Roll Film, Dulu Dicari Sekarang Tinggal Kenangan


image

Barusan saya bongkar lemari dan ketemu dua roll film kodak. Sudah lama sekali sudah tidak dipakai.

Dulunya kodak (kamera roll film .red) ini masih populer untuk tahun 90-an. Andalin roll film yang punya banyak variasi seperti A24, A36, A40. Masing-masing angka ini artinya jumlah bidikan yang bisa diambil.

Roll film sendiri saat itu punya peran penting, karena tanpa roll film ya kodak tidak bisa berfungsi. Tentunya ada kekurangan foto pakai kamera roll. Misalnya tidak bisa preview hasil foto. Resiko roll film mutung bisa terjadi dan biaya cetak mahal karena ditambahin biaya roll film. Untuk lihat roll film juga butuh diterangi lampu TL.

Tapi diakui kalau jaman memang mengkikis produk-produk tempo dulu. Termasuk profesi tukang foto keliling yang biasanya ada di tempat rekreasi. Kalau di Palembang masih bisa ditemui tukang foto keliling di Monpera. Memang tukang fotonya adalah bapak-bapak tua. Dengan tustel/kodak yang dikalungin mereka siap menawarkan jasa foto langsung jadi.

Saya ingat dulu pernah pakai jasa tukang foto di Monpera. Waktu itu saya ikutan lomba mewarnai dan karena belum menang, saya minta difotoin sambil pegang piala juara pertama. Yihaaa…

Sekarang apa si tustel ini masih ada ya?

Iklan