Menelusuri Romantisme Destinasi Halal Eropa Timur


Dalam hidup, apa yang sedang kalian kejar sebagai tonggak pencapaian untuk saat ini? Tidak perlu membandingkan pencapaian kalian dengan orang lain, namun cukup tanyakan pada diri sendiri saja.

Besar di era boyband seperti Westlife asal Irlandia, membuat saya menghafal lirik lagu-lagu mereka yang enak didengar dan lirik mudah dihafal. Saat itu boyband ini sangat hype di tahun 90an. Dari mereka, saya jadi tahu tentang Eropa. Lewat tayangan video musik mereka seolah mengajak saya berimajinasi dengan benua Eropa. Saat itu, saya sempat membeli peta dunia dan mulai mempelajari tentang Eropa dengan melingkari kota-kota menarik. Ya, saya mulai memberanikan diri untuk bermimpi bisa ke Eropa.

Selain pengaruh musik, saya juga terpengaruh dari film-film Indonesia yang mengambil latar syuting di Eropa seperti di Praha, Prancis atau Verona. Saya suka film Surat dari Praha dan 99 Cahaya di Langit Eropa. Selain ceritanya menyentuh juga membawa kota-kota di Eropa, khususnya Eropa Timur yang indah, tenang, dan menarik.

Saya tidak tahu kapan mimpi itu bisa tercapai, namun selalu terselip harapan suatu saat bisa menginjakkan kaki ke Eropa, khususnya Eropa Timur.

Inilah yang memperkuat saya mulai menyukai traveling, selain sarat pengetahuan juga pengalaman hidup yang tidak didapat di bangku sekolah. Benua Eropa ternyata luas sekali di peta. Ada orang bilang belum ke Eropa kalau belum ke Paris. Memang kota-kota terkenal seperti Belanda, Jerman, Prancis, dan Swiss yang semuanya berada di Eropa Barat memang menggoda. Namun, bagi saya penikmat arsitektur dan sejarah hati saya lebih memilih negara di Eropa Timur seperti Vienna, Praha, dan Budapest.

Eropa Timur memiliki pemandangan dan arsitektur yang indah. Tidak kalah dengan Eropa Barat yang mempunyai berbagai tempat wisata yang terkenal, Eropa Timur menghadirkan destinasi wisata dengan kemegahan budaya lokal. Tempat wisata di Eropa Timur juga dibanderol lebih murah jika dibandingkan dengan Eropa Barat.

Saya berimajinasi ketika berkunjung ke negara-negara di Eropa Timur akan memanjakan mata saya dengan nuansa kota bak di negeri dongeng serta pengalaman sejarah dan makanan yang sulit dilupakan.

Traveling ke Eropa sudah pasti harus ada banyak persiapan. Bukan saja masalah uangnya yang utama tapi hal-hal lainnya seperti memikirkan destinasi yang akan dikunjungi, akomodasi hingga kendaraan. Menurut kalian baiknya traveling ke Eropa dilakukan dengan cara backpacker atau ikut tour?

Salah satu keuntungan ketika memilih cara backpacker adalah kalian dapat bebas menentukan perjalanan rute perjalanan mana yang akan diambil terlebih dahulu, alhasil tempat wisata yang dikunjungi sesuai keinginan. Namun, kalian juga perlu repot dengan mempersiapkan secara mandiri untuk menyusun itinerary dan akomodasi perjalanan mulai dari tiket pesawat, hotel, dan transportasi. Apabila salah dalam menyusun bisa saja perjalanan kalian tidak berjalan lancar.

Cara terbaik bagi kalian yang memiliki keterbatasan dalam meriset perjalanan serta waktu untuk mengurus keperluan perjalanan, mulai dari pemesanan tiket, akomodasi hingga visa. Apalagi persiapan ke Eropa cukup merepotkan persyaratannya, maka memang lebih praktis apabila menggunakan tour travel. Saat ini banyak tour travel yang menyediakan paket perjalanan ke Eropa termasuk Eropa timur. Kalian dapat memilih tour travel yang sesuai minat dan jadwal yang diberikan.

Sedangkan saya, mengingat keterbatasan saya yang kadang salah membaca peta, keamanan kalau bepergian sendiri dan mengabadikan momen saat traveling. Saya sendiri juga tidak ingin merusak perjalanan saya nantinya apabila traveling ke Eropa timur ke Vienna, Bratislava, Budapest, Salzburg, Hallstatt, dan Praha.

Saya ingin mengajak kalian melihat tempat-tempat menarik yang ada di Eropa timur. Penasaran dengan tempat-tempat yang akan dikunjungi?

Rute yang akan dilalui selama 9 hari di Eropa timur bersama Cheria Halal Holiday

1. Vienna

Perjalanan menikmati keindahan Eropa Timur dapat dimulai di Vienna atau lebih dikenal sebagai Wina. Terletak di Austria yang merupakan negara kaya akan budaya peninggalan sejarahnya pada beberapa masa silam. Negara kecil ini memiliki sistem pemerintahan yang baik. Tata letak kotanya strategis dan bersih yang menjadikan negara ini cantik luar dalam.

Tidak cukup mengagumi keindahan kotanya, Vienna merupakan tempat kelahiran musisi ternama seperti Schubert, Johann Strauss I dan Brahms. Sedangkan bagi Mozart dan Beethoven, Vienna adalah kota dalam meniti karir, puncak hingga akhir khayat mereka. Wajar kalau kota yang melahirkan musik Waltz ini dijuluki sebagai “kota musik di barat”. Sungguh romantis.

Setibanya rombongan tour Cheria Halal Holiday di Vienna akan langsung diajak city tour melihat hidden gem Vienna, diantaranya melihat bangunan dan jalan di Ringstrasse, State Opera House yang adalah salah satu gedung opera tertua dan terlama menampilkan pertunjukan opera di Eropa Tengah. Serta berkunjung ke Hofburg Palace yang merupakan bekas istana musim dingin dari keluarga kerajaan Austria.

2. Bratislava

Kita akan diajak menuju ibukota Slovakia yang jadi pemisah Austria dan Hungaria. Bratislava kota yang unik,  selain karena berada diantara dua negara, liburan ke Bratislava sejatinya punya banyak tempat wisata. Ada wisata sejarah, budaya, seni, kuliner hingga kehidupan malam.

Dari segi sejarah, banyak bangunan yang masih berdiri kokoh sejak abad ke-12 seperti St Michael’s Gate yang dulunya berfungsi sebagai benteng pelindung kotanya. Gereja-gereja bergaya gothik serta kawasan Old Town yang bangunan-bangunannya bergaya Eropa tempo dulu. Saya sulit membayangkan indahnya bangunan-bangunan tua apabila nantinya berkunjung ke Eropa timur.

3. Budapest

Kota yang mendapat julukan Parisnya Eropa Timur ini, menyimpan sejuta pesona yang tak habis memanjakan mata pelancong. Budapest adalah ibu kota Hongaria, sebuah negara di kawasan Eropa Tengah. Kota ini memiliki dua bagian utama: Buda dan Pest. Bagian-bagian ini berada di tepi seberang sungai. Beberapa jembatan menghubungkan keduanya. Buda memiliki banyak bukit, sedangkan Pest lebih datar.

Saat berkunjung ke Budapest, tentu saja kita harus berkeliling kota mulai dari mengunjungi menara benteng Fisherman’s Bastion yang dibangun abad 17, Matthias Church, melewati Heroes’ Square yang berada di Andrássy Gt dan terkenal dengan deretan butik-butik merek ternama dunia. Ada juga bisa mengunjungi Parliament House, Danube River, Citadel Hill dan Royal Palace. Kita juga bisa memanjakan mata dengan melihat pertokoan di sepanjang Vaci Utca Shopping street. Bagi muslim, ada satu masjid yang bisa dikunjungi untuk sholat di Islamic Center Budapest.

4. Salzburg

Salzburg termasuk kota terbesar keempat di Austria. Sebagai kota tua, Salzburg memiliki ciri arsitektur yang terkenal dan masih dipertahankan keasliannya. Salzburg juga memiliki alam yang indah berisikan sungai dan danau serta dikelilingi oleh bukit dan gunung.

Apabila kalian sudah tiba di Salzburg, tentu saja hal yang dapat dilakukan adalah menikmati keindahan sepanjang jalan. Salzburg mendapat julukan gudang para pemusik klasik yang pernah berjaya di masa lalu. Wajar saja, lantaran Salzburg menjadi kota kelahiran komponis musik klasik terkenal seperti Johann Strauss, Franz Peter Schubert dan tentu saja Wolfgang Amadeus Mozart. Selama tour, kita akan diajak mengunjungi Mozart’s Birthplace atau kediaman masa  kecil Amadeus Mozart. Serta tidak melewatkan berkunjung ke Mirabell Garden, yang merupakan tempat syuting film Sounds of Music.

5. Hallstatt

Hallstatt merupakan kawasan desa yang terletak di depan danau dan dikelilingi pegunungan yang diselimuti es. Rasanya kita seperti di negeri dongeng. Rumah-rumah penduduk masih berupa bangunan tradisional khas Alpen yang telah dibangun sejak abad ke-16. Pemandangan inilah yang menjadikan Hallstatt menjadi salah satu desa cantik dan masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site.

6. Cesky Krumlov

Selain Hallstatt, Cesky Krumlov juga menjadi desa indah di Republik Ceko. Kota kecil ini bisa dicapai dengan bus dari ibu kota Praha selama 3 jam. Apa yang ditawarkan oleh Cesky Krumlov tentu saja suasana seperti di Abad Pertengahan. Membayangkannya saja saya langsung jatuh cinta.

Banyak yang bilang kalau kita baka jatuh cinta begitu menginjakkan kaki di Cesky Krumlov. Ada kastil besar yang langsung dikelilingi perumahan rakyat, kalian seperti berada di negeri dongeng. Keunikan lainnya, setiap tahun kota ini menjadi ajang diselenggarakannya International Music Festival Cesky Krumlov yang biasa dilaksanakan pertengahan Juli–Agustus. Berbagai artis lokal dan internasional dengan genre musik mulai dari abad ke-15 sampai kontemporer hadir.

7. Praha

Nama Praha mencuat setelah film Surat dari Praha. Pemandangan kota seratus menara ini menjadi salah satu kota paling indah di dunia. Arsitek rumit dari abad ke abad bahkan jalan setapak di Praha pun terbilang romantis.

Saya membayangkan sedang berjalan di sekitar Old Town Hall dengan Prague Astronomical Clock yang terkenal. Jalur berkelok-kelok dari Quarter Yahudi, mendalami legenda Golem. Duduk di kafe dengan secangkir kopi menikmati kursi dan bangunan yang segar di mata.

Banyak sekali tempat yang dapat dinikmati saat di Praha. Setiap kabupaten Praha memiliki suasana karakteristik sendiri dan daya tarik yang unik. Praha memang misterius, bagi kalian yang berjiwa santai, romantis, menyukai bangunan tua namun modern maka semuanya ada di Praha seperti Gothic Charles Bridge dan Gereja St. Nicholas di Kota Lesser, gereja Baroque paling indah di Praha.

Kota-kota di Eropa tidak hanya menawarkan keindahan dan kecantikan kota, tetapi juga pengalaman dan kisah-kisah menawan yang dapat kita ciptakan. Melihat banyak sekali tempat wisata eksotis di Eropa timur, tentu akan menjadi perjalanan berkesan mengikuti tour halal Eropa timur.

Eropa timur nan eksotis tergambar jelas jalan-jalan di aspal dengan batu-batuan, jejeran lampu-lampu, lantunan melodi musik klasik, serta warna-warni kehidupan orang Eropa menjadi asa bagi saya untuk bisa berkunjung ke Eropa suatu saat nanti. Apalagi Praha, ya Praha itu magis yang mana sebuah kota diselimuti keromantisan khas abad pertengahan serta budaya bohemia.

Iklan

45 pemikiran pada “Menelusuri Romantisme Destinasi Halal Eropa Timur

  1. Budapest. Pernah di sana hampir sebulan. Cantik luar biasa. Kalo masih single rasanya pengen gak pulang 😂😂😂😂

  2. It’s always a pleasure ya koh, talking about European tourism…
    Sepertinya seru menjelajah Eropa bareng Cheria Holiday. Semoga punya rezeki lebih untuk bisa menginjakkan kaki di sana. Aamiin. 🙂

  3. Bangunan-bangunannya itu bikin awak terpesona. Insya Allah Januari nanti aku mau ke Eropa, Deddy. Semoga lancar soalnya gak pakai tour travel. *deg-degan* Kepikiran pakai Cheria Travel juga someday. Semoga mimpi Deddy ke Eropa tercapai, ya. Aamiin.

  4. begitu baca judulnya langsung “wah koh deddy ikutan lagi lomba cheria” masih penasaran kah koh? tahun kemarin masuk 20 tulisan terbaik ya? 😀

    Eropa timur ini yg aku suka karena banyak banget banguna-bangunan megah yang khas gitu.

  5. Eropa memang surganya tempat wisata menarik bagi para wisatawan. Ini terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan yang ingin liburan ke eropa, tapi untungnya ada Cheria Travel yang menjamin akomodasi halal khusus bagi wisatawan muslim. Nice sharing koh

Feel free to share you idea.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.