Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Pernah dibikin bingung oleh barista, ketika meminta ukuran medium tapi ditawarkan large? Diiming-iming hanya beda sekian rupiah tapi sudah bisa dapat ukuran yang lebih banyak. Biasanya saya akan menolak dan tetap dengan pendirian awal saya, yaitu memesan sesuai kebutuhan, tidak berlebihan atau kekurangan. Jika saya sedang dikejar waktu, maka saya memesan ukuran yang medium agar diminum habis, tidak tersisa.

Kebiasaan menyeruput secangkir kopi di pagi atau sore hari ternyata bukan hanya di Indonesia. Di belahan dunia lain juga ada budaya menyeruput kopi, termasuk di Swedia yang lebih sering disebut Fika. Fika merupakan budaya “ngopi” dari Swedia di mana orang-orang menyempatkan waktu sebentar untuk bersantai, menikmati kopi sambil menyantap makanan ringan. Fika bisa dilakukan di mana saja, oleh siapa saja, dan dengan siapa saja.

Sama seperti filosofi orang ingin minum kopi atau teh. Gula yang berlebihan akan membunuh kenikmatan rasa dari kopi dan teh. Solusinya adalah bagaimana cara kita memberi gula yang pas agar kenikmatan itu tetap terjaga.

Menata Hidup Lebih Gembira

Screen Shot 2019 10 20 at 17.37.24 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Benjamin Franklin pernah berkata, “Kebahagiaan lebih banyak terdiri dari kenyamanan kecil atau kesenangan yang terjadi setiap hari, daripada dalam keberuntungan besar yang terjadi tetapi jarang terjadi.”

Kadang saat kita mengambil langkah kecil seperti bersyukur, kita sudah memberikan kebahagiaan kecil untuk diri sendiri. Terkadang tindakan yang paling biasa menambah makna dan menginspirasi senyum terbaik dari semuanya. Ketika saya mendapat ucapan selamat ulang tahun dari teman, secara tidak langsung mengangkat semangat saya yang bisa saja baru melewati hari-hari yang paling sulit.

Hal lain yang saya jumpai saat membaca buku dan menonton tayangan video Marie Kondo, perempuan Jepang yang memiliki filosofi KonMari. Barang-barang yang berantakan dan tidak terpakai di rumah ternyata mendatangkan stres. Sebaliknya, rumah yang rapi dan bebas dari tumpukan barang akan mendatangkan rasa bahagia dan hidup yang bermakna. Saya juga ingin membersihkan rumahku. Saya ingin merasakan gembira.

Mengenal Filosofi Lagom

Screen Shot 2019 10 20 at 17.39.30 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Bagi seorang introvert, kadang terlalu banyak bercakap bisa terasa melelahkan, maka dari itu perlu waktu untuk melambat dan memanjakan diri dalam waktu yang sangat dibutuhkan sendirian. Diam-diam menyesap kopi di kedai kopi atau melakukan apa pun yang saya rasa perlu lakukan untuk merasa istirahat.

Saya senang membaca buku. Ada sebuah buku yang saya suka yakni dari penulis Niki Brantmark, seorang ibu dari tiga anak yang tinggal di Swedia. Secara harfiah Brantmark menulis buku tentang Lagom: Seni Hidup Swedia yang Seimbang, Hidup Bahagia berpendapat kalau kita sedang menjalani kehidupan yang semakin sibuk dan merasa terhubung 24/7. Ada hal yang harusnya diperlambat dan mengambil porsi waktu lebih banyak untuk bersantai semisal menikmati waktu bersama kolega, teman atau keluarga, menggunakan akhir pekan untuk pergi sehari ke tempat yang disukai, pantai atau taman, membaca, atau mempelajari keahlian baru.

Bagi orang Swedia, lagom (diucapkan “lar-gohm”) adalah gaya hidup. Filosofi lagom sangat sederhana, dan menawarkan alternatif untuk gagasan selalu mencari hal terbaik. Konsep ini tadinya ingin mendorong keseimbangan menyeluruh dalam hidup kita: semuanya dalam jumlah sedang. Tapi lagom bisa berarti minimalis. Bahkan, itu bisa mengajarkan kita pelajaran berharga tentang bagaimana menjalani kehidupan yang lebih bahagia. Filosofi kehidupan Skandinavia untuk kehidupan yang panjang, bahagia, dan bermakna.

Kalau ingin membawa Lagom meaning ke diri sendiri, saya menyadari bahwa kebahagiaan tidak ditemukan dengan memiliki segalanya. Apa yang ada dalam esensi Lagom adalah untuk memastikan bahwa kita mengimbangi kebutuhan kita. Saat ini jutaan orang Skandinavia menikmati keseimbangan hidup dan bekerja yang sehat, standar hidup yang tinggi dengan lebih sedikit tekanan, lebih sedikit stres, dan lebih banyak waktu untuk semua yang mereka sukai dan sukai.

Membawa Lagom Dalam Keseharian

Saya bilang, Lagom feels adalah sesuatu yang “pas” atau “cukup” seperti volume susu yang tepat dalam kopi. Mempraktekkannya dalam hidup bisa berarti menjaga keseimbangan dalam berpikir dan bersikap. Kuncinya ada pada keseimbangan dan moderasi. Dua hal yang menjaga orang Swedia tetap bahagia. Lagom tercermin benar dalam gaya hidup orang Swedia. Mulai dari gaya berpakaian, desain, dan cara hidupnya yang serba seimbang.

Bagaimana cara mempraktekkan lagom dalam keseharian?

  • Makan cukup. Buat saya yang senang makan tentu saja sayang untuk tidak menghabiskan makanan. Cuma karena saya pikir makan cukup saja itu sudah bikin kenyang dan bahagia.
  • Penampilan sederhana. Pakaian yang dikenakan disesuaikan dengan kepribadian kita, bisa tetap bergaya, namun tidak berlebihan. Tidak terlalu membeli pakaian baru agar memenuhi ruangan di kamar.
  • Lebih ramah lingkungan. Tak perlu langsung besar, namun perubahan kecil sedikit demi sedikit. Bisa dimulai dengan mematikan lampu saat keluar ruangan atau membawa kantong sendiri untuk berbelanja sudah berhasil menerapkan lagom.
  • Menjaga keseimbangan hidup dan bekerja. Tinggalkan pekerjaan pada waktunya. Setelah saya bisa bersosialisasi atau bersantai di rumah.
  • Bersyukur. Mengejar impian tidak salah, namun jangan sampai iri dengan orang lain yang kelihatan lebih bahagia di media sosial. Padahal kita tidak tahu kenyataannya seperti apa.

Setelah mencoba menjalani prinsip Lagom ini, saya pun coba menerapkan dalam rumah. Ada aspek-aspek yang saya mulai ubah sesuai dengan 8 prinsip Lagom menurut Brantmark namun saya sederhanakan agar lebih meresap.

ten ways declutter your home ht jc 180508 hpEmbed 11x15 992 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Niki Brantmark berbagi mengenai gaya hidup Lagom.

Bicara dekorasi, tentu ada yang dihilangkan atau declutter untuk meminimalkan stres. Saya ingin ada keseimbangan di rumah. Bersih tetapi juga nyaman dan hangat. Memiliki lebih sedikit barang namun berfaedah. Saya bisa menemukan barang-barang yang saya letakkan dengan mudah, tidak repot dalam memilih aksesoris yang akan dipakai di rak. Serta memiliki sudut favorit untuk bersantai dan mengisi ulang energi.

Inspirasi rumah saya suka gaya Swedia yang umumnya sangat cerah, banyak warna putih, mungkin abu-abu dan beberapa detail tekstur seperti tanaman dan kayu. Benar-benar mind peacefulness untuk saya.

Miliki Hunian yang Meningkatkan Suasana Hati

Kalian ingin mencari perubahan gaya hidup? Maka saya sarankan gunakan beberapa filosofi kehidupan Skandinavia ini untuk mengubah persepsi kita tentang menjalani kehidupan yang bermakna dan memuaskan. Langkah pertama mulai dari rumah tempat yang paling banyak kita habiskan waktu bersama keluarga, teman, juga untuk karir dan kesehatan.

Punya tempat tinggal adalah mimpi semua orang. Di Indonesia baru populer sekitar 5 tahun belakangan ini, pengaruh desain modern Skandinavia. Ciri khas yang paling berkesan dari gaya interior Skandinavia adalah furnitur kayunya yang membawa suasana santai namun tetap alami. Jika ada kondisi rumah impian yang ideal dengan filosofi Lagom tentu akan menyenangkan bukan. Kabar baiknya ternyata ada Skandinavia Apartemen yang terletak di Tangerang.

Skandinavia Superblok - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Kawasan superblok TangCity

Apartemen Skandinavia berada di kawasan Superblock Tangcity. Merupakan Apartemen modern yang didesain khusus menggunakan material terbaik dilengkapi dengan teknologi terkini. Apartemen Skandinavia berdiri di luas lahan kurang lebih 10 hektar dengan mengusung konsep baru yaitu mengadopsi interior bergaya skandinavia, namun dengan sedikit perbedaan.

Skandinavia Apartemen, Apartemen Strategis di Tangerang

Apartemen kini menjadi hunian pilihan bagi orang-orang yang mendambakan ketenangan namun tetap bisa beraktivitas. Misalnya pulang kerja bisa langsung istirahat dengan suasana tenang. Polusi udara juga terjaga serta mudahnya akses untuk berolahraga. Memilih tinggal di apartemen biasanya sudah mendapatkan fasilitas yang lengkap seperti kolam renang, pusat belanja dan tempat berolahraga. Dengan semakin berkembangnya aspek-aspek tersebut, tak heran orang pun memilih apartemen.

Saya suka konsep Skandinavia Apartemen ini yang menyajikan perpaduan gaya hidup urban ala Scandinavian dengan konsep “Genius Home” dengan lokasi yang strategis untuk kita tinggal di kota metropolitan. Selain letaknya yang dekat dengan Jakarta, Tangerang juga memiliki infrastruktur dan sistem transportasi yang terintegrasi sehingga memudahkan warganya untuk mencapai ke berbagai tujuan. Sebut saja Tol Jorr yang terhubung dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tol Merak, serta dilintasi beberapa stasiun commuter line.

Skandinavia lokasi - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Lokasi Apartemen Skandinavia

Selain itu, kawasan Tangerang juga ditunjang dengan perkembangan infrastruktur dengan pembangunan TOD (Transit Oriented Development) Batu Ceper, pembukaan jaringan jalan baru dan 5 ruas tol, hingga kereta api Bandara dengan jarak rel sepanjang 5 km yang langsung menuju ke area terminal bandara. Dengan adanya pembangunan infrastruktur tersebut, maka tak heran bila kawasan Tangerang Selatan dijuluki sebagai Kota Aerotropolis dimana tata letak, infrastruktur, dan ekonomi berpusat pada Bandar Udara.

Alasan Memilih Hunian di Skandinavia Apartemen

Memikirkan kembali kunci menuju kebahagiaan. Kita tentunya ingin bekerja, istirahat sekaligus bermain pada satu waktu. Merasa apa yang selama ini mungkin tampak biasa-biasa saja, bahkan justru merasa kehilangan. Bukan hanya sebuah hunian untuk tinggal tapi juga bertumbuh. Apartemen Skandinavia memiliki semua kriteria yang kita inginkan.

Facilities

Satu dari fasilitas apartemen Skandinavia yang pastinya akan memanjakan penghuni adalah adanya infinity swimming pool, children swimming pool dan arena bermain anak cukup luas yang terletak pada lantai podium. Selain itu juga tersedia Nordic Corner yang masih terletak di area Podium, Nordic Corner terletak di sayap kiri swimming pool, area yang dihadirkan untuk para penghuni khususnya bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu diluar unitnya, juga untuk menyambut tamu, kerabat maupun keluarga. Tentu dengan sentuhan nuansa ruang bergaya interior Skandinavia.

WhatsApp Image 2019 10 18 at 2.52.25 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Kolam renang infinity Apartemen Skandinavia (foto : Katerina)
WhatsApp Image 2019 10 18 at 2.52.26 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Tempat bersantai di kolam renang (foto : Katerina)
WhatsApp Image 2019 10 18 at 2.52.27 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Tempat gym di Apartemen Skandinavia (foto : Katerina)

Untuk yang ingin menjaga kesehatan tubuh, terletak berseberangan dengan Fika Corner, Wellness Center merupakan area untuk memenuhi kebutuhan para penghuni Skandinavia untuk hidup sehat. Dengan berbagai alat olahraga standar internasional dan tak lupa sentuhan design interior ala Skandinavia.

Screen Shot 2019 10 20 at 16.41.04 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Genius Home

WhatsApp Image 2019 10 18 at 4.24.59 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Apartemen Skandinavia tidak hanya sekedar Smart Home, melainkan memiliki Genius Home yang merupakan aplikasi yang lebih pintar dari Smart Home. Umumnya ketika penghuni pulang ke apartemen dan sudah lelah, mereka akan repot untuk mengurus segala keperluan. Maka dengan secara digital, penghuni bisa mengendalikan perangkat elektronik di rumah, seperti: e-billing, e-concierge, e-engineering, e-shopping, dan e-tenant relation. Fitur ini bisa diakses melalui audio video panel di dinding unit dan aplikasi smartphone sekaligus cukup dengan 1 sentuhan jari.

Amenities

Bayangkan dalam satu kawasan kita bisa dengan mudah menjangkau, semuanya one stop living. Tidak perlu keluar jauh dari apartemen, mulai dari membeli keperluan sehari-hari bisa di minimarket, memotong rambut bisa dilakukan di barbershop atau laundry baju jika tidak sempat mencuci sendiri. Kita juga tidak perlu takut surat atau paket yang diantar ke hunian kita tidak sampai karena ada layanan concierge dan mailbox. Soal keamanan, jangan ragu karena semua aktivitas terpantau oleh kamera CCTV dan petugas selama 24 jam penuh serta mengakses lobby, lift, maupun unit harus menggunakan access card.

Konsep apartemen Skandinavia ini membuat kita tidak perlu repot karena semua ada di dalam area. Semua kenyamanan ini pastinya akan membuat penghuni merasakan lagom feels jadi lebih praktis.

Screen Shot 2019 10 20 at 16.51.30 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Screen Shot 2019 10 20 at 16.42.17 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Lokasi dekat stasiun

Kemudahan hidup juga semakin ditekankan dengan letaknya yang bersebelahan dengan TangCity Mall yang merupakan pusat entertainment dan lifestyle Kota Tangerang dan Business Park yang lengkap dengan lebih dari 30 bank nasional, semakin memastikan kemudahan dari segi business dan daily comfort.

Surroundings

WhatsApp Image 2019 10 18 at 4.25.01 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Bukan hanya kelengkapan fasilitas dan kenyamanan namun pengembang dari Apartemen Skandinavia ini juga layak untuk berinvestasi karena dikelilingi mulai dari :

  • Taman & Area Terbuka Hijau

Taman Potret, Taman Cikokol Tangerang, Taman Bambu, Taman Kunci (Kupu-Kupu dan Kelinci), Taman Gajah Tunggal, Taman Kampung Bekelir, Skate Park

  • Rumah Sakit

RS Mayapada, RS Awal Bros, RS Usada Insani, RS Hermina, RS Siloam

  • Universitas

Universitas Pelita Harapan, Universitas Binus Alam Sutera, Universitas Multimedia Nusantara, Universitas Gunadarma Kelapa Dua

  • Golf & Country Club

ModernLand Golf Tangerang

  • Pusat Perbelanjaan

Mall Bale Kota, Metropolis Townsquare

  • Hotel

Hotel berstandar internasional bintang 4 yang dioperasikan oleh Accor Group, bersebelahan dengan apartemen dengan tingkat occupancy rata-rata 95% per hari.

Unit Kamar

Berbagai macam fasilitas dan kelengkapan yang dihadirkan untuk kebutuhan kita sebagai penghuni Apartemen Skandinavia. Bayangkan tinggal di tempat yang menyediakan ruang untuk bekerja, beristirahat, bermain dan menelepon ke rumah pada saat bersamaan. Apartemen Skandinavia dirancang khusus dengan memperhatikan setiap detail untuk memberikan tempat yang nyaman untuk memiliki kehidupan yang lebih baik.

Ada tiga pilihan unit yang mana dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita. Unit-unit yang ada di Apartemen Skandinavia ini sudah siap huni lengkap dengan perabotan di dalamnya.

2 Bedrooms Junior

Kamar unit Junior ini punya konsep sederhana dan minimalis dengan 1 kamar yang cocok untuk keluarga baru atau tinggal sendiri. Tipe 2 bedrooms suite junior cocok bagi mereka yang jarang kedatangan tamu atau membutuhkan jumlah tempat tidur lebih banyak. Kamar tidur utama berada pada bagian paling dalam unit. Ada pula kasur yang bisa menjadi kursi tamu apabila mereka datang mendadak. Semua interior design kamar dikerjakan oleh tenaga ahli dibidangnya, projek mereka seperti Artotel Haniman Ubud, Mr. Fox, Beer Hall dan banyak lagi.

Screen Shot 2019 10 20 at 18.04.45 768x505 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Screen Shot 2019 10 20 at 16.52.43 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

WhatsApp Image 2019 10 18 at 2.52.23 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Interior dapur bergaya Skandinavia (foto : Katerina)

2 Bedrooms Corner

Untuk kita yang adalah orang tua baru memiliki anak, tentunya membutuhkan ruang untuk si kecil. Jenis kamar corner ini memang minimalis mengikuti interior desain Swedia. Di dalam ruangan ini sudah tersedia lengkap semua perabotan huni.

Screen Shot 2019 10 20 at 18.04.55 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Screen Shot 2019 10 20 at 16.52.24 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

WhatsApp Image 2019 10 18 at 2.52.18 PM - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara
Tampilan kamar anak (foto : Katerina)

3 Bedrooms Corner

Jika kita tinggal dengan keluarga yang lumayan banyak, tentunya adanya ruangan kamar lebih membuat jadi lebih hangat dan dekat. Unit 3 bedrooms corner ini memiliki tiga kamar yang terdiri dari satu kamar utama lengkap dengan kamar mandi di dalam. Konsep dari kamar ini memiliki ruang tamu yang sekaligus dekat dengan dapur sehingga membuat kita bisa langsung bersantai di ruang tamu.

Screen Shot 2019 10 20 at 18.05.03 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa UtaraScreen Shot 2019 10 20 at 16.52.03 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Dikelilingi oleh banyak fasilitas untuk membuat kualitas hidup lebih baik. Saya membayangkan memiliki salah satu unit di Apartemen Skandinavia ini. Bersantailah di tepi kolam renang tanpa batas, lari pagi, atau aktivitas outdoor di tempat gym. Serta tidak perlu khawatir masih dapat terhubung dengan koneksi internet baik di luar atau dalam ruangan.

Tidak hanya tempat tinggal yang nyaman namun kita juga mendapatkan interior gaya Skandinavia yang menarik. Bersetting teknologi tinggi disediakan di seluruh unit pastinya akan memastikan keamanan dan kenyamanan kita sebagai penghuni.

Cocok Untuk Investasi

Properti menjadi salah satu aspek investasi yang juga menarik untuk diinvestasikan beberapa tahun kemudian. Hal ini karena setiap hari selalu ada kelahiran dan kita pastinya membutuhkan tempat tinggal yang nyaman. Dan bagi orang yang mengutamakan kenyamanan tentu saja berani untuk membayar harga.

Apartemen Skandinavia saat ini dijual mulai dari Rp850 juta untuk pembayaran tunai satu kali, Rp975 juta untuk angsuran bertahap kepada pengembang maksimal tiga puluh kali, dan Rp1,3 milyar untuk angsuran bertahap kepada pengembang maksimal enam puluh kali atau pengajuan kredit perbankan. 

Screen Shot 2019 10 20 at 17.04.52 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa UtaraScreen Shot 2019 10 20 at 17.05.00 - Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Melihat apa yang ditawarkan oleh Apartemen Skandinavia ini, tentunya menarik juga sebagai peluang investasi properti. Mengingat saat ini trend orang berlibur lebih senang menghabiskan waktu untuk staycation di dalam hotel. Namun, bukan hanya hotel saja melainkan apartemen menjadi cara orang untuk menikmati hidup lebih enak. Saya sendiri sudah beberapa kali staycation di apartemen rasa hotel. Lengkap dengan fasilitas yang didapatkan.

Punya salah satu unit di Apartemen Skandinavia juga bisa disewakan untuk orang lain. Apalagi saat ini ada banyak cara untuk mempromosikan apartemen kita lewat aplikasi. Kalau dihitung total biaya sewa dalam kurun waktu kurang dari 8 tahun bisa balik modal. Menarik ya.

Penutup

Menurut saya, Apartemen Skandinavia ini bukan hanya nama saja melainkan memiliki unsur lagom dengan desain minimalis. Less is more. Keunggulan lain yang bisa didapat tentu saja hunian one stop living dengan lokasi yang strategis. Poin ini menjadi paling dicari oleh banyak orang ketika melihat suatu hunian. Apartemen ini berada di Jalan protokol Tangerang, yaitu jalan Jenderal Sudirman yang merupakan salah satu jalan penting di Tangerang. Hanya 20 menit ke Bandara Soekarno Hatta. Dengan fasilitas yang sudah lengkap seperti swimming pool, guest room, fitness center dan terletak persis di sebelah Tangcity Mall, tentunya pilihan menarik sebagai tempat tinggal ataupun investasi properti.

Selamat menjalani hidup penuh bahagia menyeluruh, seperti Lagom, tidak lebih dan tidak kurang. Gunakan furnitur yang dibutuhkan, aplikasi warna yang ringan, terapkan tektur dan pola pada desain hunian. Kita sendirilah yang membuat keseimbangan agar terwujud sempurna. Make your dreams come true.

Alamat :

Skandinavia Apartments
Jl. Jend. Sudirman No.1, Babakan, Kota Tangerang, Banten 15118 Indonesia
www.skandinavia.co.id

instagram : @skandinaviaapartment

facebook : @skandinaviaapt

Advertisements
BACA JUGA :  Blogging Competition : Smartphone Idaman Kamu Seperti Apa?
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

2 thoughts on “Apartemen Skandinavia : Inspirasi Kehidupan Eropa Utara

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.