BerandaIdeaAntara BudaGin (Butuh dan Ingin)

Antara BudaGin (Butuh dan Ingin)

Author

Date

Category

Saat saya menghidupkan fasilitas pro-chat di komputer, dan saya terinspirasi dengan “quote” hari ini.

Cara mengatur keuangan yang baik adalah harus bisa membedakan kebutuhan dan keinginan. Dahulukan kebutuhan dan jadikan keinginan nomor dua!

Terkadang sebagai manusia(wi) rasa ingin memiliki sesuatu itu begitu kuat dan saya pribadi pernah membawanya ke dalam mimpi. Tidak percaya? Pertama, waktu hape sedang trend, saya ingin sekali memiliki sebuah hape, maka saya pandangi terus iklan hape dan malamnya saya bermimpi sudah memiliki hape. Sampai sekarang juga terulang. Kalau ditanya penjelasan logikanya karena saking ‘keras’nya kita memikirkan sesuatu maka semuanya itu akan terserap melalui otak bawah sadar kita.

Jika dikaitkan dengan tingkat konsumtivisme seseorang, maka penelitian dari Hermawan Kertajaya untuk Indonesia bahwa orang Indonesia cenderung menggunakan emosi untuk membeli suatu produk. Logikanya sulit membedakan butuh dan ingin. Saya pribadi terkadang terjebak antara kebutuhan dan keinginan, misalnya saya memilih sesuatu yang tidak seharusnya saya perlukan.

Dalam social networking, hal ini akan benar-benar terasa perbedaan antara butuh dan ingin. Contoh kecil, hape. Dulu kakak saya pakai hape yang tidak ada fasilitas kamera, mp3, bluetooth. Setelah dia mendapat hape tersebut, selang beberapa lama dia berkomentar bahwa ingin mengganti dengan PDA. Pikir saya, dengan fasilitas hape yang wah saja terkadang saya jarang memakainya, apalagi dengan yang lebih canggih lagi? Tapi Puji Tuhan, kakak saya masih menggunakan rasionalnya untuk membedakan mana yang butuh dan ingin.

Dilihat dari sisi rohani, saya mengucap syukur atas apa yang saya peroleh. Dengan mengucap syukur saya belajar bahwa tidak semuanya yang saya inginkan menjadi nyata. Atau bisa saja itu menjadi suatu kenyataan sesuai dengan rencana-Nya.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru