Wisata Mistis di Bukit Siguntang Palembang


Kota Palembang memang tidak mempunyai dataran tinggi seperti dikelilingi bukit, gunung, atau pantai. Tapi ada satu bukti peninggalan masa Kerajaan Sriwijaya yaitu Bukit Seguntang atau Siguntang. Memang tidak sepopuler Jembatan Ampera yang membelah sungai Musi atau pempek. Tapi, percaya atau tidak kawasan ini memiliki mitos gaib yang banyak menyimpan cerita dan kisah dari Kerajaan Sriwijaya.

Bukit Siguntang terbentuk dari gundukan tanah yang paling menonjol di ujung dataran kota Palembang. Kawasan ini dipenuhi taman dan perpohonan besar dan menjadi kompleks pemakaman raja-raja Melayu. Pada bagian tengah bukit ada beberapa makam mulai dari tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Melayu-Sriwijaya.

Kunjungan saya ke Bukit Siguntang kali ini adalah kunjungan yang kedua, setelah sebelumnya kawasan ini masih belum renovasi. Oleh karena nantinya kawasan ini akan dijual menjadi kawasan wisata maka Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan melakukan renovasi untuk menjadi tempat yang layak didatangi.

Jalan setapak menuju makam ditumbuhi pohon-pohon tinggi. Sehingga cuaca rindang, namun tidak terlepas banyaknya nyamuk yang ikut mendekat. Di atas gundukan kita akan bertemu beberapa makam dalam rumah khusus. Ada 7 makam yang terdapat di Bukit Siguntang, yaitu:

  1. Radja Sigentar Alam, Raja ini nama aslinya adalah Iskandar Zulkarnain Alamsyah, Ia berasal dari dari Kerajaan Mataram. Radja Segentar pada zamannya berhasil menakhlukan hampir seluruh Pulau Sumatera hingga ke negeri tetangga Johor dan Malaka di Malaysia.
  2. Putri Kembang Dadar, bernama asli Putri Bunga Melur. Ia dipercaya sebagai putri tercantik kala itu. Karena kecantikannya Ia bahkan dianggap berasal dari khayangan.
  3. Putri Rambut Selako, yang bernama asli Putri Damar Kencana Wungsu. Menurut cerita Ia berasal dari Keraton Yogyakarta anak dari Prabu Prawijaya.
  4. Pangeran Radja Batu Api. Ia berkenala ke tanah Melayu untuk menyiarkan syariat agama Islam
  5. Panglima Bagus Kuning yang berasal Mataram. Ia datang ke Palembang untuk mengawal Radja Segentar Alam.
  6. Panglima Bagus Karang, yang mempunyai tugas sama dengan Panglima Bagus Kuning, yakni untuk mengawal Radja Segentar Alam.
  7. Panglima Tuan Djundjungan, beliau juga merupakan ulama dari Arab yang datang ke tanah melayu (Swarnadwipa) untuk berkelana sambil menyiarkan agama Islam.

Ketujuh makam tersebut merupakan tempat yang sakral di Palembang. Juga tidak terlepas dengan cerita-cerita mistis yang menyelimuti di makam tersebut. Masing-masing pondok makam ada juru kunci yang mendiami di dalamnya. Sang juru kunci inilah yang nantikan akan menceritakan sejarah para tokoh. Sebagai kawasan makam, bukit ini juga menjadi pemujaan dan keagamaan.

Sama seperti di Museum Bala Putera Dewa, pada hari tertentu ada sebagian orang melakukan pemujaan di makam yang dipercaya memiliki mistis. Walau dari arkeolog masih diperdebatkan mengatakan bahwa tidak terdapat jenazah di dalam makam, namun tetap saja dipercayain.

Selama berada di kawasan Bukit Siguntang, memang diharapkan lebih santun karena beberapa kejadian mistis sering terjadi mulai dari kerasukan, merinding, atau saat pemotretan ada yang ikut terpotret. Maka, buat kamu yang menyukai hal-hal berbau mitos dan mistis, Bukit Siguntang ini menjadi tempat alternatif untuk wisata sejarah. Happy Hunting ya!

Iklan

2 pemikiran pada “Wisata Mistis di Bukit Siguntang Palembang

  1. Ping balik: Tradisi dan Mitos Cap Go Meh Pulau Kemaro Palembang | Koh' Huang

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s