SanDisk Extreme Portable SSD

Solusi Backup Data, Foto, dan Video Terbaik: Pake SanDisk Extreme Portable SSD

Bayangkan kalau kita menyimpan data-data penting seperti foto dan konten hanya di komputer. Lalu, tiba-tiba hardisk laptop atau komputer itu rusak. Sulit dibayangkan bukan berapa lama waktu yang kita habiskan untuk membuat konten-konten penting itu lagi.

Kebutuhan memori penyimpanan memang semakin pesat. Apalagi bagi kita yang sering membuat konten gambar dan video.

Seperti saya juga harus mengamankan foto dan video dokumentasi traveling.

Membuat kapasitas penyimpanan tentu tidak bisa hanya mengandalkan satu tempat.

Data Mudah Hilang Kapan Saja

Kita harus paham kalau data bisa hilang kapan saja. Sekecil apapun data penting, sebab membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan konten berharga.

Saya pernah mendengar masukan dari travel blogger senior kalau dia sendiri minimal melakukan 4 kali backup data penting.

Salah satunya, tempat untuk melakukan backup data selain di dalam laptop karena bisa saja laptop rusak atau hilang. Maka, simpanlah di hardisk eksternal!

Saya ingat saat kejadian rumah saya dibobol maling. Walau laptop dan kamera saya hilang, tapi untunglah hardisk eksternal saya berhasil diamankan.

Karena kita tahu data mudah hilang kapan saja, entah karena file corrupt atau virus komputer.

Pilihan Hardisk Eksternal Terbaik

Kebutuhan media penyimpanan portable kini bukan lagi sekadar hanya sekadar menyimpan data saja. Tapi hardisk eksternal tersebut juga bisa menjaga sekaligus mengamankan data-data di dalamnya.

Sekarang pilihan media penyimpanan ada 2 pilihan, yaitu SSD dan HDD. Mana yang lebih baik?

SSD (Solid State Drive) memiliki keunggulan seperti desainnya lebih ramping dan cepat memindahkan data dibandingkan HDD (Hard Disk Drive).

Fungsi penyimpanan data SSD sama baiknya seperti HDD. Bedanya, data tidak disimpan dalam lapisan magnetik, melainkan pada chip memori flash yang saling terhubung.

Nah, keunggulan hardisk eksternal yang sudah SSD ini tentunya soal kecepatan dalam transfer data. Kalian pernah jengkel saat memindahkan data berukuran besar tapi bisa sambil masak mie instan?

Selain kecepatan data, ada juga yang perlu dilihat yaitu juga menawarkan bentuk lebih ringkas, lebih cepat, serta memiliki ketahanan yang lebih baik seperti SanDisk Extreme Portable SSD terbaru.

Di industri fotografi pun, merk SanDisk cukup populer digunakan. Saya sendiri menggunakan beberapa produk SanDisk mulai dari flashdisk dan memori untuk kebutuhan penyimpanan data. Makanya, kali ini tak ada salahnya untuk menggunakan portable SSD terbaru SanDisk ini.

Pengalaman Menggunakan SanDisk Exterme Portable SSD

SanDisk Extreme Portable SSD
SanDisk Extreme Portable SSD terbaru

Ini kali pertama saya mencoba hardisk eksternal berjenis SSD. Setelah bertanya ke beberapa teman lewat Instagram Stories, mereka pun menyarankan mencoba jenis SSD.

Maka berikut ulasan mengenai SanDisk Extreme Portable SSD terbaru sesuai pemakaian saya pribadi. Hardisk eksternal ini saya dipinjamkan untuk mencoba kecepatan transfer dari SanDisk Extreme Portable SSD. Sepenuhnya tulisan ini murni dari pengalaman yang saya dapatkan.

1. Desain Kompak dan Ringan

SanDisk Extreme Portable SSD terbaru ini memiliki ukuran yang sangat ringkas.

Jika saya bandingkan dengan hardisk eksternal lama saya, ukurannya jauh lebih mungil dan tipis.

Penampilan warna hitam dan aksen orange membuat portable SSD terbaru ini lebih trendi.

SanDisk Extreme Portable SSD
Komparasi dengan hardisk eksternal lama milik pribadi.
SanDisk Extreme Portable SSD
Bodi belakang cukup kesat, aman dari permukaan licin.

Bodinya berbahan plastik yang dilapisi karet pada bagian sisi belakang. Tentu saja bahan karet ini akan membuat SSD lebih aman saat diletakkan di atas meja. Bisa mengurangi risiko terjatuh atau ketika jatuh pun mudah-mudahan masih aman.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai fotografer dan videografer profesional, tentunya SanDisk Extreme Portable SSD ini dapat diandalkan saat kalian sedang bekerja di rumah, kantor maupun di lapangan.

Ada banyak fitur-fitur menarik yang disematkan di dalam SSD portable ini. Bentuknya benar-benar ringkas, sekilas saya pun takjub saat memegang SSD ini. Bahkan ukurannya lebih pendek dari iPhone 8.

2. Keunggulan SSD Extreme Portable SSD Terbaru

SanDisk Extreme Portable SSD
Ringkas dan mudah dibawa kemanapun

Kita tidak bisa menghindari isi di dalam tas dari goncangan. Apalagi kalau saat saya traveling tentu penuh dengan perlengkapan yang saling tumpang tindih. Keseringan terjadi goncangan bisa menyebabkan hardisk pun cepat rusak.

Makanya saya suka fungsi SanDisk Extreme SSD ini karena kuat di medan berat seperti water resistant apabila terkena cipratan air, serta berbahan karet. Kamu pun juga bisa mengaitkan SSD ini di lingkaran karabiner pada bagian ujung agar mudah dikaitkan saat dibawa.

Fitur perlindungan pada bodi aman dari benturan jatuh dengan ketinggian dua meter. Sehingga SSD ini cukup tangguh untuk kamu bawa kemana saja.

Selain itu SanDisk Extreme ini memberikan perlindungan data menggunakan kata sandi dan peningkatan enkripsi perangkat keras AES 256 bit.

Terakhir, bisa menghemat waktu menyimpan dan memindahkan data dengan kinerja SSD NVMe yang kokoh dengan kecepatan baca hingga 1.050MB/detik dan kecepatan tulis hingga 1.000MB/detik.

3. Menggunakan USB 3.1 Gen 2

SanDisk Extreme Portable SSD
Praktis dan nyaman untuk dibawa bekerja

SanDisk Extreme Portable SSD terbaru ini juga sudah kompatibel dengan laptop, PC dan Mac. Sehingga tidak dibutuhkan driver tambahan saat terhubung.

Selain itu untuk memindahkan data dari dan ke perangkat seperti laptop, SSD ini juga kompatibel dengan berbagai smartphone USB Type-C.

Konektivitas yang digunakan menggunakan USB C yang sudah USB 3.1 Gen 2. Artinya kalau kamu ingin merasakan transfer data yang cepat juga perlu didukung laptop yang mendukung USB 3.1 Gen 2.

Seberapa cepat SanDisk Extreme Portable SSD terbaru ini?

Saya mencoba memindahkan beberapa data berukuran besar sekitar 30GB.

Dengan memanfaatkan aplikasi benchmark, ternyata kecepatan waktu penyalinan data hanya membutuhkan waktu berkisar 5 menit untuk menyalin folder dari laptop menggunakan kabel USB type C ke port USB type C.

Perlu diketahui kalau laptop yang saya gunakan ini adalah ASUS ZenBook 14 yang sudah support dengan USB 3.1 Gen 2.

Benchmark dari CrystalDiskMark menunjukkan waktu baca dan menulis di angka 877MB/detik.

Kecepatan baca dan kecepatan tulis maksimal bisa mencapai masing-masing hingga 1.050MB/detik dan 1.000MB/detik tergantung pada perangkat jaringan (host), interface, kondisi penggunaan, dan faktor lainnya.

Menurutku, durasi kecepatan memindahkan data dari perangkat ke SSD ini wow banget!

Saya langsung dibuat terkejut karena kecepatan perpindahan data menggunakan SanDisk Extreme Portable SSD terbaru. Biasanya kalau untuk memindahkan data-data foto berkapasitas di atas 30 GB memakan waktu sekitar 15 – 20 menit. Bayangkan saja kalau untuk kapasitas di atas 100 GB berapa lama waktunya.

Saya yang berkutat di dunia foto sangat merasa terbantu saat menggunakan SanDisk Extreme Portable SSD terbaru ini. Ditambah dengan desain SSD yang portable dan sudah water resistant. Kerjaan jadi nyaman.

Efisiensi waktu yang kita cari untuk membantu kita dalam mempersingkat waktu dalam melakukan proses transfer file kapanpun dan dimanapun.

Rekomendasi

SanDisk Extreme Portable SSD
Mulai tertarik sama SanDisk Extreme Portable SSD

Apa yang ditawarkan oleh SanDisk Extreme Portable SSD ini memang menjawab kebutuhan orang akan media penyimpanan yang cepat.

Tidak hanya mampu menjaga data di dalamnya, tapi juga tangguh di sisi luarnya.

Kalau kamu memang sedang mencari hardisk eksternal baru berjenis SSD, tak salah juga melirik SanDisk Extreme. Apalagi merek ini memang sudah tidak diragukan kualitasnya.

Memang untuk saat ini hardisk eksternal SSD harganya masih tinggi dibandingkan jenis HDD, namun worth to buy kalau kamu ingin merasakan peningkatan dalam perpindahan data serta keamanan.

Apalagi hardisk eksternal SanDisk Extreme Portable SSD terbaru ini diberi garansi lima tahun.

Kalian bisa mendapatkan SanDisk Extreme Portable SSD ini lewat marketplace kesayangan kamu seperti Tokopedia dan Shopee.

Harga untuk SanDisk Extreme Portable SSD terbaru:

  • kapasitas 500GB senilai Rp 2.156.000
  • kapasitas 1TB senilai Rp 3.801.000
  • kapasitas 2TB senilai Rp 7.170.000

Kalian juga dapat membeli yang seri PRO terbaru apabila menginginkan kecepatan yang lebih maksimal dengan penawaran kecepatan baca hingga 2.000MB/detik dan kecepatan tulis hingga 2.000MB/detik.  Untuk harga, SanDisk Extreme PRO Portable SSD ini senilai Rp 5.320.000 untuk yang berkapasitas 1TB dan Rp 9.651.000 yang berkapasitas 2TB.

***

DISCLAIMER : Unit yang saya review SanDisk Extreme Portable SSD terbaru kapasitas 1TB. Unit dipinjamkan oleh SanDisk Indonesia.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1719

3 tanggapan pada “Solusi Backup Data, Foto, dan Video Terbaik: Pake SanDisk Extreme Portable SSD

  1. SDD-nya Sandisk ini waktu dipegang rasanya kokoh ya mas? Kaya pejal gitu barangnya?
    Soalnya berkali-kali punya harddisk eksternal, tapi tetep aja suka khawatir kalau pas bawa kemana-mana. Rasanya kaya kalau jatuh bakal langsung rusak. Ato mungkin sayanya aja yang parno kalau pegang elektronik hahaha

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: