kuota data unlimited
featured

Internet Sekarang Jadi Kebutuhan Primer? Berarti Butuh Yang UNLIMITED

Kuota internet UNLIMITED saat ini paling banyak dicari selama pandemi. Kita semua butuh akses internet yang lancar tanpa tapi.


Koneksi internet memang saat ini menjadi salah satu kebutuhan primer selama masa pandemi Covid-19.

Saat ini kita mulai terbiasa dengan beragam aplikasi video konferensi. Mulai dari Google Classroom, Webex, Zoom, Telegram atau WA Group untuk melakukan video konferensi. Bahkan saat ini pun dituntut untuk serba cepat dalam merespon.

Bagi kita yang telah terbiasa terus terhubung dengan internet, tentunya kuota internet sangat dibutuhkan saat ini. Saya pernah bertanya ke teman yang anaknya masih sekolah SD. Berapa biaya dan kuota yang diperlukan untuk pembelajaran jarak jauh?

Kuota Data adalah Kebutuhan Primer Saat Ini

Selama pandemi Covid-19 kita semua jaga diri untuk tetap sehat. Banyak instansi sekolah maupun kantor akhirnya menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dan bekerja dari rumah.

Satu sore saya tidak sengaja berjumpa dengan sosok guru semasa SMA. Dia sudah terlihat tidak muda lagi karena kami memang tidak bertemu sekitar 15 tahun lamanya.

“Bapak juga merasa kasihan sama anak-anak itu, makanya bapak juga nggak mau terlalu ketat. Yang penting mereka kumpul tugas. Pernah ada yang memang sampai kehabisan kuota,” seru guru saya.

“Lah iya pak, kita aja yang kerja di rumah bisa jenuh apalagi mereka yang setiap hari dikasih tugas PR kan,” timpal saya sambil menyeruput kopi.

Saya mendapat gambaran bagaimana dari sisi guru di sekolah untuk cepat beradaptasi dengan teknologi. Teknologi tanpa internet juga percuma.

Cara pembelajaran jarak jauh menjadi kebiasaan baru. Selain itu juga membuat penggunaan kuota internet semakin besar, biaya yang dikeluarkan pun tidak sedikit.

Pembelian kuota internet ini menjadi masalah baru bagi para murid di sekolah, termasuk kita sebagai pekerja digital. Alasannya sederhana, sebab tidak semua orang di tanah air ini dalam kondisi perekonomian yang mampu.

Kuota Besar, Koneksi Lancar

Konten video memang lebih seru untuk dinikmati, baik sebagai hiburan, informasi maupun pendidikan.

Setiap harinya kita bisa menonton video-video yang sedang trending, atau menunggu update konten dari chanel-chanel yang kita subscribe.

Belum lagi kalau ada tugas-tugas sekolah yang mengharuskan kita untuk menonton tayangan lewat platform seperti Youtube. Bukan mengherankan lagi kalau jika kuota data kita banyak habis untuk aplikasi video saja, kecuali kamu menggunakan data unlimited. Kalau nggak ya siap-siap khawatir bakal lebih cepat kehabisan data internet.

Menghitung Besar Kuota Internet

Saya pernah membaca sebuah artikel media online, ternyata sebagai pengguna internet sering merasa kuota datanya kurang cukup untuk menonton video yang disukainya. Termasuk juga pengguna kurang tahu berapa kecepatan internet minimal yang dibutuhkan agar tampil dengan baik di setiap resolusi yang dipilih.

Korelasinya makin tinggi resolusi pixel tentu akan semakin tajam videonya. Tapi semakin besar pula kuota data yang dipakai. Berdasarkan informasi, ada kecepatan minimal yang dibutuhkan agar nyaman menonton video YouTube.

Resolusi Video YouTube

Kebutuhan Kecepatan Internet

2160p (4K)

2160p

20 Mbps
1440p 8,9 Mbps
1080p (Full HD) 3,77 Mbps
720p (HD) 3 Mbps
480p 1 Mbps
360p 721 Kbps
240p 377 Kbps
144p 80 Kbps

Setelah kita mengetahui berapa kecepatan internet yang dibutuhkan, tentu saja kita perlu mengetahui besarnya kuota data yang terpakai setiap kali mengakses konten digital seperti video.

RESOLUSI 1 MENIT MENONTON VIDEO 1 JAM MENONTON VIDEO
240p 1,23 MB 150 MB
360p 2,91 MB 250 MB
480p 5,50 MB 400 MB
720p 8,57 MB 800 MB – 900 MB
1080p 15,96 MB 1,2 GB – 1,4 GB

Lamanya durasi menonton mempengaruhi besarnya kuota yang akan dihabiskan. Apalagi kalau saat menonton bisa bebas buffering sehingga tidak ada jeda.

Kuota Data Internet yang Hemat

Sebenarnya harga kuota sekarang sudah murah dibanding dulu kala. Kenapa? karena tiap provider ingin memberikan pengalaman baik untuk para pengguna sehingga menawarkan banyak promo-promo menarik.

Obrolan saya dengan guru SMA tersebut pun mencoba mencari solusi dari situasi yang kita hadapi bersama.

Mulai dari mencari operator seluler tertentu di Indonesia yang menyediakan paket berisi kuota data besar hingga kuota unlimited yang memberikan manfaat-manfaat sesuai kebutuhan.

Penggunaan kuota internet saya sejak lebih banyak di rumah saja, mengerjakan semua pekerjaan digital di depan laptop bisa bertambah dua kali lipat dari biasanya per bulan sekitar 30 – 45 GB. Kuota internet ini tentunya dipengaruhi seperti saya juga membutuhkan konten hiburan.

Aplikasi telekonferensi juga ikut meningkat penggunaannya. Apabila menggunakan bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan saat telekonferensi.

Sedangkan, aplikasi yang menyedot bandwidth besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik.

Pilihan Paket Hemat smartfren UNLIMITED

harga smartfren unlimited
Cobain paket smartfren Unlimited yuk!

Seperti diungkap dari Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi peningkatan penggunaan internet setelah penerapan kebijakan work from home (WFH). Kebutuhan pulsa untuk internet bertambah setelah pandemi.

Apabila tidak dikendalikan, pola konsumsi data ini akan terus menguras habis dompet konsumen.

Saya melihat beberapa operator telekomunikasi di tanah air telah menyediakan paket data internet dengan tarif terjangkau. Misalnya smartfren yang mengeluarkan smartfren UNLIMITED.

Produk ini cocok bagi yang butuh untuk selalu terkoneksi ke internet, tapi tak mau khawatir kehabisan kuota. Maka disediakan “smartfren UNLIMITED” yang dapat digunakan 24 jam di semua aplikasi.

Atur Kebutuhan Kuota Lewat Aplikasi MySmartfren

smartfren unlimited
Beneran unlimited tanpa tapi

Pengguna memilih sendiri paket yang dibutuhkannya menjadi ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh aplikasi buatan operator lainnya. Semua fitur dan menu yang tersedia cukup responsif dan informasi yang disajikan juga mendetail.

Aplikasi ini memiliki tiga fungsi utama, di antaranya:

  • Memberikan kemudahan dalam melakukan pemeriksaan kuota internet dan pulsa.
  • Memudahkan pengguna dalam melakukan pembelian pulsa dan internet.
  • Memberikan reward berupa poin yang bisa ditukarkan dengan beberapa pembelian layanan.

Fitur MySmartfren ini menyediakan daftar paket internet dari smartfren yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan. Pada fitur ini juga kita bisa melakukan pembelian tambahan kuota internet, telepon, maupun SMS.

Menariknya, setiap melakukan transaksi di MySmartfren, kita akan mendapatkan poin. Tidak heran, smartfren menjadi pilihan operator terbaik di Indonesia atas pelayanan yang memuaskan.

Dengan kemudahan yang diberikan, kita sebagai pelanggan diuntungkan dalam promo smartfren dan hal fleksibilitas. Melakukan pengecekan pulsa atau paket yang sedang dipilih menjadi lebih mudah dalam satu kali klik.

Benefit Pakai smartfren UNLIMITED

Kebutuhan komunikasi kita masing-masing berbeda. Lewat aplikasi MySmartfren pun menjadi one stop application yang memberikan semua layanan smartfren. Mulai dari informasi paket yang sedang digunakan, mengaktifkan paket baru, mencari informasi layanan, termasuk beragam layanan internet dan promo terbaru yang dapat dinikmati melalui smartphone.

1. Akses Bebas Untuk Semua

Keunggulan paket smartfren UNLIMITED yang ditawarkan mulai dari mendapatkan data kuota internet unlimited, bisa nelpon sepuasnya ke sesama provider, dan setelah kuota utama habis akses internet pun masih bisa digunakan di semua aplikasi.

Tentunya tidak membuat kamu mati gaya ketika sedang kehabisan paket data utama

Dengan memanfaatkan smartfren UNLIMITED ini bisa dipakai untuk internetan apa saja, termasuk YouTube, sosial media, email, WhatsApp, dan lainnya.

Apalagi saat ini kartu smartfren UNLIMITED dapat digunakan selama 24 jam di semua aplikasi.

2. Banyak Keuntungan Menarik

Paket smartfren UNLIMITED ini memiliki keuntungan gratis nelpon sesama smartfren 28 hari, lalu ke semua operator 10 menit.

Manfaat gratis nelpon ini bisa dilakukan juga ke semua operator selama 10 menit. Bukan hanya itu, untuk batasan waktu dalam 1 bulan itu tanpa batasan waktu. Layanan full 4G dalam 1 bulan bisa digunakan sepuasnya sesukanya. Internet jadi menyenangkan karena beneran 24 jam dalam 1 bulan untuk semua aplikasi.

Menurutku cocok buat kamu yang punya komunitas sesama pengguna smartfren sehingga saat koneksi sedang tidak lancar maka bisa memanfaatkan telepon langsung. Apalagi kalau yang di sekolah, guru pun bisa inisiatif menelpon langsung ke siswa-siswanya untuk bertanya kendala.

Sering kali kendala yang terjadi misalnya kuota internet habis atau listrik di rumah sedang padam.

3. Harga Paket Kompetitif

Boleh dibilang saat ini harga paket data cukup terjangkau. Kamu bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan kuota internet per bulannya.

Paket smartfren UNLIMITED tersedia mulai dari Rp 50 ribu dan Rp 80 ribu. Kedua paket ini memiliki fasilitas dan manfaat yang sama. Lebih lengkapnya bisa cek disini ya.

Keuntungannya mau sebanyak atau sesering apapun terhubung ke internet, bayarnya tetap segitu-gitu saja. Kalian pun juga bisa temukan kebutuhan kuota sesuai dengan kebutuhan melalui website smartfren. Di sini ada banyak program Super 4G Unlimited Plan.

#UnlimitedTanpaTapi

smartfren unlimited murah
Bekerja dari rumah dengan koneksi smartfren UNLIMITED

Saya rasa CLBK kembali dengan smartfren UNLIMITED. Kalau dulu menggunakan smartfren sebagai modem untuk terhubung dengan internet. Ternyata sejak berubah ke jaringan 4G membuat lebih fleksibel bisa masuk ke semua jenis smartphone.

Selama menggunakan paket smartfren UNLIMITED untuk percobaan kerja dari rumah, saya merasa smartfren sudah menjadi provider 4G yang cukup fleksibel sesuai kebutuhan pengguna.

Bahkan sekarang fleksibel dalam mengatur kuota data sesuai yang dibutuhkan dalam waktu 24 jam 28 hari, tanpa takut kuota habis di tengah bulan.

Dengan smartfren UNLIMITED ini kalian bebas mau ngapain aja. Tanpa khawatir, tanpa takut, tanpa tapi. #UnlimitedTanpaTapi.

8 comments on “Internet Sekarang Jadi Kebutuhan Primer? Berarti Butuh Yang UNLIMITED

  1. bener banget kak! apalagi sering menghabiskan waktu di rumah pasti internet sangat menjadi kebutuhan harian 😀

  2. koneksi internet memang sudah jadi kebutuhan warga.. makanya masih kesal saat ada yang bilang “internet cepat buat apa” di mana di tangan dia lah keadaan bisa diubah, tapi justru malah.. ah, sudahlah.. 😌

  3. Aprillia Ekasari

    Yang namanya unlimited emang seharusnya tanpa “tapi” yaaaa hehe.
    Yes, inet nih penting sekali krn di musim wabah segalanya kalau bisa dikerjakan dari rumah aja, ya sekolah, ya kerja, dll

Silahkan tinggalkan komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: