Fleksibel Bekerja dan Berkarya Digital Marketing Bersama ASUS Chromebook Flip C434

Pandemi global, kerusuhan sosial yang meluas, dan peristiwa politik yang terpolarisasi. Sepanjang tahun 2020 ini saya merasa kaca spion hampir dekat, saya pun mulai belajar hal baru seperti digital marketing.

Saya pikir ini layak dicoba!

***

Digital Marketing Merupakan Masa Depan

Hari ini ada lebih dari 4,7 miliar penduduk di dunia yang sudah terhubung ke internet. Menurut situs internetlivestats, jumah ini akan semakin bertambah setiap harinya.

Sebagai orang yang juga terjun di dunia digital marketing. Menurut saya, belajar digital marketing merupakan investasi masa depan yang telah saya prediksi 10 tahun lalu saat internet baru booming. Kita melihat ada banyak pekerjaan yang telah digantikan oleh digital.

Sadar atau tidak kalau dua atau tiga tahun lalu, topik Artificial Intelligence (AI) merupakan topik yang ramai diperbincangkan. Banyak perusahaan yang menggunakan data AI untuk menunjang marketing.

data internet 2020 hootsuite
Data pengguna internet tahun 2020 dari Hootsuite

Kombinasi AI dan digital marketing ini juga membuat perubahan perilaku pengguna. Mulai dari terlihat orang-orang sibuk bekerja di depan laptop mereka untuk membuat konten, menyusun strategi promosi dan lainnya.

Apalagi penetrasi internet saat ini mencapai lebih dari 25 juta dari tahun sebelumnya. Sesuai data dari Hootsuite, pengguna banyak menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial, menonton streaming film dan musik, bermain game, bekerja dan lainnya.

Kita sendiri, apa yang telah dilakukan dengan dunia digital dan internet? Banyak!

Beralih ke Pemasaran Digital

Semakin terjangkaunya internet, tentunya menjadi peluang bagi pelaku usaha bahwa masyarakat kita sudah masuk ke era digital. Maka, pelaku usaha harus segera mengubah pola marketingnya. Perubahan tren ini sebenarnya juga peluang yang menguntungkan di akhir.

Perubahan pola marketing ini sekarang dikenal sebagai Digital Marketing, sebuah strategi pemasaran produk atau jasa yang memanfaatkan media digital.

Maka digital marketing bukan penjualan seperti yang menjadi salah kaprah banyak orang. Penjualan akan terjadi saat pengguna merasa manfaat.

Tujuannya adalah bagaimana bisa menjangkau sebanyak-banyaknya target konsumen secara efektif dan efisien. Agar nanti bisa menjadi calon pengguna.

7 Hal Dasar Belajar Digital Marketing

Saya senang sekali saat mengikuti rangkaian webinar hasil kerjasama Ibu-Ibu Doyan Nulis dan ASUS. Salah satu tema webinar yaitu mengenai digital marketing dan keamanan data. Mendapat pengalaman langsung dari pemateri Bapak Heri Ardin, Founder socialselling.id, Partner & Director ADVIKA.id, dan pakar digital marketing berpengalaman selama 20 tahun.

Lalu, saya mencocokkan dengan apa yang sudah pernah saya pelajari mengenai digital marketing untuk dipelajari. Saya menemukan benang merah untuk dibagikan dalam tulisan ini.

basic digital marketing
Ilmu dasar belajar Digital Marketing

Dalam pemasaran digital ada banyak sekali aktivitas yang dilakukan agar bisa bertahan dalam persaingan bisnis yang semakin sengit dan berdarah-darah.

Lewat materi yang dibagikan oleh Bapak Heri Ardin ini saya banyak mencatat ilmu baru dalam digital marketing. Salah satunya adalah membangun aset digital sebagai sarana komunikasi promosi berbasis digital.

Berbagai aset digital serta relevansi berikut ini bisa kita pelajari secara bertahap.

1. Content Marketing

Melakukan content marketing dengan baik adalah aset untuk jangka panjang dan investasi.

Sehingga dibutuhkan teknik pemasaran untuk mengkurasi dan mendistribusikan konten yang relevan, dan menarik agar melibatkan target pemirsa.

Apalagi di dalam content marketing tidak ada yang instan. Kita harus dapat membuat konten yang bisa membangun kepercayaan agar brand mempunyai impact yang dirasa.

Dua strategi konten yang akan sangat powerful dan masih relate hingga sekarang adalah storytelling dan visual storytelling.

“Social media is more about relationships, sociology, and psychology, not technology.”

Artinya ada proses bagaimana cara kita mendapatkan perhatian dari audiens. Menemukan sudut pandang seperti apa audiens pengen dan suka. Agar materi konten yang kita sampaikan bisa mengena di hati audiens.

78% orang menyukai cerita. Teknik storytelling ini tergantung bagaimana keluwesan kita dalam menyampaikan cerita agar atensi publik selalu membicarakan topik dari konten yang kita berikan. Bahasa kerennya sekarang adalah konten yang disajikan menjadi viral.

burger king campaign
Konten Burger King yang viral dan mengandung rasa empati

Salah satunya yang saya suka adalah seperti konten Burger King beberapa waktu lalu. Relatable dengan kondisi kita bersama saat ini. Burger King mengajak orang-orang untuk tetap saling tolong menolong di masa pandemi, tanpa melupakan usaha sejenis. Ternyata jenis konten seperti ini disukai oleh ratusan ribu orang karena membangkitkan rasa empati.

Sebaliknya, konten berupa visual storytelling lebih digunakan sebagai video. Bahkan Hootsuite menyebutkan 50% pengguna smartphone di Indonesia menggunakannya untuk menonton video.

data hootsuite 2020
Kegiatan yang dilakukan banyak orang di internet

Hal ini wajar mengingat kebiasaan orang Indonesia yang malas membaca sehingga harus diganti dengan konten video.

Konten video storytelling ini dapat dilakukan seperti melakukan live talkshow seperti yang kita rasakan satu tahun ini menggunakan Google Meet, Facebook Live, Instagram Live, atau webinar. Atau iklan-iklan yang mengandung rasa empatik orang saat melihat.

Teknik-teknik ini sering digunakan untuk bercerita dan menyampaikan gagasan secara langsung.

Tambahan dari Pak Heri Ardin, kalau konten butuh penggabungan elemen bisnis, dari peluang, client, kemungkinan partnership, challenges, penggunaan platform akan menghasilkan ide brilian.

2. SEO (Search Engine Optimizer)

Jika usaha kita ingin lebih banyak menjangkau target dan pasar, tentunya wajib memiliki website atau blog.

SEO sendiri cara agar konten yang kita buat bisa masuk pada mesin pencarian seperti Google saat ini. Banyak orang akan menemukan jawaban dari permasalahan.

Bayangkan saat pengguna mencari dengan kata kunci yang tepat dan menuju ke halaman website kamu? Berapa banyak kunjungan yang bisa kita dapatkan.

Teknik SEO sendiri tidak bisa langsung sekaligus, karena berproses dengan waktu dan jumlah banyaknya kompetitor yang tersebar di internet.

Artikel yang masuk Google halaman pertama

Kita bisa melakukan riset kata kunci menggunakan Google Trends atau Google Keyword Planner. Saya sendiri masih belajar dalam menerapkan teknik SEO untuk blog ini.

Setahu saya, ada orang yang menerapkan teknik SEO Black Hat dan White Hat. Tentu saja keduanya ini adalah pilihan. Kalau saya lebih menyukai menerapkan teknik SEO White Hat karena menjaga audiens sangat sulit. Konten yang kita buat harus disesuaikan apa yang diinginkan dan dilakukan secara bertahap.

Misalnya tulisan saya mengenai panduan berobat ke Malaka yang pernah saya buat tiga tahun lalu masih berada di posisi halaman pertama Google.

Hal ini membuktikan kalau konten merupakan hal yang utama sebelum melakukan SEO.

3. Email Marketing

Salah satu aset yang bisa menjangkau pengguna secara langsung adalah menggunakan email marketing.

Beberapa brand memanfaatkan email marketing untuk personal branding dan mengenalkan produk mereka. Tingkat konversi yang cukup baik untuk mengubah dari costumer menjadi consumer.

Kita bisa mengirimkan info-info mengenai produk atau jasa agar lebih dikenal banyak orang.

4. SEM (Search Engine Marketing)

Berbeda dengan SEO yang bersifat gratis, maka jika kita menggunakan SEM harus mengeluarkan uang lewat beriklan. Dan, biayanya tentu lebih mahal.

Keuntungan yang didapat tentu saja bisa lebih cepat dikenal oleh mesin pencari seperti Google, Yandex, Bing, dan lainnya. Semakin besar biaya yang kita gunakan, maka semakin luas cakupan jangkauan iklan.

Saya melihat perusahaan-perusahaan besar sudah menerapkan SEM agar kata kunci yang dibidik bisa lebih unggul di mesin pencari.

5. Social Media Marketing

Mengikuti trend kalau semua orang pasti memainkan media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru.

Apalagi saat ini sudah banyak bermunculan orang-orang yang sering disebut sebagai endorser, blogger, influencer, selebgram atau youtuber mereka sering mempromosikan produk di media sosial.

Dan, sekitar 50% orang akan membeli produk berdasarkan rekomendasi di media sosial. Sehingga kita bisa melihat kalau pemasaran melakukan social media marketing ampuh.

Dari banyaknya media sosial saat ini, tentunya kita juga harus memilah mana saluran media sosial yang efektif untuk digunakan.

Salah satunya dengan menemukan target audience yang tepat. Bayangkan kalau kita menawarkan produk susu formula anak yang seharusnya ditujukan untuk ibu-ibu, tapi yang melihat adalah pria. Tentu tidak tepat sasaran.

Untuk menemukan audience yang sesuai, kita bisa mencocokan dengan demografis, psikografis, media journey, tren, serta ketertarikan pengguna. Memang membutuhkan lebih banyak survei atau mengikuti trending topik saat ini.

Tujuannya agar konten yang kita bagikan lewat media sosial memiliki nilai untuk follower.

6. Landing Page

Landing page berbeda dengan website. Fungsi dari landing page ini ditujukan untuk mendongkrak trafik kunjungan untuk penjualan.

Karena tampilannya merupakan one single page, maka semua informasi dimasukan ke dalam satu halaman. Selain itu penggunaan call to action juga harus dipertimbangkan agar orang bisa langsung melakukan transaksi.

7. Kemampuan Analisa Data

Ini merupakan poin akhir untuk kita yang ingin siap menghadapi era kehidupan baru di dunia digital marketing. Apalagi untuk memasuki tahun 2021, ternyata ada banyak kemampuan yang harus kita imbangi.

Kita tidak hanya mempelajari sisi hard skill, tapi juga soft skill perlu diasah. Salah satunya kemampuan menganalisis data.

Terjun ke dunia digital marketing, skill menganalisis data merupakan satu kemampuan yang perlu diasah. Kita harus menerjemahkan data-data dari yang ditampilkan dari Google Analytics, Instagram Insight ataupun Ads. Data-data untuk mengevaluasi kinerja.

Kiat Menyusun Strategi Digital Marketing

strategy digital marketing
Strategi menyusun digital marketing

Dari masing-masing aset digital yang dimiliki dapat dikelompokkan kembali strategi seperti apa yang akan digunakan. Penyusunan strategi di awal tentunya akan mempermudah untuk mencapai tujuan.

Ada 3 hal yang dapat kita lakukan saat menentukan strategi, yaitu :

1) Persona

Kita menentukan calon pelanggan seperti apa yang cocok dengan produk kita. Sehingga produk atau campaign yang kita jalankan bisa menemukan sasaran yang tepat. Imajinasikan bagaimana karakter persona yang dibidik, mulai dari jenis kelamin, umur, pendidikan, status pekerjaan, penghasilan, status pernikahan, hobi, makanan favorit, media sosial apa saja yang digunakan, sampai bagaimana cara ia mengetahui produk kita.

2) Buyer Journey

Merupakan proses yang dilakukan oleh calon konsumen dalam hal memutuskan membeli sebuah produk. Umumnya meraka akan mengali dan mengevaluasi.

Dalam tahap proses ini akan melalui 3 tahapan yaitu awareness, consideration, dan decision.

Tahap Awareness merupakan tahap calon konsumen mulai menyadari masalahnya harus mendapatkan solusi. Misalnya dia khawatir tentang keamanan data, maka dia bisa mencari laptop dengan fitur keamanan lebih baik.

Tahap Consideration merupakan tahap ketika calon konsumen mulai mencari informasi untuk eksplorasi solusi dari masalah yang dialami. Misalnya setelah dia mengetahui butuh laptop baru dengan fitur keamanan baik, maka dia mulai mencari beberapa opsi laptop baru.

Tahap Decision merupakan tahap akhir untuk menentukan pilihan dari jawaban yang sudah dia dapatkan.

Sehingga pemetaan strategi ini akan menyesuaikan dengan content marketing yang telah dirancang. Apalagi konsumen sekarang membeli produk juga mencari benefit yang didapat.

3) SMART Goals

Hal spesifik lainnya adalah menjabarkan seperti apa konsep SMART atau Specific, Measurable, Attainable, Realistic, Timely. Konsep SMART ini sangat efektif untuk menjadi tolak ukur. Contohnya bagaimana kita bisa mendapatkan angka follower yang baik dalam jangka waktu 6 bulan, atau mendapatkan leads menuju alamat website kita.

Biasanya dalam konsep SMART ini juga dimasukkan metriks pengukuran kinerja. Misalnya untuk media sosial kita bisa menggunakan impresi, jangkauan, dan komentar untuk konten yang bersifat brand awareness.

Tools Pendukung Menjalankan Digital Marketing

Jika ada orang yang bilang mengurus digital marketing adalah hal yang mudah. Justru mereka belum paham apa saja yang harus dikerjakan di dalamnya.

Memulai bisnis di dunia digital perlu persiapan yang matang, ada banyak sekali hal yang harus disiapkan dan dilakukan seperti tools digital marketing apa yang harus digunakan.

Oleh karena itu banyak sekali digital marketing tools di internet mulai dari yang gratis dan berbayar untuk memudahkan kita mengembangkan bisnis online.

Saya akan berbagi tools-tools apa saja yang biasanya digunakan dalam digital marketing.

1. Google Mail

Layanan email gratis dari Google ini sangat mumpuni untuk membantu kita terhubung dengan pekerjaan dan klien.

Ada banyak fitur seperti fitur pengelompokan untuk membagi email masuk agar tidak repot memisahkan saat tidak ingin dibaca atau segera dibalas.

Keunggulan lain yang dirasa menggunakan layanan email Google ini kita bisa langsung terhubung dan sinkronisasi dengan semua layanan Google lainnya. Baik itu aplikasi dari Google sendiri, perangkat gadget maupun media sosial.

2. Google Drive

Menyimpan data-data penting lewat cloud

Media penyimpanan berbasis cloud yang sangat saya andalkan. Saya bisa menyimpan data-data klien baik foto maupun dokumen dengan aman.

Kita bisa memilih kapasitas penyimpanan. File yang telah tersimpan pun bisa terintegrasi otomatis dengan fitur-fitur Google lainnya. Sehingga kalau ingin bekerja dari jarak jauh, kita tinggal membuka akses link kembali dari laptop atau smartphone.

3. Google Suites

Saya banyak memanfaatkan layanan Google Suites baik Doc, Sheets maupun Slides untuk keperluan kerja lebih tersusun. Apabila ingin langsung dilakukan revisi dengan klien pun bisa. 

Kolaborasi bekerja dengan orang lain
Saya sedang belajar membuka toko online dengan cara Dropship

Enaknya menggunakan Office Suites dari Google karena kita bisa memproteksi langsung dokumen sekaligus kolaborasi kerja dengan orang lain.

Google Sheets sendiri biasanya saya gunakan untuk membuat kalender konten. Sehingga dari mana pun saya bisa tetap membuka fasilitas ini.

4. Snapseed

Aplikasi pengolah gambar ini sangat direkomendasikan apabila kita ingin mengedit atau memperbaiki gambar sebelum diupload ke media sosial. Cara penggunaannya juga mudah.

5. Canva

Menggunakan Canva untuk membuat presentasi

Tahun ini, saya mengamati kalau Canva sedang naik daun karena banyak pengguna yang merasakan manfaat dari aplikasi ini. Kita bisa mengedit gambar untuk keperluan media sosial, infografis, hingga presentasi.

Apalagi cara penggunaannya juga mudah, kita bisa mengedit dengan mudah untuk mempercantik tampilan visual seperti tata letak, warna, ukuran font, jenis font serta bisa membuat desain dari awal tanpa template.

Canva menyediakan pilihan download untuk desain yang telah Anda buat seperti PNG, JPG, PDF Standard, PDF Print, Video (MP4), dan Animation (MP4/GIF).

Saya senang menggunakan Canva ini selain bisa digunakan dalam smartphone, juga bisa dalam versi website.

6. Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah platform yang disediakan oleh Google untuk menganalisa website. Biasanya Google Analytics digunakan untuk mencari data berupa trafik atau performa di dalam website.

Kita bisa melihat data keseluruhan website seperti halaman mana yang sering dikunjungi, halaman mana yang kurang diminati, di perangkat website sering diakses, di daerah mana yang sering mengakses website, berapa lama rata-rata pengunjung berada di halaman website dan mengetahui secara real time berapa orang yang sekarang mengakses website.

7. Google Search Console

Google Search Console bisa digunakan untuk memonitor bagaimana kinerja dan performa website di mesin pencari organik Google.

Google Search Console juga bisa mengetahui berapa website yang memberikan link ke website, berapa jumlah incoming link nya, mengetahui kinerja website di versi mobile dan analisis halaman website trafik tertinggi.

8. Hootsuite

Umumnya sebuah bisnis memiliki beberapa akun di banyak platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lainnya.

Tentu akan mengalami kerumitan untuk mengatur semuanya sendirian. Karena memiliki banyak akun sosial media bisnis untuk memudahkan dalam hal pengelolaan perlu adanya platform sosial media terpusat. Hootsuite adalah platform manajemen media sosial dalam satu platform. 

Kita bisa mendapatkan semua laporan analitik dan data umum seperti mentions, engagement, likes, share dan lain-lain.

9. Kinemaster

Sebuah aplikasi untuk mengedit video dengan mudah dan praktis. Apalagi aplikasi ini cenderung ringan sehingga kita bisa dengan mudah melakukan editing video untuk konten.

10. Creator Studio

Salah satu fitur dari Facebook yang membantu kita untuk mengelola konten Facebook dan Instagram secara langsung. Di dalam sini kita bisa mengatur jadwal posting serta mendapatkan insight posting. Menarik kan!

Manfaat Mengelola Digital Marketing

benefit digital marketing
Mengapa perlu digital marketing?

Terjun ke dunia digital marketing seperti berenang di dalam kolam. Harus cemplung ke dalam agar benar-benar merasakan bagaimana minum air kolam atau tersedak, hingga berhasil.

Ketika aset digital yang kita kelola memiliki perencanaan serta optimalisasi yang baik. Maka kita bisa merasakan manfaatnya :

– Biaya Promosi Lebih Hemat

Biaya promosi sering menjadi kendala untuk orang yang baru terjun ke digital marketing. Kalau biaya pembuatan satu baliho butuh jutaan. Maka, biaya tersebut bisa untuk investasi aset digital seperti memiliki website, jasa desain grafis dan lainnya.

– Jangkauan Luas

Tentunya keuntungan yang bisa dirasa adalah mendapatkan jangkauan pemasaran lebih luas.

Aset digital membuka peluang untuk mendapatkan brand awareness lebih luas, sehingga orang-orang bisa tahu terlebih dahulu.

– Terukur dan Mudah Dianalisa

Hal yang paling penting adalah kita bisa mengukur hasil dari penggunaan aset digital yang sudah ada. Banyak sekali matriks yang bisa digunakan untuk kita evaluasi kembali efektivitasnya.

Saya mempunyai cerita menarik seputar dunia digital marketing.

Teman saya memiliki bisnis warung makan Nasi Kapau. Warung nasi yang dia rintis ini berada di pusat pasar. Kebetulan saya turut membantu dalam foto menu makanannya agar lebih menarik.

Dia bertanya kepada saya ingin mengoptimalkan Social Media Marketing agar warung makannya lebih dikenal secara online.

Saya senang hati untuk membantunya. Kamu mulai dari menyusun campaign objective, menentukan tone of voice, hingga menyarankan dia untuk memiliki kalender konten.

Apa saja yang ingin disasar untuk awal. Mulai dari awareness, engagement, education, loyalty, public trust, public opinion, consideration, hingga conversion.

Dari sana kita menyiapkan senjata apa yang tepat untuk menurunkan objective dalam konten.

Satu minggu dari pertemuan kami, ternyata saya dikagetkan dengan konten-konten segar yang ditampilkan. Sangat sesuai dan konsisten!

Seru kan bekerja di dunia digital marketing!

Perangkat Kerja Ideal untuk Pekerja Digital Marketing

Semoga sekarang kalian sudah bisa membayangkan kompleksnya pekerjaan di bidang digital marketing.

Dituntut untuk fleksibel, cepat, dan aman memang wajib. Makanya saat teman saya bilang kenapa saya selalu membawa laptop kemanapun pergi, alasannya karena pekerjaan ini memang tidak kenal waktu.

Kapan saja menemukan ide atau menyelesaikan deadline harus segera dituangkan.

Untuk kita yang bergerak dan berkutat setiap harinya dengan digital marketing. Tentunya membutuhkan perangkat kerja yang sempurna untuk membangun bisnis digital.

Salah satunya adalah ASUS Chromebook Flip C434, laptop Chromebook dari ASUS ini saya tahu dari Mas Rifan Fernando selaku ASUS ID Commercial FAE.

Saya menyukai Chromebook Flip C434. Laptop dengan Chrome OS yang menarik untuk kita yang fleksibel, terhubung dengan perangkat lain dan keamanan data tetap diutamakan.

ASUS Chromebook Flip C434, Laptop Fleksibel Kemampuan Banyak

Barangkali kalian masih belum familiar dengan Chromebook?

Baik, saya akan jelaskan singkat ya.

Chromebook merupakan sebuah notebook yang menggunakan Chrome OS milik Google. Tentunya kamu sudah familiar dengan menggunakan browser Chrome untuk berselancar di internet.

Performanya jauh lebih mudah dan cepat karena untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data melalui layanan cloud, bukan melalui instalasi software di hardisk.

Chrome OS juga mempunyai lapisan keamanan, dan selalu mendapat pembaruan aplikasi produk Google yang paling populer dan terbaru.

Kamu pasti bertanya, kok bisa sebuah laptop berbasis sistem browser?

Sangat mudah untuk dijawab. Tak dapat dipungkiri kalau sekarang kebanyakan orang menghabiskan waktunya lebih lama di depan komputer hanya untuk menjelajah website menggunakan browser. Dan, browser yang paling sering digunakan adalah Google Chrome.

Pengguna Chromebook sendiri memang lebih diminati bagi pengguna pelajar dan pekerja yang ingin alternatif yang ringkas serta bisa mengakses aneka layanan Google.

Serba-Serbi Chromebook Flip C434

Tentunya kegunaan laptop Chromebook tidak hanya sebatas untuk browsing saja, tapi ada banyak fitur dan fungsi lain yang menarik. Apalagi kita sudah terbiasa dengan interface seperti browser Chrome.

Berikut yang menjadi kelebihan menggunakan Chromebook:

– Simple & Clean UI

Sesuai namanya, Asus Chromebook Flip C434 memiliki dukungan Chrome OS, dan bahkan notebook ini juga mendukung Google Playstore. Artinya pengguna bisa menjalankan aplikasi Android pada laptop Chromebook. Namun, memang tidak semua aplikasi bisa diinstal sesuai dengan kompatibel perangkat.

review chromebook flip c434
Menggunakan Chrome OS sudah tersedia Playstore

Tampilan user interface yang ditawarkan Chromebook cukup sederhana, tidak banyak ornamen. Sangat cocok untuk pengguna yang ingin praktis. Pengguna bisa langsung mengakses ke browser Chrome ataupun Gmail.

Tampilan yang ringan ini tentunya akan membuat kinerja juga lebih ringan.

– Collaboration

Ini menjadi alasan mengapa Chromebook digemari oleh pengguna yang aktif dan ingin ringkas. Chrome OS sendiri sudah terhubung dengan Google Classroom sehingga mempermudah pengguna untuk melakukan webinar, atau belajar online. Sangat cocok di masa pandemi dan tingkat kebutuhan lebih tinggi.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Google Classroom pun bisa digunakan seperti berbagi materi belajar, distribusi tugas, mengumpulkan tugas, mengirimkan feedback hingga monitoring kelas.

Fungsi-fungsi inilah yang membuat Chromebook masih diminati.

– Stay Fast & Seamlessly

Pastinya bagi pekerja digital marketing menginginkan perangkat kerja yang dapat dengan cepat  untuk terhubung.

Chromebook sendiri memungkinkan penggunanya untuk terus terhubung dan sinkronisasi dengan semua data-data. Baik data browsing, jejak, informasi penting yang tersimpan di website serta bisa mencatat apa saja yang terakhir kali ditonton lewat Youtube.

Chromebook menyelaraskan semua aplikasi favorit kita dan password dengan Chrome browser di komputer lain. Jadi, jika pengguna menggunakan Chrome di tempat kerja, selanjutnya dapat melakukan sinkronisasi semua data ke Chromebook di rumah secara otomatis.

Kita bisa membawa data setiap saat, dimanapun dan kapanpun. Hanya dengan sinkronisasi dengan Google Cloud, kita bisa tetap meneruskan pekerjaan.

Selain itu juga bisa menginstal aplikasi MyASUS untuk mempermudah dalam transfer data.

– Google Playstore

Saat ini jumlah aplikasi yang tersedia di Google Playstore sudah lebih dari 4 juta aplikasi.

Ketersediaan berbagai jenis aplikasi mulai dari games, buku, aplikasi media sosial, musik, editing foto, dan masih banyak lainnya.

Sebagian besar aplikasi yang tersedia di Playstore sudah gratis untuk digunakan. Bukannya ini menjadi keuntungan bagi pengguna Chromebook untuk menunjang aktivitas.

Google juga sudah mempersiapkan ekosistem Chromebook secara maksimal. Untuk mengunduh aplikasi lain yang diinginkan, cukup mengakses Web Chrome Store. Lewat marketplace ini, Google sudah mempersiapkan ribuan aplikasi yang dapat install ke dalam Chromebook.

– Auto Update

Chromebook akan memperbaharui diri secara otomatis pada latar belakang sistem operasi. Jadi, perangkat kita akan selalu up to date dan bekerja seperti yang dibutuhkan.

Sistem-sistem yang otomatis update ini pastinya akan membuat Chromebook jadi lebih segar dan membuat pengguna juga betah.

– Antivirus

Kamu mungkin sudah lelah dengan memasang anti virus di laptop? Solusinya Chrome OS ini sangat susah terkena virus serta malware. Terlebih kalau menggunakan App Store menjadikan berbagai software yang diinstal dipastikan bebas virus.

Bekerja dan Berkarya pakai ASUS Chromebook Flip C434

Chromebook sendiri awalnya ditujukan untuk pelajar. Seiring dengan peningkatan performa dan jangkauan penggunaannya ternyata juga bisa difungsikan untuk para pekerja.

Chromebook Flip C434 ini merupakan perangkat terbaik kelas laptop flip dengan kemampuan yang mengagumkan dari ASUS.

Laptop Chromebook ini dapat digunakan untuk mendukung para pekerja di digital marketing yang mengutamakan fleksibel dan keamanan.

Lantas apa yang menjadi spesial dari Chromebook keluaran dari ASUS ini?

1. Desain Flip 360 Derajat

Sesuai namanya, flip, maka ASUS Chromebook Flip C434 ini memiliki keunggulan layar dapat dibalik hingga 360 derajat. Bukan hanya itu saja, tetapi sudah dilengkapi dengan layar sentuh dan pen stylus untuk menggambar atau presentasi.

Keunggulan menggunakan laptop flip, selain bikin kamu tambah keren saat dilihat. Juga bisa meningkatkan prestise karena laptop Chromebook ini dapat digunakan hingga 4 pengaturan, mulai dari tampilan laptop standar, tablet, theater, hingga berdiri.

review asus chromebook flip c434

Empat pengaturan ini dapat digunakan saat sedang presentasi tugas, atau mempermudah saat membaca data lewat sentuhan jari di layar.

Dengan bodi aluminium penuh dan tepi yang dipoles, Asus Chromebook Flip C434 memiliki bentuk sederhana namun tetap menarik.

Apalagi bobot laptop dengan berat 1.45kg ini cenderung tipis dan cukup portable. Sangat mudah untuk diselipkan ke dalam ransel untuk dibawa bekerja.

Alhasil laptop Chromebook Flip C434 ini lebih terlihat compact dan mudah untuk dibawa kemanapun untuk pekerja yang biasanya kerap melakukan meeting dari satu klien ke klien lainnya.

2. Layar Jernih

review asus chromebook flip c434

ASUS Chromebook Flip C434 ini memiliki layar ukuran 14 inci yang telah dilengkapi dengan NanoEdge Display.

Layar yang besar membuat Chromebook Flip ini terkesan lega saat bekerja. Didukung dengan resolusi layar 1080p, dan lapisi bezel yang tipis, layar laptop ini menghadirkan Screen-to-body-ratio hingga 87% dan digadang-gadang sebagai laptop 14 inch yang paling compact yang ada.

Kesehatan matamu jadi lebih baik serta penglihatan lebih luas karena layar laptop bisa menampilkan kejernihan warna lebih baik.

Laptop ASUS kelas premium ini juga disematkan webcam kamera dengan resolusi 720p pada sisi atas. Webcam kamera ini akan bermanfaat saat kita tengah melakukan webinar saat ini.

3. Performa

Sebagai pekerja yang terus berkutat dengan data dan manajemen konten. Pastinya kinerja laptop Chromebook dipertanyakan apakah mampu untuk menghandle semua urusan pekerjaan.

Contohnya pekerjaan saya yang berkutat pada browser Chrome, bisa membuka lebih dari 20 halaman. Tentunya saya butuh kualitas perangkat yang bisa membuat saya tetap nyaman walau membuka banyak jendela situs.

Tampilan browser Chrome yang dipaksa kerja keras membuka banyak halaman

ASUS Chromebook Flip C434 ini dibekali prosesor Intel Core M 8100Y yang kinerja cukup baik meningkatkan performa kerja. Ditambah dengan kartu grafis Intel UHD 615. Setidaknya untuk kita yang sering membuka banyak tab halaman website bisa bekerja lebih lancar.

Sedangkan untuk laptop Chromebook ini dilengkapi dengan memori RAM LPDDR3 hingga 8GB.

review chromebook c434

Laptop ini memang tidak memiliki media penyimpanan besar karena untuk kebutuhan kerja. Maka, Chromebook Flip C434 memiliki memori penyimpanan menggunakan eMMC kapasitas hingga 128GB. Sisanya, pengguna bisa memanfaatkan layanan Google One.

Spesifikasi Chromebook Flip C434 ini sudah cukup untuk digunakan bekerja sekaligus mempersingkat waktu proses.

4. Daya Baterai Tahan Lama

Pekerjaan yang cukup padat di depan layar laptop, apalagi kalau harus berpindah tempat untuk meeting dengan klien. Tentunya, perangkat laptop harus memiliki daya baterai yang awet.

daya tahan baterai laptop awet

ASUS Chromebook Flip C434 ini sudah memiliki ketahanan baterai mencapai 10 jam untuk sekali pengisian daya. Makanya pengguna tidak perlu terlalu risau apabila sulit mencari sumber listrik saat bepergian.

5. Konektivitas

Tersedia dua port USB 3.1 Gen 1 Type C yang fungsinya reversibel. Sehingga bisa juga digunakan untuk mengisi daya ASUS Chromebook Flip C434.

Selain itu juga disediakan slot micro SD dan USB 3.1 Gen 1 Type A agar mempermudah pengguna dalam memindahkan data. Untuk kebutuhan audio maka juga disediakan lubang audio jack.

Kebutuhan internet untuk mengakses data juga cepat, perangkat Chromebook Flip C434 ini memiliki Wifi 5 dengan kecepatan yang stabil.

6. Keyboard

Kenyamanan menekan tombol keyboard sangat penting untuk pengguna Chromebook. Oleh karena, pengguna pastinya akan selalu mengetik sepanjang hari.

Laptop ultraportable Chromebook Flip C434 ini memiliki keyboard backlit ukuran penuh dengan jarak tombol 1,4mm. Cukup nyaman dan akurat saat mengetik.

review chromebook flip c434
Papan keyboard empuk dan jaraknya mudah dijangkau.

ASUS Chromebook Flip C434 ini punya ErgoLift yang membuat layar sedikit terangkat membentuk sudut 135 derajat. Posisi mengetik jadi lebih luwes serta menjaga suhu laptop tetap sejuk.

Tak lupa touchpadnya dirancang besar dan sensitivitas mulus yang menggabungkan teknologi palm rejection dan multitouch. Pengguna bisa berpindah mengoperasikan laptop hanya dari trackpad. 

7. Fitur Lain

Saat bekerja pun tidak akan suntuk dan bosan, karena kita juga bisa mendengarkan musik dari Spotify. Soal audio, ASUS Chromebook Flip C434 memiliki dua speaker stereo berkualitas tinggi serta memiliki resonansi ekstra besar yang bisa menghasilkan audio berkualitas tinggi.

Fitur lain yang tidak boleh dilewatkan adalah Chromebook Flip C434 memiliki Google Assistant yang bisa mengendalikan semua aktivitas pengguna seperti kirim email, menemukan dokumen, mendengarkan musik, mengakses kalender, hingga kendalikan perangkat rumah pintar tanpa berpindah layar.

Ada satu lagi kelebihan saat menggunakan Chromebook Flip C434 yaitu sudah mendukung Linux untuk pengguna yang masih menggunakan aplikasi GIMP, Inkscape, dan Audacity.

Kita pun juga bisa menikmati semua layanan favorit dari Google untuk bekerja atau bermain.

Menarik sekali bukan!

8. Keamanan Terjamin

Hal yang terpenting dari sebuah perangkat kerja adalah keamanan data. ASUS Chromebook Flip C434 ini dilengkapi dengan perlindungan anti virus dan update berkala.

Chrome OS telah memiliki built-in anti virus dan perlindungan malware sehingga pengguna tidak perlu khawatir tentang file berbahaya bila menggunakan Chromebook. Langkah ini sangat penting apalagi kalau kamu termasuk yang sering memindahkan data menggunakan USB.

Tentu saja perlindungan ini bisa memberi rasa aman untuk kita bekerja dan berkarya dengan Chromebook Flip C434. Akses di dalamnya semua menggunakan akun email personal Google dan semua data baik dokumen, email, foto, serta data rahasia tersimpan aman sepanjang waktu.

Berikut spesifikasi lengkap dari laptop ASUS Chromebook Flip C434:

Operating System Chrome OS
Processor Intel® Core™ m3-8100Y processor

1.1GHz dual-core with Turbo Boost (up to 3.4GHz) and 4MB cache

Graphics Integrated Intel® UHD Graphics 615
Display 14” LED-backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 standard display

Four-way NanoEdge design with 87% screen-to-body ratio

5mm-thin side bezel and 7mm bottom bezel1

Wide 100% sRGB color gamut

178° wide-view technology

Memory 4GB / 8GB 1867MHz LPDDR3 onboard
Storage 64GB eMMC
Interface 2 x USB 3.1 Gen 1 Type-C™ (up to 5Gbps)

1 x USB 3.1 Type-A (up to 5Gbps)

1 x microSD card slot

1 x Audio combo jack

Keyboard & Touchpad Keyboard

Full-size backlit, with 1.4mm key travel

Touchpad

Intelligent palm-rejection

Audio 3.5mm headphone jack

Long-travel voice coils for improved low-frequency response

Camera HD Camera
Wireless Connectivity Wi-Fi

Wi-Fi 5 (802.11ac)

Bluetooth®

Bluetooth® 4.0

Battery & Power Up to 10 hours battery life

48Wh 3-cell lithium-polymer battery

45W power adapter

Plug Type Type-C

(Output: 15V DC, 45W)

(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)

Weight & Dimentions Height

1.57cm (0.62 inches)

Width

32.1cm (12.64 inches)

Depth: 

20.2cm (7.95 inches)

Weight: 

Approx. 1.45kg (approx. 3.19 lbs)

Tantangan Digital Marketing 2021

Kalian pasti ikut merasakan kalau tahun 2021 ini tantangan makin sulit. Persaingan makin berdarah-darah.

Saya pernah membaca artikel mengenai skill yang dibutuhkan di 2021. Salah satunya adalah skill yang menuntut kreativitas masih dibutuhkan. Alasannya, kreativitas akan sulit diproduksi oleh robot.

Kemampuan dibidang digital dan data akan banyak dibutuhkan. Orang-orang akan jadi lebih banyak bekerja di depan laptop untuk menganalisa data hingga merancang.

Ditambah saat Pak Victor Asih dalam webinar IIDN x ASUS bercerita tentang pertumbuhan berkelanjutan. Setiap kita dituntut untuk bertumbuh dan meningkatkan kemampuan yang dimiliki untuk jeli melihat peluang.

Salah satunya dengan mengawali Growth Mindset, bagaimana kita harus memiliki pola pikir untuk terus bertumbuh. Ada rasa haus untuk terus belajar hal-hal baru.

Caranya dengan kita membuka pikiran kita seluas-luasnya untuk melihat peluang yang ada di setiap krisis. Sehingga kita dare to change belajar hal baru.

Mendapat kesempatan untuk berbagi pengalaman mengenai Content Marketing lewat webinar

https://deddyhuang.com/wp-content/uploads/2020/07/5945e-zenbook-flip-um462-presentasi.jpg?w=740

Berani keluar dari zona nyaman dan kebiasaan lama, akhirnya saya memutuskan untuk kembali menekuni digital marketing untuk bertahan hidup saat pandemi ini. Ternyata ini membuka peluang-peluang baru bagi saya, misalnya saya diundang beberapa institusi dan brand untuk berbagi pengalaman mengenai digital marketing. Bukannya ini prestasi?

Coba tanyakan dengan diri kita, selama tahun 2020, apa saja hal-hal baru yang kita pelajari?

Kalau misalnya gagal, artinya kita perlu mencoba kembali.

Lebih Fleksibel dan Produktif

Kreativitas tentunya membutuhkan alat untuk kerja yang nyaman.

Saya merasakan bagaimana harus menyusun kalender konten, membuat desain dengan cepat. Dan ternyata semuanya itu mengajarkan saya untuk lebih fleksibel sama deadline dan produktif.

Untuk bahan pertimbangan kalau saat ini komputasi online banyak berubah. Telah banyak kita lihat dan rasakan pertumbuhan besar dalam jumlah pengguna yang terhubung ke Internet dengan kecepatan data yang lebih cepat daripada sebelumnya.

Peningkatan jumlah pengembang perangkat lunak menciptakan aplikasi ringan, atau memindahkan semua aktivitas kerja sepenuhnya online.

Apalagi kalau semua pekerjaan kita lebih banyak melakukan remote yang semuanya serba terhubung ke Google.

Kesimpulan

Digital marketing muncul pada masa transisi dari marketing era tradisional ke era digital. Dari baliho dan brosur ke Facebook Ads maupun Instagram Ads.

Lalu, tahun 2010 pun benar-benar merubah strategi pemasaran. Kini, hampir setiap pemilik usaha dan brand memiliki media sosial untuk menjangkau audiens luas.

Banyak orang yang bertanya saat melakukan digital marketing, mana metode yang paling tepat? Tentunya disesuaikan dengan objective kebutuhan.

Barangkali kamu masih belum yakin kalau Chromebook cukup baik untuk menunjang pekerjaan?

Keunggulan dari laptop ini terletak pada kemudahan pengguna untuk mengubah pola layar sesuai kebutuhan, dapat digunakan sebagai tablet, dan mendukung kita untuk menulis di layar sentuh, dan daya tahan baterai yang mumpuni. Serta keamanan data yang terjamin.

Hal yang saya senangi perangkat Chromebook ini dapat bekerja secara offline tanpa koneksi internet. Ada beberapa aplikasi yang tersedia di dalam Chromebook yang bisa digunakan antara lain Gmail Offline untuk membaca dan menulis e-mail, Google Keep untuk menulis catatan, Google Drive untuk membuat dan mengedit dokumen, pemutar file multimedia serta beberapa aplikasi lainnya.

Menurut saya, jika kamu adalah pengguna yang menghabiskan sebagian besar waktu secara online dan nyaman menghabiskan sebagian besar waktu di web browser, maka layaklah Chromebook Flip C434 menjadi solusi “Perfect Device Built for Your Business” untuk apa yang ingin kamu lakukan.

Jadi sudah mulai tertarik mencoba Chromebook Flip C434 ini dan go digital bersama?

***

 

Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com
Posts created 1714

26 tanggapan pada “Fleksibel Bekerja dan Berkarya Digital Marketing Bersama ASUS Chromebook Flip C434

  1. Laptop impian ini. Sejak dulu saya pengen punya laptop yang bisa dilipat kayak gini. Kan keren tuh kalau lagi presentasi di depan kelas bisa sambil jalan-jalan dan pegang laptop lipat gini.

    Asus chromebook ini untuk menjalankan aplikasi dan menyimpan data melalui layanan cloud, bukan melalui instalasi software di hardisk. Artinya emang di desain untuk selalu terhubung ke internet ya saat menggunakannya?

  2. Banyak yang musti dipelajari seiring dengan berkembangnya AI. Skill yang harus dikuasai dalam menyambut perkembangan jaman dan kebutuhan “hidup digital” di masa yang akan datang. Topik yang sekarang lagi giat dipelajari di kampus anakku Ded.

    Oh ada satu yang mau tak masukkan jadi masukan. Skill copywriting juga pantas diulas Ded. Penting banget itu. Sangat dibutuhkan dalam dunia hard-selling dan soft-selling.

  3. Wah mantaps nih ilmunya setuju banget dengan strategi marketingnya konon katanya sih banyak start up yg gagal itu penyebabnya karena tidak menganalisa kebutuhan pasar. Btw kerja dengan laptop keren gitu mah semangat banget ya… semua lancar jaya.

  4. Perubahan pasti terjadi, kalau gak siap perubahan pasti akan tertinggal jauh. Apalagi sekarang serba digital, mau gak mau, siap gak siap harus beradaptasi dan mulai merubah kebiasaan yang biasanya gak mau bersentuhan dengan teknologi, ya harus dipaksakan. Duh mupeng juga bang saya sama laptop ASUSnya

  5. Daging semua nih isi tulisannya, kerenn 😀😀
    Saya inget, 10 tahun lalu sering ikut pertemuan entrepreneur yunior dan senior di Bandung yang diadakan tiap bulan.

    Mereka kerap bilang, di masa depan produsen harus tahu apa yang dibutuhkan masyarakat sebe lum memproduksinya
    Terbukti Asus melakukannya ya?
    Asus menyediakan berbagai varian yang dibutuhkan konsumen

  6. Keren banget ini ASUS Chromebook Flip C433. Perangkat yang wajib dipunya, ya. Dibawa ke mana-mana juga gak berat

  7. Keren banget yah ASUS Chromebook Flip C343 ini. Kerja jadi lancar. Aku pun masih belajar tentang digital marketing nih, termasuk lebih faham GA, keyword planner, SEO-SEO-an dan kawan-kawannya. Semoga tahun 2021 bisa lebih meningkat lagi sih kemampuan ngeblog aku…

  8. Ulalaaaa, Chromebook Flip C434 bikin ngilerr banget!
    Siapapun yg berkutat di ranah digital, atau jadi content creator dll, TERWAJIB punya produk ini ya Koh.
    Spesifikasinya mantab jiwa!

  9. Lihat dari speknya, sepertinya tipe laptop asus yang ini sangat cocok digunakan oleh orang2 seperti Kokoh. Look stylish dan flexible.

Tinggalkan Balasan

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas
%d blogger menyukai ini: