Optimalkan Kafein Bagi Pekerja Digital yang Produktif

Berjam-jam memotret produk di tempat klien, biasanya membuat tubuh dan otot kelelahan. Soalnya pekerjaan seperti ini tentunya menguras energi dan juga tenaga sangat terkuras.

Bagi fotografer makanan durasi dan durabilitas memotret banyak menu makanan di restoran itu bisa sekitar 12 jam. Apalagi semua proses saya kerjakan seorang diri, karena masih belum ada asisten.

Setting untuk foto menu makanan

Ya, pandemi ini memang membuat diriku harus bekerja ekstra agar bisa menyelesaikan deadline job. Entah itu permintaan untuk menulis artikel, atau memotret produk. Kalau tubuh sudah terasa “sempoyongan” saya butuh rehat sejenak.

***

Tetap Produktif Selama Pandemi

Menjaga mood selama bekerja itu penting. Apalagi pandemi ini saya memang tidak mengambil pekerjaan keluar kota. Semua tawaran job dikerjakan hanya di rumah saja. Saya merasa pandemi ini memang tantangan untuk kita semua untuk bisa melewati dengan baik, serta menjaga kesehatan mental.

Berada di rumah bisa juga menyebabkan tubuh lebih lelah. Lebih dari 10 jam aktivitas saya berada di depan laptop sepanjang hari. Mulai dari mengetik artikel, membuat materi, mengedit konten, hingga mengikuti webinar dan meeting online sepanjang hari. Kalau sudah merasa tubuh ini lelah karena aktivitas, tentu saja imbasnya akan ke tenaga dan fokus yang menurun.

Entah sudah berapa cangkir kafein saya minum dalam satu hari. Dan untuk memulihkan tubuh menjadi segar kembali dari rasa nyeri akibat kelelahan otot hilang, saya biasanya menempel koyo agar otot menjadi hangat. Selain itu, tentu saja butuh asupan kafein untuk semangat kembali.

Barangkali ini menjadi jawaban mengapa kita menjadi lebih bersemangat dan fokus kembali setelah menikmati kafein di secangkir kopi.

Dukungan Food Supplement untuk Energi

Bagi kita yang merasa sulit untuk lepas dari kafein setiap waktu. Tetap ada cara lain untuk mengatasi kelelahan otot dan menambah energi kita, yaitu dengan cara mengonsumsi food supplement.

Coba kalian bayangkan, durasi pekerjaan saya sewaktu memotret makanan itu dihitung mulai dari mempercantik makanan di atas piring, kemudian berjam-jam berdiri. Itu saya jamin, pinggang, kaki dan otak kalian akan keriting.

Salah satu jenis food supplement yang saya gunakan adalah dengan minuman berenergi sebagai asupan tambahan. Tapi, carilah minuman berenergi yang memang memiliki kandungan yang bermanfaat, misalnya ada sejumlah vitamin B yakni B3, B6, dan B12 yang membantu memulihkan sistem saraf dan otot, sehingga mengurangi potensi timbulnya rasa nyeri.

Mengonsumsi minuman berenergi menjadi pilihan saya ketika mata dan tubuh sudah sulit diajak kompromi butuh asupan, selain mengonsumsi kafein.

Merujuk caffeine informer, minuman berenergi umumnya mengandung kafein sebanyak 80 miligram per 250 milliliter. Adapun batasan mengonsumsi kafein setiap harinya, yaitu tidak lebih dari 400 miligram.

Sedangkan bagi ibu hamil, American Pregnancy Association menyarankan agar tidak mengonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari.

Kenapa begitu? Sebab fungsi kafein sebagai stimulan atau merangsang, sehingga efeknya membuat orang dewasa jadi lebih waspada dan merasa jadi lebih kuat. Soalnya saya pernah tiba-tiba blank saat ingin memotret karena kehabisan ide untuk menata makanan akibat sudah lelah.

Manfaat Kafein untuk Tubuh

Dalam satu hari, minimal saya konsumsi secangkir kafein. Sebagian orang pasti mengenal kafein untuk menghilangkan rasa kantuk. Di sisi lain, orang-orang takut untuk mengonsumsi kafein lantaran bisa menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Namun, ternyata hanya akan terjadi apabila kita mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebih.

Apabila dikonsumsi secukupnya, kafein justru bisa memberikan banyak manfaat yang dirasakan, seperti :

1. Membantu Meningkatkan Energi

Kadang saya mengonsumsi double espresso hanya untuk mendapat kafein untuk konsentrasi saat dikejar deadline. Kafein yang masuk akan mengalir menuju otak untuk menghambat neurotransmitter adenosin inhibitori.

Karena kondisi itu, neurotransmitter lain seperti dopamin dan norepinefrin akan meningkat jumlahnya. Efek dari kondisi ini adalah perasaan senang, dan tubuh lebih berenergi serta fokus.

2. Meningkatkan Fungsi Otak dan Daya Ingat

Ada sebuah studi menunjukkan, konsumsi kafein dengan jumlah yang tepat bisa membantu meningkatkan keterampilan berpikir. Selain itu, penelitian lain dari Universitas John Hopkins juga menyatakan bahwa konsumsi kafein setelah belajar bisa membantu meningkatkan memori jangka panjang.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada klaim kalau konsumsi kafein dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh sebanyak 3 hingga 11 persen.

Klaim tersebut didukung oleh studi lain yang menyebut bahwa kafein dapat mengoptimalkan proses pembakaran lemak hingga 10 persen pada individu obesitas, dan 29 persen pada orang bertubuh kurus. Sepertinya menarik ya?

4. Meningkatkan Performa saat Berolahraga

Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf. Tak heran, kafein bisa bikin kita merasa lebih bertenaga kala berolahraga.

Selain itu, mengonsumsi kafein secukupnya 1 atau 1,5 jam sebelum olahraga juga bisa meningkatkan proses pembakaran lemak.

5. Mengatasi Sakit Kepala 

Mampu meredakan sakit kepala menjadi salah satu manfaat kafein di dalam bidang medis.

Kafein telah lama digunakan sebagai kombinasi obat anti nyeri, yang digunakan sebagai terapi sakit kepala maupun migrain.

Biasanya ketika sedang dalam kondisi kepala sakit karena banyaknya pekerjaan harus diselesaikan, minum secangkir kopi bisa mendinginkan kembali badan.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein secara rutin bisa menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer. 

Hasil studi mengatakan kalau minum kopi sebanyak 3-5 cangkir sehari pada usia paruh baya setidaknya dapat menurunnya risiko Alzheimer. Tertarik buat mencoba?

7. Memperbaiki Suasana Hati dan Mencegah Depresi

Karena memiliki efek stimulan, konsumsi kafein secukupnya dapat membuat merasa lebih tenang dan senang.

Sebuah studi di Harvard University, Amerika Serikat,  pada tahun 2011 mendapati bahwa wanita yang mengonsumsi 4 atau lebih cangkir kopi dalam sehari memiliki kemungkinan 20 persen lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi lain dengan lebih dari 200 ribu partisipan juga menunjukkan hasil serupa. Studi tersebut menyebut, partisipan yang rutin mengonsumsi kafein dari kopi sebanyak 4 cangkir atau lebih memiliki 53 persen kemungkinan lebih rendah untuk bunuh diri karena depresi.

8. Menurunkan Risiko Kanker

Kafein merupakan antioksidan yang kuat. Senyawa ini dapat berguna untuk mencegah kerusakan se-sel tubuh, yang nantinya bisa berkembang menjadi penyakit kronis seperti kanker.

Beberapa penelitian pun menunjukkan, orang yang rutin mengonsumsi kafein secukupnya cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk terserang kanker.

Beberapa jenis kanker yang dimaksud, yaitu kanker hati, kanker kolorektal, dan kanker kulit.

9. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung dan Diabetes Tipe 2

Kafein yang dikonsumsi secara rutin dan dengan porsi secukupnya juga bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Hal tersebut diduga berhubungan dengan kandungan antioksidan pada kafein.

10. Melindungi Organ Hati

Sirosis hati termasuk sebagai penyebab kematian terbanyak di dunia. Menariknya, suatu studi yang dipublikasikan di Journal of Hepatology menyebut bahwa risiko kondisi tersebut bisa diturunkan dengan mengonsumsi kafein dari kopi.

Manfaat Kafein bagi Kesehatan Tubuh

Kafein memang identik dengan kopi. Namun, senyawa ini juga dapat ditemukan pada minuman tersebut.

Cara lain ya dengan mengonsumsi minuman berenergi yang setara atau hampir sama dengan meminum secangkir kopi karena keduanya mengandung kafein.

Kafein itu menimbulkan stimulan atau rangsangan yang membuat mereka yang mengonsumsinya merasa lebih waspada dan lebih kuat. Selain kandungan kafein, ternyata agar sistem tubuh kita lebih cepat respon dan produktif mengejar deadline. 

Tak Cukup Kafein, Taurin Juga Perlu

Agar energi kita makin meledak saat mengejar deadline, ada satu lagi ingredient penting yang biasanya terkandung dalam minuman berenergi yaitu Taurin.

Tetapi, tidak semua minuman energi mengandung Taurin. Pentingnya Taurin karena berperan membantu meningkatkan toleransi terhadap glukosa/gula, yang bereaksi dalam proses metabolisme yang biasanya dikonsumsi dengan dosis 1.000 mg per saji.

Sehingga dalam satu hari, untuk kita orang dewasa hanya boleh mengonsumsi Taurin dengan dosis tidak lebih dari 1.000 mg. Taurin adalah jenis asam amino yang secara alami ada pada tubuh. Asam amino ini utamanya terdapat otak, mata, jantung, dan otot.Sebagai asam amino, taurin pun menjalankan fungsi penting untuk kesehatan. Beberapa fungsi tersebut yakni menjaga keseimbangan cairan, mengendalikan kadar mineral, dan menjaga kesehatan sistem imun.

Manfaat lain dari Taurin berperan penting mencerna lemak, menyerap vitamin yang larut dalam lemak dan mengatur kadar kolesterol dalam tubuh (Any Vitamins). Selain itu Taurin bersama Zinc (Zn) (seng) penting juga untuk menjaga kesehatan mata dan penglihatan.

Tambah Konsentrasi Dengan Minuman Berenergi

kratingdaeng red bull

Kombinasi taurin dan kafein dalam minuman suplemen berenergi bisa merangsang sistem saraf pusat untuk memicu reaksi katabolisme (reaksi untuk menghasilkan energi) di otot.

Apalagi yang konsumsi minuman energi umumnya dari anak muda hingga orang dewasa dari usia 18-35 tahun.

Klaim minuman energi bisa meningkatkan kualitas energi, meledakkan power, dan meningkatkan daya tahan tubuh memang menggiurkan. Hal inilah yang ditawarkan oleh Kratingdaeng Red Bull.

Mengapa Kratingdaeng Red Bull Pilihan Bagus

Komposisi kandungan Kratingdaeng

Sebagai konsumen, kita perlu kejelian dan mengonsumsi food supplement dalam minuman energi.

Minuman berenergi Kratingdaeng Red Bull adalah salah satu minuman energi yang beredar di Indonesia. Banyak masyarakat suka selain rasanya yang enak, Kratingdaeng Red Bull dipercaya bisa menambah stamina untuk bekerja.

Sebagai minuman energi kelas dunia yang telah memiliki standar Internasional, Kratingdaeng Red Bull sendiri masuk dalam daftar minuman yang aman dikonsumsi. Karena Kratingdaeng Red Bull menggunakan gula alami sebagai bahan pemanisnya. Inilah yang menjadi keunggulan produk Kratingdaeng Red Bull.

Diakui oleh BPOM RI (Badan Pengawasan Obat-obatan dan Makanan Republik Indonesia), Kratingdaeng Red Bull telah melalui tahap uji coba yang dilakukan.

Hasilnya aman dikonsumsi dari sebotol Kratingdaeng Red Bull karena kandungan kafein yang setara bahkan lebih sedikit bila dibandingkan dengan 1 cangkir kopi. 

Satu botol Kratingdaeng Red Bull setara dengan 50 mg kafein. Sedangkan secangkir kopi berkisar 80 – 135 mg kafein.

Minuman Berenergi Aman Tidak Berbahaya

Bicara rasa dan aroma dari minuman ini disesuaikan dengan selera orang Indonesia agar minuman ini mudah diterima masyarakat. Saya suka dengan produk Kratingdaeng Red Bull botol karena kemasannya juga mudah dibawa.

Tapi perlu diingat, mengonsumsi minuman berenergi bukan berarti bisa menggantikan energi, mengingat energi itu diperoleh dari karbohidrat dan lemak.

Perlu kita ketahui kalau ada unsur penting dalam Krantingdaeng yang memberikan tambahan berbagai unsur yang penting seperti vitamin B (B3,B6 dan B12) serta taurin. Ini termasuk manfaat minum minuman energi.

Juga digarisbawahi biasanya minuman energi yang abal-abal tidak menambahkan dan mengandung berbagai zat tambahan yang penting, hanya berisi air, gula atau penggantinya, dan kafein.

Manfaat Konsumsi Kratingdaeng Red Bull

Sebagai minuman energi terbaik, tentunya Kratingdaeng Red Bull memiliki kelebihan atau manfaat untuk menambah stamina bagi tubuh yang dihasilkan oleh komposisi vitamin dan gizi didalamnya.

Gula merupakan sumber utama penghasil stamina dalam kandungan Kratingdaeng Red Bull, selain itu terdapat vitamin B kompleks yang dapat merubah karbohidrat tubuh menjadi energi.

Sedangkan, kafein merangsang sistem saraf dan sistem pertumbuhan dalam tubuh. Dalam beberapa penelitian, kafein mampu membangun konsentrasi dan juga meningkatkan kemampuan kognitif. Selain itu kafein juga mampu merubah mood yang buruk.

Dalam sebotol Kratingdaeng Red Bull terdapat kandungan lain seperti Inositol, Vitamin B, Pro Vitamin B5 dan pemanis murni berupa gula tebu.

Komposisi di dalam Kratingdaeng Red Bull seperti gula merupakan sumber utama energi yang dihasilkan, serta vitamin B kompleks untuk minum membantu mengubah karbohidrat menjadi energi. Kafein merangsang sistem saraf pusat dan metabolisme.

Bahkan, dalam beberapa penelitian, diketahui bahwa kafein memiliki fungsi untuk meningkatkan konsentrasi, kemampuan kognitif dan meningkatkan mood.

  1. Manfaat Taurin adalah asam amino yang terkandung dalam ikan dan laktosa (susu) dengan beberapa manfaat meningkatkan fungsi jantung, fungsi otak dan membantu memaksimalkan sekresi enzim untuk metabolisme lemak dalam tubuh.
  2. Manfaat Kafein merupakan antioksidan yang ditemukan dalam kopi dan coklat yang bermanfaat untuk merangsang saraf otak untuk meningkatkan metabolisme dan meremajakan sel-sel dalam tubuh dan konsentrasi meningkatkan dan kewaspadaan.
  3. Manfaat Inositol untuk meningkatkan metabolisme lemak.
  4. Manfaat Vitamin B3 (Niacinamide) adalah komponen koenzim dalam tubuh yang membantu mengubah karbohidrat dan lemak menjadi energi.
  5. Manfaat provitamin B5 (Dexpanthenol) adalah komponen koenzim yang berperan penting dalam metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.
  6. Manfaat Vitamin B6 (pyridoxine HCl) membantu metabolisme asam amino, lemak, dan berperan dalam pembentukan sel darah merah.
  7. Manfaat Vitamin B12 (Cyanocobalamin) berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, meningkatkan kerja sistem saraf, membantu dalam pembentukan jaringan yang melindungi serabut saraf.
  8. Manfaat Kolin (Kolin) untuk melindungi hati dan meningkatkan metabolisme lemak.
  9. Manfaat Lysine (Lysine) untuk membantu dalam produksi energi, menurunkan kadar kolesterol membantu pertumbuhan tulang, kulit dan pembentukan otot.
  10. Manfaat Glukuronolakton untuk meningkatkan konsentrasi dan memori, serta melindungi hati pada saat kerja keras.

Kratingdaeng Red Bull dapat dikonsumsi sebelum dan setelah beraktivitas; terutama kegiatan yang membutuhkan ketahanan fisik dan mental yang tinggi. Sebagai contoh: mahasiswa yang setiap hari rutin melakukan kegiatan di depan laptop, para pekerja yang bersahabat dengan deadline seperti saya.

Bisa juga sebelum dan sesudah olahraga; sebelum mengemudi, terutama jarak jauh untuk keperluan mudik. Kratingadeng Red Bull ini bisa menemani aktivitas kehidupan dalam bentuk apapun. Untuk hasil yang optimal, disarankan untuk minum sekitar 30-60 menit sebelum aktivitas fisik atau mental. Untuk konsumsi sehari-hari / aktivitas ringan hanya 1 botol per hari secara teratur. Untuk aktivitas berat 3 botol per hari.

Konsumsi Wajar untuk Hasil Optimal

Food supplement pada dasarnya merupakan produk yang digunakan untuk melengkapi kebutuhan zat gizi dan non gizi yang bermanfaat bagi tubuh.

Pada dasarnya setiap orang memerlukan asupan suplemen kesehatan yang cukup, untuk melakukan aktivitas sehari-hari, khususnya mereka yang beraktivitas tinggi dan para pekerja berat.

Selain halal, Kratingdaeng Red Bull aman dikonsumsi dan tidak menimbulkan efek samping jika memenuhi aturan konsumsi yang baik dan benar seperti tertera dalam kemasan.

Kratingdaeng Red Bull sebagai suplemen dapat meningkatkan stamina, menambah energi bila dikonsumsi secara teratur dan sesuai dengan aturan minum yang sudah ditentukan. Selain itu, Kratingdaeng Red Bull juga memiliki rasa yang enak dan segar, terutama bila disajikan dalam keadaan dingin.

Alasan Minum Kratingdaeng Red Bull

kratingdaeng red bull

Senyawa aktif utama Kratingdaeng Red Bull dari kafein dan taurin membantu meningkatkan energi dan stamina. Cuma perlu diingat, bahwa setiap orang memiliki ketahanan berbeda dalam menyerap kandungan yang ada dalam minuman ini, sehingga efeknya berbeda pada setiap orang.

Bahkan BPOM mendefinisikan minuman berenergi adalah minuman yang jika diminum dalam jumlah yang wajar sesuai aturan minum per hari, dapat memberikan energi tidak kurang dari 300 Kkal (KepDirjen POM RI No 02240/B/SK/VII/91), pangan yang dapat memberikan energi minimal 300 Kkal per hari (dari BPOM RI No HK 00.05.52.4321).

Saya merasa lebih bersemangat selepas mengonsumsi sebotol Kratingdaeng Red Bull ini. Rasa segar bercampur manis yang pas bekerja dengan cepat menjaga mata dan otak saya untuk berkarya kembali.

Sangat tepat menikmati Kratingdaeng untuk para pekerja yang diburu deadline seperti saya. Otak dan energi yang dikeluarkan harus mendapat asupan.

Apalagi produk Kratingdaeng Red Bull ini mudah sekali ditemukan. Mulai dari Minimarket, Supermarket dan E-commerce Tokopedia, Blibli, Lazada dan Shopee yang bertuliskan Official Store.

Kejar Deadline Ditemani Kratingdaeng Red Bull

Saya ingat kalau Kratingdaeng Red Bull identik dengan Turnamen Basket Kobatama pada awal 2000-an dan juga menjadi sponsor Piala Dunia di media-media lokal pemegang hak siar piala dunia.

Logo Kratingdaeng Red Bull dari dua banteng sebagai simbol kekuatan, warna merah ketahanan dan latar belakangnya Matahari melambangkan energi. Barangkali selepas konsumsi minuman energi ini, kekuatan saya bisa sekuat banteng!

Untuk mendapatkan kandungan penting yang dibutuhkan tubuh dalam minuman energi, kita bisa memilih minuman energi seperti Kratingdaeng Red Bull.

Sebab minuman ini tak mengandung berbagai zat tambahan yang penting, tidak hanya berisi air, gula atau penggantinya, dan kafein seperti minuman energi lainnya yang berbahaya bagi kesehatan, sehingga cocok diminum saat aktivitas tinggi, agar tubuh kembali bugar.

Pejuang deadline tentunya tidak perlu ragu untuk menambah minuman berenergi, tentunya harus diikuti juga dengan gaya hidup yang sehat seperti makan teratur, tidur cukup dan olahraga sesuai kebutuhan. Semangat!

***

Referensi :

Klik Dokter

 

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1725

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: