BerandaMana Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis UKM : Endorse Selebgram atau Beriklan

Mana Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis UKM : Endorse Selebgram atau Beriklan

Author

Date

Category

Mana yang lebih efektif antara memilih memakai jasa influencer atau beriklan di marketplace/media sosial untuk memasarkan produk?

Pilih Pakai Selebgram atau Beriklan?

pakai selebgra atau beriklan

Tentunya kalian sudah tidak asing melihat para selebgram dan influencer ramai-ramai mempromosikan sebuah produk di salah satu toko online.

Biasanya, pemilik bisnis yang masih awam hanya melihat “angka” follower yang tinggi. Dengan asumsi, pasti bakal banyak orang yang melihat dan syukur-syukur bisa membeli. Padahal dengan algoritma media sosial yang selalu berubah, kita tidak bisa sepenuhnya percaya bahwa semua follower akan melihat kampanye yang tengah berjalan.

Peran influencer atau selebgram ini memang dipercaya memiliki dampak endorse ke follower mereka. 

Endorse kini menjadi suatu metode pemasaran produk/jasa yang dilakukan dengan cara membayar pemilik akun media sosial yang memiliki engagement tinggi.

Makanya, bagi orang awam yang tidak memahami cara memilih influencer biasanya akan kejebak hanya di angka saja. Sehingga, tidak jarang pemilik bisnis akan merasa kecewa karena berekspektasi tinggi akan berdampak ke penjualan produk/jasa mereka.

Padahal, faktor dan aspek lainnya yang harus dilihat adalah seperti citra dari influencer tersebut, interaksi yang rutin dengan followernya hingga intensitas posting yang dilakukan oleh influencer.

Singkatnya, jika bisnis kalian adalah restoran kelas A tapi memilih selebgram kelas C, sudah bisa dipastikan audiencenya akan berbeda.

Efektif Promosi Pemasaran Digital

Sekarang pertanyaannya, mana yang lebih baik untuk dipilih yang benar-benar meningkatkan penjualan produk para pebisnis?

Apakah endorse selebgram dengan bayaran tinggi yang bisa mencapai hampir jutaan untuk sekali posting di media sosial? Atau menggunakan fitur beriklan yang biayanya mulai dari Rp 25.000 saja.

Apabila bisnis kalian termasuk baru terjun sejenis UMKM biasanya belum punya banyak aset dan sumber daya manusia untuk mengerjakannya. Menurut saya, lebih baik fokus jualan dulu supaya cashflow lancar. Sedangkan, membangun kesadaran merek atau awareness bisa dibangun secara pelan-pelan sambil jalan.

selebgram palembang
Kelebihan dan Kekurangan Selebgram dan Beriklan

Pengalaman saya ketika menerapkan keduanya, masing-masing memiliki nilai yang sama dan target pasar yang kuat. Hanya saja kalau membangun awareness lebih dulu, bisa jadi budget marketing keburu habis padahal belum tentu bisa sampai di titik Conversion atau penjualan.

Ketimbang layu sebelum berkembang sehingga menyebabkan pemilik bisnis menjadi turun motivasi untuk berjualan. Lebih baik, arahkan dulu untuk penjualan lewat beriklan yang sudah pasti lebih tertarget dan mudah dilakukan.

Lebih Baik Beriklan untuk Memaksimalkan Penjualan

Dengan beriklan tentunya kalian bisa mendapatkan target pasar sesuai dengan produk yang dijual. Kamu bisa mulai berjualan lewat marketplace dan memanfaatkan fitur promosi iklan yang ditawarkan.

Salah satu marketplace yang menawarkan fitur promosi adalah Blibli.

Tentunya kalian sudah tidak asing dengan Blibli sebagai marketplace yang menjamin keaslian setiap produk yang dijual.

Bagi kalian yang memiliki bisnis modal kecil dan jualan online, Blibli layak kalian perhitungkan karena ada banyak keuntungan jualan di Blibli.

Memang, seperti apa saja mekanisme menjadi Blibli Seller?

  1. Tahap awal, kamu bisa registrasi menjadi Blibli Seller lewat link pendaftaran berikut.
  2. Lengkapi semua informasi toko supaya Blibli mengetahui area pengiriman asal produk-produk kalian.
  3. Membuka toko di Blibli ternyata tidak seribet yang dibayangkan. Tanpa perlu dokumen bisnis yang akan membuat sebagian orang takut.

Lewat Blibli, kamu bisa mengatur toko, hingga upload produk kalian agar segera bisa berjualan.

Manfaatkan Saldo Promosi Hingga Rp 5,4 juta

merdeka-bersama

Keuntungan jualan di Blibli yang paling menarik adalah khusus seller baru bergabung bisa mendapatkan keuntungan modal promosi lewat Bliklan hingga Rp 5,4 juta!

Bayangkan dengan modal Rp 5,4 juta kamu bisa melakukan iklan dalam rentang waktu bukan 1 hari atau 1 kali saja seperti menggunakan selebgram yang biasanya dilakukan satu kali tapi berharap ada impact. Menurutku, itu sulit sekali.

Apalagi bagi pemilik bisnis awam yang mereka belum paham cara mencari selebgram yang tepat sesuai preferensi audience. Sedangkan, dengan beriklan kamu tinggal langsung memilih pengaturan sesuai Artificial Intelligence dari platform yang akan mencarinya. Tidak perlu repot lagi bukan.

Kamu tinggal memanfaatkan modal promosi yang sudah ada. Ditambah modal promosi yang diberikan Blibli ke akun Blibli Seller Center kamu.

Bliklan Bantu Promosikan Produk

Beriklan merupakan salah satu cara meningkatkan performa dan penjualan kamu.

Blibli menyediakan berbagai macam fitur promosi, mulai dari Promo Blibli, Promo Seller, Bliklan, dan masih banyak lagi.

cara-pakai-bliklan

Fitur ini akan membantu meningkatkan peluang produk kamu agar lebih mudah ditemukan oleh pelanggan. Produk yang dipromosikan melalui Bliklan akan tampil di hasil pencarian konsumen yang relevan dan produk rekomendasi konsumen. Seller yang memanfaatkan fitur bisa meningkatkan trafik ke produk secara instan.

Lakukan aktivasi Bliklan di toko kamu sekarang juga, agar saldo yang didapat berhasil masuk secara otomatis.

Cara Mendapatkan modal promosi “Bliklan” Hingga Rp 5.4 Juta

Apabila kamu sudah menjadi Blibli Seller, maka kamu sudah bisa menyelesaikan misi untuk mendapatkan saldo Bliklan. Selesaikan semua tantangan yang tersedia :

  • Bonus Bliklan Rp 50.000, download dan gunakan Blibli Seller App.
  • Bonus Bliklan Rp 300.000, upload lebih dari 5 produk dalam 7 hari sejak toko aktif.
  • Bonus Bliklan Rp 50.000, Aktifkan Fitur pengiriman Instant & Same Day.
  • Bonus Bliklan Rp 100.000, Gunakan Fitur Promo (Voucher Seller, Combo, Grosir).
  • Bonus Bliklan Rp 100.000, berhasil menyelesaikan pesanan pertama sebelum 30 hari sejak toko aktif.
  • Bonus Bliklan Rp 300.000, berhasil menyelesaikan 5 pesanan atau lebih sebelum 90 hari sejak toko aktif (Bronze Badge)
  • Bonus Bliklan Rp 500.000, berhasil menyelesaikan 25 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 85 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Silver Badge)
  • Bonus Bliklan Rp 1.000.000, berhasil menyelesaikan 100 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 90 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Gold Badge)
  • Bonus Bliklan Rp 2.000.000, berhasil menyelesaikan 500 pesanan atau lebih dengan rating toko minimal 95 sebelum 180 hari sejak toko aktif (Diamond Badge)

Nah, jika sudah mendapatkan saldo Bliklan gratis tentunya kamu bisa segera manfaatkan. Sebelum hangus karena telah melewati masa berlaku. 

Memajukan Bisnis Lewat Iklan

Sekarang tinggal kamu perlu menyesuaikan dengan skala bisnismu. Jika bisnismu sudah berjalan dengan baik, dan memiliki budgeting untuk digital marketing, tak ada salahnya kamu mencoba keduanya dan membandingkan efek yang muncul. Setelahnya, kamu bisa mengukur efektivitasnya.

Namun, seandainya kamu baru saja memulai bisnis dengan sumber daya yang ada, kamu bisa mencoba mengoptimasi beriklan sesuai budget. Ini juga sebagai ikhtiar untuk memperluas pasar yang belum mengetahui tentang produk atau jasamu.

Beriklan bisa memperbesar kemungkinan closing. Jika ada konsumen yang tertarik, maka mereka akan klik tombol call to action untuk berbelanja. Apalagi dengan sistem Blibli yang selalu update tentunya akan sangat membantu para Blibli Seller untuk memperluas target market.

Selain bisa mendapatkan brand awareness secara tidak langsung, Blibli Seller juga bisa mendapatkan jangkauan lebih banyak audience yang sudah kamu sasar sebelumnya saat menentukan preferensi iklan.

Ayo segera bergabung menjadi Blibli Seller ya agar bisa mendapatkan promo program HUT RI saldo promosi Rp 5,4 juta. Kamu juga bisa langsung selesaikan misi tambahan mu dengan mendapatkan saldo Blibli mulai dari Rp 500.000 untuk upgrade toko menjadi Official Store, hingga mengaktifkan fitur Click and Collect pada toko kamu.

Jangan lupa follow akun Instagram @blibliseller dan TikTok @blibliseller untuk mendapatkan update informasi.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

3 KOMENTAR

  1. Aku sebagai pembeli yaaa, lebih tertarik Ama barang2 yg lewat iklan drpd yg dari influencer ?. Mungkin Krn beberapa kali beli barang yg disarankan influencer, dan kecewa Ama barang atau rasanya. Dan aku lebih suka kalo rekomendasinya datang dari temen yg sudah aku kenal. Biasa lebih jujur . Intinya, lebih percaya dari iklan dan temen yg sudah pernah pakai ?.

    Eh aku udah lama bangettt ga belanja di Blibli koh. Jujur udah uninstall. Tapi ternyata semakin bagus sepertinya Yaa. Dulu pas msh sering belanja di Blibli, itu pasti belinya elektronik. Ntah kenapa dulu itu Blibli identik Ama elektronik atau gadget. Coba ntr install lagi deh aplikasinya. Pengen tau barang2 yg dijual. Kalo promo lebih tinggi drpada market place sebelah, ya lebeih seneng pastinya ?. Kebetulan lagi nyari Chromebook.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru