Belajar Kehidupan dari Sperma Juara!


spermSpermatozoid atau sel sperma atau spermatozoa (berasal dari bahasa Yunani kuno: σπέρμα yang berarti benih, dan ζῷον yang berarti makhluk hidup) adalah sel dari sistem reproduksi laki-laki. Sel sperma akan membuahi ovum untuk membentuk zigot. Zigot adalah sebuah sel dengan kromosom lengkap yang akan berkembang menjadi embrio.

Sel sperma manusia adalah sel sistem reproduksi utama dari laki-laki. Sel sperma memiliki jenis kelamin laki-laki atau perempuan. Sel sperma manusia terdiri atas kepala yang berukuran 5 µm x 3 µm dan ekor sepanjang 50 µm. (wikipedia)

Menurut Dr David Shin, Kepala Center for Sexual Health & Fertility dari Hackensack University Medical Center, Amerika, ada 13 fakta tentang sperma, yaitu :

1. Sperma diproduksi di testi dan butuh 10 minggu untuk matang.

2. Sperma matang bisa menunggu hingga 2 minggu di “ruang tunggu” yang disebut epididimis sebelum mereka memulai debutnya. Epididimis adalah saluran melingkar yang terdapat di bagian paling atas dan belakang testis. Fungsinya menyalurkan sperma.

3. Sperma hanya berkontribusi 5 persen pada total volume cairan mani. Sisanya terdiri dari cairan yang menyediakan nutrisi dan medium perlindungan sperma agar ia bisa melakukan perjalanan ke saluran reproduksi perempuan.

4. Pria sehat menghasilkan 70-150 juta sperma setiap hari.

5. Sperma bisa hidup sampai 5 hari di dalam rahim. Hal ini menjelaskan mengapa seseorang bisa hamil beberapa hari setelah terjadinya ovulasi (dilepaskannya sel telur).

6. Sperma Y, yang akan menghasilkan bayi laki-laki, berenang lebih cepat dibanding sperma X, yang akan menghasilkan bayi perempuan. Kromosom Y lebih kecil dan memiliki materi genetik lebih sedikit dibanding kromosom X.

7. Sperma manusia berukuran sekitar 55 mikron. Sebagai perbandingan, kira-kira ukuran rambut manusia adalah 100 mikron.

8. Sperma berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “benih”.

9. Sperma hanya bisa berenang maju, tidak bisa mundur.

10. Sperma yang normal memiliki kepala, sedikit bagian tengah, dan ekor. Sperma yang tidak normal bisa memiliki dua kepala atau dua ekor.

11. Di Amerika Serikat, pria di New York memiliki jumlah sperma 50 persen lebih banyak dibanding pria di Los Angeles.

12. Berlama-lama di sauna atau berendam air panas bisa mengurangi jumlah sperma.

13. Pelumas, losion, dan air ludah bisa menyebabkan gerakan sperma berkurang.

 

* * *

Sehabis membaca artikel tentang sperma, saya mendapat ide yang menyegarkan dipagi hari ini sambil menyeruput kopi di sebelah kiri saya.

Sperma sering dilihat orang sebagai sesuatu yang menjijikkan, amis, dan geli. Itu kalau kita lihat bentuknya langsung. Gimana saya tahu? Ya survey dong..

So, samalah kayak kita hidup saat ini. Gak jauh berbeda sama pandangan orang tentang diri kita. Tentang kegagalan yang kita alami. Tentang kekecewaan, tentang usaha kita belum kelihatan hasil. Respon pertama kali yang dirasakan adalah luka yang teramat sakit.

Saya bisa bilang begitu ya karena saya juga pernah ngalaminya juga.

Manusiawi dong…

Tapi karena itulah saya bisa belajar untuk be tough. Dari sperma kita sama-sama belajar dari kata-kata yang saya hitamkan.

Kita lahir berasal dari campuran sperma. Dan prosesnya itu cukup panjang. Bayangkan sebuah sperma butuh waktu 10 minggu untuk matang. Kemudian butuh 2 minggu untuk menunggu di saluran epididimis. Setelah menunggu cukup lama, masih harus spekulasi sebanyak 5% untuk cari siapakah si Sperma Juara yang nantinya akan berhasil membuahi.

Lewat tahap menunggu, eh disuruh menunggu lagi selama 5 hari di dalam rahim. Bukankah menunggu itu hal yang paling membosankan, katanya.

Dari sperma-lah akan membentuk jenis kelamin kita, laki-laki atau perempuan.

Lihatlah! bertapa kerasnya perjuangan sperma untuk menghasilkan Sperma Juara. Harus ada perlombaan, harus ada kegagalan, harus ada penantian, dan terakhir harus ada keikhlasan.

Kenapa keikhlasan? Bersyukurlah saat Sperma Juara itu lahir secara normal, punya kaki tangan yang lengkap, kepala yang baik, tidak ada cacat fisik. Namun, gimana jadinya kalau Sperma Juara itu lahir secara tidak normal?

Sewaktu menulis ini, saya juga sambil menonton siaran televisi tentang Daus Mini, komedian umur 20an yang tubuhnya hanya berat 15 kilo dan tinggi badan 102 cm. Saya yakin dia punya pergumulan tentang keadaan fisiknya, namun kita hanya tidak tahu spesifiknya bagaimana.

Bersyukurlah, kawan!

Bersyukurlah, kawan!

Dalam situasi apapun, bersyukurlah.

Saat kita gagal dalam kehidupan, saat kita dipandang sebagai debu di mata orang, dan tidak bernilai. Namun, TUHAN menaruh kita di tempat yang sekarang, bukan karena kebetulan. Pikirlah bahwa if you think you’re small, useless and you’re depressive. Always think : you once were the fastest and most succeful sperm in your group!

Kita lah si Sperma Juara tersebut!

Kita lah yang terlebih dahulu mengalahkan 70 – 150 juta “orang” setiap harinya.

Tahukah Anda?

Saat pria mengeluarkan 100 juta sperma per milimeter cairan maninya, anjing dan tikus justru memproduksi sebanyak 1 miliar sperma. Sepertinya, kaum pria harus mengeluarkan sebanyak 0,5 kg air mani untuk mendapatkan sperma yang dimiliki anjing dan tikus!

Ayo kawan! Kita sama-sama bangkit lagi dan berjuang lagi! Karena kita lebih dari pemenang!

6 pemikiran pada “Belajar Kehidupan dari Sperma Juara!

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s