Ngapain Aja Selama 4 Hari 3 Malam di Perth, Australia?


Mungkin sudah saatnya masukkan nama saya, eh, Perth dalam list backpacker kalian. Begitu tanya sama teman-teman soal Perth, jawabannya mereka lebih banyak tahu soal Sydney dan sekitar. Wah-wah.. apa benar Perth tidak semenarik itu? Dianggap kota yang terpencil jauh dari hiruk pikuk oleh para backpacker yang datang ke Australia, tampaknya kalian harus berpikir ulang.

Aku yang dulu bukanlah aku yang sekarang.. dulu dulu…

Western Australia atau Australia Barat merupakan negara bagian terbesar di Australia ini berada di pinggir pantai membuat kota ini terkenal sebagai kota pelabuhan. Banyak objek wisata dan hiburan yang bikin kita jatuh hati dan ingin tinggal di Perth. Perth yang sekarang sudah berubah menjadi kota berkembang! Kota ini bisa bikin kalian kangen lihat yang jadi waiter aja udah ademin. Kalian juga bakalan betah rasa pengen ditilang sama polisi Perth yang tinggi, ramah, sixpack dan ganteng! :mrgreen:

Perjalanan saya memang singkat, tapi tidak menutup derap langkah saya untuk berkeliling dan berbaur dengan penduduk lokal Perth. Nah, berikut ada 12 kegiatan yang bisa kamu lakukan selama 4 hari 3 malam di Perth :

1. Menikmati Suasana Bell Tower Sepanjang Hari

bell-tower

Bangunan ikon kota Perth ini wajib kalian kunjungi sekaligus berfoto dengan latar Bell Tower. Bila perlu salto di depan towernya. Lokasinya ada di pusat kota di tepi sungai Swan dan Barrack Square. Bell Tower merupakan museum lonceng. Lewat arsitekturnya yang menjulang tinggi nan unik seperti angsa, ternyata di dalamnya terdapat sejumlah koleksi lonceng tua yang sangat berharga dari Kerajaan Inggris. Usia lonceng tersebut sudah ada sejak sebelum abad ke-14. Menariknya, setiap pukul 12 siang maka lonceng akan berdentang di puncak menara.

Sebagian besar sisi Bell Tower terbuat dari kaca. Kalian perlu datang juga di waktu malam hari karena lampu warna warni menyala dengan terang dan indah. Tepat di depan Bell Tower, terdapat pedestrian luas yang bisa dijadikan sebagai meeting point para anak-anak muda. Apalagi kalau kalian yang bermain Pokemon Go, nah disinilah pusatnya gym dan pokestop. Kalian bisa kumpul bareng untuk bermain Pokemon Go juga berjumpa dedek emesh.

2. Melihat Panorama Bangunan Tinggi di Elizabeth Quay

elizabeth-quay

Ruang publik yang baru diresmikan ini menjadi kawasan favorit buat para wisatawan dan warga Perth. Daerah ini tidak jauh dari Bell Tower, cukup jalan kaki saja kita akan langsung melihat jembatan gantung yang membelah Sungai Swan. The River. The City. Together Again. Inilah yang menjadi ide pembangunan Elizabeth Quay. Dari titik jembatan Elizabeth Quay kita akan melihat dua panorama yakni Sungai Swan dan bangunan tinggi perkantoran di pusat Perth CBD.

Filosofi Elizabeth Quay adalah menginginkan suatu tatanan kota yang bersinergi dan nyaman bagi warga lokal. Di waktu pagi, kita akan banyak menjumpai warga lokal yang asik bersepeda, jogging, orang tua berjalan dengan cucu-cucu mereka, pasangan muda mudi, orang-orang narsis seperti saya yang selfie dengan latar bangunan tinggi kota Perth. Kalau kamu capek, tidak jauh dari jembatan terdapat penjual es krim Gelato yang enak. Wajib dicoba ya!

3. Mengelilingi Taman Terbesar Sedunia di Kings Park

kings-park

Kalian tidak penasaran sama taman kota terbesar di dunia? Bahkan luasnya lebih besar dari Central Park, Amerika loh! Berkunjung ke Kings Park ini sangat layak masuk dalam itinerary kalian. Di sini kita bisa menikmati pemandangan spektakuler mulai dari pemandangan kota Perth secara utuh yang dikelilingi Sungai Swan sampai juga taman botani dengan bunga warna-warni.

Selain itu, ada juga monumen yang dibangun untuk mengingat jasa para veteran saat Perang Dunia. Di dalam monumen ini kita bisa melihat nama-nama veteran yang tewas saat perang. Sambil menikmati pemandangan, kita bisa berjalan kaki menyelusuri taman yang memiliki arena luas mencapai sekitar 4 kilometer persegi! WOW! Kebayangkan kaki kamu bakalan lelah letih lemas? Tenang, di tempat ini kita bakal dimanjakan sama lebih kurang 11 ribu jenis perpohonan langka dan hampir 90 jenis burung. Kalau masih kurang, kalian bisa bermain Pokemon Go buat menangkap jenis pokemon rare yang ada di Kings Park. Sungguh surga yang tersembunyi di kota Perth!

4. Telusuri Wilayah Perth yang Beragam

murray-st

Telusuri Jalan Hay Street dan Muray Street yang letaknya bersebelahan. Kalian pasti bakal terpukau karena di sepanjang jalan kita bakal banyak menemukan bangunan-bangunan berarsitektur Inggris. Bangunan dengan corak batu bata atau kalau melewati etalasi butik kita akan melihat kaca yang besar yang menghiasi barang jualan mereka. Kalian bisa berfoto ala-ala instagramers di depan London Courts, toko yang tersembunyi di kawasan tersebut. Kesan vintage sangat kerasa!

5. Café Hopping Menikmati Kuliner Enak

leederville

Saya termasuk tipe traveller yang suka sekali untuk mencicipi ragam kuliner khas dari suatu tempat. Pokoknya ajak saya aja deh ke tempat-tempat makan yang enak dan instagramable buat difoto makanannya :mrgreen: Kalau kalian punya kesamaan hobi, nah coba saja menjajaki sepanjang jalan Oxford Street Leederville, lalu ke Northbridge dan Subiaco untuk masuk ke kafe modern dan restoran bergengsi menikmati signature dishes dari mereka. Tiga kawasan ini termasuk kawasan ramai dan bakal banyak didatangi oleh kawula muda apalagi saat weekend. Bahkan kalau kalian mau menghangatkan badan bisa memesan segelas Hot Chocolate yang sangat enak!

6. Mencicipi Cocktail dari Racikan Bartender di Bar

halford-bar

Cuaca di Perth memiliki gaya Mediterania, mulai dari musim Semi, Gugur dan Dingin yang sejuk. Kalau kalian berangkat sekitar bulan Agustus, kalian perlu menyiapkan pakaian hangat dan mantel karena cuaca cerah berhawa dingin. Sesekali saja hujan turun tapi tidak lama. Suhu terendah bisa 5°C – 10°C di malam hari menjelang pagi. Maka sangat cocok kalau kita melipir masuk ke dalam bar-bar kecil di Perth untuk menikmati secangkir wine atau cocktail racikan dari bartender. Bar yang ada di Perth mulai dari bar kecil sampai bar berkelas bisa kalian datangi. Sangat mudah untuk menemukan bar-bar bergaya vintage dan interior berkelas di Perth. Telusuri saja area-area yang berdekatan dengan kawasan tempat makan, biasanya salah satunya ada bar. Penasaran buat mencoba segelas Martini?

7. Kunjungi Kota Pelabuhan Tepi Laut Fremantle

fremantle

Menikmati suatu kota, kenalilah mulai dari bangunannya. Lewat bangunan kita bisa tahu sejak kapan bangunan tersebut membuat kota tersebut berkembang. Nah, kalau kalian menyukai arsitektur bergaya kolonial maka kalian perlu berkunjung ke Fremantle atau Freo. Kawasan yang berjarak 30 menit dari pusat kota Perth ini merupakan kawasan pelabuhan sekaligus peti kemas. Kita juga bisa berjumpa dengan Fremantle Harbour yang memiliki desain bangunan mewah. Selain itu, bisa berkeliling melihat Fremantle Prison dan Arts Centre. Kalau kalian capek, istirahatkan kaki menuju Fishing Boat Harbour atau dekat Taman Esplanade maka kita akan bertemu dengan Cicerello’s yang terkenal dengan menu Fish and Chip atau Cupid chubby yang sedang memegang busur yaitu Little Creatures, kafe brewery berinterior industrial. Sangat asik sekali bukan!

Puas menghabiskan waktu sepanjang hari di Fremantle, selanjutnya kalian bisa berkunjung ke E Shed Market yang merupakan pusat pasar oleh-oleh khas Australia yang terkenal dengan harga miring. Pastikan kalian berkunjung ke Toko Aussin karena penjualnya ibu Ade dari Indonesia yang sudah menetap lama di Perth hampir 20 tahun. Ibu Ade suka memberikan diskon kalau tamu yang datang berasal dari Indonesia.

8. Memuaskan Fantasi Seks Kamu Di Underground Adult Shop

adult-shop-sex

Tempat ini diluar dari itinerary kami, tapi begitu melewati pertokoan yang ada di Fremantle kami pun langsung penasaran dan masuk! 😆 Sebelum masuk ke dalam toko pastikan kalian masuk dalam genre 18+, terakhir yang terpenting adalah open minded. Toko ini tidak begitu besar dan dijaga oleh orang keturunan Inggris yang sudah lama menetap di Perth. Namun, isi tokonya benar-benar bikin kalian yang punya fantasi seks A to Z bisa terpuaskan. Mulai dari dvd porno seharga $10 AUD, alat bantu seks, kondom, pelicin, sampai alat-alat cambuk yang ada di scene film Fifty Shades of Grey. Siapa tahu ada yang tertarik buat beli dan koleksi seperti cambuk bulu berwarna pink?

9. Berkunjung ke Arena Olahraga dan Konser Musik Terbesar di Perth Arena

perth-arena

Kalau Sydney punya Opera House, maka Perth punya Perth Arena yang sebentar lagi bakal menjadi ikon terkenal di Perth. Nah, sebelum menjadi mainstream orang-orang berfoto di depan bangunan megah Perth Arena, maka kalian harus dahulu yang menginjak kaki di sana! Berada di Wellington Street, Perth Arena memiliki luas 13.5 hektar ini semacam plenary hall yang bisa digunakan untuk berbagai acara internasional yang bergengsi. Di dalamnya juga terdapat venue lapangan tenis, basket sampai mampu menampung 15 ribu orang untuk menonton konser musik. Luar biasa! Rasakan juga sensasi sky dining bersama kerabat dengan suasana berbeda.

10. Menyeberang Ke Pulau Rottnest yang Eksotis Berjumpa Quokka

rottnes-island

Tidak lengkap kalau sudah berada di Perth, kita tidak menyebrangi ke Pulau Rottnest. Jaraknya hanya 19 kilometer dari Perth menggunakan kapal feri. Akses menuju terminal ferry bisa melalui Elizabeth Quay Terminal, B Shed Terminal dan Hillarys Terminal. Kalian tinggal mencocokkan waktu keberangkatan saja. Akses selama di pulau bisa bersantai dengan menyewa sepeda untuk puas berkeliling pulau. Nikmati bersantai di pantai dengan laut dan langit bergradasi biru, snorkeling di antara terumbu karang, bahkan bisa berkejaran dengan Quokka! Hewan mirip marsupial yang menggemaskan dan hanya bisa kalian jumpai di Western Australia!

11. Berjumpa Kanguru dan Koala!

caversham-wildlife-park

Wajib buat kalian datangin karena sayang sekali kalau kalian tidak sempat untuk berselfie ria bersama hewan yang menjadi maskot negara Australia yaitu Kanguru dan Koala. Berada di dalam kawasan Whiteman Park, kita akan menuju ke Caversham Wildlife Park. Kebun binatang yang sangat menarik perhatian kita ini punya koleksi hewan yang lucu. Kita bisa langsung berinteraksi untuk salaman dengan kanguru, memberi makan kanguru atau juga berfoto bersama. Selain kanguru juga ada koala, wombat dan tazmania. Nikmati semua suguhan menarik yang ada di tempat ini. Boleh jadi, Perth bisa mengemas tempat wisata yang sangat aktraktif buat wisatawan.

12. Menelusuri Jalur Swan Valley

swan-valley

Mencari suasana pedesaan dengan pemandangan kiri kanan adalah perkebunan? Tepat! Kalian bisa kunjungi Swan Valley menggunakan mobil pribadi sekitar 25 menit dari pusat kota Perth atau 12 menit dari bandara Perth. Kawasan ini merupakan kawasan perkebunan anggur tertua yang ada di Western Australia. Daerah ini memang tidak dilalui oleh bus CAT namun bisa menggunakan kereta. Namun, percayalah kalian tidak akan menyesal kalau sudah mampir ke Swan Valley yang merupakan surganya cokelat, wine, keju sampai minyak olive. Kita juga bisa mencicipi wine dan cokelat terbaik di tempat sambil menikmati pemandangan yang indah.  Dijamin kalian bakal mendapatkan pengalaman baru selama berada di Perth.

Perth, kota yang asik dan tenang buat kalian yang menyukai keseimbangan hidup. Kita bisa keindahan alam tiap derap langkah kaki yang santai sembari memandang bentang kota dengan arsitektur kolonial di Perth. Tidak terlewatkan untuk menjelajahi tempat-tempat makan yang murah dan bar-bar pusat kota. Apalagi satu hari penuh bersepeda di pulau eksotis ditemani Quokka. Kalian bisa berenang, snorkeling dari pantai berpasir putih melihat keindahan bawah laut Perth lebih dekat.

Jadi tunggu apa lagi? Buruan cari tiket dan kemasin ransel kalian ke Western Australia buat menikmati dan bersantai di Perth. Sekarang terbang ke Perth bisa direct flight dengan Garuda Indonesia dari Jakarta – Perth cuma 4 jam!

42 pemikiran pada “Ngapain Aja Selama 4 Hari 3 Malam di Perth, Australia?

  1. Makasih banget infonya ko. Udah lama pengen ke Perth, semoga kesampaian segera. Btw, kalau snorkeling di perairan Perth aman gak sih, mengingat sering banyak kejadian serangan Hiu di Australia?

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s