BTS Meals : Kolaborasi Branding McD dengan BTS

Kolaborasi McD dengan BTS kembali membuat geger para penikmatnya yang telah memiliki sentimen emosian. Banyak orang diakui punya kenangan terhadap brand fast food ini. Viral dan ramenya McDonadls ingat dari kejadian tutupnya McD Sarinah tempo lalu. Hingga kemarin berhasil menggaet penggemar Kpop, BTS untuk berkolaborasi.

Sejak McDonalds mengumumkan tanggal 9 Juni 2021 akan mengeluarkan menu #BTSMeals langsung membuat “Army” sebutan pagi para fans untuk mendapatkan paket menu makanan: 9 Chicken Nuggets, Coke & Medium Fries dan Saos Chili dan Cajun.

Review Menu BTS Meals

Saya akhirnya berkesempatan buat mencicipi menu sederhana ini. Kenapa saya bilang ini adalah menu sederhana?

Pertama, packaging yang diberikan merupakan packaging yang umum diberikan untuk konsumen setiap membeli paket McDonalds. Yang membedakan adalah logo BTS dan warna ungu yang menjadi daya pikat. Dahsyat sekali bukan branding dari BTS?

Kedua, menu yang ditawarkan adalah menu sederhana yang juga biasanya dijual oleh McD dan disukai oleh banyak orang. Sehingga tidak ada ekspektasi mengenai menu fast food dari McD ini.

bts-meal
BTS Meals yang booming
bts meal
Dua pilihan saus : Sweet Chili Sauce dan Cajun Sauce

Ketika menikmati nugget ayam dengan cocolan Cajun Sauce yang merupakan saus mustard dengan aroma wasabi dan bawang pasti akan suka dengan Cajun ini. Sedangkan Chili Sauce ada rasa asam, manis dan pedas.

Mengamati kolaborasi dua brand besar ini, tentu saja menarik untuk diulas dari sisi Digital Marketing, khususnya untuk belajar branding.

Mari kita simak!

Kolaborasi McD dengan BTS Langkah Tepat Ciptakan “Value”

grup musik korea kpop
Fenomenal BTS x McD

Langkah kolaborasi yang dilakukan termasuk upaya McDonalds untuk meningkatkan omzet mereka yang turun anjlok akibat pandemi. Setiap brand butuh penyegaran termasuk metode marketing 4.0.

Artinya, paket menu BTS Meals ini pasti akan happening di awal karena banyak yang penasaran mau coba. Lalu, seiring waktu pamor ini turun. Setelah semua orang kebagian atau memang bukan penggemar.

Bagi penggemar, kadang enggak peduli karena idola mereka bisa dikaitkan dengan suatu merek. Ada rasa kebahagiaan yang sulit diungkapkan ketika sudah terkait dengan minat dan hobi.

Latar belakang BTS sendiri bukan isapan jempol, penggemarnya tersebar di seluruh dunia. Dan, Indonesia termasuk negara yang memiliki jumlah ARMY (sebutan bagi penggemar grup musik Korea BTS ini). Informasi yang saya peroleh, apa yang membuat penggemar menyukai BTS karena ditiap konser mereka selalu menggaungkan pesan positif dan kebaikan.

Sedangkan, McDonalds sendiri memiliki jaringan toko global seluruh dunia. Menjadi tempat favorit bagi traveller ketika sedang melancong ke luar negeri. Bingung untuk mencari makanan halal atau sekadar menumpang untuk bermalam, karena McDonalds merupakan restoran fast food 24 jam.

Artinya kolaborasi dua brand dunia ini menarik untuk kita simak.

bts meals
Apakah kamu sudah mencicipi BTS Meals?
bts meals
Kolaborasi BTS dan McD saling menguntungkan kedua belah pihak

Mari kita belajar apa saja hal menarik untuk kita pelajari dari kolaborasi McDonalds dan BTS kemarin :

1. Waktunya Era Kolaborasi

Awal tahun, saya pernah mengulas mengenai trend Digital Marketing 2021. Kolaborasi brand bukan hal yang baru di industri digital. Mengingat kalau beberapa waktu lalu setiap brand saling ingin terlihat unggul hingga titik maksimal menemukan target pasar yang sudah tidak bisa di-treatment.

Maka, kolaborasi brand adalah solusinya. Hal ini sudah seharusnya disadari oleh tiap brand saat ini dan mulai menyusun berbagai strategi untuk melakukannya. Tentunya saat ingin kolaborasi harus mengetahui dulu “value” dari brand agar ketika mengajukan penawaran brand tersebut punya nilai jual.

Tujuan dari kolaborasi ini tentunya ingin ada impact ke sales, engagement, atau membangun brand awareness yang harus terus dilakukan.

bts-meals
Kolaborasi sangat diperlukan untuk strategi pemasaran

bts-meals

2. Melihat Tujuan Kolaborasi

Setiap brand punya tujuan kolaborasi. Tujuan ini sudah pasti untuk meningkatkan sales, hingga mempertahankan konsumen yang telah ada.

  • Untuk meningkatkan sales, berarti perlu ada produk baru atau dorongan dari pihak lain yang memiliki massal banyak sesuai target market.
  • Untuk meningkatkan engagement, berarti perlu membangun hubungan kedekatan dengan follower agar follower merasa diperhatikan.
  • Untuk meningkatkan awareness (brand equity), berarti brand perlu terus menggaungkan promosi lebih gencar.
  • Untuk mengakusisi konsumen baru, berarti brand perlu tahu influencer/brand/key opinion leader yang punya konsumen juga militan.

Semua tujuan kolaborasi ini tinggal disesuaikan dengan objektif sehingga brand dapat memilih dengan siapa akan berkolaborasi.

bts-meals

3. Dengan Siapa Kolaborasi

Tidak semua orang bisa diajak kolaborasi. Karena berkolaborasi ini mencari “value” yang tidak dimiliki oleh brand sendiri.

Beragam cara untuk berkolaborasi, misal menggunakan KOL, influencer, blogger, artis, kompetitor, pemerintah, dan lainnya.

Misalnya ada brand yang ingin kolaborasi dengan saya. Maka saya pun juga harus bisa menunjukkan “value” saya agar brand tersebut ekslusif hanya berkolaborasi dengan saya. Begitupun sebaliknya.

4. Bentuk Kolaborasi

Seperti kolaborasi McD dengan BTS, bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah menu makanan sederhana yang menjadi menu kesukaan BTS. Secara logika kita paham dan mengenal semua  menu McDonalds sebagai fast food.

Makanya bentuk kolaborasi cukup beragam, tergantung objektif yang ingin dicapai. Bisa berupa kolaborasi menu baru atau produk baru, bisa juga kolaborasi cross promotion dengan saling endorse produk. Hasil dari bentuk kolaborasi ini dibicarakan sesuai kesepakatan.

5. Hasil Kolaborasi

Bicara hasil kolaborasi atau benefit yang didapat akan beragam. Bagi brand seperti McDonalds sudah pasti akan mengalami peningkatan penjualan (sales) sehingga mendatangkan traffik yang banyak (lead).

Sedangkan, bagi BTS tentunya bisa mempererat jaringan ARMY di seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Bahkan informasi di berita pun para ARMY sedang melakukan penggalangan dana untuk ikut menyumbang bagi para abang-abang ojol yang telah berkontribusi.

Kolaborasi McD dengan BTS ini menunjukan adanya pergeseran strategi marketing yang umumnya dari atas ke bawah (vertikal) namun juga digabung dengan kekuatan konsumen dengan konsumen.

Kini, orang bukan lagi membeli produknya. Tetapi membeli makna yang menempel pada produk. Bagi para ARMY ada hubungan kedekatan yang dirasakan ketika bisa memperoleh benda dari idola mereka. Spektrum yang lebih luas yang membuat gelombang jenama “BTS” lebih dikenal oleh banyak orang.

Makanya saya bilang hal-hal yang berkaitan dengan kebahagiaan setiap orang berbeda.

bts-meals

Pengalaman saya ketika berkolaborasi dengan brand adalah berusaha memberikan kualitas dari “value” saya. Misalnya agar artikel yang saya tulis bisa masuk Google halaman pertama, atau mengajak orang akhirnya berhasil membeli produk yang saya ulas.

Jadi kapan nih, Deddy Huang x Brand Kamu?

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1719

Satu tanggapan pada “BTS Meals : Kolaborasi Branding McD dengan BTS

  1. di Jerman, McDonald’s menegaskan untuk tidak berpartisipasi dengan program kolaborasi dengan BTS. mereka sudah punya tempa kampanye sendiri, 50 tahun usia McDonand’s.. padahal kalo dipikir, warga Korea di Jerman juga bisa dibilang cukup banyak.. tentu karena kaitan sejarahnya.. sampai ada petisinya di Change meminta McDonald’s Jerman ikutan kampanye BTS ini.. 🤣

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: