10 Destinasi Wisata Instagramable di Sumatera Utara


Boleh jadi saya Lagi Galau Butuh Travelling! Tahun ini saya sedang kepengen travelling ke domestik, salah satunya kota Medan. Mencari informasi mengenai salah satu kota terbesar di Indonesia dan selalu dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah, kota Medan berhasil mengajak saya untuk merasakan suasana liburan.

Walau kota kelahiran, Palembang masih tetangga dengan Medan tapi saya memang belum pernah berkunjung ke Medan. Kota ini memiliki keunikan dengan pengaruh budaya Melayu, China, India, Inggris, dan Belanda. Tentunya saya akan dipuaskan lewat wisata arsitektur, religi, alam, dan makanan. Sebagai travel blogger, saya senang untuk berbagi pengalaman perjalanan saya karena rasanya tidak asik kalau kita tidak berbagi cerita ke orang yang belum pernah berkunjung.

Alhasil dari browsing saya menemukan 10 Destinasi Pilihan Instagramable di Sumatera Utara. Lokasi ini bukan hanya sekedar tempat saya untuk berfoto-foto saja, tapi dari sini saya bisa belajar mengenal sejarah, budaya dan adat dari kota yang terkenal dengan Bolu Meranti sebagai oleh-oleh.

(1) Istana Maimun

Begitu melihat bangunan megah berasitektur Italia ini membuat saya kagum. Yes I should take a picture at there! Istana Maimun ini salah satu ikon kota Medan yang merupakan peninggalan dari Kesultanan Deli, kesultanan Melayu yang pastinya saat kita berada di dalam bangunan istana ini kita akan merasakan kentalnya suasana melayu lama. Lengkap dengan interior istana yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, dan Spanyol.

Selain interior yang cantik, kita akan melihat koleksi perabot zaman Belanda kuno, koleksi foto-foto sultan, dan koleksi senjata. Pastinya banyak titik lokasi yang menjadi instagramable dan puas untuk berkeliling di lokasi Istana Maimun. Satu lagi kita juga bisa menyewa pakaian kesultanan dan duduk di singgahsana seperti seorang Sultan. Istana Maimun sudah menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang selalu dikunjungi oleh orang yang datang ke kota Medan.

(2) Masjid Raya Medan

Saya senang sekali melihat bangunan yang megah dan mewah desainnya. Salah satu lambang kota Medan lainnya adalah Masjid Raya Medan. Masjid ini memiliki nama lain Masjid Raya Al Mashun yang berlokasi sama satu komplek dengan Istana Maimun. Dari tampak di foto saja masjid ini memiliki arsitektur khas Timur Tengah dan Spanyol. Berbentuk segi delapan, maka apik sekali kita berfoto di depan masjid ini.

Masjid Raya Medan ini merupakan masjid terbesar di Sumatera Utara. Menurut info dapat menampung sekitar 1500 jemaah untuk melaksanakan sholat setiap hari. Bagi kamu yang pecinta interior timur tengah, bisa dilihat dari dinding masjid yang diukir ala timur tengah. Masjid ini memiliki lima bagian utama yaitu ruang utama, tempat wudhu, menara, dan gerbang masuk.

(3) Tjong A Fie Mansion

Rumah megah kepunyaan Tjong A Fie ini menjadi salah satu cagar budaya di Sumatera Utara. Rumah kediaman seorang pengusaha dan kapitan yang berasal dari Tiongkok ini didirikan pada tahun 1990 dan dijadikan sebagai Tjong A Fie Mansion yang dibuka untuk umum untuk bertamu.

Kesan klasik sangat menonjol di rumah yang dibangun dengan gaya arsitektur China, Eropa, dan Melayu ini. Didukung dengan barang-barang peninggalan Tjong A Fie membuat kita yang berkunjung ke sini dapat mengetahui sejarah kehidupan saudagar kaya raya yang baik hati dan memiliki peran membangun perekonomian kota Medan. Lewat foto-foto, lukisan serta perabotan rumah kita bisa belajar mengenal tentang budaya Melayu Tionghoa.

Sungguh saya sendiri sudah tidak sabar jika berkunjung ke tempat ini pasti akan mengeksplor setiap sudut rumah karena jendela-jendela yang tinggi sangat instagramable!

(4) Taman Alam Lumbini

Sekitar 3 jam dari kota Medan, kita akan mengeksplore tempat wisata di Berastagi yang populer. Taman Alam Lumbini, tempat tersebut memiliki keunikan lewat pagoda emas yang besar dan tinggi, bahkan tertinggi di Indonesia. Berfoto di tempat ini kita berasa seperti ke daerah Thailand, Vietnam, atau Myanmar dengan akses yang mencolok. Tentu saja, pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar.

Di dalam pagoda mewah ini ada patung Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Selain itu kita juga akan melihat banyak relief ajaran Buddha di kawasan ini. Kemegahan pagoda di Taman Alam Lumbini ini dihiasi oleh panorama alam perpohonan yang indah dan udara yang sejuk. Pastinya menikmati alam dan keunikan pagoda megah ini menjadi hal yang menarik dari tempat wisata di Sumatera Utara. Terakhir, tempat wisata ini tidak dipunggut biaya untuk masuk. So Instagramable!

(5) Air Terjun Sipiso Piso

Berfoto dengan latar air terjun paling tinggi di Indonesia? Mau banget! maka pilihan Air Terjun Sipiso Piso yang berlokasi sekitar 30 menit dari Berastagi adalah pilihan tepat. Lokasi air terjun ini sesuai dengan nama piso yang berarti pisau. Artinya deras air terjun seperti pisau yang tajam. Daya tarik air terjun Sipiso Piso yang terletak di Desa Tongging ini adalah ketinggian air terjun yang mencapai 120 meter dan dekat dengan Gunung Sipiso Piso.

Kalau kamu punya stamina kaki yang kuat, maka siap-siap untuk menuruni 1000 anak tangga yang berliku. Berarti, kamu juga harus siapkan fisik naik 1000 anak tangga untuk kembali. Tapi kalau pemandangan indah seperti ini rasanya worth it untuk dilaluin kan?! Hasilnya kita akan bisa melihat keindahan air terjun Sipiso Piso ini dengan lebih dekat. Saya sendiri tertarik untuk berenang di air terjun Sipiso Piso. Dari puncak bukit kita juga diberi pemandangan cantik panorama Danau Toba dari atas.

(6) Danau Toba

Kalau dulu sewaktu sekolah, Danau Toba ini kata pertama yang terpikirkan begitu mendengar kata Sumatera Utara. Jelas saja danau ini merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Uniknya lagi, di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik yang dikenal sebagai Pulau Samosir. Maka bersabar dengan perjalanan darat selama 4 jam maka kita bisa menikmati pemandangan indah bahkan sunset di Danau Toba.

Saya senang mendengar semacam kisah mitos suatu tempat, karena dengan adanya mitos maka tempat tersebut lebih dikenal. Secara ilmuwan, Danau Toba terbentuk karena gunung meletuk lalu ada sisa magma maka terbentuklah pulau Samosir. Namun, ada kisah rakyat yang mengatakan bahwa Danau Toba terbentuk oleh kisah seorang petani yang menyelamatkan seekor ikan yang dikutuk. Kemudian ikan tersebut dilepaskan dan berubah wujud jadi seorang gadis cantik jelita. Akhirnya mereka menikah dan mendapat seorang anak lelaki. Singkat cerita, si ayah ini memarahi anaknya dan mengatakan bahwa anaknya berasal dari ikan. Otomatis tanah bergejolak mengeluarkan air yang banyak hingga terbentuklah danau. Maka mana cerita yang kamu percayai?

(7) Tomok – Pulau Samosir

Keunikan wisata di Sumatera Utara ini adalah sebuah pulau vulkanik di tengah Danau Toba. Pulau ini berada di atas permukaan laut yang menjadikan daya magnet bagi para wisatawan. Apabila kita ingin ke Pulau Samosir maka kita dapat menggunakan kapal feri untuk mengantarkan kita. Berada di pesisir timur Pulau Samosir, kita bisa ke sebuah desa kecil yang masih terdapat banyak makan serta benda-benda peninggalan zaman megalith yang menjadi situs kebudayaan Batak terkenal di Sumatera Utara.

Selain Tomok, wisata lainnya yang bisa kita jumpai di Pulau Samosir adalah Menara Pandang Tele, Air Terjun Efrata yang paling terkenal di Pulau Samosir, Aek Sipitu Dai, Perkampungan si Raja Batak, Batu Hobon, Danau Sidihoni, Pantai Pasir Putih Parbaba, Batu Persidangan Huta Siallagan. Apabila kita berkunjung sampai larut malam jangan khawatir karena juga terdapat beberapa resort sehingga kita masih bisa menikmati kampung kecil ini dengan mengunjungi dan belajar budaya Batak misal Menari Tor-Tor. Menarik!

(8) Bukit Lawang

Dari namanya saja kita sudah bisa menebak bahwa tempat ini berada di perbukitan. Kawasan Bukit Lawang ini merupakan kawasan pegunungan yang pastinya penuh dengan pohon hijau, udara sejuk. Pastinya tempat ini cocok untuk refreshing dari penatnya di kota. Kalau melihat dari foto-foto wisatawan lain, Bukit Lawang cocok bagi kamu yang berjiwa petualang.

Aktifitas alam yang bisa kita lakukan disini mulai dari tracking, arung jeram, dan berinteraksi bersama orang utan. Wih, bakalan seru dong kalau bisa berinteraksi langsung dengan orang utan. Kita bisa memberi makan sekaligus melestarikan hewan yang hidup di alam.

(9) Pulau Nias

Jika ada kesempatan, maka berkunjunglah ke Pulau Nias. Tenang, akses ke Nias mudah. Sekarang sudah bisa melalui jalur udara maka kita bisa berkunjung ke pulau indah ini. Apa yang terbesit di Pulau Nias ini adalah batu lompat yang tingginya 2 meter ini menjadi ikon bahwa kita sudah ke Nias. Letaknya di Desa Bawu Mataluo. Desa Bawu Mataluo adalah lokasi dimana Lompat Batu Nias yang terkenal ke seantero jagad. Berjarak sekitar 45 menit dari Pantai Lagundri.

Memang boleh dikatakan tempat ini jarang dikunjungi karena jauh, tapi seperti yang saya bilang kalau ada kesempatan jangan dilewatkan. Apalagi kalau kamu senang surfing maka bayangkan bisa berselancar bersama ombak besar di Pulau Nias dan diabadikan di foto!

(10) Pantai Romantis

Sepertinya saya butuh tempat untuk bermanja-manja ria menikmati sunset sambil duduk di gazebo warna-warni. Katanya, pantai Romantis sedang naik daun di Medan. Banyak anak gaul dan kekinian datang ke sini untuk berfoto selfie sendirian atau sama pasangan. Lokasi yang terletak di Perbaungan atau sekitar 1 jam perjalanan darat ini memang menawarkan themes love yang menarik. Tidak perlu saya jelaskan panjang lebar, silahkan simak saja foto-foto apik di Pantai Romantis.

Setelah saya browsing tentang wisata di Sumatera Utara, rasanya banyak sekali seperti wisata di Palembang yang pernah saya tulis. Boleh dikatakan Sumatera Utara diberikan karunia alam yang baik. Pastinya kota ini menawarkan dinamika dan budaya yang menarik untuk dikunjungi. Terakhir, saya tidak akan lupa untuk berwisata kuliner di Medan setelah puas dahaga saya dengan wisata religi, alam dan budaya di Sumatera Utara.

Tulisan ini diikutsertakan dalam #AirAsiaFlyNorthSumatra yang disponsori oleh Air Asia Indonesia.

Iklan

6 thoughts on “10 Destinasi Wisata Instagramable di Sumatera Utara

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s