Hal Yang Perlu Dihindari Saat Naik Pesawat


Sering saya mengamati orang-orang ketika berada di bandara terlihat grasak-grusuk tidak jelas seperti hanya mereka seorang yang akan ketinggalan pesawat. Mulai dari persiapan awal di pintu kedatangan hingga menunggu boarding di dalam ruang tunggu.

Namun, bukan berarti saya tidak pernah ketinggalan pesawat. Saya juga pernah sampai last minute call yang mana pesawat masih mau menunggu kedatangan saya hingga seluruh penumpang pun melihat saya dengan tatapan sinis seolah ingin berkata, “Ooo ini toh orangnya.” Masa bodoh sih dengan pendapat orang, hanya saja yang saya pikirkan adalah capek dan nafas hampir putus ketika harus berlari kencang mulai dari luar hingga pesawat.

tips naik pesawat

Coba bayangin saja kalau terlambat di Gate Terminal Bandara Soetta yang panjang itu hahaha… Saya sudah pernah, bahkan pernah juga pengalaman lari kencang dari Gate G ke H di KLIA waktu mau ke Kerala karena minim informasi.

Nah, melihat seperti itu saya belajar untuk lebih persiapkan diri agar setidaknya tidak bikin repot diri sendiri.

1. Masukkan Semua Barang Dalam Tas Saat Body Checking

tips naik pesawat

Persiapkan barang sebelum body checking

Biasanya akan ada 2 kali pemeriksaan body checking di bandara. Pertama, untuk scanning awal di pintu kedatangan. Kedua, saat akan masuk ke dalam ruang tunggu. Secara keamanan seharusnya bisa lebih ketat untuk menghindari dari hal-hal yang tidak kita kehendakin.

Saat akan melewati gate sensor, saya sudah persiapkan dari rumah untuk tidak menggunakan ikat pinggang, jam tangan, kunci atau benda-benda logam lain yang nanti semua harus dilepaskan dan masukkan dalam tas. Saya lebih memilih untuk membuat proses ini lebih cepat saja sebelum saya sudah di ruang tunggu.

Bayangkan kalau satu orang saja di depan gate sensor harus menunggu penumpang lain mencopot semua atribut. Butuh berapa lama waktu untuk bisa masuk? Setidaknya saya mulai dari diri sendiri dulu.

2. Keluarkan Dokumen Penting

Sekarang zamannya sudah paperless dan digital. Semua informasi mulai dari data penerbangan, tiket, passpor, dan lainnya bisa kita simpan di smartphone. Termasuk mencetak boarding pass secara mandiri tanpa bagasi.

Saya sudah menyiapkan KTP atau Passpor yang diletakkan di tempat mudah dijangkau. Hal ini kalau diminta sama petugas bandara bisa dengan cepat dicocokkan.

3. Disiplin Diri Antri

Kadang kita harus sabar dengan orang-orang yang langsung menyerobot masuk dalam antrian kita. Beberapa kali ada yang saya diamkan sebab sedang capek dan ingin mengisi energi. Tapi ada juga yang saya tegur karena kita pun punya kepentingan yang sama yaitu mengejar waktu.

4. Duduk Sesuai Nomer Kursi

Malam sebelum berangkat saya akan check in online untuk mencari tempat duduk favorit. Tempat duduk favorit saya ada di window seat. Tidak perlu dijelaskan alasannya lagi selain ingin menikmati pemandangan awan dari luar dan tidak ingin diganggu apabila ada orang yang beser ingin ke toilet.

Kenyataannya, kadang juga ada orang yang tiba-tiba sudah duduk di kursi kita. Masih bisa diterima alasan kalau dia salah melihat nomer karena tiap orang pasti pernah mengalami termasuk saya. Namun, bagaimana kalau orang tersebut sudah tahu salah malahan mengajak kita negosiasi dengan kalimat, “Sudah sama aja duduk aja di tempat saya!” what the fak…

5. Menganggu Kenyamanan Orang Lain

tips naik pesawat

Kasihan orang di belakangmu yang terhimpit. Berikan juga ruang.

Setiap kita punya keinginan yang berbeda, tapi ini di tempat umum dan kita berada dalam satu pesawat. Saya pernah duduk di samping penumpang lain yang selama penerbangan dia melepas sepatu kemudian aroma kaos kaki dia semerbak masuk ke dalam hidung. Huek.. Selama penerbangan saya harus menahan pencemaran udara sampai selesai. Plisss… Kalian jangan sampai kampungan seperti itu ya.

Kemudian, ada juga penumpang yang mendorong senderan kursi ke belakang hingga membuat ruang gerak kita jadi terbatas. Biasanya kalau sudah tidak bisa ditolerir saya akan tegur orang tersebut untuk mendorong kembali sandaran kursinya karena saya tidak nyaman.

6. Waktu Mendarat, Tertib Lah.

tips naik pesawat

Turunlah dengan tertib

Ini sudah jadi habit yang terjadi. Ketika pesawat baru saja mendarat dan pintu belum dibuka maka semua penumpang sudah berdiri dan mengeluarkan barang di kabin. Kemudian, mereka tahan berdiri lama yang sesekali tanpa disadari barang bawaan mereka kena ke muka kita.

Padahal, akhirnya semua juga akan turun dari pesawat bukan? Kenapa tidak coba lebih sabar dan antri?

6. Ucapkan Terima Kasih Sama Awak Pesawat

Tanpa kita sadari, semua kru awak pesawat sudah membantu kita agar penerbangan kita lancar sampai tujuan. Tidak ada salahnya kita mengucapkan terima kasih ke mereka saat akan berpisah. Bila perlu selfie bareng *eh

tips naik pesawat

Nyaman duduk sesuai nomer

Merubah kebiasaan itu sulit, apalagi untuk memberi tahu ke semua orang. Cukup kita lakukan untuk diri sendiri dulu agar kebaikan ini menular. Ada pepatah yang bilang jika kamu tidak bisa memberikan kebahagiaan ke orang lain, cukup kamu tidak mengganggunya.

Ditulis saat dalam perjalanan menuju Jakarta.

Iklan

13 pemikiran pada “Hal Yang Perlu Dihindari Saat Naik Pesawat

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.