BerandaIdea7 Hal Menarik Kota Jakarta

7 Hal Menarik Kota Jakarta

Author

Date

Category

Jakarta, kota yang diimpikan oleh banyak orang untuk tinggal dan mewujudkan mimpi berharap sukses dari tanah rantauan. Tapi juga kota yang diumpat karena padat dan individual sosialnya.

Saya cuma sehari berkunjung ke Jakarta oleh karena ada urusan dinas. Tapi ada 7 hal menarik yang saya temui sebagai pejalan kaki di Jakarta.
Walaupun pejalan kaki, tentunya pengen ada rasa nyaman dan aman. Tidak perlu dikaitkan sama kota metropolitan, Jakarta juga punya cerita menarik kok.

1. Atap Jembatan Busway

image

Berapa puluh milyar dalam satu proyek yang bisa diambil untung? Belum lain pungli yang ada di dalamnya untuk membangun satu akses publik?

Kondisi atap jembatan yang bolong besar ini tampaknya orang masih santai untuk dilewati. Bahkan penjual lapak bilang masih aman untuk dilewati karena belum ada korban. Menarik! Beberapa kota lain mungkin juga sama fasilitas publik dibangun tapi terkendala SDM untuk merawat serta masyarakat dengan penuh kesadaran untuk partisipasi.

2. Penjual Kaki Lima

image

Ada istilah tidak perlu lihat lahan kosong, pokoknya saat itu juga sudah ditancap tiang hak milik. Sering kali jembatan busway digunakan untuk berjualan barang-barang kebutuhan ringan. Barangkali ada pejalan kaki bisa window shopping.

Kadang jembatan bukan hanya digunakan sama penjual lapak kaki lima, tapi akses untuk orang kebutuhan khusus digunakan untuk lajur motor dan motor tinggal menyebrang lewat jembatan. Menarik!

3. Waspada Copet di Busway

image

Antri busway yang lama saja sudah bikin kaki pegal dan badan keringat. Apalagi kita antri dengan jumlahnya ada lebih dari 100 orang kalau misal sepert di Halte Harmoni. Berdesak-desakan yang mana tips paling aman meletakkan backpacker di depan badan atau tas ditutup sama rain coat. Untuk dompet bisa dimasukkan ke dalam tas.

Sering kali juga dalam berdesak di antrian busway, gender tidak perlu dilihat karena lamanya waktu datang busway yang bisa diakibatkan macet atau jumlah armada sedikit. Aksi pelecehan seksual pun juga mendapat persentase.

Sehingga wajar kalau mau buat janji sama orang di Jakarta harus lebih cepat 1 atau 2 jam sebelumnya dan parfum selalu ada di dalam tas.

4. Masker

image

Masuk dalam daftar 10 kota termacet versi berita luar negeri, Jakarta juga bisa dikatakan kota dengan polusi terbesar. Maka masker menjadi perlengkapan wajib ada.

5. Trotoar Berbagi

image

Indahnya juga dirasakan di trotoar saat para pengguna motor ingin memotong jalan menghindari macet. Sering mereka mengambil lahan pejalan kaki untuk menghemat waktu tanpa pikir ah udahlah.

6. STARLING

image

Starlink atau Starbuck Keliling ini sering kita temui di sepanjang jalan trotoar pejalan kaki. Biasanya mereka berjualan pakai sepeda atau motor yang diikutkan sama jualan mereka.

Menariknya, minuman yamg mereka jual banyak macam. Mulai dari kopi, teh atau minuman dingin yang seger.

Bayangkan aja padatnya trotoar jalan kaki sudah ada starling lalu dibagi lagi sama pengguna motor.

7. Padat Merayap Perlahan-Lahan

image

Terima saja kondisi jalanan yang tidak bertambah lebar tapi padat sama mobil, motor, kopaja, busway, dan bajai. Setiap tanya teman, jauh gak? Dijawab sebenarnya nggak cuma 3 atau 4 kilometer aja tapi muaaaceeetttnyaaaa….

Nah, itulah 7 hal menarik yang saya temui selama di Jakarta 1 hari dan langsung pulang. Ada yang menambahkan?

Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

16 KOMENTAR

  1. […] Prasasti adalah sebuah museum cagar budaya peninggalan masa kolonial Belanda, yang berada di Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat. Di sini […]

  2. beberapa kali ke jkt emang pernah liat sepeda kopi di dkt kantoran atau pusat perbelanjaan, aku baru tau klo sepeda kopi itu namax starling haha.. klo aku sih di jkt HP selalu jadi penolong, apalagi buat GPS klo lg macet atau cari jalan, makanya pake yg sinyalnya bagus juga biar ga lalod pas lg ditengah padat merayapnya jkt, contohnya pke xl ga pnh lalod pas lg di jkt.. hebat!

  3. Kota Jakarta menjamin banyak orang dari luar untuk mencari pekerjaan agar mendapatkan penghasilan yang terlihat wah, tetapi kondisi jakarta tidak sebaik yang dibayangkan banyak kebutuhan public umum yang harus diperbanyak ataupun diperbaiki, seperti yang sudah di share
    spt Jalanan rusak, transportasi yang harus diganti , dsb

    Sekedar share juga untuk info terupdate rumah bisa cek ke century21.co.id

  4. Apa mau dikata semuanya mengejar “uang”. Jadi apapun yang dibuat semuanya punya motif yang berbeda-beda. Dan menurut hemat saya tanpa bersuudzon semua yang di lakukan di Jakarta ndak diberikan secara tulus kepada yang membutuhkan, Salam Macet dari Jakarta 🙂

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru