BerandaBisnis Kelanjutan untuk Masa Depan Lebih Baik

Bisnis Kelanjutan untuk Masa Depan Lebih Baik

Author

Date

Category

Setiap orang memiliki peran untuk bermain dalam menciptakan realitas yang berkelanjutan.

Belakangan ini saya pun menyadari bahwa bisa saja apa yang saya konsumsi sehari-hari bisa menimbulkan efek jangka panjang. Kita semua terlibat dalam ini, konsumsi yang tidak berkelanjutan dan perubahan iklim tetap menjadi tantangan terbesar bagi umat manusia.

Praktik bisnis berkelanjutan mulai diterapkan banyak perusahaan, sebagai sebuah respon seiring dengan semakin maraknya isu-isu sosial dan lingkungan. Sejatinya, perusahaan hadir bukan mengejar keuntungan semata, namun dengan memperhatikan people (masyarakat dan karyawannya) dan planet (bumi atau lingkungan).

Sejalan dengan pendekatan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang dikenal dengan 3P (people, planet and profit) makin disadari para pelaku bisnis terutama sejak pandemi COVID-19 melanda dunia.

Perusahaan yang Menerapkan Bisnis Berkelanjutan

Jujur saya sendiri mulai meminimalisir penggunaan produk sekali pakai. Termasuk sedotan, piring, kantung plastik, dan banyak lagi.

Teori penerapan pendekatan SDGs ini bertujuan menciptakan ekonomi global yang berkelanjutan dan inklusif yang memberikan manfaat jangka panjang bagi manusia, komunitas, dan pasar.

Bisnis masa kini tidak bisa lagi sekadar bicara keuntungan, tapi bisnis dituntut untuk menggunakan kekuatannya untuk menuai kebaikan. Karena konsumen lebih memilih perusahaan yang memproduksi barang secara berkelanjutan. Bukan hanya itu, para pegawai pun semakin sadar akan organisasi tempat mereka bekerja.

Salah satu perusahaan yang menurutku sudah menerapkan bisnis berkelanjutan seperti Danone Indonesia yang sejak lama mengusung bisnis berkelanjutan melaui unit-unit bisnisnya seperti AQUA, Nutricia dan Sarihusada.

Danone Indonesia menyadari bahwa aspek ekonomi berkelanjutan, inklusi sosial, kesejahteraan dan kenyamanan karyawan, pengelolaan lingkungan, serta standar etika dan kepatuhan (compliance) perlu menjadi perhatian penting perusahaan. Perusahaan bukan sekadar membuat laporan, tapi juga berkomitmen untuk menggunakan sistem produksi yang efisien guna mencapai konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Sektor Pertanian Dalam Bisnis Berkelanjutan

Beberapa waktu lalu saya mengikuti rangkaian kegiatan Danone Engagement Day 2022 lewat fasilitas webinar dengan beberapa pembicara.

Perusahaan yang menjalankan visi One Planet One Health secara konsisten dilakukan secara terukur dan kemudian dilaporkan Danone Indonesia dalam Sustainability Report.

Visi One Planet One Health merupakan wujud keyakinan Danone Indonesia bahwa kesehatan planet dan kesehatan manusia saling berkaitan. Strategi bisnis keberlanjutan yang dijalankan oleh Danone Indonesia selalu mengacu pada Sustainable Development Goals (SDG) sehingga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah ditetapkan pemerintah

 

Ada empat inisiatif fokus yang sedang Danone Indonesia lakukan. Salah satunya dalam bidang pertanian, Danone Indonesia melaksanakan berbagai upaya perlindungan mulai dari mendorong praktik regeneratif yang melindungi atnah, meningkatkan kesejahteraan hewan, dan memberdayakan generasi baru petani.

Fakta pada dunia pertanian menurut informasi ada 30% lahan pertanian telah rusak, 80% digunakan untuk deforestasi lahan. Langkah yang dapat dilakukan mulai dari pengolahan lahan yang dilakukan seperlunya saja (seminim mungkin).

Dalam sistem pengolahan minimum, tanah yang diolah hanya pada spot-spot tertentu dimana tanaman yang akan dibudidayakan tersebut ditanam.

Olah tanah berlebih akan membunuh microorganisme,  melepas kandungan C dalam tanah, agregasi tanah lepas sehingga mudah erosi, pemadatan tanah di bawah lapisan top soil, dan semuanya memerlukan biaya besar.

Sisanya dapat menjaga sumber daya air dalam bentuk kegiatan konservasi dan perlindungan sumber air, di antaranya penanaman pohon, pembangunan sumur resapan, pembuatan rorak, biopori, water harvesting, serta pembangunan taman kehati dan program pertanian ramah lingkungan dengan target mencapai water positive impact pada 2030.

Setiap Orang Berkontribusi

 

Hal yang menarik dari gaya hidup berkelanjutan ini tentunya akan membuat kita menyadari bahwa hari esok masih ada.

Webinar #DanoneCommunityEngagementDay2022 dari Danone Indonesia ini pun membawa sebuah pesan bahwa implementasi keberlanjutan secara efektif ke dalam model dan strategi bisnis utama membutuhkan komitmen tinggi dari para pemimpin. Jika makin banyak perusahaan bertanggung jawab lalu dikombinasikan dengan inovasi dan kolaborasi, dapat membawa perubahan besar bagi pasar dan juga masyarakat luas.

Upaya yang telah dilakukan merupakan sebuah perwujudan implementasi bisnis berkelanjutan untuk terus mendukung kehidupan yang lebih baik!

Bagi kami, ini dimulai dengan beberapa perubahan besar dan bahkan kecil. Ini termasuk merancang produk yang lebih cerdas menggunakan bahan yang dapat diperbarui atau didaur ulang, menawarkan pilihan makanan yang lebih sehat dan lebih berkelanjutan, serta cara yang lebih mudah dan lebih terjangkau bagi orang-orang untuk mengurangi limbah mereka, menggunakan lebih sedikit dan lebih bersih energi dan air di rumah.

Deddy Huanghttps://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

3 KOMENTAR

  1. Di rumah pun aku selalu pake Aqua utk minum koh. Krn udh percaya lama dengan produk ini. Makin seneng dan yakin setelah baca tulisan koh Deddy gimana Danone melakukan bisnis yg sustainable terhadap lingkungan juga.

    Jadi inget pas masih kerja di bank asing, management sangat memperhatikan hal ini juga. Dimulai dari kertas, sudah sangat jrg dipakai, segalanya paperless. Bisa diakses dr internet banking nasabah, print sendiri atau cuma liat dr soft copy nya aja. Buku tabungan dr dulu juga ga ada, JD semua soft copy yg dikirim ke internet banking. Trus kalopun pakai kertas, kantor hanya beli kertas dari supplier kertas yg punya certificate khusus kalo mereka komit akan menanam pohon kembali dr apa yg diolah .

    Kualitas kertasnya bagus, tapi mahal. Kami sempet bingung ngapain beli dr supplier begitu, kan mahal. Mending kertas biasa. Tapi ternyata ya Krn ada certifikat khususnya itu, dan dari group head di Inggris, sudah memastikan kantor cabangnya di seluruh dunia patuh Ama aturan itu.

    Makanya setelah resign dr bank tsb, aku tetep setia maintain tabunganku di sana. Krn tau mereka sangat commit soal lingkungan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

As a digital creator, this blog discusses topics related to traveling, culinary, product reviews and digital marketing. The articles on this blog provide many tips and recommendations based on personal experience.

This blog also opens up opportunities for collaboration. Contact me at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru