Berani Berlibur ke Hainan, Ini Rekomendasi Tempat Wisata Untuk Liburanmu Selanjutnya


Saat senggang dan browsing rencana traveling berikutnya, saya memikirkan Cina sebagai destinasi liburan. Apalagi melihat harga tiket pesawat domestik yang hampir sama dengan harga tiket ke luar negeri. Mungkin, kali ini tidak ada salah memikirkan untuk berlibur ke luar negeri sejenak. Benar bukan?

Cina identik dengan Beijing dan Shanghai, kota kosmopolitan yang ramai. Dua kota itu memang primadona selalu muncul di pikiran. Namun, kalau kita ingin tempat lebih tenang agar dapat menikmati liburan sepertinya Liburan ke Hainan lebih menarik. Marilah menjelajahi sisi Cina yang berbeda. Kelengkapan destinasi wisata yang ditawarkan bukan isapan jempol. Apalagi bagi kita pemburu foto dan kuliner untuk dipamerkan ke media sosial, Hainan adalah jawaban.

Orang-orang menyebut Hainan sebagai “Hawaii Timur”. Pulau tropis di titik paling selatan Cina ini menawarkan eksotika pantai-pantai panjang dan indah, akomodasi mewah, acara festival sepanjang tahun dan kehangatan sinar matahari sepanjang tahun. Tidak hanya sampai disitu saja, Hainan memiliki budaya serta bangunan bersejarah yang luar biasa. Aset dan investasi infrastruktur pariwisata yang dimiliki Hainan benar-benar sesuatu yang patut dilihat. Sajian wisata alam, budaya, dan sejarah di Hainan bagaikan berlian tersembunyi yang sudah ditemukan.

Peta Hainan

Hainan termasuk kepulauan yang terdiri dari pulau-pulau lainnya seperti Zhongsha, Xisha, dan Nansha serta wilayah laut sekitarnya. Menjadi pulau terbesar kedua di Cina, Haikou menjadi ibukotanya. Kawasan Hainan sendiri terbagi menjadi beberapa wilayah seperti Haikou, Qionghai, Sanya, Xinglong dan Lingshui. Hari ini, Hainan adalah provinsi pulau yang menawarkan pantai-pantai indah, perairan biru kehijauan, dan pemandangan menakjubkan di sekitar. Berubah menjadi tempat paling kuat dalam radar traveler untuk dikunjungi sebab memiliki semua yang dibutuhkan untuk liburan yang sempurna.

Belum yakin? Inilah segala hal yang akan menggoda kamu untuk mengunjungi Hainan untuk pertama kalinya!

Qilou Street (foto : ehainan.gov.cn)

Haikou adalah ibu kota Hainan yang merupakan provinsi pulau Cina di Laut Cina Selatan. Kota ini memiliki taman serta gunung berapi di dekatnya, perkebunan kelapa dan bakau menjadikannya tempat yang bagus untuk mengunjungi Haikou.

Kota Haikou menjadi persimpangan bagi banyak budaya, termasuk Indonesia. Pengaruhnya terlihat jelas dari karakter kotanya hingga saat ini. Bentangan bangunan memamerkan perpaduan gaya Eropa dan Cina klasik dengan sedikit jejak arsitektur India dan Arab juga seperti di Qilou Street dan Yacheng Old Street.

Movie Town Haikou (foto : klook.com)

Saya membayangkan sedang berjalan-jalanlah di jalanan, membidik gambar lewat kamera untuk pamer layak Instagram dan cicipi kopi tradisional Hainan di salah satu kedai kopi. Ruko bergaya Kanton yang sudah usang mengingatkan saya pada film produksi tahun 1940-an. Ada banyak usaha kecil dan kios jalanan yang memberikan kehidupan bagi warga lokal. Sedangkan bagi kita kalangan fotografer dan traveller pastinya akan mendapatkan momen yang berbeda. Sebut saja Movie Town Haikou, merupakan studio film dengan arsitektur menakjubkan yang terinspirasi oleh salah satu sutradara paling terkenal di Tiongkok – Feng Xiaogang. Film-film Feng termasuk “Back To 1942”, “Gempa Tangshan” dan “If You Are The One”. Kota ini menciptakan kembali adegan-adegan dari film-film itu. Ada banyak hot spot untuk mengambil selfie yang sempurna.

Wugong Temple (foto : chinaadivsator)

Di sisi lain, Haikou memiliki Kuil Lima Dewa Wugong. Pada abad ke-7 Dinasti Tang dan Song, Haikou menjadi tempat pengasingan. Kuil Wugong didedikasikan untuk lima pejabat yang dibuang ke Hainan. Kelima pejabat itu adalah Li Deyu, Li Gang, Li Guang, Zhao Ding dan Hu Quan. Masing-masing dari mereka memiliki sisa-sisa kejayaan masa lampau seperti plakat batu, aula leluhur, dan patung di kuil.

Nanshan Buddhist Culture Garden (foto : ctshorizons.com)

Ada 10 kota besar di Hainan dan dua yang paling penting, Haikou dan Sanya, masing-masing terletak di ujung utara dan ujung selatan pulau. Dua kota mewakili gerbang paling penting untuk transportasi dan tujuan wisata utama. Sehingga jika ke Haikou rasanya tidak lengkap kalau tidak ke Sanya.

Objek wisata yang terkenal adalah Nanshan Buddhist Culture Garden. Berdiri patung Dewi Kwan Im setinggi 108 meter di atas permukaan laut menjadi daya tarik tersendiri. Pengaruh Buddha yang mendalam pada budaya Cina ini menjadi jendela budaya Buddha tradisional di Cina.

Diciptakan sebagai “Hawaii Cina”, Haikou punya kemiripan dengan pulau di Amerika yang indah.  Mulai dari pantai dan cuaca yang cerah untuk bersantai seperti Pulau Wuzhizhou yang memiliki hamparan terumbu karang dan ikan tropis yang menakjubkan di bawah air pirus membuatnya menjadi kebahagiaan bagi penyelam. Pulau Wuzhizhou menyerupai kupu-kupu dan populer sebagai destinasi romantis dan kegiatan olahraga air seperti surfing, gliding, sailing dan canoeing. Bagi kalian yang ingin bersantai di pantai sambil menikmati keindahan alam pantai bisa sun bathing. Untuk mengunjungi Pulau Wuzhizhou bisa menggunakan bus ke dermaga pulau lalu dilanjutkan naik boat selama 15 menit menuju pulau.

Pulau Wuzhizhou (foto : sanyatour.com)

Love Bridge (foto : sanyatour.com)

Yalong Bay (foto : hispotion.com)

Sebagai lokasi liburan romantis di Cina, Sanya juga memiliki Jembatan Cinta dari kabel baja. Jembatan ini tempat yang cocok untuk pasangan karena saat berjalan di atas jembatan kabel, maka jembatan akan bergoyang sehingga membuat sang pacar akan berpegangan tangan. Romantis bukan! Di ujung jembatan ada paviliun untuk melihat keindahan laut pulau Wuzhizhou.

Salah satu pantai yang populer dengan pemandangan alam yaitu Yalong Bay. Surga pantai di pulau ini memiliki sisi unik selain mudah diakses serta dekat dengan Bandara Internasional Sanya Phoenix. Memiliki panjang 7 km, pantai berpasir putih serta dikelilingi perbukitan hijau yang bergulir. Menawarkan pemandangan yang indah serta langit biru, sinar matahari yang hangat, perbukitan hijau, lanskap dasar laut bersinar seperti mutiara yang bercahaya di sepanjang Yalong Bay.

Desa Bali (foto : tavel kompas)

Jarak tempuh sekitar 90 menit dari Sanya, Xinlong memiliki cuaca seperti di Indonesia. Salah satunya yang menarik lagi adalah adanya Desa Bali di Xinlong. Konon, Desa Bali ini dulu merupakan penampungan warga Cina dari negara Asia Tenggara tahun 1960-an, termasuk dari Indonesia. Akhirnya terjadi asimilasi budaya ketika warga Tionghoa dari Indonesia datang ke Hainan.

Di Desa Bali ini kita akan merasakan nuansa kental Bali, Indonesia lengkap dengan sejarah kenapa sampai ada banyak orang Indonesia di Hainan. Ketika datang kita sudah bisa melihat candi bentar khas Bali yang menyambut, padahal sedang berada di Cina. Selain itu yang menarik kita diajak untuk belajar pembuatan kue semprong atau menari bersama diiringi musik daerah Indonesia seperti poco-poco dan rasa sayange. Perkampungan Desa Bali yang asri lengkap dengan kebun-kebun tanaman hijau yang menyejukkan.

Keunikan dari daerah Qionghai ini kita seolah dibawa mengunjungi dunia penuh air, Qionghai Boao Aquarium. Tempat ini cara terbaik untuk berkenalan dengan makhluk-makhluk luar biasa dari kedalaman lautan. Jarak yang dekat saja kita bisa melihat beraneka ragam ikan tropis dan terumbu karang. Selain itu kita juga masih bisa melihat masa lalu dari tempat ini. Untungnya, Qionghai berhasil menjaga Menara Jukui dengan baik, satu dari tempat wisata penuh sejarah paling signifikan di area ini. Lewat wisata sejarah, kita bisa menikmati pengalaman berlibur yang menyenangkan sekaligus menambah wawasan.


Yetian Minority Village (foto : KLCBS.net)

Pulau Hainan tidak hanya terkenal dengan pantai, tentunya bagi kita penasaran melihat kearifan lokal setempat, Lingshui adalah jawabannya. Setali tiga uang dengan kawasan Xinlong yang memiliki desa dengan arsitektur bernuansa Bali yang terkenal, maka di Lingshui sendiri juga terkenal dengan Yetian Minority Village yang terkenal dengan suku tradisional Li dan Miao.

Suku minoritas Li dan Miao ini berada di Desa Yetian, di tempat ini kita bisa mendapat pengalaman belajar budaya dan melihat tradisi suku-suku minoritas dari Hainan. Para warga lokal masih melestarikan budaya tradisional minoritas Li, seperti kerajinan tangan brokat, keramik, tarian serta keterampilan menempah. Sementara itu, suku minoritas Miao yang telah ada di Pulau Hainan selama 4 ribu tahun, juga memiliki keahlian dalam kerajinan perak dan anyaman rotan.

Wajar kalau Desa Yetian mendapatkan status sebagai The World Intangible Cultural Heritage. Keunikan dari suku Li dan Miao ini memang sangat memukau bagi kita yang baru pertama kali datang ke Hainan. Suku Li kebanyakan membangun perkampungan di sekitar aliran sungai dan membangun rumah dari bahan bambu agar udaranya sejuk, suku Li suka memakai baju berwarna hitam-hitam sedangkan suku Miao suka memakai baju warna-warni. Perbedaan ini sangat indah.

Kalau kita bicara soal makanan asal Hainan, ya mungkin sudah menebak Nasi Ayam Hainan. Soalnya tidak hanya di Indonesia saja Nasi Ayam Hainan menjadi favorit, tapi di negara seperti Malaysia dan Singapura bisa dengan mudah kita temukan. Namun, apakah hanya Nasi Ayam Hainan saja yang mencari incaran kita sewaktu liburan ke Hainan?

Saya penyuka makanan Cina, termasuk Capcay dan Fuyunghai. Tapi kan nggak mungkin saya cuma mau cicip dua menu makanan tersebut kalau nanti ke Hainan. Sudah waktunya mencoba sesuatu yang “Hainan”.

Mie Baoluo (foto : pinterest)

Pertama kali yang dilakukan ketika sampai di Hainan adalah mencoba Mie Baoluo, mie ini sering dimakan oleh warga lokal. Seporsi mie kuah hangat menggunakan irisan daging, kacang panggang, dan bumbu-bumbu lainnya. Sangat cocok untuk menghangatkan tubuh ketika dingin.

Hele Crab (foto : sanyatour.com)

Dong Shan Lamb

Selain itu Hainan juga memiliki empat kuliner wajib yang sayang kalau dilewatkan. Mulai dari mencoba Ayam Wenchang, ayam dengan diet tinggi protein, disiapkan dengan cara tradisional untuk menjaga kelembutan dan kelembutannya. Lalu, berhubung Hainan dekat dengan laut, maka tidak heran kalau menu-menu seafood juga menjadi menu andalan. Kita dapat mencoba Hele Crab, kepiting Hele terkenal karena cangkangnya yang keras dan dagingnya yang segar dan lembut. Cara masaknya dengan mengukus, merebus, menggoreng, memanggang. Kepiting Hele kukus merupakan cara terbaik karena memberikan rasa penuh dan mempertahankan bentuk kepiting.

Bagi kalian yang menyukai kuliner yang menghangatkan tubuh bisa mencoba Bebek Jiaji dan Daging Domba Dongshan yang diolah dengan beberapa cara, direbus, dipanggang atau dimasak dengan santan. Semuanya patut dicoba hanya ada di Hainan.

Haikou Night Market

Tidak ada momen yang membosankan bagi pecinta makanan, bahkan setelah matahari menyapa selamat tinggal, terima kasih untuk banyak pasar malam dan kios-kios jalanan yang ada di Hainan. Cobalah pergi ke Pasar Malam Haikou yang terkenal untuk bergesekan dengan penduduk setempat, nikmati lebih banyak getaran lokal dan tentu saja, nikmati makanan yang merangsang air liur sesuka hati.

Semakin saya browsing mengenai Hainan, semakin membuka wawasan saya kalau Hainan memang menarik untuk dikunjungi. Ciri khas pertama dan paling menonjol dari Hainan adalah kelimpahan nuansa alami. Hutan tropis pulau ini mencakup lebih dari 4000 jenis tanaman dan hampir 600 spesies hewan yang berbeda, terutama burung. Ada juga banyak cagar alam yang dilindungi yang didirikan untuk melestarikan spesies yang terancam punah dan lanskap pegunungan dengan keindahan luar biasa. Keragaman tersebut memastikan kunjungan wisata dan pengalaman unik dengan pemandangan alam liar yang langka.

Bebas Visa

Bagi kita orang Indonesia sangat diuntungkan untuk liburan ke Hainan. Sebab selain banyak Paket Tour China yang menawarkan Paket Tour ke Hainan dengan fasilitas dan harga murah. Ternyata dari pemerintahan Hainan juga mendukung agar orang Indonesia bisa bebas visa masuk ke Hainan hingga 30 hari! Kesempatan ini pastinya memberikan peluang bagi kita orang Indonesia untuk menjelajahi sisi lain, lebih alami dari Cina serta menikmati kehidupan pulau tanpa harus khawatir tentang bagaimana cara mendapatkan visa turis Cina.

Cuaca Bersahabat

Hal yang dilihat pertama kali ketika akan liburan adalah cuaca. Beruntung cuaca di Hainan tidak terlalu dingin dan panas, sehingga kita bisa membawa jenis pakaian casual yang tidak memberatkan isi koper.

Beragam Pilihan Objek Wisata

Banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi sesuai minat. Hainan memiliki keindahan alam dan budaya. Di sini kita bisa berekreasi menjelajah laut dan pantai, pegunungan serta sungai, juga menjajal adat-istiadat etnis minoritas. Menariknya, terdapat pula sejumlah lokasi yang ramah pelancong Indonesia.

Kuliner Lezat

Hainan memiliki deretan kuliner Cina yang menggoda perut untuk menyantap. Bukan hanya jenis makanan Chinese Food saja tapi juga ada Jepang dan Western. Apalagi bagi kita yang muslim mencari makanan halal tidak sulit sebab ada restoran halal yang menyajikan beragam variasi makanan muslim dengan harga yang masuk akal di daerah Haikou dan Sanya.

Transportasi dan Akomodasi Murah Hingga Mewah

Sejak tiba di Bandara Meilan, Haikou kita bisa langsung memilih transportasi yang tersedia. Lengkap! Stasiun kereta api, kapal laut maupun jalan tol di kota Haikou sudah terhubung dengan seluruh kota-kota yang ada di Cina maupun seluruh dunia. Haikou, Hainan sudah berkembang dari sebuah kota pengasingan menjadi kota wisata serta pusat bisnis. Banyak resort-resort mewah yang berada di pusat wisata dan pantai.

Mengunjungi Hainan yang eksotis dan cantik lebih mudah daripada yang kita pikirkan. Ibukota Hainan, Haikou merupakan kota terbesar di Hainan. Biaya hidup di Hainan tidak terlalu mahal. Oleh sebab itu Hainan Tour saat ini menjadi kekinian yang booming.

Masa sih?

Saat ini harga Hainan Tour tergantung musim dan durasi waktunya berapa hari. Normalnya sekitar 5 jutaan kita sudah bisa tour keliling Hainan selama 6 hari 4 malam. Waktu yang sangat fleksibel bagi kita untuk menghabiskan waktu cuti kerja. Bayangin saja harga Hainan Tour murah kita tinggal duduk manis, tiket pesawat, visa grup, lalu diantar ke berbagai tujuan wisata. Bahkan sudah termasuk untuk urusan makan selama perjalanan, semua sudah termasuk.

Kalau kamu bilang Hainan itu mahal dan jelek, bisa jadi kamu salah pilih tour-nya. Salah satu tour yang saya tahu dan reputasi baik adalah HIS Travel. Sebagai travel agent yang memiliki jaringan global dan tersebar di 60 negara dari 130 kota besar yang terdiri dari 190 cabang, HIS banyak sekali membantu para traveler untuk mewujudkan mimpi liburan ke luar negeri termasuk liburan ke Hainan!

Apa yang ditawarkan HIS Travel Indonesia untuk paket tour ke Hainan?

Pastinya kalian akan diajak mengunjungi destinasi menarik yang ada di Hainan dengan layanan terbaik sepanjang perjalanan, antara lain :

  • Makan (pagi, siang, malam) sesuai dengan tercantum di jadwal.
  • Transportasi nyaman juga akan merasakan naik bullet train saat ke Qionghai.
  • Menginap di hotel berbintang 4 lokal.
  • Diajak untuk mengunjungi toko oleh-oleh seperti Bamboo Charcoal, Fish Oil, Latex Shop & Baoshutang. Bahkan kamu juga bisa membeli obat-obat herbal Cina yang terkenal ampuh.

Berpengalaman seperti HIS Travel memang menjadi pilihan sempurna bagi kita yang ingin sejenak melepaskan penat dari ibukota. Banyak kelebihan yang dimiliki oleh HIS Travel, antara lain :

Kenyamanan Servis

HIS memiliki jaringan global yang bisa memudahkan kita saat melakukan perjalanan di seluruh dunia. Bertanggungjawab untuk mendukung kebutuhan perjalanan mulai saat reservasi hingga kembali ke tanah air.

Dukungan Jaringan Global

HIS memiliki staf yang siap melayani keperluan perjalanan mulai dari rekomendasi perjalanan, informasi destinasi tujuan, hingga reservasi. Saat ini memiliki lebih dari 19 cabang di seluruh JABODETABEK, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.

Unggul Dalam Individual Tour

Memiliki berbagai macam paket tour, optional tour, tiket pesawat, hotel, theme park, transportasi, serta pengurusan visa untuk mendukung kemudahan perjalanan. Ada banyak pilihan destinasi wisata yang ditawarkan oleh HIS Travel.

Harga Terbaik

Salah satu travel agent terbaik di Jepang yang melayani lebih dari 30 tahun. HIS menawarkan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun. Inilah menjadi bukti lewat banyak meraih penghargaan menjadi bukti pelayanan terbaik dari HIS Travel.

Terletak di garis lintang yang sama dengan Hawaii, kita bisa menikmati iklim tropis sepanjang tahun. Tentu tidak sulit beradaptasi dengan cuaca. Selain itu, jalan-jalan Hainan bisa membuat berubah pandangan kita tentang lalu lintas Cina yang padat. Transportasi yang tidak hanya nyaman tapi juga memiliki daya tarik yang indah sambil melewati pedesaan yang tenang dan tanaman hijau yang kaya. Hainan dijamin akan memukau kamu.

Apa yang kamu tunggu? Pesan tiket penerbangan kamu ke Hainan sekarang! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi situs web HIS Travel atau media sosial mereka.

Iklan