Robot vs Manusia

Obrolan saya dengan Chris by YM! barusan menginspirasi saya untuk buat postingan baru. Berkaitan dengan robot dan manusia. Ah saya seakan sotoy banget tentang kehidupan 😀

Bahas tentang kuliahnya di IT, ternyata ambil IT Database. Saya tanya napa dia nggak ambil yang bagian robot saja, dijawab kalau jurusan itu “memabokkan”. Kenapa? Pelajarin bagian-bagian robot ada dikonsentrasi Artificial Intel (AI), saya sih tahu-tahu aja kerennya robot buatan Jepang :D, sementara temen saya di ITB juga ikut semacem klub robot gitu.

Teman saya mulai jelasin proseduran pemograman perintah di robot. Robot itu harus diprogram, mulai dari gerakkan kaki, tangan, sensor, dan lain-lain yang menuntut ‘serupa’ dengan manusia. Makanya, kalau si pembuat program (manusia) salah dalam kasih perintah maka si robot juga akan salah menterjemahkannya. Intinya di sini, manusia harus buat ‘roh’ dalam si robot.

BACA JUGA :  OPELet 328

Baca statusnya Mas Koko di YM buat saya coba kontemplasi sejenak.

Apa jadinya jika mulut dilarang bicara? Apa jadinya jika mata dilarang melihat? Apa jadinya jika telinga dilarang mendengar? Jadilah robot tanpa nyawa yang hanya mengabdi pada perintah.

Saya coba bayangin kalau mulut yang biasanya dipakai buat bicara, tiba-tiba harus dilarang?

Saya coba bayangin kalau mata yang biasanya dipakai buat lihat, tiba-tiba harus berteman dengan kegelapan?

Saya coba bayangin kalau telinga yang biasanya dipakai untuk dengarin suara dari cempreng sampai merdu, tiba-tiba harus ditutup?

Tapi kalau manusia disuruh jadi robot? Wah saya nggak setuju! Namun, ada beberapa pendapat yang bicara kalau robot itu juga punya ‘perasaan’ sama seperti manusia. Maksudnya, misal suatu mesin dipakai secara terus menerus maka suatu saat akan rusak. Adakah benang merahnya?

BACA JUGA :  Ndok, kamu tuh harus tetap belajar bersyukur ya
Advertisements
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

One thought on “Robot vs Manusia

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.