Liburan Ke Palembang Bermodal Informasi Geospasial


“Ded, aku nak ke Palembang, pokoknyo ajak aku cari burgo, pempek pistel, jalan-jalan ke Alquran Raksasa yo,” bunyi pesan ayuk Annie lewat whatsapp.

“Beres!,” jawabku senang karena bakal ada tamu yang mau liburan ke Palembang.

Kota Palembang dulunya lebih dikenal sebagai kota industri dan perdagangan. Letak geografis Palembang yang strategis sebab berada di tepian Sungai Musi dan tidak jauh dari Selat Bangka. Hal ini menjadi keuntungan bagi Kota Palembang dalam perdagangan masa lampau saat Kerajaan Sriwijaya menjadi penguasa lautan.

Berangkat dari latar belakang tersebut, nyatanya banyak traveler liburan ke Palembang, selain tentunya menghirup cuko pempek yang nikmat. Sebagai kota tua, keunikan kota yang dibelah dan dikelilingi Sungai Musi dan anak-anak sungainya ini harusnya menjadi kota sungai. Sayangnya pola pembangunan pada masa lalu masih berpola kota daratan.

Mengenal Informasi Geospasial

Cara paling mudah liburan ke Palembang adalah dengan memanfaatkan Informasi Geospasial (IG) yang sebenarnya sudah sering kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

Nama Geospasial mungkin masih awam bagi kita. Menurut UU No. 4 2011, Geospasial atau ruang kebumian adalah aspek keruangan yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi suatu objek atau kejadian yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu.

Melalui Badan Informasi Geospasial atau BIG menjadi payung untuk menjamin ketersediaan akses terhadap informasi geospasial yang dapat dipertanggungjawabkan serta mendorong penggunaan informasi geospasial dalam penyelenggaraan pemerintahan dan dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Dalam prakteknya, Informasi Geospasial berguna sebagai sistem pendukung pengambilan kebijakan dalam rangka mengoptimalkan pembangunan di bidang ekonomi, sosial, budaya, dan ketahanan nasional, khususnya dalam pengelolaan sumber daya alam, penyusunan rencana tata ruang, perencanaan lokasi investasi dan bisnis perekonomian, penentuan garis batas wilayah, pertanahan, dan kepariwisataan.

Bentuk dari Informasi Geospasial yang tanpa kita sadari sering menggunakan peta online/digital atau saat bermain media sosial kita bisa langsung tahu lokasi yang dituju lewat geotagging dari gambar.

Manfaat Informasi Geospasial Saat Traveling

Mudahnya mencari lokasi dan gambar lewat Instagram

Bagi kita yang senang traveling, tentunya informasi geospasial akan sangat bermanfaat sekali untuk survey lokasi sebelum kita datang ke suatu tempat. Kita bisa survey mulai dari titik spot yang menarik untuk difoto atau informasi lain yang dibagikan oleh pengguna media sosial seperti di Instagram.

Saya termasuk yang penasaran terhadap tempat-tempat baru. Tentunya ingin sekali mendatangi tempat tersebut agar dapat tulis dan bercerita di blog. Lalu, saya mengingat saat pertama kali pindah ke Bandung, saya sangat terbantu sekali dengan informasi geospasial lewat peta digital. Petunjuk arah serta gambar yang diberikan tepat. Memudahkan saya untuk berkeliling kota.

Informasi Geospasial bisa kita gunakan untuk mencari lokasi menarik

Tanpa perlu ragu bagaimana cara sampai ke sana atau menggunakan transportasi seperti apa. Saat ini kemajuan informasi geospasial memudahkan kita mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Liburan ke Palembang Enaknya Cari Aktivitas Apa Saja?

Secara geografis wilayah Kota Palembang berada antara 2º 52’ – 3º 5’ LS dan 104º 37’- 104º52” BT dengan luas wilayah 400,61 Km². Saat ini sudah banyak destinasi wisata sekaligus mencari kuliner enak dengan mengandalkan peta online dan geotagging lewat media sosial. Kita dapat dengan mudah menemukan lokasi yang dituju.

Bertandang ke Rumah Limas Pecahan Uang 10 Ribu

Saya paling suka mengajak teman-teman blogger yang sedang liburan ke Palembang untuk datang ke Museum Bala Putera Dewa. Keunikkan dari museum ini tak hanya koleksi peninggalan yang masih terawatt, tapi juga Rumah Limas yang ada dalam pecahan uang 10 ribu. Bagi traveler, berfoto di depan Rumah Limas ini termasuk salah satu aktifitas yang wajib dilakukan.

Melihat Al-quran Terbesar di Dunia

Nama Palembang ikut harum oleh karena destinasi religi yang terletak di daerah Gandus. Saya masih ingat waktu pertama kali datang ke tempat ini, belum terdeteksi oleh peta online. Namun, kalau sekarang kalian mencari lokasi tempat ini sangat mudah.

Menyantap Aneka Pindang dan Pempek

Tak lengkap rasanya kalau sudah liburan ke Palembang kalian tidak menyantap kuliner khas Palembang seperti pempek dan pindang. Dua kuliner ini mudah sekali dijumpai ditiap sudut kota Palembang, tapi ada satu tempat yang saya suka datang karena cita rasa kuah pindang yang gurih serta harga yang masuk akal. Kalian bisa mencari lewat geotagging di Instagram “Pindang Sulthan & Agan Jakabaring”.

Rasakan Penggunaan Informasi Geospasial Dalam Kehidupan Sehari-hari

Informasi Geospasial secara umum amat sangat diperlukan dalam penanggulangan bencana, pelestarian lingkungan hidup dan pertahanan keamanan. Bagi kita orang umum, hal yang paling sederhana bisa kita rasakan sekaligus kontribusi yaitu bagaimana dapat berbagi informasi yang tepat dan akurat lewat aktifitas geotagging kita di media sosial.

Dengan adanya penerapan informasi geospasial untuk traveling kita dapat mengetahui berbagai letak, lokasi, termasuk didalamnya karakteristik tempat baik itu buatan manusia ataupun yang telah ada. Informasi haruslah bersifat terbuka dan harus mudah diakses oleh para pengguna sehinga secara optimal dapat dimanfaatkan. Keterbukaan informasi inilah yang dapat kalian manfaatkan pada saat liburan ke Palembang.

Setelah tahu berbagai informasi wisata Palembang lewat data geospasial, kita dapat mencari referensi penunjang. Cukup lewat ponsel dan media sosial seperti Instagram, kalian sudah dapat menemukan referensi tempat sekaligus rute menuju lokasi. Bahkan, secara tidak langsung kita juga ikut kontribusi memberi informasi geospasial berbasis lokasi bagi pengguna lainnya dari sisi pariwisata.

Ayo kapan kalian liburan ke Palembang?

Referensi :

Iklan

72 pemikiran pada “Liburan Ke Palembang Bermodal Informasi Geospasial

Pembaca yang baik pasti selalu meninggalkan jejak komentar.

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s