BerandaTravelingInternationalKorea Trip : Seoul – Jeju (East Area)

Korea Trip : Seoul – Jeju (East Area)

Author

Date

Category

Hari Kesembilan : Welcome to Jeju-do

Hari ini kami bertolak terbang ke Jeju menggunakan pesawat Air Busan. Jeju adalah pulau kecil yang masih berada di kawasan Korea Selatan. Daya pikat pulau Jeju terkenal karena pemandangan alam yang masih bersih dan beberapa lokasi syuting drama Korea. Penerbangan ke Jeju bisa menggunakan penerbangan domestik dari Air Busan, Jeju Air, Asiana Airlines atau Korean Air. Untuk tarif harga kalau terbang dari Seoul ke Jeju harga tiket paling murah KRW 60.000 – KRW 85.000. Tiket pesawat bisa dibeli via online jauh sebelum hari keberangkatan.

Penerbangan melalui bandara Gimhae (bandara domestik Seoul) bukan bandara Incheon yang khusus penerbangan internasional. Waktu penerbangan 1 jam dan setiap pembelian tiket Air Busan sudah mendapat fasilitas bagasi 15 kg.

Sampai di Jeju sekitar pukul 8.30 pagi, kami segera mengambil taksi menuju Sum Guesthouse. Tips ambil taksi yang kecil saja karena tarifnya lebih murah KRW 2800 daripada taksi jumbo KRW 3800.

Sum Guesthouse

Lokasi hostel ini dekat dari airport. Sudah lengkap dengan fasilitas wifi 4G, sarapan pagi, kamar mandi ada shower air panas, dan heater. Memiliki jaringan yang luas ada di Seoul dan Busan. Begitu sampai di hostel kami segera meletakkan barang dan bertemu sama pengurus hostel yang sudah menyiapkan mobil van jumbo selama 2 hari kami berkeliling di Jeju. Harga hostel permalam KRW 20.000/orang sedangkan harga sewa mobil dihitung perorang yaitu KRW 18.000/hari.

Saya beri gambaran kota Jeju, bangunan tinggi masih jarang dilihat  seperti di Seoul. Transportasi yang ada hanya bus dan taksi, selain itu sewa mobil. Sepanjang jalan di Jeju kamu hanya melihat jalanan seperti lintas kota, hutan dan hutan. Jadi tergantung kamu mau berapa malam di Jeju. Idealnya 2 malam di Jeju untuk mengunjungi objek wisata yang berada di wilayah barat dan timur.

Dragon Head Rock (Yongduam Rock)

Objek pertama kali di Jeju adalah mengunjungi batu karang yang berbentuk kepala naga. Dragon Head Rock atau nama lainnya Yongduam konon terbentuk dari hembusan udara yang kencang dan terpaan ombak beratus tahun. Akibatnya membentuk karang seperti kepala naga. Dari tempat sini kita bisa menikmati suasana laut di Jeju sambil berfoto. Selain itu, kita juga bisa melihat wanita penyelam yang bekerja menyelam mengambil kerang atau teripang kemudian dijual untuk langsung disantap.

Di dekat daerah sini juga ada berjualan souvenir khas Jeju seperti gantungan kunci dan coklat rasa Jeruk. Sepanjang jalan di Jeju kamu bisa melihat banyak pohon jeruk yang sedang berbuah, rasanya kepengen dipetik saja.

Hado Beach

Saat kami mau mengunjungi objek wisata selanjutnya, ternyata kami melewati pantai yang warnanya sangat indah. Biru terbentang luas dengan air yang jernih. Saya coba lihat peta, ternyata pantai itu bernama Hado Beach.

Manjanggul Cave

Sekitar 30 menit dari tempat pertama, kami segera pergi ke tempat selanjutnya. Manjanggul Cave merupakan goa yang terbentuk alami sehingga di dalamnya kita perlu berjalan sekitar 1000m untuk masuk dan kembali lagi dari titik akhir ke depan 1000m kembali.

Selama berjalan di dalam goa, suhu di dalam terasa dingin sekitar 11 drajad jadi sangat disarankan kalian pakai baju hangat dan bertopi. Kadang saat kita jalan tetesan air dari atas langit-langit akan mengenai kita. Bila perlu bawa senter karena di dalam goa memang minim cahaya.

Seongsan Ichulbong Sunrise Peak

Pulau Jeju dengan segala keunikan, pemandangan alam yang menyegarkan masih menawarkan tempat wisata yang wajib dikunjungi, salah satunya adalah Seongsan Ichulbong. Berpergian ke Korea harus siap untuk berjalan kaki yang jauh tapi rasa letih itu akan terbayar begitu melihat pemandangan yang bagus.

Terdapat sebuah bukit yang mana ada hamparan rumput hijau. Kalau kaki kamu masih kuat, bisa naik ke puncak untuk melihat kota Jeju dari barat ke timur. Selain itu juga bisa melihat pemandangan laut yang menjadi tempat wisata untuk bermain speed-boat. Konon tempat ini adalah tempat yang pas untuk melihat matahari terbit dan terbenam karena posisinya persis jatuh di bukit.

Seopjikoji

Kalau kalian tahu drama setting berjudul “All In” nah inilah lokasi syuting drama Korea tersebut. Sebenarnya nama tempat ini adalah Seopji sedangkan koji itu adalah dialek yang berarti lahan hijau. Sesuai dengan namanya, memang tempat ini seperti lahan hijau yang banyak ditumbuhi dengan tanaman yang menyegarkan mata. Udara Jeju yang hangat tidak sedingin di Seoul menambah kesenangan di sore itu.

Jeju Folk Village Museum

Penasaran dengan kehidupan Korea jaman dulu yang dituangkan lewat film Jewel in Palace, kita bisa melihat di Jeju Folk Village. Namun sayangnya hari sudah gelap dan loket tiket sudah tutup, kami hanya bisa berfoto di luar.

Misterious Road

Setiap ke Jeju, jalanan yang diberi nama Misterious Road ini wajib untuk didatangi. Fenomena alam yang ada di jalan ini membuat orang ingin membuktikan sendiri kenapa mobil yang dalam kondisi mesin mati bisa berjalan lurus sendiri. Benda lain seperti botol bisa bergerak ke depan atau kalau kamu berjalan mundur maka kaki terasa berjalan lebih cepat seperti ada yang menarik. Semua itu sudah saya rasakan dan sampai sekarang masih tanda tanya.

Berhubung hari sudah malam sekitar pukul 7 malam, maka kami putuskan untuk pulang ke hostel dan melanjutkan kembali petualangan besok hari.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

52 KOMENTAR

  1. k, waktu rent car di sumguesthouse 18000 won / hari. apakah pake tour guide gk? ato jalan sendiri tanpa guide? trs sewa mobil apa mesti isi bensin sendiri lg? makasih. dibls ya. sebab lg mencari penerbangan ke jeju> oiya bagus dr seoul ato busan ya?

  2. Hongdaegueathouse.com itu buat di seoul kan ko. Nah aku minta tlg situs nya Sum Guesthouse donk mau reservasi mobil di jeju soal nya. Makasih ko..

  3. hi there 🙂 pas bgt baca artikelnya . Kebetulan saya dan teman mau ke Jeju , dan menginap di SUM . Pengen muter2 jeju , pesen taksi nya pas datang atau bisa jauh2 hari ?

  4. Gan, beli tiket ke Jeju nya pas masih di Indo apa pas udah sampe Seoul? saya mau pesen tiket Jeju Air ga bisa, musti minta no. tlp Korea. Mau info nya dong.. gimana cara mesen tiket nya & cari tiket murahnya.

  5. aku rencana mau ke jeju jg untuk taun depan.. cuma kan belum pernah ke sana, itu untuk sewa mobilnya sekalian sama tour guidenya ga ya? susah jg kalo ga ada tour guidenya..

  6. halo, saya ada rencana untuk ke jeju mei 2015 sendirian. Untuk sewa mobil 18000 won = 200rb rupiah per org? Apa sy bs sewa mobil dengan harga segitu utk sendirian? Karena dr beberapa blog yg saya baca, sewa mobil rata2 1,2 jt rupiah. Terima kasih

    • Bantu jawab…
      Maret kemarin saya baru dari jeju
      Untuk taxi 1-4 orang=180rb won

      Bisa naik bus tapi dari satu lokasi wisata ke lokasi yg lain jauh. Dan bisnya g sampe malem.
      1 hari mungkin cuma bisa dua atau tiga lokasi wisata

      Sekitar info kalo belum beli tiket ke Jeju via online.. GA USA PANIK (dulu saya panik banget soalnya ?)
      Bisa beli di gimpo airport, naik Jinair…
      Gimpo-jeju = 31100 won
      Jeju – gimpo = 21200 won)

  7. Nice artikel buat Jeju trip nya, udah pernah ke Korea Selatan tapi belum kesampaian ke Jeju nya karena faktor waktu dan tiket 🙁

    Btw kalau di lihat dari foto nya pemandangan nya kurang lebih kaya di Busan ya, CMIIW

  8. Mr huang, jika ingin berkeliling di jeju moda transportasinya hanya menyewa mobil? Tdk ada kah bus umum? Pemesanan tiket pesawat ke jeju dr gimpo scr on line di web ap ya? Untuk hostel nya, sum guest house apkh ada almt web nya? Shg bisa pesan on line jg. Untuk menuju ke mt sorak dr seoul, transportasi ap? Jg rute nya. Kmd dr mt sorak menuju nami island rute nya bgm, jg transportasinya menggunakan ap? Maaf jk sy byk bertanya, krn sy berencana ke korea n jeju tanpa tur. Tq.

    • Halo Ismi,

      1. Transport di Jeju disarankan sewa mobil karena bus sangat jarang. Kota JEJU seperti kampung.

      2. Pesan tiket Jeju lewat Busan Air, jeju Air, korean air.

      3. Sum guest house bisa lewat agoda atau langsung dari webnya sum. Coba googling.

      4. Ke mt soerak dari seoul pakai bus dari bus stasion.

  9. Halo Huang,
    Saya berencana ke Jeju tahun depan 1 grup ada 4 dewasa dan 1 anak.
    Kalo mau sewa mobil keliling Jeju apakah harga 18000 won/org itu sudah termasuk sopir dan BBMnya?
    Makasih.

  10. Beli tiketnya lewat web mna ya? Boleh bagi link? Alamat hostelnya juga. Juli ini saya ke Korea 3minggu dan berencana minggu ke dua ingin wisata ke jeju island. Lokasi teddy bear mesuem yg ingin saya kunjungi, mohon informasinya. Terimakasih

      • aku rencana maw ke korea bulan april thn depan,, tiket buat kesana sih udah beli..
        tinggal beli tiket yang buat ke jeju yg msh bingung..
        ms kemaren beli nya gimana ya klo boleh tau…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru