Catat Tanggal dan Ambil Cuti Kalian, Kalender Event Sumatera Selatan 2017 Sudah Keluar


Sosialisasi pariwisata halal menjadi topik yang akan dikerjakan oleh Dinas Budaya Pariwisata Provinsi Sumsel bersama komunitas dan netizen selama tahun 2017 mendatang. Tak lain karena Sumsel menjadi provinsi ke-4 yang masuk industri wisata halal. Hal ini menjadi bagian dari industri pariwisata yang sedang berkembang pesat, yang tidak hanya ditawarkan oleh negara-negara dengan mayoritas muslim, tapi juga oleh negara-negara yang warga muslimnya menjadi minoritas.

Indonesia pun telah memasuki pasar wisata halal, telah ada tiga provinsi yang memasuki wisata halal, yaitu Nusa Tenggara Barat, Aceh, dan Sumatera Barat, hari ini, akan ada provinsi keempat yang memasuki industri wisata halal, yaitu, provinsi Sumatera Selatan, dengan Palembang Darussalam yang diharapkan sebagai motor utamanya.

wisata-halal-palembang

Sebagai informasi, negara seperti Jepang dan Taiwan sudah “mencuri start” telah lebih dahulu memasuki wisata halal, menawarkan kemudahan beribadah serta ketersediaan makanan halal bagi wisatawan-wisatawan muslim dari seluruh dunia, hal ini mendapat sambutan yang positif, baik dari pelaku bisnis pariwisata setempat, maupun dari wisatawan muslim. Dengan pengetahuan saya yang minim tentang label wisata halal. Ternyata aspeknya sangat luas contohnya dalam sebuah mall, apakah mall tersebut memiliki sarana mushollah yang lengkap dan bersih, tersedia mukena dan sajadah serta dinding pembatas antara laki dan perempuan. Apabila di hotel, apakah di tiap kamar juga tersedia sajadah dan arah kiblat. Kurang lebih seperti itu gambaran untuk wisata halal yang membantu mengakomodir wisatawan datang berkunjung ke kota kita.

tari-sekapur-sirih-palembang

Dalam sambutan mengawali Launching Wisata Halal & Kalender Event 2017 Sumatera Selatan, ibu Irene selaku Kadisbudpar Sumsel melihat visi ke depan bahwa Palembang memiliki potensi yang baik hanya tinggal bagaimana cara mengemasnya agar lebih memiliki ciri khas. Kemudahan-kemudahan ini akan menjadi daya tarik tambahan bagi setiap kabupaten kota, wisatawan-wisatawan muslim tentunya akan memilih Kabupaten kota yang lebih memudahkan mereka beribadah saat berwisata dan tidak sulit mencari makanan halal. Semoga ini menjadi awal yang baik bagi kemajuan industri pariwisata di Sumatera Selatan di tahun yang akan datang.

lauching-wisata-halal-palembang

tari-gambus-arab

Tentunya hal launching ini akan berhasil diwujudkan apabila sebagai tuan rumah dapat memfasilitasi dari aspek kemasan produk yang meningkatkan lingkungan pariwisata aman sehingga wisatawan datang merasa nyaman, adanya informasi yang jelas mengenai hal yang boleh dan tidak boleh untuk wisatawan membeli produk halal. Kemudian lokasi yang strategis serta pengelolaan yang baik akan seimbang didukung dengan sumber daya manusia yang memiliki standar yang telah ditentukan. Yakin Palembang dapat turut serta dalam pengembangan pariwisata halal.

Siapa yang merasa memiliki Sumsel tentunya adalah semua masyarakat Sumsel, termasuk para petinggi-petingginya baik kota maupun provinsi untuk ikut menyukseskan program wisata halal serta sekaligus menginfokan kalender acara tahun 2017 yang akan diselenggarakan di Sumsel termasuk Palembang. Ayolah sudah tidak zamannya untuk bekerja sendiri-sendiri menonjolkan nama, sekarang zamannya kolaborasi agar hasil lebih maksimal. Kalender acara ini dapat menjadi patokan bagi kita apabila ingin mengetahui apa saja acara yang akan dihelat di kota Palembang dan sekitar. Acara seperti Festival Sriwijaya, Festival Musi Jazz, dan Festival Kopi ini sudah masuk dalam agenda wajib yang akan dijalankan bersama komunitas.

kalender-event-sumater-selatan-2017

Tari Gambus misalnya yang disuguhkan oleh Grup Musik Gambus Assyabab dari Kampung Arab 10 ilir menjadi tontonan mengasikkan lewat irama lagu, permainan musik, dan tarian dari Timur Tengah. Boleh dikatakan tarian ini merakyat dan merangkul tiap orang untuk bisa ikut menari bersama. Kalian tidak ingin ikut larut dalam tarian Gambus ini di Palembang?

Kalender Acara 2017 Sumatera Selatan, Insya Allah dapat menjadi acuan bagi kalian yang sedang merencanakan perjalanan dan liburan selama di Palembang dan sekitar. Terdiri lebih dari 40 acara selama setahun akan membuat kalian bisa memilih mana saja acara yang paling menarik untuk kalian datangin. Ayo ke Palembang, nikmati ragam budaya dan keramahtamahan dari wongkito galo.

Buat kamu yang ingin mendapatkan informasi ter-update mengenai Disbudpar Sumsel boleh ikutin akun sosial medianya di twitter, facebook, youtube, dan instagram mereka di pesonasriwijaya.

22 pemikiran pada “Catat Tanggal dan Ambil Cuti Kalian, Kalender Event Sumatera Selatan 2017 Sudah Keluar

  1. Ping balik: Sumatera Selatan Launching Wisata Halal dan Kalender Wisata 2017 - Blogger Borneo Network

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s