Memasuki tahun baru, saya mengamati tren traveling 2020 kini akan semakin santuy bagi traveller. Mulai dari kebutuhan, perilaku sampai keinginan untuk jalan-jalan terus berubah. Kalau dulu pas traveling rasanya ingin semua tempat dapat. Sekarang, ingin lebih santai jalannya bahkan ada yang cuma leyeh-leyeh di kamar hotel atau sewa apartemen.

Saya pikir hanya saya sendiri yang punya perasaan demikian. Nyatanya, setelah bertanya ke beberapa teman juga punya pandangan untuk traveling. Ada pola yang sudah terbentuk, tidak seperti dulu yang grasak grusuk. Bisa saja hanya ingin menikmati kuliner atau menelusuri bangunan-bangunan bersejarah. Bahkan menghindari tempat publik yang ramai dikunjungi.

Industri travel termasuk dinamis. Banyak orang punya rasa ingin tahu namun ingin tetap sederhana. Tidak hanya itu, dari pemilihan akomodasi juga akan sangat mempengaruhi cara traveling.

jalan kemana - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Saat sudah tentukan pilihan hendak kemana, selanjutnya adalah tidur di mana.

Tren liburan singkat, bagi orang kantoran masih diminati karena mereka bisa short escape menuju destinasi yang dekat. Bayang seperti Palembang – Bandar Lampung yang bisa tembus hanya 3 jam saja! Apa nggak bikin kami terharu. Dulunya perlu 12 jam sekarang dipersingkat karena tol.

Otomatis kita butuh tempat akomodasi untuk bermalam sekaligus berlibur ke pantai. Kalau sudah begitu tentu kita bisa memilih ingin menginap di hostel, hotel atau sewa apartemen. Tiga akomodasi ini termasuk dalam tren traveling 2020 yaitu memilih akomodasi yang nyaman saat liburan.

Pilihan hostel, hotel atau apartemen saat traveling agak gampang-gampang susah. Akomodasi adalah bagian biaya yang cukup besar karena angkanya sudah pasti. Kalau kalian bisa mendapat tiket pesawat murah tentu juga harus mencari tempat menginap yang sesuai minat dan budget.

Sebelum memutuskan pilihan, saya ingin berbagi pengalaman saat mencari akomodasi sesuai minat dan budget.

Hostel

Buat kamu yang budget traveller, penginapan hostel memang tren di kelompok backpacker. Konsep hostel berbentuk seperti dorm. Sekarang sudah tidak asing mendengar nama hostel dengan kamar jenis dorm. Satu kamar yang terdiri dari beberapa orang seperti 4, 6 atau 8 orang. Jenis ranjang yang digunakan juga berbeda-beda, ada yang berbentuk kapsul atau bunk bed.

kamar nomad hostel - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Nomad Hostel Kemang. Tipe hostel jenis kapsul harga terjangkau.

Bagi kamu yang perempuan, hostel juga punya kamar khusus perempuan sehingga aman. Saya juga punya pengalaman menginap di hostel yang kamar private maupun ramai-ramai dengan beberapa orang baru yang belum saya kenal.

Kelebihan dan kekurangan hostel disesuaikan dengan kebiasaan kalian. Kalau kita orangnya agak teledor meletakkan barang lalu suara ngoroknya bisa panjang tentu akan merasa tidak enak. Bisa mengganggu kenyamanan orang lain untuk tidur. Buat kita yang habis jalan-jalan pas malam hari tentu capek dan ingin segera tidur.

kamar mandi nomad hostel - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Kamar mandi tersedia banyak.
area nomad hostel - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Area untuk bersantai. Tamu bebas memilih posisi favorit.
fasilitas hostel - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Free flow air mineral untuk tamu. Terkadang hostel juga memiliki pantry.

Ada hostel memiliki fasilitas seperti rumah kita sendiri. Misalnya ada free flow air minum, chill area untuk kita bersantai dan juga pantry untuk kita masak. Cuma memang menu sarapan di hostel biasanya praktis seperti mereka hanya menyediakan roti atau nasi goreng. Selesai makan kita juga wajib mencuci sendiri.

Menginap di hostel bisa melatih kemandirian dan tidak manja. Kita harus berbagi kamar mandi, selain itu beberapa hostel jarang menggunakan lift sehingga kalau kita membawa banyak barang harus membawa sendiri koper kita. Soal harga per malam, hostel yang pernah saya inap mulai dari Rp100 ribuan hingga Rp300 ribuan sesuai dengan fasilitas, lokasi dan kebersihannya.

Hotel

Hotel menawarkan konsep yang menarik. Masuk ke dalam kamar setelah selesai check in, kita punya kamar sendiri. Tidak perlu gabung dengan orang lain. Dengan besar ruangan kamar yang bervariasi, kita punya waktu sendiri. Fasilitas yang ditawarkan, kita pergi keluar dan ketika kembali, semua sudah dalam keadaan rapi dan bersih.

grand inna prapat - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Grand Inna Prapat. Hotel dengan pemandangan sejuk dan menu sarapan enak.

Beda kelas hotel, dari non berbintang hingga berbintang punya kenyamanan yang berbeda. Pun termasuk fasilitas kamar mandi. Biasanya kamar hotel berbintang memiliki fasilitas kamar mandi yang lebih lengkap dan detail. Ada juga pelayanan hotel yang ramah, koper kita bisa dibantu bawa, menu sarapan yang berlimpah dan lainnya. Menurut saya, hotel masih tetap menjadi primadona di tren traveling 2020.

Perlu diingat, sekalipun menginap di kamar hotel berbintang namun jangan sampai kita membawa pulang properti milik hotel seperti membawa pulang handuk, keset, atau hair dryer. Beberapa barang tersebut tidak boleh dibawa pulang, termasuk juga bantal dan semua barang lainnya di hotel. Hanya ada beberapa yang boleh dibawa pulang seperti peralatan mandi.

novotel padang - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Novotel Padang. Hotel dengan bangunan kuno tapi suasana betah.
fasilitas kolam renang novotel padang - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Bisa bersantai di kolam renang.
menu sarapan pagi - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Menu sarapan bervariasi dan cita rasa enak.

Kalau kita traveling dengan banyak orang, kamar hotel jenis biasa tentu tidak bisa mencukupi. Biasanya satu kamar hotel untuk dua orang saja. Kalau ingin tambahan kasur juga bisa namun tentu kurang nyaman dengan luasnya kamar. Mau tidak mau jadi membuka satu kamar baru yang akan menambah budget.

Harga hotel pun berkisar mulai dari Rp300 ribuan hingga di atas Rp1 juta pun ada. Fasilitas tentunya tinggal menyesuaikan. Untuk kita yang solo traveling dan ingin punya privasi tentu hotel bisa jadi pilihan.

Sewa Apartemen

Kalau kamu lagi jalan-jalan sama keluarga atau rombongan teman. Pilihan menginap di hotel jatuhnya bisa lebih mahal karena dihitung berdasarkan per kepala. Makanya sebagian orang mengakali dengan sewa apartemen yang kini menjadi tren.

Sewa apartemen dirasa paling cocok karena ruangan apartemen cukup luas untuk menampung lebih dari 3 orang.

morrissey - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Morrissey Jakarta. Hotel rasa apartemen yang nyaman dan interior minimalis.

Hotel memang terasa lebih bergengsi, tapi apartemen juga turut menjadi sebuah gengsi untuk sebuah penginapan. Daya tarik dari sebuah apartemen tersebut bisa dilihat dari lokasi dan bangunan apartemen. Secara objektif, kita bisa melihat fasilitas apartemen kadang lebih unggul daripada hotel tetapi harga lebih murah.

Sisi lain, sewa apartemen harian dirasa lebih fleksibel dibandingkan dengan hotel. Kemudahan yang tidak selalu disediakan oleh hotel. Misalnya, negosiasi dengan pemilik apartemen apabila ingin menggunakan layanan. Ketika kita menginap di apartemen, kita juga bisa menikmati menu sarapan pagi, fasilitas olahraga seperti kolam renang dan juga lainnya.

sommerset apartemen - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Sommerset. Apartemen yang bersebelahan dengan Lotte Avenue. Suka bermalam di sini.

Apartemen dinilai lebih hemat dibandingkan hotel ataupun jasa layanan penginapan lainnya. Dan saat ini orang lebih suka sewa apartemen sebagai tren traveling 2020. Selain karena fasilitas yang hampir sama dengan hotel. Melihat dari sisi kamar yang diberikan, fasilitas dari apartemen dinilai lebih murah dibandingkan hotel. Karena kalau sewa apartemen tentunya ada beberapa ruangan kamar yang disediakan.

Bandingkan, apabila kita menyewa sebuah hotel, kita hanya mendapatkan satu ruangan saja. Tentunya dengan keunggulan ini kita bisa lebih hemat apabila sedang liburan bersama teman atau keluarga.

Saya beberapa kali menginap di apartemen rasa hotel. Kemewahan yang saya rasakan setara dengan hotel berbintang. Kasur empuk, ada bathtub, kemudian lokasi yang sangat strategis sehingga mudah bagi kita untuk mencari makanan atau beraktivitas.

Rasa nyaman yang diberikan dari apartemen masih sulit dibandingkan dengan rasa nyaman di hotel. Tips bagi kamu yang ingin sewa apartemen saat liburan tentunya kita harus jelas bertanya kepada pemilik mengenai perabotan dan fasilitas yang bisa kita gunakan.

Pilih Sesuai Minat Kalian

i love travel - Tren Traveling 2020 : Hostel, Hotel atau Apartemen
Tahun 2020, saya akan traveling ke mana ya?

Ketiga akomodasi ini adalah gambaran tren traveling 2020 bahwa para traveler kini juga mulai jeli dalam memilih penginapan. Mereka bisa mencocokkan sesuai budget, minat dan pengalaman yang ingin didapat. Bagi hostel, hotel dan apartemen tentunya harus selalu menjaga kualitas layanan dan fasilitas. Hanya jangan lupa ketika hendak memesan penginapan pastikan kalian sudah memiliki reservasi secara online, dan memastikan jam check incheck out.

Akhirnya, selamat tahun baru 2020! Selamat menikmati waktu liburan kalian.

***

Follow @deddyhuang for latest update:

INSTAGRAM | TWITTER | FACEBOOK | YOUTUBE

Do not forget to subscribe/follow my blog to get updates on your email about new post.

Disclosure: This is just my personal experience. Thanks as always for your support!

4 comments

  1. selamat tahun baru juga om, termasuk imlek, kalau saya pribadi trendnya sekarang lebih yang simple simple aka hostel untuk model model backpacker hahaha, tapi nek family tetep hotel or apartement

  2. Selamat tahun baru, Mas. Lama banget saya nggak mampir ke sini. 😀

    Kalau saya pribadi sih menyesuaikannya dengan durasi perjalanan. Dalam perjalanan panjang, misalnya sebulan, hostel lebih pas karena jauh lebih terjangkau. Tapi kalau perjalanan itu cuma di akhir pekan, saya lebih senang kamar hotel karena lebih nyaman dan privat. Cuma sejauh ini saya belum pernah sewa apartemen. Mungkin perlu dicoba tahun ini. Hehehe.

Silahkan tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: