Tahun 2021, Pengen Beli Tablet Android Murah Samsung Galaxy Tab A8 2019?

Setelah menimbang tentang efektivitas untuk membeli tablet Android murah, akhirnya tangan saya disihir untuk segera membayar Samsung Galaxy Tab A8 2019 kondisi bekas, apalagi ada cashback pula pas beli di toko ijo kemarin.

Begitulah yang kerap terjadi bukan?

***

Ada beberapa alasan saya membeli tablet Android murah yang sudah lawas ini. Pertama, untuk meringankan syaraf otot pundak yang belakangan ini sering nyeri karena membawa beban yang berat seperti kamera, laptop dan perlengkapan lain. Kedua, kebutuhan untuk membaca ebook, pdf, ataupun mengetik lewat Google Doc. Sisanya untuk entertainment dengan layar lebih besar.

Alasannya, karena saya memang mencari tablet ukuran 8 inci agar lebih mudah dibawa kemana-mana dan diselipkan dalam tas.

Kenapa saya membeli tablet Android bekas? Ya, why not selama barangnya masih layak dipakai dan kebetulan masih masuk dalam budget saya.

Towel-Towel Samsung Tablet A8 2019

review samsung tab a8 2019
Unboxing Samsung Tab A8 2019

Desain tablet Samsung A8 2019 sudah terlihat modern dengan ketipisan bezel yang bikin enak mata melihat. Sudut-sudut kaku pun tidak seperti seri table Samsung sebelumnya.

Ukurannya pun juga compact, sehingga nyaman buat digunakan satu tangan saat saya sedang membaca ebook, komik online atau menonton Netflix.

Hanya saja kita tidak bisa berharap lebih dari ukuran layarnya seperti menggunakan AMOLED. Karena tablet android Samsung ini menggunakan layar berjenis TFT yang sebenarnya sudah cukup untuk keperluan yang saya butuhkan.

Berhubung saya membeli tablet Samsung ini bekas, beruntungnya si penjual menjualnya dalam kondisi lengkap. Sudah termasuk dus kotak, kabel dan kepala charger yang ORI. Untuk charger masih menggunakan kepala jenis micro USB yang sekarang mudah sekali ditemukan kalau misalnya tablet kehabisan baterai.

Performa

review samsung tab a8 2019
Pengalaman pakai Samsung Tab A8 2019

Apa yang dicari dari tablet Android murah Samsung A8 2019 dengan kapasitas RAM 2GB dan memori internal 32 GB?

Gabungan RAM dan memori internal yang tergolong untuk sekarang bukan ukuran yang besar. Tapi bagi saya sudah lebih cukup untuk kebutuhan saya diawal. Mengakses menulis artikel, membaca serta menikmati entertainment dengan kualitas audio stereo yang tidak kalah saing.

Harap agak bersabar bagi kalian yang senang multitasking sama aplikasi. Karena kemampuan RAM di tablet ini emang agak ngos-ngosan kalau kalian melakukannya dengan cepat. Tapi kalau dilakukan dengan pelan, semua aplikasi bisa dibuka dengan lancar kok.

Jadi, adanya keterlambatan dalam membuka aplikasi dikarena pengaruh dari kecepatan RAM yang memang belum besar. Sehingga bagi kita harus lebih santai dalam mengoperasikannya.

Konektivitas

review samsung tab a8 2019
Slot micro USB untuk pengisian daya baterai dan konektivitas

Untuk konektivitas, tablet Samsung A8 2019 ini masih pakai USB micro untuk mengisi daya baterai. Berhubung saya hanya menggunakan sebagai tablet stand by untuk mengetik artikel dan membaca ebook, maka penggunaan baterainya lumayan awet.

Hanya saja saya merasa koneksi wifi pada Samsung Galaxy Tab A8 2019 ini tidak begitu lancar. Sehingga ada jeda yang membuat browsing agak lambat untuk browsing. Hal ini karena teknologi WIFI yang digunakan memang bukan seri terbaru.

review samsung tab a8 2019
Sim card ejector

Terasa sekali sewaktu saya mau mencoba untuk zoom meeting, aplikasi share it, atau mendownload aplikasi. Sinyal saat transfer data menjadi tidak stabil dan membuat koneksi terputus. Saya tidak tahu apakah ini penyebab memang dari repeater wifinya atau karena saya mendapatkan produk yang ada cacat dari hardware.

Sedangkan untuk penggunaan menonton lewat streaming tidak ada kendala pada wifi.

Apalagi yang menarik? tablet android murah ini memiliki slot sim memory dan sim card. Artinya, kita bisa menggunakan semua provider internet di Indonesia.

Kamera

Saya sendiri tidak terlalu melirik ke bagian kamera karena sudah pasti kualitas kamera untuk tablet bukanlah sebagai kamera utama. Namun, juga tidak buruk apabila kalian lagi perlu dokumentasi foto. Secara keseluruhan, kualitas foto dari tablet Samsung Galaxy Tab A8 2019 ini tidak buruk.

Kalau kamu cuma pengen berfoto santai, tablet android Samsung A8 2019 ini dilengkapi dengan kamera belakang 8MP dan kemampuan merekam video Full HD pada 30fps serta kamera depan 2MP untuk mengakomodasi kebutuhan selfie atau video call.

Memang hasil foto dari kamera tidak sebagus kamera yang ada di lini smartphone Samsung, tapi sudah terasa cukup jika hanya ingin sekedar mengambil foto saja.

Aksesoris Tambahan

review samsung tab a8 2019
Layar lebar enak untuk menonton Netflix

Saya akhirnya membeli keyboard bluetooth untuk lebih nyaman mengetik. Keyboard yang tak berseri ini saya beli seharga 100 ribu lewat Shopee. Dengan ukuran yang sekitar 10 inci membuat kenyamanan mengetik artikel jauh lebih cepat.

Bagi saya, tablet android murah terbaik seperti Samsung Galaxy A8 2019 ini memang akan banyak kekurangan. Tapi karena apa yang saya cari untuk menunjang aktivitas seperti membaca ebook, terhubung sama Google Doc, dan menonton streaming ada di dalam sini. Saya masih bisa mentolerir kekurangan. Jadi, ya kenapa tidak?

Kalau kamu seperti saya yang penasaran seperti apa bekerja menggunakan tablet layaknya laptop. Kamu bisa mencoba mulai aja dulu dari tablet Samsung A8 2019 ini yang harganya masih terjangkau di bawah 2 juta.

review samsung tab a8 2019
Kamera belakang Samsung Tab A8 2019

Tinggal kamu lengkapi dengan aksesoris tambahan seperti keyboard bluetooth dan stylus supaya saat kamu mengetik artikel juga nyaman.

Mengenai ukuran tablet, di pasaran ada yang ukuran 8 inci dan 10 inci. Ini kembali ke selera kalian, kalau saya yang ingin praktis supaya isi dalam tas tidak begitu berat dan besar. Tentu saja saya memilih ukuran tablet 8 inci karena sudah lebih dari cukup.

Toh, pada akhirnya untuk urusan lebih lanjut seperti mengedit gambar saya tinggal memindahkan ke laptop.

Kesimpulan

review samsung tab a8 2019
Samsung Galaxy Tab A8 2019 + Keyboard

Samsung Galaxy Tab A8 2019 ini yang tidak bisa dibilang baru juga. Namun, dari Samsung sendiri tampaknya juga tidak mengeluarkan generasi tablet ukuran 8 inci yang terbaru dengan harga di bawah 2 juta. Sehingga kita juga tidak punya pilihan dari brand lain.

Di pasaran ada satu brand tablet ukuran 8 inci juga. Kemarin itu saya berencana ambil Huawei Matepad T8 yang harganya tidak jauh beda. Namun, mengingat kalau saya masih bergantung dengan ekosistem Google untuk cloud computing. Maka pilihan pun jatuhnya pada Samsung Galaxy Tab A8 2019 ini.

Oleh karena itu, Samsung Tab A8 2019 cocok buat :

  • Kalian yang punya anak di rumah butuh perangkat dengan layar lebih besar dibandingkan smartphone, masih ekosistem Google dan harga terjangkau.
  • Bisa digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau webinar.
  • Cocok untuk kamu yang ingin mencari smartphone yang layarnya besar tapi tetap nyaman digenggam.
  • Budget kita memang terbatas.

Worth to buy and worth for money untuk saya walau kondisi belinya bekas. Tapi tidak menolak kalau siapa tahu suatu hari nanti Samsung membaca artikel ini lalu memberi saya pinjaman seri tablet premiumnya.

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1729

2 tanggapan pada “Tahun 2021, Pengen Beli Tablet Android Murah Samsung Galaxy Tab A8 2019?

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: