BerandaReviewEventBarapat Basamo Gule Salero, Santap Gulai Khas Sumatera

Barapat Basamo Gule Salero, Santap Gulai Khas Sumatera

Author

Date

Category

Jumat kemarin, saya dapat invitation mewakili @AdoLokak untuk hadir dalam acara #BarapatBasamo #GuleSalero dari Mie ABC.

Bertempat di Restoran Riverside yang berlatar belakang Jembatan Ampera, sore itu sudah banyak tamu undangan yang datang untuk menikmati kebersamaan santap Gulai khas Sumatera.

image

Mie ABC yang terkenal dengan Selera Pedas, kembali mengeluarkan varian baru yaitu Mie Gulai Selero rasa Gulai Ayam. Kegiatan ini juga didukung oleh berbagai pihak mulai dari pengamat budayawan lokal Palembang sampai beberapa komunitas dari Palembang.

imageMaraknya serbuan kuliner dari negara asing memberi dampak ke kuliner khas Indonesia hampir tenggelam. Salah satunya Gulai, sebagai warisan kuliner asli Indonesia. Gulai yang identik dengan masakan penuh rempah dan santan ini menjadi sajian hidangan yang bisa dinikmatin dari Sabang sampai Merauke.

Tentunya dua bahan yang menentukan cita rasa dan aroma gulai tidak boleh terkikis oleh masakan kuliner asing. Pada saat gathering #BarapatBasamo #GuleSalero kita juga ditunjukkan live demo cooking oleh Chef I Gede Surata tentang memasak Gulai Kepala Kakap dan Gulai Tempoyak yang merupakan masakan khas Palembang.

imageimageChef I Gede juga memberikan tips cara memasak gulai yang paling penting adalah menjaga sumbu api agar tidak terlalu besar atau kecil karena itu akan membuat tekstur santan menjadi pecah. Kemudian pada saat demonstrasi daging kakapnya digoreng terpisah dengan bumbu lainnya. Setelah kuah gulainya mulai mengeluarka  aroma kuat maka daging tinggal dicampur lalu dimasak kembali.

Tidak perlu menunggu waktu lama, aroma gulai yang khas dengan rempah sudah mulai tercium dan menggoda perut untuk disantap. Cara makan yang unik karena juga disajikan bersama Mie Gule Salero rasa Gulai Ayam.

Acara #BarapatBasamo #GuleSalero sebelumnya sudah dijalankan di Pulau Jawa yaitu di Cirebon, Tasikmalaya, Solo dan Jogjakarta. Pemilihan Sumatera khususnya Palembang karena ada sejarah masakan Melayu yang tersebar di berbagai daerah.

imageSore itu pengetahuan kuliner khas Palembang saya jadi bertambah. Ada beberapa jenis Gulai khas Palembang yang diperkenalkan mulai dari Gulai Kepala Kakap, Gulai Tempoyak, Gulai Umbut, dan Gulai Malbi. Selain itu juga mencicipi Gulai Paku khas Sumatera Barat, Gulai Ikan Baung khas Riau dan Gulai Taboh dari Lampung.

imageLast but not lease, kalau kamu mau cicipin mie ABC varian baru silahkan coba Mie Gule Salero rasa Gulai Ayam.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

7 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru