BerandaBlogrollGepeng, Anjal, Pengamen

Gepeng, Anjal, Pengamen

Author

Date

Category

Kayaknya hampir di setiap persimpangan lampu merah pasti ada yang namanya Gepeng alias Gelandangan Pengemis, Anjal (Anak Jalanan) sama Pengamen. Yang ngeselin tuh kalo misalnya mereka gak dikasih duit, mereka bisa nekad… nempel-nempel terus di bodi mobil, ketok-ketok terus, ngeliatin isi dalem mobil, dll yang buat kesel sendiri.

Kemarin, pas mo ngajar, aku liat dari dalem kalo ada satu anjal kira-kira umurnya 5 tahun. Dia berlari sama temennya satu lagi, dan yang buat orang kesel ngeliatnya, dia dengan cuek aja nyebrang! Padahal ada mobil yang mau lewat, otomatis karena gak mo nyari masalah akhirnya si mobil neh ngerem, dan si anak tetep cuek nyebrang sambil lari-lari sama temennya.

Oke… trus kalo pengamen, duh ngeselin banget juga. Waktu tuh aku lagi di angkot, tiba-tiba aku dikagetin sama suara pengamen, suara aja udah jelek… jadi suka-suka aku dong mo ngasih duit ato gak… betul kan? gara-gara gak kukasih duit ke dia, eh.. ngata-ngatain orang… huh… ngeselin banget tuh pengamen. Gak sopan!!

Inilah bedanya negara neh ama negara luar. Ambil contoh di Hongkong, para gepeng, anjal disitu bener-bener makmur! Bayangin aja ya… mereka setiap bulan dapet subsidi dari pemerintah sono sekitar 10 juta rupiah (kalo dikurs-in ke rupiah). Bayangin per bulan! Dan mereka setiap pagi selalu nyempetin diri buat yang namanya TEA TIME! Bayangkan?? Sementara, gepeng disini??

Aku jadi inget, ama gepeng yang tinggal deket rumah kakekku. Pagi sekitar jam setengah delapan udah keluar dari rumahnya menuju jembatan penyebrangan. Baju yang dia pake pun udah kumel, ada yang koyak, pake peci, matanya kayak orang abis ditonjok, bawa tikar. Duh.. ngeliat aja udah jauh-jauh deh… dan selesai nongkrong di jembatan, sorenya dia baru balik. Gak tau deh udah dapet berapa duit. Trus, ada lage gepeng yang usianya udah lansia, aku sering liat kalo dia pergi ke tempat mangkalnya naek becak dan pulangnya naek oplet. Dan kayaknya gepeng neh udah jadi semacem profesi! Betul bukan?

Oke, balik lagi ke topik, kalo gepeng disini sama sekali gak bisa ngerasain kesejahteraan kayak gepeng-gepeng di Hongkong atau Amrik. Jadi, emang bener kata pepatah… kalo udah ditakdirin tuh udah gak bisa berkutik lagi. Sekali gepeng tetap gepeng, dan mereka jadi gitu karena gak ada usaha buat maju, nyari kerjaan. Padahal masih muda tapi hanya mengandalkan belas kasihan dari orang lain. Sungguh sangat kasihan.

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Artikulli paraprakIndonesia in a … City
Artikulli tjetërBosan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru