharian aktivitas yang kita lalui, pasti berhubungan dengan orang lain. Tapi, bagi sebagian orang komunikasi tak semudah yang dibayangkan, dan saya salah satunya.

Hingga saya menemukan jawabannya dari membaca buku dari Dale Carnegie, How to Win Friends and Influence People. Buku ini memberi saya pandangan baru tentang pertemanan dan minat.

Carnegie menguraikan cara untuk memberikan kesan kepada orang lain, salah satunya adalah menunjukkan minat kita terhadap minat orang lain.

Apa yang menjadi minat kamu?

Saya sendiri bukan tipikal orang yang gemar bermain game sepanjang waktu. Tapi, setiap kali berkumpul yang ada saya selalu ditinggalkan. Resiko bukan gamer, dan merasa asing saat teman yang lain bermain game online lewat smartphone 😦

Mengapa Bermain Game Terlihat Menarik

Ketika bertemu teman, bahan obrolan cukup beragam. Mulai dari pekerjaan, rencana nikah, rasan-rasan teman. Begitu terus, ya lama-lama bahan obrolan habis dan dilanda bosan. Gara-gara kehabisan topik ini, ternyata kami pun beralih mencari kesibukan dengan bermain game.

Awalnya seru bisa bermain game bareng. Apalagi bisa saling berbalas sambat karena kemampuan bermain seseorang.

Main game pun harus fokus, asal jangan gagal fokusnya pas lihat dia jalan sama orang lain.

rog phone 3
Kali pertama bermain game dan minta diajari teman

Ternyata banyak jenis game smartphone yang bikin ketagihan. Memang bermain game di smartphone bisa membunuh rasa bosan.

Jenis game ringan seperti yang biasa dimainkan perlahan mulai ditinggalkan. Orang-orang mulai beralih ke game mobile yang sedang digandrungi saat ini.

Mulailah saya mencoba pertama kali bermain seperti Clash of Clans (CoC) dengan smartphone yang sudah hampir penuhi memori. Waktu itu saya sampai bertanya ke anak temanku yang masih kelas SD.

Bermain game di usia tua juga bukan suatu aib kan? Justru berlatih agar kemampuan otak makin baik.

Ditinggalkan Karena Smartphone Kentang

Karena game online semakin berkembang, game lama yang saya mainkan pun perlahan ditinggalkan. Dan temanku kini berpindah bermain PUBG dan Mobile Legends karena lebih menantang permainannya.

Sial, ujarku dalam hati. Mana bisa saya ikut perkembangan game. Lantaran keterbatasan memori dan RAM kurang mendukung. Saya dihadapkan posisi untuk menghapus beberapa aplikasi penting untuk kerja.

Pilihan yang sulit bukan, sobat?

Gini nih kalau pakai smartphone kentang

Kalau tidak ikut trend game terbaru, saya jadi garing pada saat ngumpul sama teman. Mereka asyik bermain mengalahkan lawan. Sementara saya, paling cek Whatsapp, padahal nggak ada yang ngechat. Kan sedih 😦

Perlahan-lahan, rasa kesepian itu muncul lagi di tengah keramaian. Sialan.

Akhirnya saya mengalah dan menginstal game yang memakan banyak RAM di smartphone. Tapi, ternyata belum semulus yang saya pikirkan.

Saya masih belum bisa main bareng atau istilah keren sekarang Mabar. Walaupun bisa bermain, tetap ada jeda lag yang kerap terjadi. Kondisi smartphone saya sudah mulai turun performanya.

Beda Smartphone Gaming dan Smartphone Flagship

Tentunya saya juga mendambakan punya sebuah smartphone gaming untuk bisa mengerjakan banyak hal. Setelah berdiskusi panjang dengan teman, katanya kalau ingin main game lancar tanpa lag seperti Dyland Pros tentu butuh smartphone gaming bukan smartphone flagship.

Kalau dilihat spesifikasi smartphone gaming dan flagship sepintas sama, namun kalau dikenali lebih jauh tetap tidak sama.

Ada 4 hal yang membedakannya :

1. Dari segi desain

Hal pertama yang langsung terlihat berbeda antara smartphone gaming dan smartphone flagship adalah pada bagian desain bodinya secara keseluruhan.

Desain bodi smartphone gaming lebih memikirkan masalah ergonomis ketika digenggam di tangan, terutama saat mode landscape karena memang mayoritas game online mobile saat ini dimainkan dengan mode landscape. Serta smartphone gaming juga memiliki desain ventilasi khusus untuk mengatur sirkulasi udara agar tidak cepat panas untuk bermain dalam waktu lama.

Sangat berbeda dengan desain smartphone flagship yang memang tidak diperuntukkan untuk bermain game.

2. Dari segi material

Poin yang membedakan smartphone gaming dan smartphone flagship yang akan membuat penggunanya betah adalah segi materialnya.

Smartphone gaming dibuat menggunakan material yang sekaligus berfungsi sebagai heat spreader atau memancarkan panas. Hal ini agar performa smartphone gaming tidak jeblok saat dimainkan dalam durasi yang lama.

Sedangkan untuk smartphone flagship, dibuat menggunakan material yang memberikan kesan mewah dan gengsi saja bukan untuk fungsi tertentu.

3. Dari segi hardware

Walau ada yang menganggap kalau smartphone gaming dan smartphone flagship itu serupa. Ternyata dari jenis hardware yang digunakan.

Biasanya komponen hardware yang digunakan di smartphone gaming lebih dioptimasi lebih baik untuk meningkatkan performa. Dibandingkan smartphone flagship yang untuk performa rata-rata.

4. Dari segi software

Selain segi desain, material, dan hardware yang bisa membedakan smartphone gaming dan smartphone flagship juga dari software yang dibawa.

Saya merasakan perbedaan ini ketika mencoba smartphone gaming milik teman. Ada beberapa fitur yang disematkan seperti fitur game boost untuk meningkatkan performa smartphone serta menjaga kestabilan jaringan internet.

Berbeda dengan smartphone flagship yang memang tidak memiliki fitur untuk meningkatkan performa.

Jadi sudah tahu kan kenapa kalau bermain game yang asyik memang lebih cocok pakai smartphone gaming!

Perjalanan Mencari Smartphone Gaming Idaman

Saya juga melakukan survey dengan teman-teman lainnya lewat Instagram Stories beberapa waktu lalu. Ternyata teman-teman pun juga punya keinginan yang sama mengenai smartphone gaming.

Smartphone gaming memang mampu memberi pengalaman bermain game yang lebih imersif.

rog phone 3
Survey ke teman-teman tentang smartphone gaming idaman mereka

Mulai dari kriteria chipset yang kuat agar bisa melahap semua jenis game online seperti game AAA, yang merupakan jenis game yang diproduksi dengan engine dan tools teknologi grafis canggih.

Selain itu butuh smartphone yang frame rate per second stabil agar smartphone tidak cepat panas.

Terakhir adalah soal baterai yang awet untuk penggunaan bermain game lama. Kapasitas baterai yang awet membuat para gamer tidak perlu sibuk mencari sumber daya untuk mengisi daya baterai.

Smartphone flagship mungkin belum tentu nyaman diajak bermain game dalam waktu yang lama.

Lantas, smartphone gaming seperti apa yang terbukti ampuh untuk bermain game tanpa putus?

ASUS ROG Phone 3, Smartphone Gaming Kelas Sultan

Ada kabar bahagia buat para gamer penggemar mobile gaming, para professional gamers, ataupun kamu yang ingin menikmati sensasi smartphone berkelas performa tertinggi dengan fitur yang tidak ada pada smartphone flagship biasa.

Di Indonesia, eSport sedang naik daun. Pilihan game online juga banyak, apalagi untuk jenis game yang multiplayer atau bisa dimainkan lebih dari satu orang.

rog phone 3
Performa yang optimal!

Pada bulan September 2020 lalu, ASUS Indonesia mengeluarkan smartphone gaming terbarunya yaitu ASUS ROG Phone 3, yang merupakan smartphone ultimate gaming pertama yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming.

Apa sih Snapdragon Elite Gaming itu?

snapdragon elite gaming
3 hal yang diunggulkan dari Snapdragon Elite Gaming

Snapdragon Elite Gaming merupakan kumpulan dari peranti keras dan peranti lunak yang dioptimalkan untuk bermain game, dan sepenuhnya terintegrasi oleh Snapdragon tertentu. 

Ada 3 hal yang ditawarkan prosesor Snapdragon untuk mendorong pengalaman bermain game lewat smartphone gaming menjadi lebih baik lagi.

  1. Bermain game dengan kinerja terbaik dan imersif. Snapdragon Elite Gaming telah mengemas fitur tampilan paling canggih dari True HDR10 dan Physical Based Rendering (PBR), membuka akses untuk game berkualitas desktop pada perangkat mobile.
  2. Optimalisasi game sepenuhnya untuk 10 game teratas dioptimalkan untuk platform tier-premium Snapdragon karena permainan terbaik dalam bisnis membutuhkan performa yang elit. Adapun 10 game teratas tersebut termasuk game terlaris PUBG Mobile, Lineage II Revolution dan Fortnite yang telah dimainkan oleh jutaan gamer di seluruh dunia.
  3. Jaminan update driver perangkat lunak yang dapat memberikan kinerja perangkat keras lebih baik. Ini berkat perpaduan GPU Adreno dan Snapdragon Elite Gaming.

Tiga hal yang ditawarkan ini tentunya bagi pemain game atau hardcore mobile gamer makin penasaran dengan ASUS ROG Phone 3.

5 Poin Utama ROG Phone 3 yang Perlu Diketahui

Bagi saya non gamer dan masih pakai smartphone kentang untuk bermain game tentu penasaran dengan smartphone gaming terbaru dari ASUS ROG Phone 3. Apalagi kamu yang gamers!

Kok bisa smartphone gaming ROG Phone 3 ini menjadi smartphone pilihan bagi para penggemar mobile gaming saat ini?

1. Powerful Snapdragon 865 Plus

Bayangkan kamu punya smartphone gaming yang paling powerful saat ini di tangan. Smartphone gaming ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform yang hadir dengan gabungan konektivitas ultra-cepat 5G dan WiFi 6. Teknologi ini bisa memperkuat tangkapan sinyal internet dari WiFi maupun seluler. Jadi mencegah game tersendat akibat masalah koneksi.

Tidak hanya itu, ROG Phone 3 juga memiliki performa grafis terbaik didukung fitur Snapdragon Elite Gaming.

Selain itu ROG Phone 3 juga disematkan dengan GPU Adreno 650 untuk mengolah grafis. Dipadu dengan RAM 8 GB hingga 16 GB dan ruang penyimpanan dari 128 GB hingga 256 GB.

rog phone 3

Kebut, cepat dan terdepan.

Snapdragon 865 Plus dari Qualcomm merupakan prosesor yang sangat kencang dengan kecepatan mencapai 3.1 GHz, yang pastinya akan sangat lancar dan menyenangkan ketika bermain game. Selain itu juga bisa mendapatkan frame rate tinggi, tetap dingin dan lancar saat digunakan, ROG Phone 3 membuat kamu bermain tanpa kompromi.

Saya bisa bermain game Genshin Impact yang butuh size download hingga 5.8GB!

benchmarks
Performa isi ROG Phone 3. Sumber : IGs Vina

Dengan smartphone gaming yang cepat seperti ROG Phone 3, pasti tidak ada suara celetuk kata “cupu” dari temanmu kan. Mereka akan mengganti kata “wow sultan!”

2. Stunning 144 hz Display

Smartphone gaming sudah sepantasnya memiliki tampilan layar yang memukau dengan dukungan layar yang tajam dan jernih.

ASUS mendengar penggunanya sehingga ROG Phone 3 diberikan layar berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz, touch latency 25ms, dan response time 1ms. Ini adalah senjata utama para gamer yang menggunakan ROG Phone 3. Selain jenis layar yang digunakan adalah layar Super AMOLED dengan resolusi Full HD+ mampu memberikan kualitas visual yang enak di mata.

rog phone 3
Layar yang nyaman dengan frame rate 144Hz

Tentunya layar ROG Phone 3 yang dilapisi Gorilla Glass 6 ini memberikan sentuhan yang lembut dan halus. Bermain game pun jadi menyenangkan berkat dukungan reproduksi warna yang akurat dengan Delta E kurang dari satu poin. Bagi gamer tidak hanya dapat bereaksi secara cepat dan akurat dari layar, tetapi juga merasakan bermain game yang lebih imersif. Halus seperti kamu yang pernah pegang telapak tangan saya. 

Dukungan teknologi 10-bit display dan HDR10+ di ROG Phone 3 membuat smartphone ini terbaik untuk gaming dan menikmati konten multimedia terkini. Kita bisa tetap nyaman bermain game atau sambil menonton film di layar besar.

rog phone 3
Lebih dari 100 game di atas frame rate 60 Hz yang bisa dimainkan di ROG Phone 3

Layar ROG Phone 3 mendukung layar 144hz. Di dalamnya ada lima opsi pengaturan laju penyegaran, yaitu 144Hz, 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan otomatis. Apalagi, saat ini sudah ada lebih dari 100 game yang telah mendukung tampilan 144Hz. Sehingga kehebatan ROG Phone 3 bisa dirasakan langsung oleh pengguna. Satu dari game itu adalah Real Racing 3 dapat berjalan lebih halus.

Dalam bermain game, semakin tinggi refresh rate pada layar akan membuat tampilan semakin halus. Misalnya bagi pecinta game Free Fire setidaknya bermain di 60F FPS. Sayangnya, kadang terlalu lama bermain game, frame rate bisa saja turun karena ponsel panas, misalnya menjadi 20 atau 30 FPS.

Hardware ROG Phone 3 disematkan sistem pendingin GameCool 3 yang dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan desain baru. Heatsink ROG Phone 3 dirancang untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang smartphone ini.

Inilah sebab yang tidak dimiliki oleh smartphone flagship sekalipun.

3. Monster 6000 mah Battery

Kenyamanan bermain game sepanjang waktu pasti tidak ingin diganggu oleh baterai yang cepat habis, atau bermain sambil mengisi daya.

Tidak seperti smartphone biasa, kalau pakai ROG Phone 3 tidak perlu khawatir akan kehabisan baterai. Kalian jangan kaget karena baterai pada ROG Phone 3 dibekali 6.000 mAh. Ini tidak bercanda, coba kamu sebutkan apa yang bisa dilakukan dengan kapasitas baterai penuh?

Mulai dari menonton serial drama korea favorit, merekam video, mengedit foto atau bermain game sepanjang hari pun bisa.

rog phone 3
Pengalaman teman saya bermain PUBG hingga tetes darah baterai hampir habis

Seandainya butuh pengisian daya pun charger ROG Phone 3 memiliki daya 30 Watt dengan Power Delivery 3.0 serta teknologi Quick Charge 4.0 yang kompatibel dengan smartphone QC 3.0. Menurut saya, baterai merupakan salah satu aspek terpenting bagi para gamers yang terbiasa bermain game dalam waktu lama.

Banyak sekali manfaat dari smartphone gaming yang berkapasitas baterai monster atau tahan lama. Bagi orang yang malas membawa powerbank kemana-mana untuk nge-charge baterai kalau sudah habis. Bukan hanya baterai besar saja, ASUS juga menyematkan fitur by-pass charge yang hanya ada dari ASUS agar memberikan kenyaman ketika dipakai non-stop tanpa takut baterainya rusak.

asus rog phone 3
Smartphone gaming kapasitas baterai monster

Rasa nyaman baterai lebih lama ternyata lebih enak daripada nyaman yang diberikan oleh pacar kan. Butuh pengakuan seperti apa lagi untuk ROG Phone 3 ini!

4. Built for Gamers

ASUS ROG Phone 3 ini memang bukan smartphone biasa, diperuntukkan khusus untuk para gamer dengan berbagai macam fitur unggulan seperti side charging design sehingga kamu bisa bermain dengan nyaman ketika men-charge smartphone. ROG Phone 3 menggunakan side-mounted USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesoris sekaligus charger.

ROG Phone 3 berjalan pada sistem operasi Android 10. Tampilannya bersih dengan modifikasi tampilan menjadi ROG UI. Mulai dari halaman depan, menu, bar notifikasi sampai menu pengaturan.

Terlihat clean, ASUS cukup cerdas untuk memberikan beberapa fitur gaming khusus yang tidak dimiliki oleh smartphone gaming lainnya. Setidaknya saya menemukan tiga fitur utama dari ROG Phone 3 yaitu X Mode, Armoury Crate dan Game Genie.

keunggulan rog phone 3

Pertama, fitur X Mode yang merupakan mode khusus didedikasikan untuk bermain game. Saat X Mode diaktifkan, pengguna akan merasakan peningkatan serta efisiensi performa hardware. Bisa juga menghapus aplikasi latar belakang untuk melepaskan memori, untuk mengoptimalkan pengalaman bermain game.

fungsi x mode
X-Mode akan mengoptimalkan ROG Phone 3 lebih maksimal

Sementara, Armoury Crate hadir menjadi sebuah aplikasi lengkap untuk terhubung dengan pengguna ROG lainnya, dan mengontrol fitur tertentu seperti Aura RGB. Gengsimu bakal meningkat ketika sedang bermain game, lalu logo ROG di belakang menyala-nyala ganti warna.

rog phone 3
Mengganti logo ROG di belakang bodi biar lebih keren

Lalu, fitur Game Genie dirasa sangat membantu dan fitur ini hanya disematkan pada smartphone flagship keluaran ASUS.

Game Genie bisa diakses ketika kita sedang menjalankan sebuah game dari smartphone gaming ini. Lewat gesture swipe dari ujung layar, Game Genie bisa menampilkan informasi perangkat seperti suhu, mengatur fungsi Air Trigger. Hingga mematikan notifikasi chat maupun telepon!

Bahkan fitur Game Genie ini bukan hanya aktif saat bermain game saja. Bisa juga dipakai saat kamu lagi edit foto dan video dan nggak mau diganggu agar tidak terdistraksi. Kebayangkan kalau lagi mood untuk edit tapi ada yang ganggu misalnya missed call tak dikenal.

game genie
Game Genie akan membuat pengalaman bermain game lebih seru!

Wah, kalau pacar kamu kirim pesan dan tidak bisa dibaca karena sedang asyik bermain game tentu sudah tahu penyebabnya ya!

Selain tiga fitur yang sudah saya sebutkan. Ternyata ada keunggulan lain yang diberikan ASUS pada ROG Phone 3 yaitu Air Trigger, fungsi ini pada dasarnya adalah tombol R1 dan L1 yang digunakan di game aksi First Person Shooting atau game FPS. Fitur yang unik ini belum ditemukan di smartphone gaming merk lain. Sehingga fitur Air Triggers sangat menarik, membantu saat menembak musuh dengan lebih cepat dan lebih terarah.

fungsi air trigger

asus rog phone 3
ROG Phone 3 sangat peduli dengan kenyamanan bermain

Belum lagi ditambah fitur lain seperti Dual Front Speaker, Multi Antena Wi-Fi dan Quad mic noise canceling array.

ROG Phone 3 menggandeng Dirac untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Hasilnya ROG Phone 3 berhasil menerima skor yang sangat tinggi, yaitu 75 poin, oleh DXOMARK Audio Review.

ROG Phone 3 menaikkan standar kualitas audio pada smartphone berkat kualitas audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi.

Gamer juga akan disuguhkan dengan kualitas audio terbaik saat bermain game berkat Game Mode terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata.

Kalian bisa mendengar suara gemericik air atau tembakan dari permainan PUBG yang dimainkan oleh teman saya, Vina. Sungguh sangat memukau. Makanya ROG Phone 3 ini layak diperjuangkan bukan, masa kamu saja yang saya perjuangkan terus, eh.

Kombinasi aptX Adaptive Audio dan Qualcomm Aqstic Audio mampu menghasilkan suara surround nirkabel yang secara otomatis menyesuaikan kualitas audio secara optimal dan selaras dengan situasi yang tampak di layar. Game apapun akan semakin seru dimainkan.

5. The Most Immersive Gaming Experience

ASUS tidak ingin membuat malu para penggemar mobile gaming atau professional gamers saat bermain game.

Pengalaman bermain game yang seru seperti menghindar dari mobil yang melaju kencang di jalan raya, menembak jatuh rudal dari jet tempur, bunyi sayatan pedang dan membunuh lawan dengan headshots. Semua kegiatan ini akan lebih menyenangkan saat sedang dimainkan.

rog phone 3

Membaca kebiasaan para pemain game, ASUS merancang untuk mengedepankan pengalaman bermain game. Hanya di ROG Phone 3 memungkinkan untuk bermain game dalam 3 mode berbeda dengan menggunakan aksesoris tambahan.

Tiga mode bermain game yang memungkinkan :

  1. Smartphone dihubungkan dan diubah layaknya sebuah PC. Dengan menggunakan Mobile Desktop Dock. ROG Phone 3 otomatis bisa terhubung dengan layar 4K, keyboard dan mouse secara bersamaan.
  2. Dengan menggunakan TwinView Dock, pengguna bisa membagi layar menjadi dua, yakni atas dan bawah. Bermain game dengan Asus ROG Phone 3 dalam mode ini terasa cukup nyaman.
  3. Mode ketiga, tinggal ubah ROG Phone 3 menjadi konsol portabel dengan menggunakan GameVice Controller. Kontroler ini dipasang pada kedua sisi ponsel. Ketika aksesoris ini dipasangkan, maka ponsel Asus ROG akan terlihat menyerupai Nintendo Switch.

Makin seru bukan! Bayangin punya smartphone gaming tapi bikin kamu terlihat makin gagah dan garang. Untuk itu ada 7 aksesoris yang cocok, mulai dari :

1) ROG Kunai 3 Gamepad

rog kunai 3

ASUS ingin para gamers memiliki pengalaman bermain lebih baik lagi jika menggunakan controller fisik. Itulah sebabnya ada ROG Kunai Gamepad 3 yang memiliki desain kokoh sekaligus fleksibel. ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game.

Gamepad ROG Kunai dapat dihubungkan melalui Bluetooth, kabel USB Type-C, dan adaptor USB Wi-Fi. Anda dapat beralih di antara 3 mode koneksi ini di bagian bawah pemegang ROG Kunai. Adaptor Wi-Fi USB disertakan, yang digunakan untuk koneksi frekuensi radio (RF) 2.4GHz.

2) TwinView Dock 3

aksesoris rog phone 3

Untuk menciptakan pengalaman yang imersif, TwinView Dock 3 memungkinkan bermain game dimainkan di satu layar, sambil menawarkan informasi lebih lanjut dalam game melalui layar kedua.

Tersedianya layar ganda unik ROG TwinView Dock 3 ini akhirnya membuat para gamer memiliki cara baru untuk bermain dan berinteraksi dengan game mereka di ROG Phone 3. Alur game yang lebih imersif dan menciptakan pengalaman bermain game khusus yang tiada duanya.

TwinView Dock 3 pun dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, layar yang memiliki refresh rate 144Hz atau sama dengan ROG Phone 3.

3) ROG Clip

rog clip

Punya controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia? Melalui ROG Clip, kini gamer dapat menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ROG Phone 3. 

Cukup pasangkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain di ROG Phone 3 pun kini sama nyamannya dengan bermain di konsol.

4) AeroActive Cooler 3

aeroactive cooler

Keberadaan AeroActive Cooler tidak bisa dipisahkan dari ROG Phone. Fungsi AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.

5) Lighting Armour Case

rog phone 3

Kamu tentu ingin ROG Phone 3 tampil lebih gaya? Makanya gunakan Lighting Armour Case terbaru untuk dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomisasi melalui aplikasi Armoury Crate.

6) Glass Screen Protector

screen guard rog phone 3

Agar ROG Phone 3 selalu terlindungi, ASUS juga menyediakan aksesori Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar sehingga terhindar dari goresan. Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi gamer yang menggunakannya.

7) Waist Pack dan Crossbody Pack

rog phone 3

ASUS mengerti bahwa gaming adalah bagian dari lifestyle. Untuk itulah ROG Phone 3 hadir dengan aksesori yang akan mempermudah gamer untuk membawa perangkat gaming kesayangannya bepergian, tentunya dengan penuh gaya. Waist Pack dan Crossbody Pack adalah aksesori paling tepat untuk pengguna ROG Phone 3 yang suka bepergian dan bermain di luar rumah.

Semua kelengkapan aksesoris ROG Phone 3 ini pastinya akan membuat smartphone gaming ini menjadi smartphone “Paling Gaming dan Unik”.

Saya membayangkan kalau bermain game di ROG Phone 3, bisa lebih cepat mengejar level ketinggalan game. Serta nggak perlu khawatir lagi kalau mau instal banyak aplikasi yang butuh penyimpanan besar.

Keunggulan Lain ROG Phone 3

kelebihan asus rog phone 3

Selain 5 fitur utama di atas, ada bagian lain yang tak boleh ketinggalan untuk melengkapi ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming yang serba bisa yaitu kamera dengan kualitas memukau.

Kualitas Kamera ROG Phone 3 Jernih

Walaupun kamera bukan jadi fitur prioritas untuk smartphone gaming, tapi tidak untuk ROG Phone 3 yang ingin memberi pengalaman lebih maksimal.

Masuk ke sektor kamera utama, ROG Phone 3 telah dilengkapi tiga kamera di belakang yaitu kamera utama 64MP Sony IMX686 dengan bukaan lebar f1.8, kamera Ultrawide 13MP dengan bidang pandang 125° dan bukaan f/2.4 dan kamera Makro 5MP yang dapat fokus pada objek sedekat 4-6 cm. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, ROG Phone 3 punya satu kamera 24MP terletak di bagian depan. Fitur kamera pun dilengkapi dengan OIS untuk menjaga gambar tetap stabil pada saat diambil.

rog phone 3
Fitur kamera ROG Phone 3 yang mumpuni

Asus menyiapkan sejumlah fitur pada kamera untuk pengambilan foto atau video. Di dalam fitur kamera sudah tersedia menu mode Pro Video, Timelapse, Slow Motion, Motion Tracking, Portrait, Mode Malam hingga Makro. Lalu bagaimana hasil tangkapan kamera ROG Phone 3?

rog phone 3
Kamera ROG Phone 3 bisakah untuk menangkap pacar dari jauh?
hasil kamera rog phone 3
Hasil foto pakai kamera ROG Phone 3 punya Vina

Smartphone gaming ini dioptimalkan dengan adanya empat mikrofon yang telah dilengkapi fitur Wind noise cancellation. Fitur ini membuat ROG Phone 3 terdengar kencang dan jelas saat bermain game karena tangan tidak menutupi speaker. Serta mampu merekam suara dengan lebih baik saat vlogging, termasuk saat di luar ruangan dengan kondisi angin agak kencang.

Bagi gamer yang menyukai untuk video blog tentu akan senang karena bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi kualitas video ternyata cukup baik. ROG Phone 3 mendukung perekaman video hingga 4k 60fps dan 8K dengan EIS.

Dan semua fitur kamera ROG Phone 3 ini merupakan hal penting jika kita sedang ingin melakukan live streaming saat sedang main game atau vlogging biasa.

Konektivitas Lengkap

Bagi pengguna ROG Phone 3 pun akan mendapatkan kemudahan dalam konektivitas. Tetap terhubung dengan game atau pekerjaan.

Di bodi ROG Phone 3 masih ada dua port Type-C, satu di bagian bawah dan yang kedua di sisi kiri. Yang terakhir untuk mengisi daya perangkat saat bermain game. Konektor Type-C yang dipasang di samping pada dasarnya adalah port USB 3.1 Gen 2 dengan dukungan untuk pengisi daya QC 3.0, QC 4.0, dan USB PD 3.0 pengisian cepat.

Port pengisian daya Tipe-C khusus ini juga menawarkan dukungan untuk DisplayPort 1.4 untuk menawarkan output video hingga 4K. Port pengisian daya Tipe-C bagian bawah adalah port USB 2.0 dengan dukungan pengisian cepat untuk standar QC 3.0 dan PD 3.0.

ROG Phone 3 Juga Cocok untuk Non Gamer

Selain itu, ROG Phone 3 bukan hanya perangkat gaming yang luar biasa, tetapi juga memenuhi syarat sebagai smartphone harian.

Tidak hanya unggul performa saja, ROG Phone 3 memang banyak memberikan pengalaman bermain game yang terbaik bagi yang sudah pernah merasakan ROG Phone. Mulai dari kualitas layar dan audio serta dukungan fitur-fitur tambahan seperti Air Triggers dan Armoury Crate juga menjadi nilai tambah.

asus rog phone 3

Di luar gaming, mungkin kamu sama seperti saya yang bukan seorang gamer. Tapi tetap bermain game sebagai kegiatan mengisi waktu kosong.

ASUS ROG Phone 3 berdesain macho dengan performa kencang menawarkan perangkat smartphone gaming yang keren dan ideal untuk kebutuhan multimedia seperti menonton film atau mendengarkan musik dari speaker internalnya.

Kalau kamu bukan seorang gamer, atau ya barangkali main game juga tapi tidak terlalu sering (itupun hanya Amoung Us), menggunakan ROG Phone 3 bukan untuk bermain game kelas berat tapi untuk menyunting video atau foto langsung dari smartphone, jelas bermanfaat juga.

Banyak jenis pekerjaan yang membutuhkan spesifikasi serupa tentunya cocok juga dikerjakan menggunakan smartphone gaming ROG Phone. Misalnya, kamu bisa menemukan fitur Multi Window yang bermanfaat bagi kamu yang senang browsing sambil bermain media sosial. Atau screenshot model panjang untuk menunjang pekerjaan.

asus rog phone 3
Fitur Multi Window yang pasti bakal terpakai saat browsing

Bahkan disituasi pandemi seperti ini kebutuhan daya baterai besar dan layar jernih sangat diharapkan untuk terus aktif sepanjang hari mengikuti webinar tanpa khawatir kehabisan baterai dan suara stereo.

Apalagi ada jaminan sistem firmware yang tetap mendapat pembaruan. Bukankah memiliki ROG Phone 3 sudah seperti membeli produk investasi bernilai tinggi.

Spesifikasi ASUS ROG Phone 3

rog phone 3
Paket unboxing ROG Phone 3. Bikin mupeng!

Setelah melihat spesifikasi ASUS ROG Phone 3 yang lengkap dan mengagumkan, saya menyukai smartphone gaming ini berdasarkan poin-poin yang mencakup fitur dan sisi hardware yang ditawarkan ROG Phone 3 secara ringkas.

  1. Asus ROG Phone 3 memiliki prosesor Snapdragon 865+ tercanggih hingga saat ini. Dengan prosesor canggih, menggunakan ROG Phone 3 bisa dipakai untuk bermain game bahkan bisa melakukan live streaming saat bermain ke Youtube! Selain itu juga membantu menyelesaikan tugas sehari-hari bahkan tanpa gangguan kecil.
  2. Saya suka desain bodinya cukup bersih untuk orang yang tidak ingin terlalu banyak dekorasi. Apalagi dilapisi Gorilla Glass untuk menjaga dari goresan.
  3. Sensor utama kamera 64 MP dari Sony, yang juga digunakan pada beberapa smartphone flagship kelas atas. Karena terlalu fokus dan tajam, gigi kuning terlihat jelas pada saat senyum 😀
  4. Layar Asus ROG Phone 3 sudah panel AMOLED 6,59 inci tanpa takik atau lubang, sudah sangat jernih dan luas. Nyaman buat dipakai bermain game dan mengikuti webinar melalui aplikasi Zoom dalam mode landscape. Apalagi layar memiliki empat frame rate hingga 144Hz.
  5. Untuk alasan terakhir saya, kapasitas baterai 6000mAh yang memberi daya pada ROG Phone 3 mampu menjalankan berbagai hal. Barangkali kita bisa sampai lupa meletakkan charger ada di mana karena terlalu lama tidak nge-cas. Hati-hati kalau main game atau nonton sampai lupa waktu mau menjemput gebetan!

Dimana Bisa Mendapatkan ROG Phone 3?

ROG Phone 3 tersedia dalam dua varian yaitu model yang menggunakan penyimpanan 128GB dan RAM 8GB, serta penyimpanan 256GB dan RAM 12GB. Keduanya dibanderol dengan harga Rp9.999.000 (128/8) dan Rp14.999.000 (256/12).

Kamu bisa mendapatkan ROG Phone 3 ini lewat marketplace kesayangan :

Tangan Kiri Pegang ROG Phone 3, Tangan Kanan Pegang Kamu!

rog phone 3
5 hal yang saya suka banget sama ROG Phone 3

Sebagai akhir, selalu ada sesuatu yang menjadi tren dalam suatu masa. Dan, yang namanya tren pasti ada kalanya redup. Saya juga menyadari tiap orang memiliki kegemaran masing-masing.

Walaupun saya belum berhasil memenangkan hati kamu, tapi saya sudah berhasil memenangkan kegelisahan saya atas keadaan kesepian lewat bermain game.

Ada yang suka mencari kelucuan di media sosial, ada pula yang hanya sekadar bergabung yang penting bahagia. Hingga guyonan ringan soal karakter dan cara main. Hubungan pertemanan jadi lebih dekat lewat bermain game. Terakhir, mendengar maki-makian sesama tim sampai layanan internet, sebagai alasan kalau sudah kalah tapi ingin tetap terlihat keren. Inilah yang membuat rasa sepi saya pun ramai kembali.

Bahagia itu sederhana bukan?

Dan begitulah, tanpa bermain game pakai ROG Phone 3 mungkin hati akan terasa jomblo seperti orang yang lagi baca tulisan ini.

15 comments on “ASUS ROG Phone 3, Selamatkan Jomblo Kesepian Seperti Saya

  1. reviewnya komplit kang… josh..

  2. Gokil!!!! ROG Phone 3 emang buat para jawara nih mas. Hahaha
    Kapan ya punya hp kek gitu? wkwkwk

    Salam hangat,
    Ibadah Mimpi

  3. kalo smartphone kentang ga enak ya koh buat main game….hehehe
    kalo smartphone sultan gaming ROG Phone baru puas tuh

  4. Waduh itu stikernya lucu banget mas, udah cocok nih juara pemenang hehe

  5. Meski yang kumainkan cuma game Mobile Legends, tapi nggak kebayang gimana serunya kalo mainnya pake hape ini. Pasti seru banget tuh bisa setting hingga kualitas ultra.

    Kameranya juga oke punya, jadi kalo traveling dan males bawa kamera, bisa diandalin juga.

  6. Kabarnya kalo maen game-nya jago, bisa dapet cewek-cewek gamer yang yaa kayak Sarah Vilo gitu hehe Nah, salah satu cara biar game-nya jago bisa pake ROG Phone 3 ini. Jadi pake ROG Phone emang bener2 bisa nyelametin nasib jomlo ya, mas 🙂

  7. Ahahaha can relate dengan judulnya, apalagi subjudul terakhir awokawokawok

  8. Astaga ngebaca kata jomblo saja, aku merasa tersindir koh wkwkwk. Di akhir tulisan pun pake acara diperjelas pulsa hahaa. Btw aku penasaran sama hasil EISnya koh, kayaknya seru nih klo dibaea traveling hehehe

    • seolah meronta-ronta ya pas jomblo.. tenang Joe, kamu ngak sendirian 😀

      hasil EIS nya ya.. uhmm semoga nanti aku dapat hapenya nanti aku kasih lihat hasilnya hihihi…

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: