Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik

Meski baru tiga kali datang ke Yogyakarta, kota budaya ini tak pernah membosankan untuk dikunjungi. Setiap kunjungan selalu meninggalkan kesan. Apalagi sudah banyak akses untuk menjangkau Jogja dengan mudah. Mulai dari kereta api, pesawat terbang atau menggunakan bus. Bagi sebagian besar orang, melakukan perjalanan jauh dengan transportasi udara merupakan jawaban karena waktu perjalanan bisa lebih dipersingkat. Tapi, kalian yang ingin menikmati perjalanan darat serta tidak terburu-buru, opsinya tentu naik bus.

panduan liburan ke yogyakarta 08 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Tugu Putih Yogyakarta

Saya masih punya rencana perjalanan ketika kembali ke Jogjakarta, seperti kembali menikmati suasana Jawa yang harmonis. Manis dan gurihnya kuliner Jogja serta menikmati bangunan-bangunan di selasar jalan. Pergi ke Jogja pakai bus enaknya tidak harus menunggu musim liburan. Bisa saja memanfaatkan akhir pekan atau ketika sedang ada cuti.

Beberapa tempat yang ingin saya ulangi dan kunjungi kembali ketika datang di Jogja berikut ini bisa menjadi referensi bagi kalian yang baru pertama kali datang. Berikut panduan liburan ke Yogyakarta yang menarik.

1) Berkunjung ke Keraton Yogyakarta

panduan liburan ke yogyakarta 07 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Seiap hari, di dalam keraton selalu ada pertunjukkan seni

Berhubung tempatnya berada di tengah Jogja, bagi kita wisatawan ingin melihat rekam jejak keraton Jogja artinya kita bisa singgah sejenak. Saya senang keraton Jogja terbuka untuk rakyat jelata seperti saya untuk melihat fragmen cerita kekuasaan kerajaan berjaya di tanah jawa. Serta masih menyimpan kebudayaan yang sangat mengagumkan.

Ketika berpetualang masuk ke dalam keraton, kita akan melihat sebuah representasi budaya Jawa seperti pergelaran tari-tari jawa diiringi suara gamelan mengalun. Penonton seperti terbawa suasana menghipnotis.

panduan liburan ke yogyakarta 06 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Abdi Dalem Kedhaton Yogyakarta

Masuk lebih dalam, ada area Kedhaton yang merupakan tempat bertemunya Raja dengan semua pemangku Keraton. Ada bangunan joglo yang indah dengan beberapa ornamen ala jawa arab yang menghiasi di setiap tembok dan pilar. Tidak jauh dari bangunan joglo, kita bisa melihat Abdi Dalem atau pekerja khusus keraton. Ada aturan untuk pengunjung tidak boleh atau dilarang membelakangi Abdi Dalem yang duduk di depan Kedhaton. Alasannya, Kedhaton merupakan simbol Raja dan menjadi tempat yang dihormati.

2) Tersesat di Taman Sari

panduan liburan ke yogyakarta 05 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Taman Sari, dikenal sebagai Istana Air di Jogja

Orang menyebutnya sebagai Istana Air karena arsitektur dan historikal tempat. Taman ini dipergunakan oleh Raja Mataram (Jogja) untuk melakukan mandi pada bulan-bulan tertentu. Selain menjadi tempat pemandian juga menjadi tempat bermeditasi sang Raja.

panduan liburan ke yogyakarta 03 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Water Castle yang tak pernah sepi pengunjung

Halaman taman sangat luas, terdapat tiga kolam luas yang menarik sekali untuk menjadi objek foto. Ketika berada di sini baiknya datang tidak terlalu siang selain karena cuaca juga termasuk berbagi ruang dengan wisatawan lain. Apalagi saat masuk ke dalam tunel air yang menjadi spot favorit. Di dalam lorong air bawah tanah ini punya arsitektur lawas. Hanya saja perlu bersabar ketika ingin berfoto.

3) Mencoba Membatik

Batik menjadi ciri khas dari kota Gudeg. Aneka ragam corak dan bahan batik mudah sekali ditemukan. Di beberapa tempat batik Jogja ada yang memberikan pelatihan membatik untuk pemula. Proses membatik dimulai dari selembar kain kecil dan kita diberikan cairan malam dan lilin. Setelah itu kain akan direndam dengan warna.

4) Menikmati Malam di Malioboro

panduan liburan ke yogyakarta 09 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Jalan Malioboro Yogyakarta

Malioboro wujud imajiner antara Pantai Selatan (Pantai Parangkusumo), Keraton Yogyakarta dan Gunung Merapi. Merupakan salah satu jalan paling populer di Jogja. Selain berada di jantung kota, Malioboro menjadi pusat kehidupan bagi masyarakat lokal Jogja dalam berniaga. Apalagi pada saat malam hari, suasana keramaian di pusat jalan ini tampak kontras dengan hadirnya wisatawan. Malioboro terus berkembang hingga saat ini dengan tetap mempertahankan konsep aslinya dahulu.

Saya sendiri akan sangat menikmati berjalan kaki ke tempat-tempat strategis seperti Kantor Gubernur DIY, Gedung DPRD DIY hingga Pasar Induk Beringharjo tempat dimana ada satu penjual jamu peras juga berada di kawasan ini.

Membeli Tiket Bus Lewat OTA

panduan liburan ke yogyakarta 02 - Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik
Jalan sendiri atau bersama teman di Jogja selalu memberikan kesan manis

Ketika kalian punya rencana untuk berlibur ke Jogja menggunakan bus. Maka tak ada salahnya untuk memeriksa kembali mulai dari rute perjalanan hingga transportasi. Bila kalian memilih menggunakan transportasi bus, sudah jadi rahasia umum bagaimana cara sopir bus peduli dengan keselamatan bersama. Makanya perlu tahu pilihan layanan bus yang punya reputasi baik dan menjamin kenyamanan kita hingga selamat sampai tujuan. Salah satu layanan bus yang menyediakan rute Jogja adalah Joglosemar. Kalian bisa lihat harga dan rute bus Joglosemar untuk mengecek jadwal keberangkatan.

Teman saya di Jogja menyarankan untuk Joglosemar, salah satunya karena punya jadwal yang lebih banyak dan pilihan jam lebih bervariasi. Termasuk juga kemudahan membeli tiket pesawat, kereta api maupun bus bisa secara online misalnya lewat aplikasi Traveloka. Kita tinggal pilih jurusan dan tanggal keberangkatan. Masukkan data penumpang, bayar dan electronic ticket langsung dikirimkan ke email.

Pastikan ketika kalian ingin melakukan perjalanan darat dan butuh waktu lama. Agar selama perjalanan kalian tidak merasa tersiksa karena perut sakit, kepala pusing atau masuk angin. Tidak salah juga kalian menyiapkan obat-obatan sekaligus jaket untuk memberikan kehangatan selama perjalanan serta mencegah gejala-gejala penyakit.

Jangan lupa saat traveling, kalian bisa mengajak teman perjalanan. Gimana kiat mencari teman perjalanan, kalian bisa baca dulu.

Jogja is welcome you.

Advertisements
BACA JUGA :  Fried Casava Buffalo Chicken So Good, Hidangan Gizi Seimbang
Deddy Huang

A copy of my mind about traveling, culinary and review.

5 thoughts on “Punya Waktu Sehari Menikmati Yogyakarta, Ini Tempat Menarik untuk Kilas Balik

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.