BerandaReviewTradisi Lebaran Bentuk Silaturahmi Tanpa Batas

Tradisi Lebaran Bentuk Silaturahmi Tanpa Batas

Author

Date

Category

Ramadan memang telah usai, namun bukan berarti semangatnya ikut hilang.

Jutaan masyarakat Indonesia mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran atau Idul Fitri. Terlebih sudah dua tahun sejak pandemi, kita tidak bertemu dengan orangtua, sanak saudara, ataupun teman di kampung.

Kini saatnya mudik lebaran tanpa batas.

Manfaatkan Momen Lebaran

idul fitri

Momentum lebaran tak hanya dinikmati oleh umat Muslim saja, namun sebagai non muslim saya pun juga ikut bersukacita merayakan lebaran. Menikmati kebersamaan, menebar kasih antar sesama dan berbagi. Serta, menjadi momen untuk saling memaafkan di antara manusia saat kita ada cacat ucap dan kata.

Bagi umat muslim di seluruh dunia, tentunya idul fitri merupakan hari di mana mereka kembali menuju kesucian usai mengarungi kehidupan dalam setahun ke belakang.

Tradisi lebaran memberikan kesempatan dan memudahkan orang untuk saling memaafkan, saling mengunjungi, bertegur sapa, dan menyambung silaturahmi.

Ragam Tradisi Lebaran di Indonesia

Berakhirnya bulan ramadan. Bagi sebagian orang, berakhirnya bulan ramadan berarti sukaria karena kehidupan kembali seperti semula setelah tempaan batin sebulan lamanya. Namun demikian, bagi sebagian yang lain, kepergian bulan ramadan justru dilepas dengan duka-cita karena lezatnya ramadan telah tiada, dan berkah ramadan setahun tertunda.

Lebaran yang khas Indonesia ini dirayakan dengan berkumpul bersama keluarga. Saling bertemu dan bersilaturahmi. Berbagi cerita, berbagi kegembiraan. Setiap orang tampil ceria, dan bila perlu tampil beda.

Di Indonesia, kekayaan budaya yang dimiliki membuat perayaan Idulfitri menjadi tradisi yang unik dan menarik. Beberapa tradisi lebaran berikut ini tentunya sering kalian lihat.

  • Takbiran

Pada malam menjelang lebaran, mengumandang takbir yang merupakan tradisi tersendiri. Umat muslim biasanya tumpah ruah ke jalan atau masjid untuk takbir. Biasanya takbiran dilakukan oleh masyarakat sekitar.

Kegiatan ini pun juga diiringi oleh tabuhan bedug yang begitu khas menunjukkan adanya kebersamaan antar sesama muslim di hari raya.

  • Mudik

mudik lebaran 2022

Banyak yang terpaksa menguras tabungan untuk dapat “mudik lebaran”. Banyak yang mempertaruhkan keselamatan untuk membawa barang-barang. Penat badan sulit diungkap, walau saling berdesakan, panas dan hujan bukan penghalang; sebab yang terbayang kampung halaman. 

Rasa gembira saat berkumpul bersama keluarga, melepas kerinduan, dan saling bermaafan. Mudik pun menjadi momentum untuk melepas rindu pada orang-orang tersayang.

  • Halal Bi Halal

Memaafkan yang khilaf, mengurai yang kusut, menyambung yang terputus, mempertemukan yang terpisah, menyatukan yang terpecah, mencairkan yang membeku, melelehkan yang membatu, melenturkan yang kaku, melembutkan yang mengeras, membuka yang tertutup, menyuarakan yang terdiamkan, menyalurkan yang tersumbat, mendengarkan yang terabaikan, mengetengahkan yang terpinggirkan, menerima yang terusir, merelakan yang mengganjal, mengembalikan yang hilang, mendamaikan yang berselisih, dan menyelesaikan yang dipermasalahkan itulah yang menjadi esensi Halal bi halal.

idul fitri 2022

Halal bi halal mampu menembus berbagai sekat, baik tingkat sosial-ekonomi, etnisitas keagamaan, maupun ideologi politik. Halal bi halal tak hanya penting atas dasar keturunan, tetapi juga berdasarkan wilayah, lembaga atau unit kerja, profesi, dan bahkan politik.

  • Mencari Uang THR

Salah satu yang paling dinantikan saat menyambut lebaran adalah mencari uang Tunjangan Hari Raya atau THR bagi anak kecil. 

Uang THR buat anak kecil ini menjadi salah satu tradisi yang sudah turun menurun.  Bagi anak kecil yang tentu ada rasa senang ketika mendapatkan uang jajan tambahan saat hari raya. Hanya saja sebagai orangtua pun juga perlu bijak untuk mengajarkan ke anak sedari kecil mengenai investasi.

  • Hidangan Lebaran

ketupat lebaran

Lebaran kurang lengkap tanpa adanya menu lebaran khas seperti ketupat bersama temannya, opor ayam dan sambal goreng ati. Saya ingat sekali dulu sering mendapatkan hantaran ketupat dari tetangga saat malam lebaran agar bisa ikut merasakan perayaan Idul Fitri.

Kue lebaran juga salah satu sajian wajib ada. Bakal tampak ragam kue lebaran mulai dari nastar, kastengel, putri salju dan lainnya.

Hidangan lebaran ini disajikan saat ada teman-teman atau keluarga yang datang berkunjung untuk silaturahmi. Mereka dapat menikmati sajian khas lebaran yang enak.

Internet Menyatukan Indonesia

Betapa beruntung kita tinggal di Indonesia karena memiliki tradisi lebaran. Perekat sosial yang luar biasa. Seperti internet menyatukan Indonesia, perkembangan teknologi digital yang pesat memberi berbagai tantangan dan kesempatan baru.

Pemanfaatan teknologi digital bisa memberi dampak positif yang dirasakan manfaatnya hingga saat ini.

smartphone terbaru

Terutama saat melihat kondisi di masa pandemi, hampir seluruh kegiatan sehari-hari sangat bergantung pada perangkat digital dan akses internet stabil. Aktivitas gaya hidup sehat, belajar, belanja, liburan, sampai investasi dikaitkan dengan teknologi digital yang membuka peluang dan ruang untuk memenuhi kebutuhan tanpa batas.

Untungnya di rumah saya sudah berlangganan IndiHome sebagai koneksi internet yang kuat dan stabil terhadap cuaca. Pilihan layanan kecepatan internetnya juga beragam, tinggal disesuaikan dengan kebutuhan.

Koneksi berkecepatan tinggi dalam sebuah jaringan memang sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk memenuhi akses internet dan telekomunikasi.

Kecepatan Internet Fiber Optic

Dengan kebutuhan yang terus meningkat, maka jaringan yang cepat dan stabil menjadi dambaan masyarakat untuk internet menyatukan Indonesia. Namun sejatinya kecepatan dan stabilitas akses internet itu, hanya bisa dihadirkan oleh fixed broadband bukan mobile broadband.

Pasalnya, fixed broadband menggunakan fiber optic untuk menggelar jaringannya. Dengan jaringan berbasis fiber optic, koneksi fixed broadband sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis, perniagaan, edukasi, dan hiburan ketimbang mobile broadband. Selain unggul dari sisi kecepatan dan kestabilan, fixed broadband tidak memiliki batasan paket data (pada kebanyakan penyedia layanan).

Sehingga lebih efisien karena dapat digunakan oleh banyak pengguna, seperti anggota keluarga. Meski memiliki potensi besar, namun dibandingkan pengguna mobile broadband yang sudah mencapai lebih dari 300 juta, penetrasi fixed broadband di Indonesia terbilang rendah.

Jeli Memilih Provider Internet

Seperti IndiHome (Telkom Group), tetap memimpin pasar. Layanan IndiHome juga telah tersebar di 496 kota dan kabupaten di Indonesia.

Tentu dengan semakin tinggi kebutuhan internet di rumah, semakin tinggi pula provider fixed broadband menggencarkan promosi dengan penawaran paket-paket super murah yang kerap kali menggoda pelanggan untuk berlangganan dengan beragam pilihan paket terbaik.

Di sisi lain, pelanggan harus cerdas dalam memilih provider. Jangan sampai terkecoh oleh iming-iming promo murah, tapi layanannya tidak seperti yang diharapkan. Itu sebabnya, dibutuhkan pengetahuan yang baik agar tidak kecewa di kemudian hari.

Sudah saatnya pelanggan lebih peka dan peduli atas pilihan paket internet yang sesuai dengan pilihannya. Jangan sampai, pengalaman menggunakan internet tidak sesuai dengan penawaran yang dijanjikan oleh provider.

Keunggulan Layanan IndiHome

internet-murah
Promo internet terbaru

Produk dari Telkom Group ini merupakan provider yang sudah terbukti track record-nya sejak lama. Untuk itu, IndiHome masuk ke jajaran penyedia jaringan internet terbaik di negeri ini. IndiHome sendiri merupakan layanan telekomunikasi yang memanfaatkan teknologi kabel fiber optik.

Dengan teknologi ini pula, berbagai aktivitas komunikasi serta transfer data lebih minim risiko, dapat berfungsi maksimal, dan minim gangguan. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan dari indihome.

  1. Paket Sesuai Kebutuhan Pengguna

Layanan dari berbagai provider internet semakin lengkap. Banyak pilihan paket internet yang disediakan Indihome, mulai dari paket dual play, triple play hingga paket triple play deluxe yang di setiap paket memiliki keunggulan tersendiri sesuai paket yang dipilih.

  1. Tayangan Favorit Tanpa Jeda

Banyak saluran TV yang tersedia. Mulai dari channel nasional maupun internasional. Pada TV interaktif ini terdapat satu fitur unggulan yakni Play Back. Yang mana, Anda dapat memutar ulang tayangan sampai tujuh hari sebelumnya. Anda juga bisa memutarnya berulang.

  1. Anti Virus Digital

Indihome menyematkan Trend Micro Security System, membuat jaringan serta data pribadi tidak terkena ancaman virus. Layanan anti virus digital tersebut memungkinkan Anda memilih internet security yang berfungsi untuk melindungi satu pengguna atau family security untuk digunakan hingga tiga orang sekaligus.

  1. Jaringan WiFi Cepat dan Stabil

Kabel IndiHome menggunakan jaringan fiber optic yang bisa mentransfer data mencapai 100 Mbps, Anda pun bisa berselancar dengan jaringan wifi cepat dan stabil.

Promo Paket IndiHome Terbaru

Selain itu juga banyak promo-promo yang diberikan sebagai kontribusi IndiHome bagi teknologi digital. Promo-promo IndiHome seperti :

  • Promo paket IndiHome
  • Paket khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis
  • Promo Ramadan IndiHome, dan
  • Paket Bebas Tanpa Batas

Apalagi koneksi stabil IndiHome hadir dengan harga istimewa. Mulai Rp200.000-an per bulan kamu bisa tuntaskan semua aktivitas online harianmu. Kamu bisa bebas pilih paket sesukamu.

paket internet indihome
Pilihan paket internet IndiHome

Selain itu, nikmati juga banyak bonusnya, mulai dari cashback Rp100.000 hingga ekstra 53 channel TV selama 3 bulan. Promo ini berlaku bagi pelanggan yang melakukan registrasi berlangganan melalui website indihome.co.id, aplikasi myIndiHome, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Kios my IndiHome, atau Sobat IndiHome.

Budaya tradisi lebaran tak mengenal batas. Kita dapat merasakan perayaan lebaran dengan segala macam perniknya, dari menu makanan, pakaian baru, halal bi halal sampai pembagian uang THR untuk anak-anak, sungguh sebuah perayaan budaya yang beroase kepada kebersamaan budaya yang menyatu tanpa mengenal perbedaan.

Tak lupa tetap dapat merasakan nikmatnya internet menyatukan Indonesia dengan saling memaafkan lewat silaturahmi tanpa batas bersama IndiHome.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

31 KOMENTAR

  1. Momen lebaran emang banyak ceritanya ya, perjuangan mudik dan terjebak kemacetan, butuh waktu berjam-jam untuk sampai kampung halaman. Adik saya kemarin Bogor – Klaten (jawa tengah) butuh waktu sampai 36 jam.

    Kalau saya sih nggak mudik lebaran tahun ini karena beberapa alasan. Tapi karena ada internet yang menyatukan Indonesia, tetap bisa bersilaturahmi virtual

  2. Makin asik menikmati lebaran tahun ini, karena udah bisa mudik dan sholat Ied juga lebih nyaman dari pada waktu tahun 2020 lalu. Sehingga silaturahmi pun bisa berjalan dengan lancar

  3. bener koh, sarana internet memang jurus jitu untuk penyambung komunikasi antar jarak jauh. Buat aku yang tidak mudik lebaran tahun ini, sangat terbantu dan memanfaatkan internet buat sambung silaturahim sama orangtua. buat kita leluasa juga vdeo callan kapanpun. koneksi stabil adalah kunci

  4. Akhir2 ini layanan Indihome sering ngadat, deh. Tapi begitupun di daerah kami provider ini pula yang masih paling kuat dan mantap jaringannya. Mau ngga mau ngga brani pindah ke provider lain.

    Tradisi lebaran yang paling ditunggu, ya mudik….seru kalo udah ketemu teman lama di kampung halaman. bertukar cerita yang ujung2nya bertukar no hp dan silaturahmi ttp terjalin

  5. Beraneka ragam tradisi lebaran ada di Indonesia, membuat lebaran banyak dinanti pun dirindukan oleh semua. Dan keberagaman ini disatukan lewat internet Indihome yang disajikan dengan kualitas unggulan. Yang jauh terasa dekat, semua bisa dijangkau dalam genggaman tangan.

  6. Saya merasakan banget bagaimana internet memanjakan kami penduduk pelosok kabupaten. Sejak masuk Speedy yg sekarang ganti jadi IndiHome sejak itu saya merasa saya memiliki hak yg sama untuk maju dan berkarya

  7. Dari serangkaian perayaan Idul Fitri, aku sudah lama gak menyaksikan takbiran secara langsung. Di kompleks tempat aku tinggal yang sebagian besar adalah perantau, selalu sepi setiap H-7 lebaran. Jadi kompleks tuh sepi kering kerontang. Dari masjid dekat rumah pun hanya terdengar takbiran tapi hanya dari rekaman. Bahkan inipun akhirnya hilang karena ada larangan memperdengarkan suara apapun dari masjid menggunakan pengeras suara yang mengarah keluar. Sound system hanya boleh dihadirkan ke arah dalam aja. Pilu kalau menceritakannya.

    Hal lain yang sudah bertahun-tahun tak dilakukan adalah mudik. Semenjak mertua wafat, kami gak pernah lagi mudik ke Bandung. Jadi lebaran tetap di kompleks karena orang tua ku tetangga. Dan semua jadi sepi sejak Ayah wafat dan Ibu pindah ke rumah di Cipanas. Datanglah pandemi yang bikin Ramadan dan Idul Fitri benar-benar cup di rumah.

    Jadi saat-saat itu benar-benar mengandalkan dunia maya/internet untuk berkomunikasi. Modal penting supaya silaturahmi tetap terjaga meski hanya lewat video dan tanpa pelukan. Tapi alhamdulillah, tahun ini, keluarga besar suami memutuskan untuk mengadakan temu bareng di Bandung.

  8. Aku memang berencana memasang indihome sih di rumah. Cuma belum sempat melulu.

    Agak susah emang kalau pas lagi nggak bisa mudik. Mau menyambung silaturahmi kadang provider ponsel nggak bersahabat.

    Kudu pasang provider internet yang keren semacam indihome gitu.

  9. Tahun ini saya sekeluarga memutuskan untuk gak mudik lagi. Ternyata banyak keluarga besar kami pun memutuskan hal sama. Jadinya masih seperti pandemi selama 2 tahun terakhir. Kami masih saling menyapa lewat Zoom. Tentunya butuh koneksi internet yang kencang dan stabil supaya seru komunikasinya.

  10. wah mauuuuu….
    murah banget hanya 200.000an per bulan dengan akses lancar ditambah cashback dan fasilitas lain

    dulu saya pakai speedy, berhubung terpaksa harus pindah2, langganan saya stop dengan berderai air mata karena terbiasa dengan layanan speedy yang mumpuni

    sekarang ganti nama menjadi indihome, dan saya sudah bergabung dengan anak, saatnya kembali langganan IndiHome ^^

  11. Benet banget ya … perangkat digital dan akses perlu banget internet stabil yg kayak indihome jarak jauh terasa dekat seluruh Indonesia pun bisa terjangkau kalau gàk Pake buffer..

    Akupun pake indihome udah lama nih kak… Ortu d Cirebon aja bisa jadi lbih dekat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru