Advertisements

Es krim Viennetta merupakan es krim legendaris di tahun 90-an. Masuk kategori starter pack anak 90-an yang masih melekat di ingatan. Untuk kalian yang lahir antara tahun 1980 – 1990, salah satunya es krim Viennetta ini.

Walls sempat mengeluarkan produk es krim orang kaya ini pada zamannya. Branding yang berkesan karena menyentuh dengan pengalaman pribadi seseorang. Bayangkan, es krim ini selalu berhasil hadir di sela-sela kartun minggu pagi. Lihat iklan es krim ini rasanya pengen menjilati layar tv. Bodo amat kalau kesetrum.

Gentayangan di otak, mau minta dibeliin sama mama itu sama saja menambah perkara cari mati. Tahu kan kalau mamak-mamak sudah bersuara tinggi gimana takutnya.

Es Krim Viennetta Walls

Bilang ke orang tua, sudah pasti mereka lebih memilih membeli sembako daripada puluhan ribu uangnya cuma sekadar jadi es krim saja. Beli es krim Walls cukup PaddlePop yang suka kasih hadiah di dalam stik atau Calippo!

Banyak kenangan di tahun 90-an, dan kurang ajar sekali hampir 20 tahun menghilang sejak es krim tersebut rilis. Tampilan es krim super mewah yang dikeluarkan Walls, ada mimpi-mimpi masa kecil generasi 80an dan 90an yang kini sudah mampu membeli Viennetta sendiri di saat dia sudah tidak lagi diproduksi.

potongan es krim viennetta - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Tekstur dan bentuk es krim ini memang mewah. Mindblowing gitu lah pokoknya.

Dulu itu es krim ini ada di kulkas orang kaya. Kalau anak orang kaya rayakan ulang tahun, orang tua mereka kasih sekotak Viennetta. Sensasi potong es krim pakai pisau kayak potong kue tart. Orangtua mereka tidak perlu memeras otak bagaimana si anak bisa mencicipi es krim mahal ini. Main ke rumah teman orang kaya itu bikin nyesek kalau lihat isi kulkas bagian atas. Setidaknya ada dua kotak es krim rasa favorit dulunya Vanila dan Brownie Tiramisu. Kalau pun dikasih icip sama teman, itupun hanya satu potong kecil.

Saya menyuap sendok demi sendok lapisan es krim yang rasa brownies sambil menghela nafas panjang, “Lihat saja kalau nanti aku sudah dewasa dan punya uang. Bakal aku beli nih es krim Viennetta!”

Setelah dewasa dan mampu beli. Ternyata es krimnya menghilang seperti ayah Khong Guan. Makin nyesek bukan?!

Mengapa Viennetta Walls Menghilang

Berdasar cerita sejarah es krim ini juga sama yang memproduksi Magnum, salah satu varian Walls yang mahal daripada Feast cuma goceng. Tahun itu Viennetta sedang naik daun, bahkan ada pula anaknya yang baru lahir dikasih nama Viennetta karena terinspirasi sama merek ini.

Sejauh pengamatan memang belum ada brand es krim yang meniru Viennetta karena memang Walls melindungi dengan hak paten. Mendapat predikat es krim orang kaya memang tidak sembarang yang ditawarkan, rasa es krim lebih creamy maka penjualan naik drastis. Namun, masuk tahun 2000, produksi es krim ini masih tetap berjalan cuma karena inflasi nilai tukar uang maka memutuskan Walls untuk menyetop produksi dan menghilang.

Rasanya itu sama kayak sudah suka, sayang dan ditinggal pergi.

Berapa Harga Es Krim Viennetta Saat ini?

o img 34918 rindu es krim mewah walls vienetta curhatan netizen ini bikin terharu twitteratbagassaadillah - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Seruan netizen di Twitter memang yahud!

Kekuatan media sosial memang mengerikan. Dan kerecehan Twitter membuat petisi online buat kembalikan Viennetta ternyata menyentuh hati petinggi Walls. Bak pucuk cinta pun dibalas, ternyata mereka mengumumkan akan mengembalikan lagi kenangan manis para penikmat Walls.

Lalu jadi kita kepikiran dong, kalau tahun 90-an harga sekotak es krim Viennetta sekitar Rp 30 ribuan, kalau tahun 2020 akan jadi berapa?

Saya pun coba cek di kalkulator inflasi dengan memasukkan harga dulu.

harga es krim viennetta sekarang - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Perkiraan harga es krim Viennetta tahun 2020

Diperkirakan jika masa puncak es krim ini sekitar tahun 1998 – 2000 dengan harga paling murah, maka untuk tahun 2020 diperkirakan harga sekotak es krim Viennetta saat ini sudah di atas Rp100 ribuan. Harga yang wajar mengingat bahan baku dan kualitas es krim orang kaya.

harga es krim viennetta dulu - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Senangnya berhasil menggenggam es krim legendaris tahun 90-an.
es krim viennetta harga - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Sebelum dipotong saya foto dulu, gaes!

Cuma, kemarin saya membeli mendapat harga es krim Viennetta sekarang hanya Rp50 ribu saja. Sekilas harga ini terlihat murah dan tidak terlalu berbeda dengan harga es krim Viennetta dulu.

Es Krim Viennetta Rasanya Bikin Penasaran

Menyantap es krim Walls itu seperti ada kastanya. Bagi kalangan memang miskin bisa menyantap es bon-bon yang isinya kacang ijo lalu diikat sama plastik. Dulu saya sempat beli satunya 300 – 500 rupiah. Lalu, saya gengsi dong lalu naik kelas sedikit buat beli Paddle Pop dan asal kalian tahu itu suka dikasih bonus stiker. Lengkap!

Nah, barulah muncul varian Feast, Conello dan Magnum. Demi apa semua es krim Walls ini menemani masa pertumbuhanku. Suek emang, tulisan ini tidak mengandung unsur endorse karena memang saya cukup terbawa emosi dengan hadirnya Viennetta kembali.

es krim viennetta kulkas - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Viennetta di antara tumpukan pempek di kulkasku! Hahaha… senangnya.

Akhirnya saya minta bantuan abang ojol buat beliin, karena masih isolasi diri #DirumahAja. Rasa haru ketika berhasil menggenggam kotak Viennetta. Hati pun mulai berkecamuk, saya masukkan dalam kulkas bagian atas supaya tetap keras dan bunyi kres ketika bersentuhan dengan pisau saat dipotong.

Satu suapan pertama, saya masih bisa menahan emosi buat meledak. Rasa vanila yang katanya creamy lalu crunchy dengan coklat beku. Perpaduan yang ringan untuk sebuah es krim legendaris. Tingkat rasa manis yang masuk dalam kategori sedang, namun bisa dihilangkan segera dengan menyeruput air putih hangat.

es krim viennetta hilang - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Enaknya dimakan sama roti tawar nih.
es krim viennetta vanila - Es Krim Viennetta Pulang Setelah Hilang 20 Tahun
Menuntaskan impian masa kecil saya, terima kasih Walls!

Ada rasa yang saya hilang dari es krim Viennetta yaitu ukuran lebih kecil dan jumlah lapisan yang sedikit. Kenikmatan yang mau tidak mau harus berkurang. Cuma, bukan itu yang membuat saya ingin mencoba es krim yang sudah hilang 20 tahun lebih. Kembalinya es krim Viennetta, melunasi mimpi masa kecil saya. Sesederhana itu saja. Namun bagi orang Palembang tentu, cuko pempek tetap nomor satu.

Ayo kalian segera cari dan kasih cicip ke anak. Kasihan nanti mereka bikin petisi pula minta yang macem-macem.

***

Baca juga :  Makan Mie Terang Bulan di China Town nya Palembang

Follow @deddyhuang for latest update.
Disclosure: This is just my personal experience. Thanks as always for your support!

Advertisements

38 comments

  1. Ampun Deed, bikin ngiler Bae..kayaknya belum Ado di sini huhu piluuu..kemewahan banget ya Vieneta itu apalagi kalau mau lebaran rame banget iklannya…

  2. Weeew…jadi lebih kecil yah. Rasa gimana? Dulu seingetku sih kalau pun beli, dirisi tipiiis pisan. Wkwk…biar irit.
    Sekarang kayaknya blm berani cicip, lagi batuk. Hehe

  3. Sbnrnya ini masalah selera sih yaa :D. Dulu, zaman kecil papa slalu nyetok es krim di kulkas untuk aku dan adek2 supaya kami ga tertarik jajan eskrim di luar. Nah pas Viennetta ini kluar, aku lgs minta papa beliin, Krn bentuknya aja udh aduhai gitu :p. Es krim Baskin Robbins aja kalah menarik. Tapi setelah dicobaaaa, jujur sih aku lgs agak kecewa Krn rasanya ga secantik bentuknya :(. Biasa aja, ga se wah yg dibayangkan waktu itu. Kalo mau dibandingin Ama hagen daz ato Baskin Robbins, masih kalah sih Viennetta ini. Sekali itu aja aku minta dibeliin, dan ga pgn lagi.

    Skr dia muncul lagi, anak2ku yg blm prnh rasain ini lgs penasaran :p. Aku ntr pasti bakal beliin walo udh tau bakal gimana reaksinya :D. Setidaknya mereka harus tau sih, biar kalo ditanya temen2nya, udh nyobain eskrim yg pernah hits πŸ˜€

  4. oalahhh jadi dari cuitan seseorang tiba-tiba diproduksi lagi, sekarang viral banget kehadiran es krim ini, sampe banyak yang nyari
    berarti kayaknya aku dulu belom pernah dibeliin atau mungkin aku yang lupa hahha, kalo diliat dari harganya, jelas uang sakuku jaman segitu nggak sampai 30ribu, jajannya masih molen dan teman temannya
    calipo masih pernah nyobain karena terjangkau

  5. Sebenernya viennetta ga hilang sampe 20 tahun kok,
    Antara tahun 2006-2008 sempet keluar lagi si viennetta,bentuknya mirip yg tahun 90an,
    Cuma yaa jaman itu medsos (ig,fb,twitter) blom serame skrg jd banyak yg ga tau,
    Jadi yaa mungkin sepi pembeli akhirnya distop lagi..

  6. Akk! Aku belum dapat inih, udah hunting sana-sini belum rezeki xD Dulu ingat pernah membeli es krim ini dan memotongnya tipis-tipis karena untuk dibagi sekeluarga besar, wkwkwk.. Ah, kenangan.. Dari sebuah makanan saja, memori kita bisa melambung jauh ke belakang, kangen rumah :’)

  7. Jadi inget sama almarhum bokap gw…dulu waktu es krim ini pertama keluar beliau minta dibeliin buat ulang tahunnya…dan Alhamdulillah gw bisa beliin buat bokap sampe beberapa kali…seandainya dulu gw ga gak beliin betapa menyesalnya gw sekarang???sekarang giliran anakΒ² gw yg harus cobain….thank u Walls…

  8. Es krim ini memang legend banget. Dulu lihat iklannya langsung ngiler tapi tak sanggup beli karena cuma sanggup beli es loli. Hehe. Alhamdulillah sekarang setelah sudah punya uang sendiri es krimnya muncul lagi semoga saya juga bisa segera menikmati.

  9. Zaman dulu sepertinya aku cuma 2 kali makan es krim ini, kalau gak salah pas makan ditraktir temen sama pas awal2 jd manten anyar. Inget banget belinya di kerfur pasar mingu hahaha.
    Sekarang mau nyari kyknya blm masuk Cilebut. Kenapa kok ya munculnya pas pandemi kek gini yaaaa T.T

  10. Woa Viennetta ada lagi ya, mas :O

    Ini es krim memang agak pricey pada masanya, jadi kalau mau minta ortu pun nggak bisa sering-sering πŸ˜€ saya pernah berpikir kalau Viennetta ini pelopornya es krim-es krim cake yang bertebaran di mana-mana sekarang :)) rasanya memang enak. Jadi ingin beli hehe semoga nanti tetap ada alias nggak ditarik lagi dari peredaran πŸ˜€

  11. Jadi penasaran juga pengen nyicipin es krim kasta kelas atas ini.

    Kemarin sempat mikir kalo es krim legend ini hadir lagi adalah April Mop, karena baca beritanya pas tanggal 1 April, ternyata beneran kembali.

  12. alamaaaak.. dulu es krim sultan.. apalah daya diriku yg waktu kecil ngga punya kulkas ini enggak pernah merasakan nikmatnya viennetta.. dulu kalau beli walls mentok2 paddle pop.. es lainnya paling es moni dan es bonbon..

    skrg belum nyampe padang pula, padahal udh penasaran bgt rasa viennetta… T_T

    -Traveler Paruh Waktu

    1. Sama Brooo…. Mentok-mentok Paddle Pop, itu pun setelah sesi merengek yang panjang. Kalau tertib, biasanya cepet dibeliin. Nakal, dapet Campina doang. πŸ˜€

  13. Alhamdulillah jaman masih kecil dulu sempet nyobain viennetta. Waktu dibeliin es krim ini sama bapak di supermarket mataku berbinar. Saat menyantap es krimnya di rumah aku amat sangat bahagia! 😍

    Kemaren aku keliling alfa & indomaret gak nemu 😭

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: