Idea

Pewarna Alami dalam Makanan Kemasan, apa sih pentingnya?

heavenly blush

Makanan yang kita konsumsi sangat beragam. Keragaman makanan ini muncul agar memenuhi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh kita. Adapun zat gizi yang diperlukan oleh tubuh meliputi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Nah, sekarang bagaimana agar zat gizi tersebut seimbang terpenuhi untuk tubuh kita maka makanan yang kita konsumsi juga harus beragam.

Ternyata, selain keragaman makanan yang kita konsumsi ada pula keragaman dalam pengolahan makanan. Dalam hal pengolahan makanan, tak jarang penjual sering menambahkan bahan tambahan (aditif). Tujuan penambahan aditif makanan antara lain untuk meningkatkan cita rasa, memberikan warna, memperbaiki tekstur, menambah aroma dan memperpanjang daya simpan atau keawetan.

Penambahan zat aditif ini tentunya akan berisiko untuk jangka panjang bagi kesehatan kita.

Bijak Memilih Pewarna Makanan

Saya pemilih dalam makanan, bahkan dalam pekerjaan sebagai fotografer makanan baik kebutuhan komersial maupun promosi. Biasanya saya bertanya ke penjual, jenis pewarna makanan apa yang digunakan.

Apabila menggunakan pewarna makanan berbahaya tentu saja saya menolak, karena itu akan merugikan bagi kesehatan. Di luar sana, meski saat ini ada pewarna sintetis yang aman untuk makanan, namun oknum yang menggunakan bahan yang tidak layak dikonsumsi masih banyak (non food grade).

makanan khas melayu
Aneka makanan enak dengan warna yang menggoda

Penambahan pewarna makanan sendiri bertujuan untuk memberikan warna yang lebih menarik. Sehingga penggunaan pewarna makanan cara praktis.

Warna makanan yang meriah dan penuh warna, dapat membuat siapa saja yang melihat tertarik untuk menyantapnya. Tapi sayangnya, penggunaan pewarna makanan berbahan kimia dapat mengganggu kesehatan. Daripada menjadikan kesehatan sebagai taruhan, bukannya lebih baik memilih bahan pewarna makanan yang alami dan aman.

Apakah Bahan Pewarna Buatan Berbahaya bagi Kesehatan?

Saya pernah bertanya ke dokter tentang bahaya mengkonsumsi makanan dengan pewarna makanan sintetis. Serta teman yang berjualan makanan yang menggunakan pewarna alami.

Bahan pewarna buatan dapat membahayakan kesehatan bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, atau dalam jumlah kecil namun dikonsumsi secara terus-menerus dalam jangka waktu lama.

color food
Ilustrasi anak dalam memilih makanan dikonsumsi. Gambar : Freepik

Ada penelitian di Universitas Southampton, Inggris selatan, merekrut 153 balita berumur tiga tahun dan 144 anak-anak berumur delapan atau sembilan tahun.

Keduanya dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberi juice buah biasa dan yang lain diberi minuman yang rasa dan tampaknya sama dengan juice, padahal mengandung pengawet. Kedua minuman itu tanpa keterangan apapun dan tersegel.

Kelompok “pengawet” dibagi ke dalam dua grup. Satu grup diberi “Campuran A,” minuman yang mengandung pewarna buatan yang biasa ada dalam permen. Grup lainnya diberi “Campuran B”, dengan tingkat pewarna yang lebih tinggi.

Selama penelitian, para peneliti minta orangtua dan guru menilai anak-anak mereka dalam segi overaktif, impulsif dan perilaku kurang memperhatikan, yang semuanya adalah ciri-ciri hiperaktif.

Hasilnya cukup mencengangkan, studi Southampton menunjukkan bahwa ketika anak-anak diberi minuman yang mengandung campuran pewarna, dalam beberapa kasus perilaku mereka jauh lebih hiperaktif.

Cara Mendapatkan Pewarna Makanan Alami

Pewarna alami diperoleh dari tanaman yang berupa pigmen.

Tanaman yang dapat digunakan sebagai pewarna alami, mulai dari bagian umbi (bit merah, wortel, ketela ungu), daun (bayam dan daun jati), buah (anggur, stroberi, buah naga), batang (kayu secang, kayu manis), bunga (bunga telang, bunga kesumba), biji (angkak, beras merah), rimpang (kunyit).

bunga telang
Tanaman bunga Telang di teras rumah saya.

Pewarna alami memiliki manfaat kesehatan karena berperan sebagai sumber vitamin, antioksidan, dan antimikroba. Antioksidan dapat berperan sebagai zat anti kanker dan melawan radikal bebas di dalam tubuh yang menyebabkan berbagai penyakit.

Umumnya, pigmen-pigmen ini bersifat tidak cukup stabil terhadap panas, cahaya, dan pH tertentu. Walau begitu, pewarna alami umumnya aman dan tidak menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Teman saya yang membuat mie sehat untuk dikonsumsi menggunakan berbagai bahan sebagai pewarna alami. Misalnya buah naga untuk mendapatkan warna ungu, lalu warna hijau dari pokcoy. Jika ingin mendapatkan warna orange bisa menggunakan wortel. 

Di rumah saya memiliki tanaman bunga telang yang sering saya nikmati sebagai teh dan pemanis warna. Tinggal masukkan beberapa helai bunga lalu diseduh dengan air hangat, dalam beberapa detik warna air pun berubah.

Heavenly Blush Yogurt Blackcurrant

Dalam hal makanan, pigmen yang paling umum digunakan dalam industri makanan adalah beta karoten yang diperoleh dari beberapa mikroalga dan cyanobacteria. Selain itu ada Canthaxanthin yang merupakan pigmen berwarna oranye-pink sampai merah gelap, termasuk karotenoid digunakan untuk mewarnai keju.

Nah, ada salah satu minuman yogurt favoritku disamping manfaat yogurt sehat juga berkualitas seperti Heavenly Blush Yogurt Blackcurrant, minuman yogurt yang dilengkapi dengan serat prebiotik.

Sudah lama saya mengenal produk Heavenly Blush ini karena merupakan minuman yogurt dengan berbagai aneka rasa, terlebih dengan rasa buah blackcurrant yang enak, mengandung unsur kalsium yang tinggi, rendah lemak, dan rendah gula.

Melihat Jumlah Kalori Kemasan

Kalian saat membeli makanan atau minuman kemasan, apa suka melihat kandungannya terlebih dahulu?

Biasanya sebelum konsumsi makanan, saya suka melihat informasi bahan kandungan dibalik kemasan.

Misalnya minuman yang saya konsumsi ini terdapat 90 kalori dalam 1 porsi Heavenly Blush Yogurt Blackcurrant. Terdiri dari 18% lemak, 65% karbohidrat, dan 16% protein. Selain itu juga dilengkapi dengan serat prebiotik (Inulin dan GOS) dan dikemas secara aseptik untuk memastikan kualitas yogurt yang sempurna untuk dikonsumsi sehari-hari.

Heavenly Blush dibuat dengan warna-warna alami dari sumber alami, tidak seperti pewarna buatan yang dibuat dengan minyak bumi yang berasal dari bahan kimia. Sumber warna alami termasuk tanaman dan sayuran seperti wortel, bit merah, ubi jalar, spirulina dan banyak lagi.

Komposisi bahan yang terkandung di dalam yogurt heavenly blush berkhasiat menjaga kesehatan tubuh, terutama pencernaan, kulit, dan tulang. Nggak percaya? Coba saja rasakan manfaat heavenly blush Yogurt Blackcurrant untuk kesehatan tubuhmu setiap hari.

Penutup

heavenly blush blackcurrant

Tren konsumsi makanan sehat dapat dilihat dari banyaknya orang yang mulai memilih mengkonsumsi makanan alami, dan tidak ditambah dengan bahan tambahan yang bukan dari bahan alami. Pola konsumsi ini biasanya dilakukan untuk buah dan sayur, dengan tujuan untuk mendapatkan senyawa menyehatkan dalam jumlah yang masih maksimal.

Masing-masing warna dalam bahan makanan alami punya kandungan nutrisi yang berbeda. Misalnya warna hijau pada sayuran mengandung lutein, vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Atau warna merah pada jambu, anggur dan semangka yang mengandung lycopene dapat membantu melindungi tubuh dari serangan virus.

Kepedulian kita terhadap kesehatan dan lingkungan menjadikan pewarna alami diminati dan digunakan dalam berbagai industri makanan.

Sama seperti minuman yogurt yang enak dari Heavenly Blush bisa kamu dapatkan di minimarket terdekat. Dan, selalu konsumsi dalam kondisi dingin biar lebih nikmat!

33 comments on “Pewarna Alami dalam Makanan Kemasan, apa sih pentingnya?

  1. Dari dulu suka diajarkan pakai bahan alami dari tumbuh2an.
    Kalau pakai yang alami jelas lebih sehat ya kak

  2. Salah satu jenama yoghurt yang cocok banget dilidahku ini. Rasanya tidak terlalu bold (cenderung light) dengan kekentalan yang pas. Baru tahu juga kalau mereka sangat menjaga komposisi pewarnaan di produknya. Recommend lah kalau begitu.

  3. Udah lama nggak minum Heaven Blush. Asem-asem gimana gitu. Kalo dituang ke gelas pasti tambah asik ya karena keliatan warnanya yang jelas dari pewarna makanan yang terjamin kesehatannya.

  4. Ntah kenapa aku gak cocok dengan Yoghurt yang dijual di jalan-jalan itu. Atau kebetulan aja pas pertama icip eh nemunya yang gak oke. Nah Yugoruto ini nampak enak. Kapan-kapan beli ah, dan makan campur buah segar. Yum!

  5. Patut disyukuri Indonesia subur dan kaya banget dengan tumbuhan yang bisa di manfaatkan dari seluruh tanaman tersebut. bahan pewarna alami yang biasa di pakai di rumah Mpo yaitu kunyit. Tapi jangan terlalu banyak karena rasanya getir dan bagus penampilan makanan yang diberi pewatna alami

  6. Yoghurt kaporit aku bangeeetttt!
    Rasanya suegerr, ngga eneg samsek.
    dulu pernah ngeborong yoghurt enih demi ikutan quiz berhadiah ke Yunani, tapi tidak menang wkwkwkwk
    *numpang curcol dikit*

  7. Nah, iya, Kak. Bunga telang ini bisa jadi pewarna alami yang aman. Agak takut juga saya lihat nasi warna biru tadi di foto. Ditambahin apa itu, ya? Yoghurt ini sering saya lihat pas belanja di supermarket, cuman belum pernah beli. Baca ini jadi pengen cobain produknya Heavenly Blush

  8. Saya pernah dikasi bunga telang kering dalam jar, ternyata ga awet ya?
    Warna cairan jadi kehitaman. Kepaksa saya buang deh.
    Eniwei, saya memilih ga pakai pewarna saat bikin kue
    Tapi untuk minuman emang harus pakai ya? Untuk membedakan yang satu dengan yang lainnya

    • Iya, kalau bunga telangnya sudah dipetik biasanya cepat layu. Didalam kulkas mungkin 3 hari.

      Minuman biasanya dikasih buat daya tarik warna, mbak.

  9. Memang paling enak pakai pewarna makanan alami ya, lebih enak dan sehat, kayak nasi kuning, atau kue pandan pakai daun suji atau daun pandan.
    Lebih wangi pula.

    Btw Heavenly Blush ini favorit saya banget loh 🙂

  10. Diah Woro Susanti

    Dari jaman dulu orang orang tua kita juga menggunakan pewarna alami seperti kunyit, daun suji dan pandan, secang dll.

    Syukurlah sekarang udha makin banyak org yg menggiatkan pola hidup dan makan sehat dgn memilih yg alami. Salam sehat ☺️

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: