Ngobrol Santai Ekonomi Digital Bareng XL


Entah ada angin apa tiba-tiba Jony, salah satu teman di komunitas sosmed menghubungi saya untuk diajak ke XL Center Palembang. Tidak banyak saya tanyakan hanya dibilang ada jatah makannya. Begitu mendengar kata “makan” saya langsung beranjak ke kamar mandi dan bersiap-bersiap menuju lokasi walau tidak tahu ada hal apa saya diajak. Geblek kan :mrgreen:

Begitu sampai di XL Center Palembang, saya sudah disambut oleh yang punya rumah yaitu Mas Anom selaku Marcom-nya area Palembang. Ini kali kedua saya bertemu beliau, pertamanya waktu diajak untuk buka bareng teman XL tahun lalu. Hadir juga teman seleb blog lain seperti itikkecil dan suzannita serta wartawan. Saya? cuma pendatang baru duduk ganteng menyimak.

Acara ini dibuka oleh Mas Oloan Jimmy, selaku Corporate Communication Northern dan Central Sumatera. Lewat video conference, beliau pun dengan kocak dan candanya menyapa teman-teman di kota lain. Ada empat kota di Sumatera yang diundang di acara Reunion Plus Media Online Gathering by Video Conference, yaitu Medan, Pekanbaru, Palembang, dan Lampung. Alhasil, saya pun diperkenalkan dengan rekan-rekan penggiat sosmed serta blogger lainnya.

Lewat silaturahmi online ini, Mas Jimmy mengajak kita untuk berdiskusi mengenai ekonomi digital saat ini. Dunia digital saat ini seperti sebuah keharusan yang harus diikuti. Perkembangannya makin maju dan perlu disikapi lebih bijak. Walau dengan adanya dunia digital akhirnya berhasil mengerus beberapa sektor ekonomi seperti dibidang media cetak. Info terakhir yang saya ikuti beberapa media cetak mulai dari koran sampai majalah ada yang sudah tidak berproduksi lagi. Bahkan sekelas majalah FHM pun bulan Januari 2016 ini merupakan edisi terakhirnya di negara asalnya. Wajar, perilaku pembaca sekarang lebih menyukai digital.

Mungkin, Indonesia dalam beberapa tahun ke depan pasar digital akan menjadi santapan nikmat. Sebagai perusahaan telekomunikasi yang sudah dua dekade, XL ingin berkontribusi lewat program Persembahan Memajukan Ekonomi Digital Indonesia. Tujuannya tentu mengajak penggiat sosial media untuk mengembangkan ekonomi digital yang akan terus berkembang dengan inovasi terbaru. Namun jika dikerucutkan, kita mewakili kota masing-masing apa yang bisa kita kontribusikan lewat teknologi digital.

Sebagai contoh, ekonomi digital dari yang awalnya kita mencari informasi kini berubah menjadi bisnis online. Banyaknya muncul “toko online” dengan kalimat andalannya open PO sis, sis udah ditransfer ya, sis pesen satu pastinya siapa saja yang membuka internet akan langsung tergoda. Namun, semuanya harus berada dalam kawasan etika berinternet yang baik semisal kita tidak menyebarkan informasi hoax. Bijak dalam klik tombol berbagi.

Semoga saja pertemuan hari ini membawa dampak bagi penggiat sosial media secara positif. Apalagi sebagai pemain lama telekomunikasi di Indonesia, XL memberikan kontribusi lewat jaringannya yang membuat saya bisa menjangkau kalian di seluruh Indonesia lewat tulisan di blog ini.

Iklan

Satu pemikiran pada “Ngobrol Santai Ekonomi Digital Bareng XL

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s