Advertisements
featured

Belajar di Rumah Bahasa Inggris Lewat The British Institute

belajar online 250x250 - Belajar di Rumah Bahasa Inggris Lewat The British Institute

Kadang saya minder sewaktu bertemu dengan orang yang pandai kemampuan bahasa inggrisnya. Baik secara verbal atau menulis. Oleh karena kemampuan bahasa inggris saya memang tidak baik. Makanya waktu diajak mencoba kelas gratis Academy Writing bersama The British Institute dan Komunitas Blogger ISB saya senang sekali.

Bentuk kelas dilakukan secara online menggunakan Google Classroom dan Zoom. Durasi belajar setiap sesi adalah 2 jam selama tiga hari belajar. Metode belajar interaktif seperti ini memang hal yang baru bagi saya, apalagi menggunakan Google Classroom yang ternyata memang menarik. Selama pandemi ini kita pun seolah harus terbiasa dengan metode belajar dengan cara online. Hal yang sebenarnya sudah ada dari lama.

Sayangnya saya hanya mengikuti kelas selama dua hari, karena hari pertama kelas saya berhalangan ikut karena sedang mengerjakan projek foto buku menu restoran. Walau saya ketinggalan materi satu hari, di hari berikutnya saya masih beradaptasi dengan kelas. Batch kali ini ada beberapa teman blogger lainnya. Dalam kelas tentu ada bermacam-macam karakter, ada yang paling menonjol seperti mbak Vicky yang dari cara dia menulis sudah luwes sekali. Sedangkan, ada yang mungkin masih bingung dan malu seperti saya.

the british institute - Belajar di Rumah Bahasa Inggris Lewat The British Institute
Kelas belajar online di The British Institute

Sejauh ini kelas online bersama The British Institute menyenangkan kok. Kelas di Google Classroom lebih ke diskusi percakapan. Hari kedua materi yang diajarkan bercerita tentang pembuatan artikel, kami juga diajarkan menulis review yang bukan hanya menarik, tapi juga seimbang dan berbobot.

Ternyata ada beberapa tips menarik untuk menulis artikel di blog :

  1. What is the first step to writing a blog?
  2. What you want to write about? or what your audience wants to see?
  3. Name one benefit of research
  4. What should you do after researching?
  5. Why is outlining important?
  6. Should you write like you speak? Or write in a very structured way?
  7. Should you have big chunky paragraphs?
  8. Should you use personal words like ‘I’ ‘me’ and ‘you guys’
  9. How many lines should your paragraphs be?
  10. How can you make your blog post easy to skim?

Dari tips yang dibagikan oleh mentor TBI, saya seperti mengoreksi kembali cara saya menulis di blog apakah sudah sesuai atau belum. Saya mendapat ilmu baru bagaimana bercerita tentang suatu produk dan dari diskusi dengan peserta lain akhirnya menjadi berani untuk mengetik kalimat dalam bahasa inggris. Beberapa materi contoh belajar dibagikan lewat gambar dan video.

Di hari ketiga, saya agak terlambat dalam mencerna materi tentang Adjective, belum lagi mentor untuk hari ketiga ini langsung native speaker sehingga ada keterbatasan saya dalam mendengarkan suara yang terlalu cepat. Saya lebih banyak diam karena memang masih berusaha mencerna apa yang disampaikan oleh mentor.

belajar bahasa inggris - Belajar di Rumah Bahasa Inggris Lewat The British Institute
Nanti diberikan tugas di setiap akhir sesi.

Memanfaatkan kesempatan mencoba kelas singkat di waktu pandemi membuat kita memang lebih nyaman. Duduk di depan laptop atau smartphone sudah tetap bisa mengikuti kelas. Sekarang kita jadi lebih beradaptasi dengan situasi seperti ini bukan?

Selepas belajar online, saya mencari tahu tentang TBI. Ternyata sebagai lembaga kursus bahasa inggris yang sudah berdiri lama, ada banyak jadwal kelas bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu fasilitator yang disediakan ada yang lokal dan juga native speaker yang punya jam terbang baik.

Jadwalnya ada mulai Senin – Sabtu mulai pukul 9 AM – 9 PM dan tenaga pengajar disediakan dari pengajar asing dan lokal yang berpengalaman dan memiliki standar kualifikasi internasional.

Program yang ditawarkan oleh The British Institute juga beragam pilihan sesuai dengan kebutuhan para profesional atau anak sekolah seperti :

Untuk Dewasa :

  • General English
  • Conversation
  • Business Communication
  • IELTS Preparation
  • TOEFL Preparation
  • Academic Writing

Untuk Anak-Anak :

  • VYL (Very Young Learner), untuk usia 4 – 6 tahun
  • Children, untuk usia 7 – 11 tahun
  • Teenager, untuk usia 11 – 15 tahun

Berbagai program belajar bahasa inggris yang ditawarkan mulai dari pemula hingga tingkat advance. Selain itu TBI juga akan melakukan tes awal untuk mengetahui kemampuan berbahasa inggris. Sangat cocok untuk kita yang ingin masuk Program IELTS Preparation, Business Communication, atau Academic Writing.

Akhir kata, terima kasih TBI dan Komunitas ISB yang sudah memberikan kesempatan mencoba pengalaman singkat belajar online bahasa inggris. Kelas yang menyenangkan bersama teman-teman blogger di batch kali ini. Sangat bermanfaat untuk mengisi waktu saat pandemi di rumah.

Advertisements

11 comments on “Belajar di Rumah Bahasa Inggris Lewat The British Institute

  1. Pernah ikutan kelas kayak gini di tempat kursus sebelah, eh ketemu tutor yang galak, alih-alih bikin pinter yang ada malah sebel hahaha.

  2. wah, menarik ini. saya juga bahasa Inggrisnya tidak begitu bagus, namun karena setiap hari digunakan, lama-lama juga lumayan. masalahnya kita kadang kalo mau ngomong pake bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, sering dianggap sok iye. padahal salah satu cara untuk melancarkan bahasa ya digunakan sehari-hari.. dengan metode kelas ini, menurutku bisa jadi salah satu cara menerapkan berbahasa Inggris, tanpa khawatir dicap sok iye..

  3. Kelas online buat conversation kayaknya menarik juga tuh, Mas. Kalau pesertanya nggak banyak-banyak amat, enak banget buat ngobrol-ngobrol.

    • Iya ini kemarin pesertanya 10 orang mas. Jadi kayak private ya kelasnya. Walau singkat 3 hari doank cuma jadi bikin pengalaman yang seru.

  4. Dulu aku pernah les di TBI buat belajar IELTS. Pengajarnya oke banget! Nah ini sekarang asik banget bisa belajar bahasa Inggris dari rumah. Jadi pengin les lagi 😀

  5. Kak, saya jadi tertarik untuk mengikuti kelas ini, apalagi setelah membaca tulisan Kakak ini. Apakah ada informasi bagaimana bisa ikut bergabung dan ikut belajar juga?
    Apakah ada biaya yang dibebankan untuk mereka yang ikut serta dalam kegiatan belajar ini?

    • Mbak Ayu bisa langsung ke websitenya TBI. Di sana mereka ada menu-menu program beserta customer service gitu mbak.

  6. TBI termasuk penyedia kursus Bahasa Inggris di Jakarta. Banyak teman-teman yang ikut TBI merasa layanannya worth the money.

    Nah kalau kelasnya online seperti ini saya baru dengar, mungkin strategi TBI untuk bisa menyesuaikan dengan kondisi sekarang serta menjaring kalangan pekerja yang sibuk dan tak sempat melewati macet untuk menghadiri kelas secara fisik. Dengan maraknya distance learning, semoga layanan ini bisa makin bermanfaat untuk berbagai kalangan ya. Glad that you enjoy the class.

    • Betul mas, waktu kemarin dapat kesempatan buat belajar gratis sama TBI udah senang. Walau singkat ya..

      Nama TBI sendiri udah lumayan lama buat lembaga kursus gitu. Dan, iya sepertinya sekarang orang jadi menyesuaikan dengan kondisi serba online.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: