BerandaReviewEventBelajar Karakteristik Orang Sukses Sebelum Umur 40 dari FORTUNE Indonesia Summit 2022

Belajar Karakteristik Orang Sukses Sebelum Umur 40 dari FORTUNE Indonesia Summit 2022

Author

Date

Category

“You want to be something that is good in your sight.”

Sebelum umur 40 harus punya apa sih?

Dulu kecil ketika ditanya apa cita-citanya, saya akan menjawab ingin menjadi dokter atau insinyur. Karena saya pikir menjadi dokter atau insinyur itu keren.

Semakin dewasa, definisi cita-cita menjadi lebih luas. Saya sudah tidak lagi menyebutkan satu profesi sebagai cita-cita. Melainkan sebuah hasil yang ingin saya hasilkan dari profesi saya nantinya.

Capek ya hidup didikte terus menerus, padahal setiap kita punya goals masing-masing.

Cita-citaku ingin menjadi orang yang bermanfaat untuk saat ini.

Esensi hidup dan cita-cita sebenarnya bagaimana cara kita menjadi bermanfaat untuk orang lain dan bisa berdampak lebih luas.

Coba lihat sudah seberapa jauh kita berusaha?

Sukses dan Kaya Tidak Ditentukan Oleh Usia

Menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain bukan isapan jempol belaka. Sejatinya ada sebuah kenikmatan yang luar biasa. Kita bisa membantu orang lain dengan apa yang kita punya, tidak peduli bentuknya seperti apa tapi orang lain bisa merasakan manfaatnya.

Apakah usia saya yang sudah masuk kepala 3 akan terlambat untuk memulai?

umur 40 tahun
Apa yang sudah kamu capai sebelum umur 40 tahun

Ketika sudah di usia 30 tahunan, banyak hal sudah berubah. Secara usia, kita sudah sepantasnya lebih bijaksana dan belajar dari kesalahan hidup maupun kesalahan lainnya. Nanti di usia 40 tahun kita tidak lagi berpikir tentang diri sendiri, tapi lebih bagaimana bermanfaat untuk orang banyak di masa depan.

Saya pun sempat berpikir bahwa apakah mungkin melakukan perubahan karir saat nanti masuk hampir 40 tahun. Beberapa hal membuat saya lebih membuka pikiran bahwa mungkin saja selama memiliki keyakinan bahwa itu bisa terjadi.

Salah satu kesalahan terbesar yang saya lakukan di usia 20 tahun adalah saat ingin mencoba sesuatu yang baru tapi saya tidak percaya dan memiliki keyakinan yang kuat. Saat itu saya lebih banyak berpikir daripada aksi. Rasa takut dan ragu begitu kuat.

Mendobrak Rasa Takut dan Ragu

Saat membuat perubahan karir, kemungkinan terbesar kita adalah harus meninggalkan zona nyaman. Jika ingin meningkatkan pengalaman dan memulai karir yang baru.

Saya sedang menekuni bidang pekerjaan Digital Marketing. Melihat peluang saat ini tentunya internet sekali kuat penetrasi. Semua orang pasti akan membutuhkan pemasaran secara digital.

Sebagai seorang Digital Marketing Specialist, saya harus bisa memberikan saran yang baik untuk kliennya agar bisa lebih optimal. Selain itu juga memberikan edukasi mengenai cara-cara melakukan pemasaran secara digital.

Profesi ini membuat saya harus ekstra kerja keras untuk membagi waktu dan bisa berkelanjutan.

Selain menjalani profesi sebagai Digital Marketing Specialist, saya juga menawarkan jasa Food Photography karena melihat peluang banyaknya UKM yang berjualan makanan namun belum memiliki foto produk yang menarik supaya dapat meningkatkan penjualan. Tak jarang saya juga berbagi tips mengenai fotografi lewat media sosial.

Saya ingin bisnis yang saya jalani ini bisa berkelanjutan lama dan menghasilkan.

Mau Meng-Upgrade Diri

Untuk dapat bertahan dan berinovasi di bidang pekerjaan yang kita tekuni. Tentunya ada niat dan usaha yang harus dilakukan.

Kalau kamu ingin meningkatkan pengalaman dan memulai karir yang baru, maka kamu perlu melakukan langkah kecil untuk membangun kebiasaan.

tips meningkatkan skill
Selalu upgrade diri untuk meningkatkan value

Saya biasa mengikuti acara webinar yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang akan dituju atau mengikuti pelatihan pengembangan profesional yang dibutuhkan untuk masuk ke bidang pekerjaan lain.

Keahlian, sertifikasi, dan pendidikan memang sangat diperlukan agar kita mampu menjalankan pekerjaan dan karier baru dengan lebih baik. Apalagi saat ini mudah sekali menemukan kelas-kelas online untuk diikuti baik secara gratis maupun berbayar.

Biasanya saya berlangganan kelas-kelas online seperti di platform Skill Academy milik Ruangguru. Belajar dapat dari mana saja, yang penting niatnya.

Ini merupakan kebiasan kecil untuk membangun kesuksesan sebelum masuk usia 40 tahun.

Belum Terlambat untuk Memulai

Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Siapa pun dan kapan pun bisa mempelajari banyak hal baru, walaupun usianya sudah tidak lagi muda. Usia memang menjadi tantangan, sebab semakin bertambah umur, semakin berkurang kemampuan otak.

Saya senang membaca kisah orang-orang sukses yang memberi inspirasi.

Bayangkan saja baru ada yang baru masuk usia 31 tahun saja sudah bisa memimpin sebuah perusahaan dan memiliki karyawan jumlah banyak. Kontribusi yang dilakukan bisa dirasakan oleh banyakan orang.

Sekumpulan orang-orang produktif ini usianya di bawah 40 tahun memiliki kontribusi nyata dalam karya dan lingkungan.

gambaran diri seseorang

Tentu saja, saya juga memiliki harapan yang sama.

Sosok orang sukses membawa sikap kepemimpinan yang mumpuni, memberikan dampak ke masyarakat, serta memiliki potensi karier yang cerah di masa depan.

Walau bagi kita tidak ada kata terlambat untuk belajar menjadi sukses.

Setiap orang pastinya pernah mencapai satu titik di mana dirinya jenuh dengan keadaan ekonominya dan ingin mengubahnya menjadi lebih baik.

Dari banyaknya kisah orang-orang sukses dan kaya sebelum usia 40 membuat saya mencari tahu apa formula keberhasilan mereka. Agar saya bisa mencontoh untuk diterapkan dalam karir dan kehidupan sehari-hari.

5 Faktor yang Bikin Orang Sukses

Saya gemar belajar hal baru. Selalu merasa kurang dan haus akan ilmu yang baru. Dulu sewaktu masih sering ke perpustakaan, saya sering membaca buku-buku kisah orang sukses.

cara menjadi orang sukses
5 Faktor Orang Sukses

Setiap orang tentunya punya faktor kesuksesan yang berbeda-beda. Hal ini wajar, karena kita tentunya berprestasi di kategori dan bidang yang berbeda.

Ternyata ada 5 faktor yang saya pelajari agar dapat menjadi sukses di bidang pekerjaan yang kita tekuni.

  • Kepemimpinan;  tidak setiap orang memiliki jiwa pemimpin yang visioner terhadap apa yang dikerjakan. Berjiwa pemimpin tentunya dapat menggerakan banyak orang untuk mengikuti keinginan sesuai visi dan misi.
  • Dampak positif yang ditimbulkan; dari yang dikerjakan berpengaruh luas ke kehidupan orang lain. Misalnya gaya hidup kita yang selalu disiplin dapat memberikan inspirasi orang lain untuk berubah menjadi disiplin.
  • Potensi sukses; program yang kita lakukan saat ini memiliki peluang berhasil untuk masa depan. Hal ini akan menjadi peluang di masa depan untuk dikembangkan.
  • Kemampuan untuk berinovasi; sebagai pembelajar tentunya diri kita perlu terus menerus berinovasi terhadap ilmu dan pengetahuan.
  • Jiwa kewirausahaan; jiwa kemandirian untuk mencari sebuah sumber penghasilan dengan membuka usaha ataupun menyalurkan kreatifitas yang dimiliki seseorang untuk kemudian dijadikan sebuah lahan untuk mencari penghasilan. Jiwa kewirausahaan ditanamkan sejak seseorang mulai sadar bahwa uang itu penting dan seseorang mulai sadar bahwa uang itu penting dan seseorang tersebut memiliki keterampilan atau sesuatu hal seperti barang atau jasa yang bisa dijual.

Dari lima faktor tersebut, seseorang akan belajar untuk lebih mandiri, berfikir kritis, dan maju. Karena dia akan berpikir tentang bagaimana mengolah hasil dari keterampilan ataupun hasil pembelajaran yang selama ini dia lakukan untuk dijadikan sebuah karya yang dapat dijual, entah itu makanan, pakaian, jasa, atau barang-barang lain.

Memulai Dari Kebiasaan Kecil

Tak mudah untuk memiliki sekaligus 5 karakteristik dari orang sukses. Apalagi kalau diterapkan untuk profesi saya.

Orang-orang hebat mengetahui bagaimana menemukan kepuasan dalam pekerjaan dan bangga akan prestasinya.

Dalam pekerjaan, kita perlu menunjukkan sikap mental positif. Sikap inilah yang akan ikut menentukan keberhasilan kita.

Rasanya juga tak salah untuk belajar karakteristik orang-orang sukses sebelum umur 40 tahun.

Kalian pasti akan sangat terbantu setelah membaca tulisan ini.

1. Melihat Hambatan sebagai Peluang

Saat menghadapi masalah, apakah kita melihat masalah tersebut sebagai hambatan atau peluang untuk berkembang menjadi lebih baik?

Setiap hambatan yang dihadapi merupakan peluang untuk maju. Contohnya William Tanuwijaya, pendiri startup Tokopedia yang punya latar belakang sederhana. Ia lahir di Pematang Siantar, Sumatera Utara, William yang kala itu baru lulus SMA merantau ke Jakarta untuk mengenyam pendidikan yang lebih baik.

william tanuwijaya
William Tanuwijaya – CEO Tokopedia

Sayangnya, pada tahun keduanya belajar Teknik Informasi di Universitas Bina Nusantara, ayah William jatuh sakit. William pun harus bekerja sampingan sebagai penjaga warung internet (Warnet) agar tetap dapat berkuliah di Jakarta. Keadaan yang mendesak ini membuat kecintaannya pada dunia internet semakin berkembang hingga mencetuskan ide untuk membangun Tokopedia pada 2009 bersama kawannya Leontinus Alpha Edison.

Usahanya tak mudah hingga baru mendapat investor pada 2010. East Ventures menjadi pemodal pertama Tokopedia. Begitu pula, Tokopedia menjadi entitas pertama dalam portofolio East Ventures. Investor lain kemudian berdatangan, seiring pertumbuhan usaha Tokopedia.

2. Menciptakan Sesuatu yang Bernilai

Karakteristik yang satu ini sangat mudah ditebak. Tapi, “sesuatu yang bernilai” itu apa sih?

Pertanyaan ini tentu jawabannya bisa bermacam-macam. Sebab, setiap orang punya misi yang berbeda-beda.

Kamu bisa menciptakan sesuatu yang bernilai bagi para anak-anak muda agar mereka bisa menjadi seorang pemimpin di masa depan. Nantinya untuk melihat hasil dapat memperlihatkan jumlah anak muda yang berhasil dididik oleh kalian dalam satu periode dan juga daftar program yang berhasil dijalankan.

ceo gojek
Kevin Aluwi – CEO Gojek

Kamu juga ingin melakukan hal yang sama? Mulailah dengan menjawab pertanyaan berikut: Apakah kamu bisa menciptakan nilai untuk memecahkan suatu permasalahan?

Tak perlu berpikir terlalu jauh. Awali dari permasalahan yang sederhana terlebih dulu. Contohnya, Gojek yang dipimpin saat ini oleh Kevin Aluwi sebagai CEO.

Gojek kini menjelma menjadi startup yang sangat membantu masyarakat dalam hal layanan transportasi hingga dikembangkan ke lainnya seperti GoSend dan GoShop.

Pada saat itu tidak ada perusahaan teknologi lain yang bisa melakukan beberapa jenis layanan tapi dikerjakan oleh mitra driver yang sama.

Roma tidak dibangun dalam semalam. Begitu pun Gojek. Upaya membesarkannya pun lekat dengan masa-masa sulit.

Gojek saat ini bukan saja mengurusi pengangkutan, seperti yang terjadi pada awal pendiriannya. Ia menjadi on-demand platform yang telah beroperasi di tiga negara, yaitu Indonesia, Singapura, dan Vietnam. Per kuartal ketiga tahun lalu, aplikasi Gojek telah diunduh oleh lebih dari 221 juta pengguna, didukung oleh 2 juta mitra driver di Asia Tenggara, dan 1 juta mitra usaha GoFood di kawasan sama dengan 99 persen merupakan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

3. Aktif Berinovasi

Salah satu cara terbaik untuk mencari solusi adalah dengan melakukan inovasi. Sayangnya, tak banyak orang yang tertarik untuk berinovasi karena sudah terlanjur nyaman dengan cara yang lama.

Tapi, memang apa untungnya sih melakukan inovasi? Dalam hal ini, kita bisa belajar dari Adamas Belva Devara dan Iman Usman yang merintis startup teknologi pendidikan, Ruangguru pada tahun 2014.

ceo ruangguru
Adamas Belva Devara & Iman Usman – CEO Ruangguru

Keduanya merupakan lulusan universitas prestisius. Belva merupakan sarjana Nanyang Technological University yang melanjutkan pendidikan master melalui program ganda di Universitas Harvard sekaligus Stanford. Sementara Iman kuliah di Universitas Indonesia sebelum melanjutkan studi ke Columbia University, New York.

Pada tahap awal, Belva dan Iman menciptakan Ruangguru sebagai situs untuk memudahkan siswa belajar. Seiring pertumbuhan pengguna, ide mereka pun menarik investor. Ruangguru telah mendapat berbagai pendanaan di antaranya East Ventures, Ventura Capital, GGV Capital, Tiger Global Management, dan perusahaan ventura lainnya.

Pandemi membuat kinerja Ruangguru semakin terakselerasi karena sistem pembelajaran jarak jauh menjadi solusi pencegahan penularan Covid-19. Dengan sejumlah layanan berbayar seperti Roboguru, English Academy, hingga Skill Academy, Ruangguru disebut-sebut telah membukukan pendapatan senilai US$63 juta atau setara Rp 903 miliar pada 2020, naik empat kali lipat dalam setahun. Dengan valuasi US$800 juta atau setara Rp11,4 triliun, Ruangguru juga digadang-gadang segera menjadi unicorn baru Indonesia.

4. Update dengan Tren Terbaru

Sebagai seorang pebisnis, kita juga harus terus update dengan tren terkini.

Dengan memperhatikan tren, ada banyak peluang yang bisa kamu temukan. Saya mempelajari dari Arief Muhammad, sebagai Content Creator terus bergerak dinamis dan jalani semua tanpa ragu.

Menurutnya, setiap periode waktu akan selalu membawa perubahan, sehingga perlu melakukan adaptasi agar tidak tergerus zaman.

poconggg
Arief Muhammad – Poconggg

Sekitar tahun 2009, publik mengenal sosok Arief Muhammad. Sang empunya akun Twitter @poconggg–dengan 3 huruf ‘G’– cukup menarik perhatian dengan konten komedi, kritik sosial, hingga kehidupan sehari-hari. Namun, tiba masanya ketenaran Poconggg meredup.

Arief pun berjuang bangkit. Berbekal niat merintis usaha, ia belajar menjadi distributor pulsa kepada salah satu agen pulsa terbesar di Jawa Timur. Tercatat, Arief kini masih menjalani bisnis dengan jenama besar, seperti Baso Aci Akang di sektor kuliner, Prep Studio dan Billionaire’s Project di bidang fesyen, serta bisnis properti Ternak Kostan.

5. Memperkuat Kehadiran Lewat Online

Dengan semakin mudahnya terhubung ke internet. Sekarang banyak sekali seorang ahli atau profesional yang menunjukkan keterampilan mereka di media sosial seperti pengusaha, pebisnis, dokter, psikolog dan berbagai bidang lain.

Mereka tidak segan untuk membagikan ilmu dan pengalamannya. Karena, mereka secara aktif menggunakan platform online seperti website dan akun media sosial.

Dengan memperkuat online presence tentunya ada banyak hal yang bisa diperoleh, di antaranya:

  • Dapat dengan mudah menampilkan produk dan layanan bisnis
  • Menjangkau pasar secara lebih luas.
  • Dapat berkomunikasi dan terhubung langsung dengan para konsumen.
  • Bisnis dapat melakukan aktivitas branding sebebas-bebasnya.

Kelima karakteristik ini saya pelajari dari orang-orang yang mendapatkan penghargaan 40Under40 oleh FORTUNE Summit. Sudahkah kalian membangun personal branding di media sosial?

Apresiasi Bagi Para Pelaku Bisnis

Menjadi seorang entrepreneur atau wirausahawan yang sukses tentunya membutuhkan karakter yang kuat agar dapat bertahan. Kerja keras disertai karakter yang baik, membuat seseorang dapat bertahan dalam kesuksesan.

Makanya, penting sekali untuk kita belajar lebih dalam bersama para ahli untuk dijadikan role model sekaligus mentor agar kita dapat mencontoh jejak sukses mereka.

fortune indonesia summit
Acara Fortune Indonesia Summit 2022

Salah satunya, saya senang sekali tahun ini FORTUNE Indonesia akan menyelenggarakan FORTUNE Indonesia Summit untuk pertama kalinya.

FORTUNE Summit merupakan platform yang melibatkan multi-stakeholder serta business person paling berpengaruh di Indonesia.

Dalam acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan mengangkat tiga tema besar yang dinilai dapat memberikan insight penting bagi ekosistem bisnis di Indonesia, yaitu impact, sustainability, dan growth.

Topik-topik menarik yang akan diangkat pun sangat beragam, mulai dari market, business, finance, tech, leadership, hingga sustainability. Seluruhnya akan dirangkum dalam belasan sesi talkshow serta puluhan pembicara inspiratif. 

Penonton akan mendapatkan nasehat bisnis sekaligus ilmu yang bermutu langsung dari ahlinya.

Tak ketinggalan pula dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022, juga akan diselenggarakan awarding session bagi sejumlah tokoh yang masuk dalam daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Bertaburan Orang-Orang Hebat di Indonesia

Pemilihan 20 pebisnis terbaik Indonesia pada tahun ini tak hanya bertujuan untuk memberikan apresiasi, namun juga untuk menginspirasi para pebisnis lainnya.

Cara mereka masing-masing dalam menghadapi berbagai tantangan di masa pandemik pun bisa dijadikan pelajaran penting dalam melakoni bisnis.

businessperson

Businessperson of the Year ini berisikan 20 nama-nama besar ternama dalam memimpin bisnis yang sudah lama berdiri. Berikut daftar namanya :

  1. Garibaldi Thohir (Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk),
  2. Franky Oesman Widjaja (Chairman dan CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR)),
  3. Anthoni Salim (Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk),
  4. Jahja Setiaatmadja (Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk),
  5. Susilo Wonowidjojo (Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk),
  6. Andre Sukendra Atmadja (Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk),
  7. Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina (Persero)),
  8. Haryanto Adikoesoemo (Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk),
  9. Alvin W. Sariaatmadja (Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk),
  10. M. Arsjad Rasjid (Direktur Utama PT Indika Energy Tbk),
  11. Sunarso (Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk),
  12. William Tanuwijaya (CEO Tokopedia),
  13. Ririek Adriansyah (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)),
  14. Kuncoro Wibowo (Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group),
  15. Handojo Santosa (Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk),
  16. Budiarto Halim (Presiden Direktur PT Erajaya Tbk),
  17. Silmy Karim (Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk),
  18. Frans Kesuma (Presiden Direktur PT United Tractors Tbk),
  19. Tjiu Thomas Effendy (Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk), dan
  20. Parwati Surjaudaja (Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk).

top 20 businessperson

Mengacu pada metodologi yang digunakan prinsipal FORTUNE di Amerika Serikat, penilai 20 pebisnis ini ditentukan berdasarkan kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan yang dipimpin.

Di samping itu, Businessperson of the Year juga dinilai dari sejumlah indikator seperti kepemimpinan yang transformatif, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif. Indikator yang tidak mudah untuk dilewati oleh setiap orang.

Sementara itu juga ada apresiasi untuk daftar 40Under40 memuat nama tokoh Indonesia dari berbagai sektor dengan usia di bawah 40 tahun – per 1 Februari 2022 – seperti :

Kategori Business

  • Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak, Founder Init-6 dan Achmad Zaky Foundation), 
  • Anderson Sumarli (CEO dan Co-founder Ajaib),
  • Anderson Tanoto (Managing Director RGE Pte Ltd),
  • John Riady (CEO Lippo Karawaci dan Direktur Lippo Group),
  • Erastus Radjimin (Founder and CEO ARTOTEL Group),
  • Ernest Saudjana (Managing Director and Partner Boston Consulting Group),
  • Muhammad Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia),
  • Farrell Grandisuri Sutantio (President Director and Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy),
  • Ferry Unardi (CEO and Co-founder Traveloka),
  • Gibran Huzaifah (Chief Executive Officer eFishery),
  • Oscar Darmawan (CEO Indodax),
  • John Marco Rasjid dan Christopher Madiam (CEO dan Co-founder Sociolla),
  • Michael Widjaja (Group Chief Executive Officer (CEO) Sinar Mas Land),
  • Handhika Wiguna Jahja (Executive Director Shopee),
  • Jonathan Tahir (Group CEO Mayapada Healthcare),
  • Michael William P. Soeryadjaya (Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk),
  • Kevin Aluwi (CEO Gojek),
  • Maya Watono (Direktur Pemasaran InJourney),
  • Melissa Siska Juminto (COO Tokopedia),
  • Michael Soerijadji (Founder dan Managing Partner AC Ventures),
  • Belinda Tanoko (Presiden Direktur Tanrise Property),
  • Adamas Belva Syah Devara dan Iman Usman (CEO dan COO Ruangguru),
  • Dyota Marsudi (CEO Bank Aladin Syariah),
  • Edward Tirtanata dan James Prananto (Co-founder dan CEO Kopi Kenangan/Co-founder dan Chief Business Officer Kopi Kenangan),
  • Roderick Purwana (Managing Partner of East Ventures), dan
  • Sharlini Eriza Putri (Co-Founder dan CEO Nusantics).

Kategori Entertainment

  • Angga Dwimas Sasongko (Sutradara, Produser, CEO Visinema),
  • Arief Muhammad (Kreator Konten),
  • Nicole Zefanya (Musisi), Rich Brian (Musisi),
  • Raffi Ahmad (Artis dan Pengusaha), dan
  • Reza Rahadian Matulessy (Aktor).

Kategori Government and Public Policy

  • Angela Tanoesoedibjo (Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif),
  • Emil Elestianto Dardak (Wakil Gubernur Jawa Timur),
  • Gibran Rakabuming Raka (Wali Kota Solo),
  • Nadiem Anwar Makarim (Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi), dan
  • Putri Indahsari Tanjung (Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO))

Kategori Social

  • M. Alfatih Timur (CEO dan Founder Kitabisa.com)

Kategori Sports

  • Greysia Polii dan Apriani Rahayu (Atlet Bulu Tangkis Indonesia), dan
  • Eko Yuli Irawan (Atlet Angkat Besi)

Banyak sekali nama-nama hebat yang bukan saja dikenal di Indonesia melainkan juga di luar negeri karya dan prestasi mereka yang layak dijadikan inspirasi.

Banyak Manfaat Ilmu

Bicara soal manfaat, tentunya mengikuti acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 bukanlah keputusan yang salah.

Hadirnya para tokoh dan narasumber yang ahli dibidangnya tentunya akan meningkatkan kemampuan kita dalam hal menganalisa suatu permasalahan. Secara tidak langsung menambah wawasan tentang masalah atau isu-isu yang bersifat ilmiah.

fortune indonesia summit
Penyelenggaraan FORTUNE Indonesia Summit 2022

Saya paling senang mengikuti webinar, karena menjadi wadah latihan dalam mengemukakan pendapat. Secara tidak langsung meningkatkan kemampuan dalam berdialog di depan banyak orang atau melatih cara berkomunikasi dengan orang lain.

FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan diadakan selama 2 hari, yaitu pada 18-19 Mei 2022 pukul 09.00-18.00 WIB di The Westin, Jakarta.

Adapun untuk rundown acara selama dua hari, dapat kalian lihat di sini.

Selama dua hari penuh, peserta akan mendapatkan intisari ilmu dari pakarnya di bidang business, finance, tech, leadership hingga sustainability mengenai ekosistem bisnis di Indonesia sesuai dengan tema FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Investasi Ilmu dan Waktu untuk Masa Depan

Belajar sendirian bisa jadi lebih mudah, tapi kadang terasa membosankan. Kita mungkin membutuhkan teman yang memang bisa memudahkan dan membimbing. Atau bisa mencari teman yang memiliki tujuan yang sama. Bukan hanya sebagai teman diskusi, tetapi teman yang dapat kamu jadikan tolak ukur seberapa besar peningkatan perubahan yang telah kamu lakukan.

Andai waktu dapat diputar, saya ingin sekali kembali waktu usia 20 tahun, namun rasanya tidak mungkin. Makanya, selagi masih ada kesempatan lakukan sebaiknya.

Kesempatan kamu untuk menjadi sukses bisa dimulai dari hal-hal kecil. Salah satunya adalah dengan berinvestasi dari bagian leher ke atas yaitu belajar dari orang yang telah berpengalaman dengan mengikuti FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Nah, mumpung ada kesempatan yang baik, mending kamu sekarang segera memesan tiket masuk acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022
Cara membeli tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022

Caranya mendapatkan tiket FORTUNE Indonesia Summit 2022 mudah sekali yaitu dengan cara berlangganan Majalah FORTUNE Indonesia selama setahun saja. Dan, majalah ini bisa kamu dapatkan lewat Tokopedia seharga Rp 1.200.000 lebih hemat 5%.

Kamu cukup berlangganan dan transaksi langsung di Tokopedia maka sudah langsung otomatis mengamankan kursi untuk mengikuti FORTUNE Indonesia Summit 2022 dan belajar dari para business person.

Tak Ada Lagi Kesempatan Kedua

Kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi saat ini memang membuat kita semakin harus update perkembangan. Terlebih semakin berganti tahun, tantangan bisnis da perubahan semakin menantang. Para pelaku bisnis pun juga perlu kreatif untuk menjaga keberlangsungan bisnis mereka.

Tentunya kita juga tidak ingin ketinggalan bukan. Akan ada banyak sekali ilmu yang bermanfaat saat FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang sayang kalau dilewatkan begitu saja. Segera amankan kursi kalian. Sampai jumpa di acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Deddy Huang
Deddy Huanghttp://deddyhuang.com
Storyteller and Digital Marketing Specialist. A copy of my mind about traveling, culinary and review. I own this blog www.deddyhuang.com

72 KOMENTAR

  1. Keren ya semangat mereka dalam berkarya, keadaan mendesak justru memacu untuk bertindak lebih produktif. Hasilnya pun tak tanggung-tanggung. Salut sama para nominee 40under40 ini

  2. Penting banget belajar dari mereka, orang-orang yang telah sukses dalam berbisnis. Selain itu, ajang seperti ini sangat bagus untuk para pebisnis muda. Selain mendapatkan banyak wawasan dari para pebisnis yang sudah memiliki nama, juga dapat dijadikan tempat untuk memperbanyak klien.

  3. Keren tulisanx koh deddy .. i got the point “mau jadi apa saya sebelum usia 40?” hmmm sangat menarik skarang saya sdh 32 tahun, 8 tahun lagi Bismillah semoga usaha, keinginan dan hidup saya bisa sukses dan bahagia ?

  4. Hebat memang para pebisnis muda di 40 under 40 ini. Mereka hadir dengan ide-ide kreatif dan terus berevolusi mengikuti perkembangan zaman. Seru banget rasanya jika bisa hadir di acara Fortune Indonesia Summit ini dan mendengarkan insight langsung dari mereka. Terima kasih sudah ikut mengupas nilai-nilai penting yang bisa dijadikan pelajaran untuk kita semua ya Kak.

  5. FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi – mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN – KETEKUNAN – KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

  6. dari semua itu aku suka sama ceritanya arief muhammad sih, koh.. anak twitter lama pasti tau deh dengan tingkah laku poconggg… dan kaget ketika terkuak siapa sosok di baliknyaa haha orangnya juga jago banget jualan aslii deh

  7. baca artikel ini jadi termotivasi untuk bergerak maju dan berusaha setiap hari Kak. Percaya banget kalau semua orang punya jalan suskes masing-masing. Nah nama-nama diatas semoga bisa menjadi motivasi untuk semua orang yaa..

  8. Saat pertama kali membaca buku mengenai CEO yang ada di Indonesia yang menginspirasi, aku jadi ingat bahwa ada banyak hal di dunia digital seperti ini yang bisa dikembangkan asalkan memiliki ide yang bagus dan berbeda. Bersama FORTUNE Indonesia, semangat bangun dan jalin relasi untuk sebuah usaha yang sedang dikembangkan, juga sebagai motivasi diri.

  9. selalu kagum sama setiap kisah inspiratif yang dibagikan oleh mereka yang sukses sebelum usia 40. kerja kerasnya, gimana bulatnya tekad, disiplin dan bisa melihat peluang kecil tuh kayak sebuah bakat yang terus diasah. keren banget!

  10. Setujuuuu, aku juga kalau baca2 Fortune Indonesia selalu menyoroti orang2 sukses di balik bisnis2 mereka. Selalu suka kalau ada cerita sukses yang menginspirasi, bawaannya juga jadi semangat gituuu. Dari aku, tim yang ngga ngerti soal ekonomi bisnis tapii mengagumi orang2 di baliknya

  11. Langsung ditandain nih, biar bahan untuk belajar juga. Soalnya saya merasa belum memberikan kebermanfaatan yang oke di usia saya saat ini. Semoga di sisa usia saya, bisa lebih baik lagi. Acara ini keren, sayang kalau dilewatkan

  12. Dari event bergengsi FORTUNE Indonesia Summit 2022, menginspirasi kita semua bahwa bermanfaat buat orang lain dalam hal positif, maka feedbacknya juga positif. Cuss semangat

  13. FORTUNE Indonesia Summit 2022 memang bertabur pribadi-pribadi sukses, sangat menginspirasi pastinya.
    Banyak peluang yang dapat diraih, bahkan penghalang pun bila disikapi dengan sudut pandang berbeda pun bisa menjadi peluang ya.
    Nggak ada ceritanya usia yang semakin matang untuk berhenti meraih peluang yang ada.

  14. Kak, tulisannya bagus. Di bagian awal tuh sangat mewakili apa yang aku alami. Memang ya setelah dewasa cita-cita jadi lebih luas. Bukan lagi hanya cita-cita anggapan keren di mata orang lain, tapi cita-cita yang betul-betul memang kita inginkan. Salah satunya bagaimana menjadi manusia yang bermanfaat dengan apa yang dimiliki.

    Mempelajari karakteristik orang-orang yang sudah sukses sebelum 40 ini berguna banget sebagai insight sekaligus penyemangat untuk meningkatkan diri sendiri juga.

    Wah, daftar nama itu isinya orang-orang yang keren dan inspiratif semua. Sayang banget kalo melewatkan kesempatan untuk ikutan FORTUNE Indonesia Summit 2022. Apalagi pasti ilmu yang didapatkan banyak dan berbobot semua.

  15. Duh diusia 40 ini, apa ya yang sudah saya miliki, yang pasti diusia ini saya masih memiliki keinginan kuat buat belajar meskipun ngak secepat dahulu tapi karena dunia dan teknologi terus berkembang mau tidak mau kita harus mengupgrade diri, apalagi sebagai orangtua. Suka sekali dengan acara atau event seperti ini, jadi tahu bagaimana formula atau rahasia sukses tokoh-tokoh muda Indonesia apalagi ada yang under 40 tahun…hmmm ternyata Indonesia memiliki banyak sekali talenta muda yang potensial dan sukses menekuni bisnis serta bidang pekerjaannya masing-masing.

  16. Lima karakteristik orang sukses yang sepenuhnya sulit saya temukan pada diri saya. Tapi saya tetap optimis, saya tetap bisa sukses juga kan? Yah meski suksesnya sukses versi saya, mungkin…

  17. aq pun gitu Koh, seiring bertambahnya usia udah gak mikir lagi apa itu cita2. semakin kesini keinginan udah nggak muluk2, cuma pengen hidup lebih bermanfaat untuk orang lain.

  18. Nggak banyak orang yang menganggap hambatan sebagai sebuah peluang. Karenanya memang nggak banyak orang yang sukses ya, Koh. Tapi balik lagi sih. Setiap orang menganggap titik kesuksesan itu nggak sama.

  19. Makna sukses bisa jadi berbeda bagi orang yang satu dengan orang yang lain ya Ded. Tapi sejatinya sukses itu diukur bila sudah menjadi bermanfaat bagi orang lain, bukan dari sudah seberapa banyak dan tinggi kedudukan dicapai. Dan soal belajar, ga ada kata umur, tua muda bisa belajar kapan saja, tempatnya pun bisa di mana saja, tak melulu di jalur pendidikan formal. Kehidupan ini sendiri adalah universitas amat luas dan besar, tempat kita belajar sepanjang waktu selama hidup.

    Orang-orang yang sukses bisa kita tiru langkah-langkahnya dalam mencapai sukses, tapi hasil kadang belum tentu sama. Yang penting kita tidak patah semangat, tidak menyerah, terus belajar dan mengupgrade diri dengan cara yang baik.

    Semoga sukses gelaran FORTUNE Indonesia Summit 2022

  20. Mau mengupgrade diri lalu menerapkannya secara konsisten maka bukan tidak mungkin kesuksesan bisa diraih. Karena konsisten yang kadang naik turun

  21. Tulisan yang bernas, berisi dan berkualitas banget ini.

    Beberapa kali harus scroll up dan scroll down untuk mendapatkan pemahaman yang pas atas setiap kalimat yang diuraikan. Luar biasa Ded. Sebagai seseorang yang sudah melewati masa-masa berkarya, bekerja untuk orang lain hingga akhirnya berdiri sendiri, mengukur skala kesuksesan menjadi satu pembelajaran hidup yang akan terus terpatri di dalam riwayat hidup.

    Dari puluhan tahun mengukir karir mulai level keset hingga bisa duduk di kursi kulit dengan ruangan sendiri yang nyaman dan bersih, semua akhirnya terevaluasi. Seperti yang Deddy tulis di atas, sebaik-baiknya atau setinggi-tingginya pencapaian kita dalam hidup, menjadikan diri bermanfaat bagi orang lain adalah sesungguhnya pencapaian yang tertinggi. Syukur-syukur apa yang sudah kita amalkan di dunia, bisa memanjangkan doa dari orang-orang yang berada di sekitar kita untuk diri kita sampai akhir hayat. Bahkan tetap menjadi hitungan amalan saat kita sudah tidak lagi berada di dunia ini.

    Semoga kita berdua jadi salah dua diantaranya ya Ded. Aamiin YRA. Sukses untuk FORTUNE Indonesia Summit 2022 nya. Mudah-mudahan dengan mengikuti event berkualitas seperti ini, banyak insight yang didapat. Terutama untuk pengembangan diri pribadi.

  22. Bener banget diantara dunia yang sibuk dengan tren flexing, anak sultan, orang dalam… Kita Harus tetap percaya pada kemampuan diri untuk meraih cita-cita. Salah satu cara belajarnya adalah dengan melihat kisah orang-orang sukses apalagi Ada fortune ini ya mas jadi lebih tau nih siapa yang bisa jadi mentor hihi

  23. Keren sekali acara Fortune Indonesia Summit 2022 ini
    Jadi bisa banyak belajar dari orang orang yang sukses ya
    Ternyata bisa kok, sukses dibawah usia 40 tahun
    Asal tahu caranya

  24. FORTUNE Indonesia Summit 2022 bersikan orang2 hebat ya kak… Setuju banget nih dengan kata2 orang2 yang sukses pasti menghargai sebuah proses.. ya tidak ada yg tiba2…

    Semoga Makin bnyak nih org2 seperti ini yg bisa nantinya mngangkat umkm tentunya

  25. Saya kagum dan salut pada mereka yang under 40 tapi sudah sukses di “dunia” yang mereka geluti.
    Saya sendiri masih tertatih untuk bisa menjadi lebih baik dari yang dulu.
    Menjadi dokter sekaligus bloger retjeh dan penulis amatir, ternyata gak mudah…

  26. Saya tuh salut banget sama orang-orang keren yang bisa sukses sebelum 40 tahun, luar biasa sih.
    Salut juga sama ortu mereka yang mendidik anak-anaknya hingga bisa disiplin dan punya pemikiran sukses sejak dini.
    Yang paling keren buat saya adalah orang yang melihat hambatan adalah peluang.
    Sehingga menciptakan inovasi yang dibutuhkan orang banyak 🙂

  27. Membersamai orang sukses menyenangkan mengikuti jejaknya apalagi usia emas semoga bisa seperti mereka sukses berkah buat banyak orang.

  28. Nama-nama yang disebutkan di artikel ini adalah sosok-sosok inspiratif yang pantas diteladani. Dengan faktor yang berbeda-beda mereka mampu mencapai kesuksesan di usia yang masih muda. Salut untuk FORTUNE Indonesia dengan helatan FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang menjadi sarana bagi peserta mendapatkan sharing ilmu dari pakarnya di bidang business, finance, tech, leadership hingga sustainability mengenai ekosistem bisnis di Indonesia.

  29. Melihat hambatan sebagai peluang, ini memang tak semua orang memiliki kemampuan ini ya. Saya sih masih termasuk orang yang melihat hambatan itu sebagai penghalang, memperlemah semangat dan usaha.

    Besok ya acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini digelarnya. Bagi yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, bagus nih kalau bisa mengikuti acara ini, karena tentunya bakalan banyak ilmu yang diperoleh di sini. Tadi ngintip rundown acaranya, topik-topik bahasannya menarik dan disampaikan oleh pemateri yang keren-keren pula

    • Di usia yang makin bertambah ada yang berpikiran cita-cita makin menyempit dan kehilangan kesempatan atau tidak bisa berkreasi lagi, ada pulang yang berpikir kesuksesan tidak memandang umur dan terus berusaha meng-upgrade diri. FORTUNE Indonesia Summit 2022 ini cocok sekali dengan orang-orang yang memang ga mau stuck dan terus ingin upgrade diri belajar dari orang-orang yang sudah berpengalaman dibidangnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Deddy Huang

Lifestyle Blogger - Content Creator - Digital Marketing Enthusiast

With expertise in content creation and social media strategies, he shares his insights and experiences, inspiring others to explore the digital realm.

Collaboration at [email protected]

Artikel Populer

Komentar Terbaru